Bacaterus / Gidle / Yuk Simak 10 Fakta Menarik tentang Girlgroup (G)Idle

Yuk Simak 10 Fakta Menarik tentang Girlgroup (G)Idle

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Oktober 2019

Baru menjalani debut pada 2 Mei 2018, (G) Idle sudah menarik banyak perhatian. Lewat mini album yang mereka rilis saat debut, mereka berhasil mendapatkan perhatian khalayak. Tak hanya itu, sejumlah prestasi pun mereka peroleh pasca debut mereka itu.

Setahun setelah debut, mereka kembali lagi dengan single terbaru mereka: “Uh Uh”. Ada sejumlah fakta menarik dari girlgroup yang tergolong baru ini. Kalau kamu mau tahu, yuk simak saja langsung di bawah ini:

1. Merupakan Girlgroup yang Anggotanya Berasal dari Berbagai Negara

Merupakan Girlgroup yang Anggotanya Berasal dari Berbagai Negara

Di Korea ada beberapa girlgroup yang anggotanya tidak seratus persen orang Korea asli. Biasanya, mereka terdiri dari member asli Korea plus beberapa member dari negara lain. (G) Idle termasuk ke dalam golongan girlgroup yang dimaksud.

Semua member (G) Idle tak hanya berasal dari Korea Selatan. Beberapa di antaranya ada yang berasal dari Tiongkok, Taiwan, dan Thailand. Adapun semua personel girlgroup ini adalah: Jeon Soyeon, Cho MiYeon dan Seo Soojin (Korea); Yen Shuhua (Taiwan); Song Yuqi (Tiongkok); dan Minni Nicha Yontararak (Thailand).

2. Masa Pradebut Tiap Personel

Masa Pradebut Tiap Personel

Sebelum debut, semua personel (G) Idle menjalani masa pradebutnya di tempat berbeda. Soyeon pernah menjalani masa pradebut dengan menjadi trainee di Cube Entertainment. Miyeon adalah mantan trainee di YG selama 5 tahun. Soojin merupakan mantan trainee di DN Entertainment.

Adapun untuk Minni, Yuqi, dan Shuhua, ketiganya pernah tampil di sebuah video promosi sebelum debut di (G) Idle. Rising Star adalah video promosi yang dimaksud. Ketiganya tampil di video promosi itu pada Juni 2017 kemarin.

Keenamnya kemudian dikumpulkan pada 2018 silam. Pada bulan April 2018, keenam personel itu diperkenalkan oleh Cube Entertainment dengan format foto individual berisi dua personel. Dimulai dari Miyeon dan Yuqi pada 8 April; Soojin dan Shuhua pada 10 April; serta Minnie dan Soyeon pada 12 April.

3. Soyeon adalah Member (G) Idle yang Paling Dikenal

Soyeon adalah Member (G) Idle yang Paling Dikenal

Di antara semua member-nya, bisa dibilang kalau Soyeon adalah member yang paling dikenal. Keterkenalan Soyeon sendiri disebabkan karena dia dulunya pernah mengikuti sejumlah kompetisi. Dia juga pernah merilis dua lagu sebelum debut dengan (G) Idle.

Pada Januari 2016, Soyeon ikut serta pada kompetisi survival show: Produce 101. Ini adalah survival show garapan Cube Entertainment yang bakal menjadi cikal bakal I.O.I. Di kompetisi ini, dia berasi masuk peringkat kesepuluh pada episode kelima kompetisin itu.

Sayangnya, dia harus terdampar di peringkat ke-20 di akhir kompetisi. Sehingga, dia pun gagal menjadi bagian dari I.O.I.  Enam bulan setelahnya, Soyeon langsung mengikuti kompetisi Unpretty Rapstar. Sebuah kompetisi rap di Korea Selatan.

Di kompetisi itu, dia berhasil menempati posisi runner up kedua. Sehingga, dia pun mendapat kesempatan untuk mengisi kompilasi ajang kompetisi tersebut. Setahun setelah mengikuti kompetisi ini, Soyeon langsung merilis dua lagu debutnya sebagai solois, yaitu: Jelly dan Idle Song. Kerennya, dua lagu itu dia tulis sendiri.

4. MiYeon Nyaris Debut dengan BlackPink

MiYeon Nyaris Debut dengan BlackPink

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kalau MiYeon pernah menjadi trainee di YG Entertainment. YG sendiri merupakan salah satu agensi besar yang menaungi Black Pink. Dia menjalani masa trainee di sana selama 5 tahun; dari 2010 hingga 2015.

Selama menjalani trainee di sana, MiYeon rupanya sempat akan debut bersama Blackpink. Sayangnya, hal itu urung terjadi karena satu dan lain hal. Setelah gagal debut di BlackPink, MiYeon pun resmi meninggalkan YG pada Februari 2016.

5. Pengucapan Namanya Cukup Unik

Pengucapan Namanya Cukup Unik

Bisa dibilang, kalau (G) Idle memiliki nama dan pengucapan yang cukup unik. Dalam bahasa Korea, nama girlgroup ini diucap dengan sebutan Yeoja Aideui. Sementara itu, dalam bahasa Inggris, nama girlgroup ini sering diucap dengan sebutan Girl-I-Idle.

Pengucapan nama girlgroup ini sempat membuat bingung para penggemar. Terutama, pengucapannya dalam bahasa Korea ((Yeoja) Aideul). Mereka kebingungan lantaran arti dari sebutan itu, yakni (perempuan) anak-anak.

6. Album Debut dan Lagu Andalannya Mendapatkan Sejumlah Prestasi

Album Debut dan Lagu Andalannya Mendapatkan Sejumlah Prestasi

(G) Idle resmi melakoni debut pada 2 Mei 2018. Debut itu ditandai dengan rilisnya debut mini album mereka “I Am”. Di debut album itu, mereka menjagokan “Latata” sebagai lagu andalan. Setelah dirilis, mini album beserta lagu andalannya itu berhasil membuat (G) Idle meraih sejumlah prestasi.

Mini album “I Am” berhasil mencapai peringkat ke-13 Gaon Album Chart. Mini album tersebut juga mampu bertengger di peringkat 5 Billboard World Album. Adapun lagu andalannya, Latata, berhasil mencapai posisi 35 di Gaon Digital Charts.

7. Diangkat Menjadi Ambassador Oleh Beberapa Instansi

Diangkat Menjadi Ambassador Oleh Beberapa Instansi

Sepanjang kariernya, (G) Idle tercatat pernah kali diangkat menjadi ambassador oleh beberapa instansi. Mereka diangkat sebagai The City’s Goodwill Ambassadors oleh Seoul Metropolitan City. Mereka menjadi ambassador tersebut selama dua tahun, bersama Yura, Park Jinhe, dan sejumlah nominasi lainnya.

Girlgroup ini juga diangkat sebagai ambassador oleh Korean Children’s Diabetes Association. (G) Idle sendiri diresmikan sebagai ambassador oleh mereka pada Festival Perayaan Diabetes Anak ke-10 yang diadakan di Lotte World Underground Kingdom, Eunpyeong-gu, Seoul, Korea Selatan.

8. Sudah Memiliki Banyak Fansite Sejak Melakoni Debutnya

Sudah Memiliki Banyak Fansite Sejak Melakoni Debutnya

Baru beberapa bulan setelah debut, fansite khusus (G) Idle sudah banyak bermunculan. Bagi yang belum tahu, fansite adalah komunitas penggemar yang selalu mengikuti aktivitas sang idol. Kegiatan mereka biasanya adalah dengan saling membagikan foto sang idol yang berkualitas baik.

Sejumlah fansite itu bergerilya lewat sejumlah media. Entah itu Facebook, Twitter, Tumblr, dan sejumlah media sosial lainnya. Menjamurnya fansite dalam waktu singkat merupakan pencapaian tersendiri bagi (G) Idle. Bagaimana tidak, mereka sudah punya fansite yang banyak dan militan, walau baru saja menjalani debut.

9. Kolaborasi dengan Idol dan Mengisi Soundtrack Acara TV

Pernah Berkolaborasi dengan Sejumlah Idol, dan Mengisi Beberapa Soundtrack Acara TV

Bukan hanya produktif merilis single dan mini album, (G) Idle un juga pernah berkolaborasi dengan sejumlah musisi lain. Pada 2018, mereka berkolaborasi dengan sejumlah pesohor idol. Seperti: Hyuna; Jo Kwon; BtoB; CLC; Pentagon; dan Yoo Seon-ho. Kolaborasi dengan sejumlah idol itu berhasil menelurkan sejumlah lagu jagoan. Seperti: “Follow Your Dreams”; “Mermaid”; “Upgrade”; serta “Young & One”.

Selain berkolaborasi, (G) Idle pun juga pernah mengisi sejumlah soundtrack acara TV. Dua di antaranya adalah: Running Man: Pululu’s Counterattack yang tayang pada 2018, serta Her Private Life yang tayang pada 11 April 2019 kemarin.

10. Merilis Album Mini Pertama untuk di Jepang

Akan Merilis Album Mini Pertama untuk Penggemar Mereka di Jepang

Tahun ini, (G) Idle tak hanya menjalani momen comeback mereka di industri K-Pop. Tahun 2019 ini juga menjadi momentum (G) Idle untuk merilis karya khusus bagi penggemar mereka di Jepang. Pada 31 Juli nanti, mereka akan merilis mini album bertajuk “Latata” di Negeri Sakura.

Mini album yang diambil dari salah satu lagu (G) Idle itu bakal dirilis oleh Universal Music Japan. Akan ada lima lagu yang akan mengisi mini album tersebut. Tiga di antaranya adalah versi bahasa Jepang dari lagu-lagu lama mereka. Seperti: “Latata”; “Maze” dan “Hann (Alone)”.

Dua lagu sisanya adalah lagu baru. Di antara dua lagu itu, terdapat lagu “For You” yang merupakan lagu garapan Minnie. Salah satu member (G) Idle.

Itulah sejumlah fakta menarik dari (G) Idle. Grup debutan yang personelnya berasal dari berbagai negara. Semoga fakta-fakta di atas bisa membuatmu lebih mengenal girlgroup yang masih terhitung baru ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar