Bacaterus / Momoland / Ngaku Marry Go Round? Simak Dulu 10 Fakta Menarik Momoland Ini

Ngaku Marry Go Round? Simak Dulu 10 Fakta Menarik Momoland Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Momoland merupakan girlgroup yang tergolong baru di industri K-Pop. Menjalani debut tiga tahun lalu, girlgroup asuhan MLD Entertainment ini telah berhasil menelurkan sejumlah karya dan prestasi. Sebagaimana girlgroup lainnya, Momoland juga mempunyai sejumlah fakta menarik yang laik diketahui. Fakta-fakta tersebut adalah:

1. Merupakan Jebolan Reality Show

Merupakan Jebolan Reality Show

Seperti halnya beberapa girlgroup lainnya, Momoland juga terbentuk dari sebuah reality show. Adapun reality show tersebut adalah Finding Momoland. Finding Momoland adalah sebuah reality show yang digagas oleh MLD Entertainment, serta ditayangkan pada 2016.

Finding Momoland sendiri mulai tayang sejak Juli 2016 dengan total episode mencapai 10. Dari Finding Momoland, terpilihlah 7 orang yang bakal menjadi bagian Momoland. Ketujuh orang itu adalah: Hyebin, Jane, Yeonwoo, Nayun, JooE, Ahin, dan Nancy.

2. Pernah Menjadi Duta Besar untuk Program Salah Satu Institusi

Pernah Menjadi Duta Besar untuk Program Salah Satu Institusi

Momoland menjalani debut resminya pada 10 November 2016. Debut resminya ditandai dengan sebuah mini album (EP) bertajuk Welcome to Momoland. Sebelum menjalani debutnya itu, Momoland sempat menjadi ambassador untuk Plan International Development Relief NGO Korea.

Mereka resmi menjadi ambassador di sana pada Oktober 2016 silam. Selama menjadi ambassador di instansi tersebut, para personel Momoland mesti membantu anak-anak di Vietnam untuk membangun taman kanak-kanak di sana.

3. Daisy dan Kim Taeha Baru Bergabung Setelah Finding Momoland Selesai

Daisy dan Kim Taeha Baru Bergabung Setelah Finding Momoland Selesai

Selepas debut EP, Momoland sempat vakum beberapa waktu. Pada April 2017, Momoland resmi menjalani comeback dengan menambah dua anggota baru. Anggota pertama yang direkrut adalah Yoo Jung Ahn (Daisy) yang resmi direkrut di awal April.

Daisy sendiri sebelumnya adalah mantan trainee di JYP Entertainment. Sembilan hari kemudian (10 April 2017), Momoland menambahkan lagi satu personel baru bernama Kim Taeha (Taeha). Taeha sendiri dulunya adalah mantan peserta kompetisi Produce 101.

Kehadiran dua member itu pun langsung disambut dengan EP baru Momoland: Freeze. Di EP itu, mereka menjagokan Wonderful Love dan Freeze sebagai dua lagu andalan. Ingin tahu lebih banyak tentang Daisy? Yuk, kunjungi artikelnya di Fakta Daisy Momoland ini.

4. Mempunyai Tiga Member yang Jago Berbahasa Inggris

Mempunyai Tiga Member yang Jago Berbahasa Inggris

Dari sembilan member Momoland yang ada, tiga di antaranya cukup jago berbahasa Inggris. Tiga member itu adalah: Ahin, Nancy, dan Daisy. Ahin mahir berbahasa Inggris karena pernah mengenyam pendidikan di International School.

Selain jago bahasa Inggris, Ahin juga cukup fasih berbahasa Mandarin. Sementara itu, Nancy adalah member keturunan Korea-Amerika. Oleh karenanya, dia bisa berbahasa Inggris, selain tentunya berbahasa Korea.

Selain aktif di Momoland, Nancy juga pernah menjadi MC di acara Pops In Seoul. Dia menjadi MC di acara TV itu selama setahun lebih. Adapun Daisy, dia adalah member yang pernah bersekolah di Kanada. Karenanya, dia pun juga bisa berbahasa Inggris.

5. Meledak Lewat Bboom Bboom

Meledak Lewat Bboom Bboom

Pada 3 Januari 2018, Momoland merilis EP ketiga mereka: Great! Di EP ketiga itu, mereka menjagokan “Bboom Bboom” sebagai lagu andalan. Saat dirilis, lagu itu mendapat sejumlah apresiasi, baik dari sesama idol maupun dari fans.

Lagu ini pun sempat menduduki sejumlah tangga musik di Korea, Jepang, dan bahkan Amerika. Menurut Shinsadong (sang pencipta Bboom Bboom), lagu itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan lagu Serebro. Lagu “Bboom Bboom” sendiri dia ciptakan dengan formula bass line yang terdengar seperti musik retro house atau electro swing. Lagu tersebut juga dia ciptakan dengan format chord 4 stanza.

Berkat lagu ini, Momoland berhasil mendapatkan sertifikat platinum dari Gaon. Sertifikat itu didapat setelah Bboom Bboom mendapat angka streaming sebanyak 100 juta. Momoland pun menjadi girlgroup pertama yang sanggup mencapai angka streaming tersebut, hingga sejauh ini.

6. Meraih Sejumlah Prestasi

Meraih Sejumlah Prestasi

Walaupun tergolong masih baru, Momoland rupanya sudah meraih prestasi. Dari perjalanan karier mereka selama 3 tahun terakhir ini, Momoland tercatat berhasil masuk ke dalam 47 nominasi dari beragam ajang penghargaan.

Dari sejumlah nominasi itu, 18 di antaranya berhasil mereka menangkan. Salah satunya adalah penghargaan dari The Fact Music Awards yang baru saja mereka menangkan beberapa waktu lalu. Dari ajang penghargaan itu, mereka terpilih sebagai Artist of The Year. Adapun penghargaan pertama yang mereka dapat adalah New Star Singer dari Asia Model Awards pada 2017 lalu.

7. Karya Mereka Sejauh Ini

Karya Mereka Sejauh Ini

Sebagai girlgroup yang masih “hijau”, Momoland tergolong cukup produktif. Hal itu dibuktikan lewat sejumlah rilisan yang mereka buat sejauh ini. Hingga saat ini, mereka telah merilis 5 mini album; 6 single; dua lagu kolaborasi; satu lagu OST; dan satu album kompilasi.

Selain berkarya dengan merilis album dan single, Momoland pun juga telibat dalam serial TV dan sejumlah reality show. Untuk serial drama, mereka pernah bermain di The Liar and His Lover yang disiarkan di tvN pada 2017. Di sana, mereka tampil sebagai cameo.

Selain Finding Momoland, mereka juga pernah terlibat dalam reality show bertajuk Momoland’s Sapian Land. Reality show itu telah yang di MBC Every 1 pada 2018 silam.

8. Kiprah Mereka di Jepang

Kiprah Mereka di Jepang

Seperti halnya beberapa girlgroup lainnya, Momoland juga berhasil memperluas pasar mereka hingga ke Jepang. Kiprah perdana mereka di Jepang diawali saat mereka mengadakan promosi di Tokyo dan Osaka. Mereka melakukan hal itu dari 28 Februari hingga 4 Maret 2018.

Selama menjalani fase promosi itu, total mereka berhasil mengumpulkan penonton hingga 25 ribu orang. Selama promosi di Jepang, mereka menyanyikan sejumlah hits seperti “Jjan! Koong! Kwang”; “Freeze”; “wonderful Love” (versi EDM); dan tentu saja “Bboom Bboom”.

Seusai menjalani promo di Jepang, Momoland pun resmi menjalin kerja sama dengan King Records. Dari kerja sama yang terjalin pada 13 Juni 2018 itu, Momoland berhasil merilis lagu “Bboom Bboom” versi bahasa Jepang.

9. Nancy Merupakan Member Termuda Sekaligus Paling Berpengalaman

Nancy Merupakan Member Termuda Sekaligus Paling Berpengalaman

Di antara semua anggota Momoland, Nancy tercatat sebagai member paling muda. Maka tak heran, kalau dia menjadi maknae di girlgroup tersebut. Nancy sendiri lahir pada tanggal 13 April 2000 di Daegu, Seoul.

Walaupun menjadi yang paling muda, Nancy justru adalah member yang paling berpengalaman. Terutama, dalam menjalani masa trainee sebelum bergabung di Momoland. Nancy sendiri dulunya merupakan trainee di Nega Network dengan masa trainee terlama: 6 tahun.

10. Comeback Terbaru Tanpa Daisy dan Taeha

Comeback Terbaru tanpa Daisy dan Taeha

Pada bulan Maret kemarin, Momoland melakukan comeback terbaru mereka. Di momen comeback itu, mereka merilis single terbaru bertajuk “I’m So Hot”. Single tersebut kelak akan dimasukkan ke dalam EP terbaru mereka: “Show Me”.

Dalam momen comeback-nya kemarin, Momoland terpaksa tampil tanpa dua personel mereka: Daisy dan Taeha. Keduanya absen karena diduga mengalami gangguan kesehatan. Kendati tanpa mereka berdua, momen comeback Momoland tetap berjalan dengan baik dan diapresiasi oleh penggemar.

Itulah sejumlah fakta menarik dari Momoland. Semoga bermanfaat untuk kamu-kamu sekalian, khususnya bagi penggemar Momoland. Oh ya, kalau kalian punya fakta-fakta Momoland lainnya yang tak tertera di sini, yuk beri tahu kami via kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *