Bacaterus / Winner / Simak 10 Fakta Menarik Tentang WINNER, Pemenang WIN

Simak 10 Fakta Menarik Tentang WINNER, Pemenang WIN

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

YG memang terkenal menelurkan grup-grup yang terkenal. Sebut saja Big Bang atau 2NE1 yang dua-duanya sukses mewarnai Kpop. Mereka sukses menjadi idola. Adik-adiknya pun kini bermunculan, Ada WINNER, iKon dan Blackpink yang juga tak kalah suksesnya. WINNER yang merupakan pemenang dalam program musik bernama WIN: Who Is Next, sukses menjadi salah satu boy band yang diperhitungkan. Selain sukses mengikuti WIN, masih banyak cerita tentang WINNER yang akan dikupas di artikel ini. Simak, ya.

1. Terbentuk Mengikuti Program WIN

Terbentuk Mengikuti Program WIN

WINNER adalah boy band asal Korea Selatan yang terbentuk pada tahun 2013. Mereka berada di bawah naungan YG Entertainment yang juga menaungi boy band dan girl band ternama seperti Big Bang dan 2NE1 yang telah bubar dan terbaru iKon dan Blackpink. Grup yang di awal terdiri lima orang personel, yaitu Mino, Jinwoo, Seungyoon, Seunghoon dan Taehyun ini terbentuk berkat WIN: Who Is Next?

WIN adalah program reality show buatan YG untuk para traineenya. Ada 11 orang trainee yang dibagi menjadi dua tim, ada tim A dan B yang dibentuk berdasarkan umur. Untuk Tim A mereka berumur 20 tahunan sedangkan Tim B berumur 17 tahunan. Pemenang dari acara ini ditentukan oleh voting dari pemirsa. Yang menang akan keluar sebagai juara alias WINNER dan mendapatkan kesempatan debut.

2. Merilis Reality Show WINNERTV

Merilis Reality Show WINNERTV

Sebelum akhirnya mereka debut sebagai boy band, grup yang akhirnya hanya terdiri dari empat orang ini pernah terlibat dalam sebuah reality show yang bernama WINNER TV. Acara yang dikemas dalam 10 episode ini menceritakan tentang perjalanan WINNER termasuk keterlibatannya dalam acara survival show yang bertajuk WIN: Who Is Next?

Dalam acara ini para fans bisa mengetahui bagaimana usaha keras para anggota untuk bisa menang di WIN dan memulai debut mereka. Fans bisa tahu bagaimana mereka membuat lagu, koreografi dan perencanaan konsep grup mereka. Selain tentang persiapan debut, acara ini juga menyajikan cerita mengenai interaksi antara WINNER dengan para senior mereka, seperti 2NE1 atau Big Bang.

3. Debut Pertama

Debut Pertama

Setelah lama menunggu akhirnya WINNER mendapatkan kesempatan untuk melakukan debut pertama merek di Korea. Debut mereka dilakukan di YG Family Concert yang diselenggarakan pada bulan Agustus di tahun 2014. Sebelumnya mereka juga tampil di konser 2NE1 yang bertajuk “All or Nothing” tour yang dilakukan pada bulan Maret. WINNER muncul sebagai bintang tamu.

WINNER muncul di beberapa konser  2NE1, seperti di China, Hongkong, Taiwan, Filipina dan Malaysia. Setelah dinyatakan keluar sebagai pemenang pada bulan Oktober 2013, WINNER dijadwal untuk tampil sebagai opening act untuk konser Big Bang di Jepang. WINNER kembali diperkenalkan pada publik di antara bulan Juni dan Agustus mengingat mereka akan segera memulai debut mereka.

4. Pemenang Tercepat di Acara Musik

Pemenang Tercepat di Acara Musik

Korea Selatan memiliki beberapa program acara musik yang menampilkan para grup-grup terbaru dan popular, seperti Inkigayo yang disiarkan di SBS, M! Countdown yang disiarkan Mnet, Music Bank milik KBS, Show! Music Core dari MBC. Pemenang mingguan akan diumumkan di penghujung acara. Acara musik ini juga digunakan untuk promosi atau debut.

WINNER mucul pertama kalinya di Inkigayo. Kemudian disusul dengan kemunculan mereka di M! Countdown dan sukses menjadi boy band dengan peringkat grup tercepat menang dalam acara musik. Album pertama mereka yang berjudul “2014 S/S berhasil meraih posisi pertama  di tangga lagu Billboard dan single mereka yang berjudul “Empty” menyapu bersih semua chart lagu.

5. Tampil di Departement Store

Tampil di Departement Store

Siapa yang tak senang mendapat kejutan dari idola mereka. Beberapa boy band Korea pernah memberikan kejutan pada fans setia mereka. Contoh BTS yang pernah memberikan kejutan spesial untuk fansnya di acara Jimmy Kimmel. Ada juga boy band dari JYP, GOT7 yang juga sukses membuat fansnya I GOT7 berteriak kegirangan.

Winner pun pernah mengejutkan seorang fan yang bekerja di sebuah department store. Mereka tak hanya sekedar muncul untuk mengejutkan fan tersebut tetapi juga tampil langsung di tempat tersebut. WINNER membawakan lagu hit mereka yang berjudul “Really Really”. Apakah fans-nya senang? Tentu saja karena dia bisa melihat pertunjukkan idolanya secara langsung.

6. Fandomnya Bernama Inner Circle

Fandomnya Bernama Inner Circle

Setiap grup baik boyband atau girlband umum miliki grup fans. Fans tersebut biasanya memiliki nama tertentu. SNSD memiliki SONE, Big Bang punya V.I.P, SUJU memiliki ELF juga BTS yang terkenal dengan ARMY-nya. Lalu apa nama fandom WINNER? Fans WINNER memiliki nama Inner Circle atau juga disebut Inseo.

Nama Inner Circle memberikan kesan mewah yang memperlihatkan bagaimana fans bisa dekat dengan personel WINNER dan mendukung mereka semua.

7. Mampu Membuat Lirik dan Lagu Sendiri

Mampu Membuat Lirik dan Lagu Sendiri

Mungkin karena mereka ditempa di kawah candradimuka yang bernama WIN, WINNER menunjukkan kualitasnya sebagai boy band berkelas. Selama mengikuti Who is Next, mereka dituntut untuk bisa mempersiapkan semuanya secara kelompok termasuk membuat koreografi untuk setiap penampilan mereka.

Selain mampu bernyanyi dengan baik, WINNER juga dikenal memiliki kemampuan dalam menulis dan membuat lagu. Kemampuan membuat musik sendiri merupakan salah satu kekuatan grup ini. Semenjak debut mereka, WINNER sudah terlibat aktif dalam pembuatan lagu. Ini dimulai sejak album pertama “2014 S/S” dan album selanjutnya yang bertajuk “Everyd4y”.

8. Aktif Membintangi Reality Show

Aktif Membintangi Reality Show

WINNER dikenal memiliki banyak reality show. Sebelum debut mereka sudah memiliki acara sendiri yang bernama WINNER TV yang disiarkan di Mnet. Acara tersebut berlangsung dari 2013-2014. Di tahun 2016, mereka kembali muncul di stasiun televisi JTBC dalam acara yang berjudul Half-Moon Friends. Acara yang terdiri dari 12 episode ini mempertunjukkan kedekatan WINNER dengan anak-anak kecil.

Mereka sempat dikirim ke Australia dalam acara “Youth over Flower”. Mereka tinggal di Australia dan menyelesaikan misinya selama tujuh hari. WINNER Vacation-Hoony Tour adalah reality show tentang traveling yang menceritakan liburan anggota WINNER ke Jeju. Dan tentu saja WIN: Who Is Next yang membawa mereka menjadi sebuah grup seperti sekarang.

9. Kehilangan Satu Personel

Kehilangan Satu Personel

Menjaga keutuhan suatu grup memang tidak mudah. Banyak band yang sudah tergabung lama akhirnya harus rela kehilangan member mereka. Sebut saja yang kasusnya masih hangat Super Junior yang kehilangan Kangin, Highlight yang harus rela ditinggalkan Yong Jun-hyung, Choi Jung Hoon mundur dari FT Island dan BI dari iKon. WINNER pun ditinggalkan oleh Nam Taehyun.

Nam Taehyun secara resmi meninggalkan WINNER pada November 2016. Dalam sebuah wawancara dia mengungkapkan alasannya meninggalkan bandnya. Alasannya karena dia ingin bisa menjalani hidup menjadi dirinya sendiri. Dia merasa stres karena tak bisa bebas. Ke manapun dia pergi selalu ada manajer atau bodyguard yang mengikuti. Kini dia memiliki band sendiri bernama South Club.

10. Menjadi Model Produk Ternama

Menjadi Model Produk Ternama

Sudah bukan rahasia lagi jika idol yang terkenal pasti akan menjadi model untuk beberapa produk ternama. Tak terkecuali dengan WINNER. Grup ini sudah menjadi model untuk pakaian merek NII sebelum mereka debut. Mereka juga menjadi bintang iklan untuk Fanta, Pizza Etang juga Adidas. Tak hanya itu, WINNER kembali menjadi model untuk merek baju dan sepatu olahraga dari Itali, Ellesse.

WINNER juga sempat didapuk menjadi model kampanye untuk kontes “Talk Talk Korea 2018 yang diadakan oleh Kementrian kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea. WINNER juga berpartisipasi pada kampanya produk “Kiehl’s” dengan proyeknya “My Little Garden”.  Sebuah kafe bernama “Café Droptop” juga mendaulat WINNER sebagai model barunya. Terakhir menjadi bintang iklan “OREO”.

Meski sekarang WINNER hanya tinggal berempat saja juga seabreg masalah yang menimpa agensi yang menaungi mereka, boy band ini menyatakan bahwa mereka akan tetap bersama. Inner Circle pun pasti menginginkan mereka tetap exist, kan?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *