Bacaterus / Selebriti / 11 Fakta Menarik Tom Holland, Sang Pemeran Spider-Man

11 Fakta Menarik Tom Holland, Sang Pemeran Spider-Man

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Oktober 2019

Menggantikan seorang Andrew Garfield, Tom Holland berhasil memerankan Spider-Man dengan baik sejauh ini. Banyak sudah film yang dilakoni Tom Holland sebagai seorang Spider-Man. Terbaru, pria berusia 23 tahun ini beraksi dalam film terbaru Spider-Man: Far From Home.

Kalau kamu mau mengenal lebih dekat sosok Tom Holland, maka bacalah artikel ini sampai beres. Ada sejumlah fakta menarik tentang Tom Holland di artikel ini. Fakta-fakta tersebut adalah sebagai berikut.

Biodata

  • Nama Lengkap : Thomas Stanley Holland
  • Nama panggung : Tom Holland
  • Tempat Tanggal Lahir : Inggris, June 1, 1996
  • Zodiak : Gemini
  • Profesi : Aktor
  • Tahun aktif : 2008 – sekarang
  • Instagram : @tomholland2013
  • Twitter : @tomholland1996

1. Latar Belakang Keluarga

Latar Belakang Keluarga (Copy)

Tom Holland lahir di Kingston pada 1 Juni 1996. Dia merupakan sulung dari empat bersaudara. Dua adik di antaranya adalah sepasang anak kembar bernama Harry dan Sam Holland. Darah seni dan kreatif Tom sendiri didapat dari kedua orangtuanya.

Ayahnya yang bernama Dominic Holland adalah seorang komedian dan penulis. Sementara itu, ibunya yang bernama Nicola Elizabeth Frost merupakan seorang fotografer profesional. Fyi, ayah dan ibunya Tom Holland dulunya pernah berkuliah di kampus yang sama yaitu Leeds University.

2. Mulai Berakting Sejak 2008 dan Berhasil Mengalahkan 1500 Aktor

Mulai Berakting Sejak 2008 (Copy)

Karier akting Tom dimulai pada 2008 silam. Saat itu, dia berakting dalam sebuah pertunjukkan teater bertajuk “Billy Elliot Musical”. Di pertunjukkan itu, Tom berakting dengan sangat baik, hingga dia pun diganjar pujian dari sejumlah pihak.

Adapun film bioskop pertama yang dia lakoni adalah film The Impossible. Film yang dirilis pada 2012 itu bercerita tentang perjuangan sebuah keluarga turis yang terkena bencana Tsunami 2004. Di film itu, dia berperan menjadi seorang anak keluarga turis yang bernama Lucas Bennett.

Beberapa tahun setelahnya, Tom mencoba peruntungannya dengan mengikuti casting pemeran Spider-Man. Saat itu, Tom berhasil diterima sebagai pengganti Andrew Garfield untuk memerankan Spider-Man.

Dia saat itu berhasil mengalahkan 1500 peserta, yang mana beberapa di antaranya adalah aktor-aktor senior seperti Asa Butterfield dan Natt Wolff.

3. Kunci Sukses Tom Holland dalam Memerankan Spider-Man

Kunci Sukses Tom Holland (Copy)

Menjadi seorang Spider-Man tidaklah mudah. Apalagi, tokoh superhero itu sudah diperankan dengan apik oleh Andrew Garfield dan Tobey Maguire. Namun bukan Tom Holland namanya, jika dia tidak bisa memerankan tokoh superhero itu.

Ada sejumlah kunci sukses di balik kegemilangan Tom dalam memerankan Spider-Man/Peter Parker. Dimulai dengan menunjukkan kemampuan akrobatiknya saat audisi, hingga menjadi siswa di Bronx High School of Science pada 2016 silam.

4. Pemeran Spider-Man Paling Muda

Pemeran Spider-Man Paling Muda (Copy)

Di antara semua pemeran Spider-Man, Tom Holland tercatat sebagai pemeran paling muda. Saat itu, dia memerankan manusia laba-laba tersebut di usianya yang kesembilan belas tahun. Mengalahkan dua pemeran sebelumnya: Tobey Maguire dan Andrew Garfield.

Tobey pertama kali memerankan Spider-Man pada usia 27 tahun. Dia menjadi pemeran Spider-Man paling tua sejauh ini. Sementara itu, Andrew Garfield menjalani debutnya sebagai Spider-Man kala usianya menginjak 26 tahun.

5. Bercita-Cita Menjadi Spider-Man Sejak Kecil

Bercita-Cita Menjadi Spider-Man Sejak Kecil (Copy)

Usut punya usut, Tom Holland rupanya sudah bercita-cita menjadi Spider-Man sejak kecil. Dia selalu kostum Spider-Man setiap hari, terutama sebelum tidur. Kostum yang dipakai saat itu merupakan kostum murahan; tidak seperti kostum Spider-Man yang dia pakai sekarang.

Maka tidak mengherankan jika Tom begitu antusias saat mengikuti audisi Spider-Man. Saking antusiasnya, dia sampai meloncat kegirangan tatkala diterima sebagai Spider-Man oleh pihak Marvel saat itu.

6. Pernah Menderita Disleksia dan Di-bully di Sekolah

Pernah Menderita Disleksia (Copy)

Saat usianya menginjak tujuh tahun, Tom di diagonsa menderita disleksia. Sebuah gejala yang membuat Tom kesulitan membaca dan menulis. Melihat itu, sang ayah langsung memasukkan Tom ke sebuah sekolah privat.

Selepas menjalani sekolah privat, Tom pun langsung masuk ke sebuah sekolah umum. Di sana, dia pernah menjadi korban bullying teman-temannya. Hal itu sempat membuat Tom takut. Namun, Tom akhirnya memutuskan untuk tidak menyerah dan terus belajar sebaik mungkin.

7. Penggemar Arsenal dan Pemelihara Seekor Anjing Pit Bull

Penggemar Arsenal dan Pemelihara Seekor Anjing Pit Bull (Copy)

Tom Holland punya klub sepakbola favoritnya. Dan klub tersebut adalah Arsenal. Kecintaan Tom pada tim asal London Utara itu dia perlihatkan dalam salah satu postingannya di Instagram. Di postingan itu, Tom terlihat tengah bermain sepak bola dengan mengenakan kostum Arsenal.

Di rumahnya, Tom punya hewan peliharaan berupa anjing pit bull. Anjing yang dinamainya Tessa itu sudah dipeliharanya sejak lama. Menurut Tom, anjing pit bull tidaklah seberbahaya yang dikatakan orang-orang, sehingga layak untuk dipelihara.

8. Kisah Hidupnya Telah Dibukukan oleh Sang Ayah

Kisah Hidupnya Telah Dibukukan Oleh Sang Ayah (Copy)

Pada 2017, Dominic yang merupakan ayah Tom Holland merilis sebuah buku. Buku bertajuk Eclipsed itu merupakan buku yang berisi perjalanan hidup dan karier anaknya, Tom Holland. Semua kisah hidup dan karier Tom Holland ditulis secara lengkap di buku tersebut.

Mulai dari masa kecil Tom Holland, hingga bagaimana Tom berhasil melampaui ketenaran ayah dan ibunya. Buku yang terbit di bulan Desember 2017 ini mendapat rating cukup baik di pasaran. Situs yang fokus pada hal-hal berbau buku—GoodReads—memberi rating 4.09 dari 5 pada buku karya Dominic Holland tersebut.

9. Pernah Menjadi Dubber (Pengisi Suara)

Pernah Menjadi Dubber (Copy)

Sepanjang kariernya, Tom Holland tercatat beberapa kali pernah menjadi dubber alias pengisi suara. Debutnya sebagai dubber sendiri dimulai pada 2010. Saat itu, dia menjadi pengisi suara tokoh Sho dalam versi bahasa Inggris pada film Arriety.

Tiga tahun berselang, dia kembali menjadi dubber untuk film berjudul Locke. Di film itu, dia mengisi suara tokoh bernama Eddie. Tahun ini, aktor berusia 23 tahun ini akan kembali mengisi suara di sebuah film.

Adapun film dimaksud adalah Spies in Disguise. Di film itu, dia akan mengisi suara untuk tokoh Walter Beckett. Spies in Disguise sendiri rencananya bakal dirilis pada 25 Desember nanti.

10. Pernah Menjadi Seorang Sutradara

Pernah Menjadi Seorang Sutradara (Copy)

Siapa sangka kalau Tom Holland juga pernah menjadi sutradara. Debutnya sebagai sutradara sendiri dimulai lewat film pendek garapannya berjudul Tweet. Di film yang rilis pada 2015 itu, Tom tak hanya menjadi sutradara. Dia pun juga menjadi pemain di film tersebut dan berperan sebagai dirinya sendiri.

Para pemain di film Tweet mayoritas adalah keluarga Tom sendiri. Selepas film ini rilis, belum ada lagi film yang disutradarai Tom. Aktor kelahiran Kingston ini masih fokus berkarier di dunia akting. Terutama, dalam sejumlah film Spider-Man.

11. Penghargaan yang Diraihnya Sejauh Ini

Penghargaan yang Diraihnya Sejauh Ini (Copy)

Sejauh ini, Tom Holland sudah meraih sejumlah penghargaan di dunia akting. Penghargaan pertama yang dia dapat datang dari Hollywood Film Awards untuk kategori Spotlight Award. Penghargaan itu diperolehnya pada tahun 2012, tahun debutnya berakting di film bioskop.

Setelahnya, penghargaan-penghargaan lain pun terus berdatangan untuk Tom. Terbaru, dia berhasil memperoleh penghargaan Choice Summer Movie Actor dari Teen Choice Awards. Penghargaan itu dia terima setelah berakting amat baik di film terbaru Spider-Man, Far From Home.

Itulah sejumlah fakta menarik dari Tom Holland. Sang pemeran Spider-Man. Semoga bisa membuatmu lebih mengenal aktor muda berbakat ini, ya. Oh iya, selain Tom Holland, kami juga sempat membahas aktor tampan lainnya dengan nama Tom lho. Ingin tahu? Yuk, baca artikel Fakta Tom Cruise ini!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar