Bacaterus / gfriend / Yuk, Simak 10 Fakta Menarik GFriend: Girlgroup Pujaan Buddy

Yuk, Simak 10 Fakta Menarik GFriend: Girlgroup Pujaan Buddy

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Oktober 2019

Walaupun baru 4 tahun berdiri, GFriend sukses mencuri perhatian para pecinta K-Pop seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ini terbukti dari adanya Buddy—sebutan untuk fans GFriends—yang semakin bertambah dan militan di tiap waktunya.

Seperti halnya girlgroup lainnya, GFriend juga memiliki sejumlah fakta menarik. Sejumlah fakta tersebut bakal kami sajikan untuk kalian semua, baik yang termasuk bagian Buddy atau pecinta K-Pop pada umumnya. Tanpa berbasa-basi lagi, yuk simak fakta-fakta mereka berikut ini:

1. Lima Member GFriend Merupakan Mantan Trainee Label Lain

Lima Member GFriend Merupakan Mantan Trainee Label Lain

GFriend merupakan girlgroup bentukan label Source Music. Menariknya, lima dari enam member girl band ini bukanlah mantan trainee label tersebut. Tetapi, merupakan mantan trainee dari sejumlah label rekaman lain di Korea Selatan.

Sowon adalah salah satu contohnya. Member bernama asli Kim So Jung ini dulunya merupakan trainee dari label DSP Media selama 4 tahun lamanya; bersama dengan group K.A.R.D. Selain Sowon, member lain yang sempat menjadi trainee di label selain Source Music adalah: SinB, Eunha, Yerin, dan Yuju.

2. Umji adalah Member yang Tak Pernah Menjadi Trainee di Label Lain

Umji adalah Maknae Sekaligus Member yang Tak Pernah Menjadi Trainee di Label Lain

Di antara semua member GFriend, Umji satu-satunya yang tidak pernah menjadi trainee di label lain. Umji sendiri direkrut setelah So Sung-jin (CEO Source Music) menemuinya di jalan, serta memintanya untuk mengikuti audisi anggota Gfriend.

Umji sendiri merupakan maknae alias anggota termuda di GFriend. Walaupun menjadi maknae, Umji justru sering dijadikan konsultan oleh member GFriend lainnya. Jadi bila ada masalah yang menimpa GFriend, Umji pasti akan menjadi orang pertama yang dimintai pendapat oleh para member lainnya.

3. Terjatuh dari Panggung 8 Kali

Terjatuh dari Panggung 8 Kali, Namun Tetap Bangkit Melanjutkan Penampilan

Pada 7 September 2015, jagat maya dikejutkan oleh sebuah video viral yang berisi penampilan GFriend di Seoul. Pada video tersebut, diperlihatkan para personel GFriend terjatuh sebanyak delapan kali saat tengah menyanyikan lagi terbaru mereka saat itu: Me Gustas Tu.

Menariknya, mereka tetap melanjutkan penampilannya walapun sudah terjatuh hingga delapan kali. Apa yang dilakukan mereka itu lantas mendapat pujian dari sejumlah pihak, dan menganggap GFriend sebagai grup yang profesional.

4. Asal Mula Nama GFriend dan Maknanya

Asal Mula Nama GFriend dan Maknanya

Nama GFriend merupakan pemberian dari CEO Source Music, So Sung-jin. Saat diwawancarai di program Music Bank, Sowon menjelaskan kalau nama GFriend memiliki makna teman baik. Makna tersebut sesuai dengan cita-cita mereka untuk menjadi grup sekaligus teman baik bagi semua orang.

Sebelum nama GFriend dipakai, So Sung-jin rupanya sempat mempertimbangkan nama-nama lain untuk disandang oleh Sowon dan kawan-kawanya itu. Adapun nama-nama tersebut adalah Hug Hug dan Guardian Angel.

5. Makna di Balik ‘Glass Bead’

Makna di Balik ‘Glass Bead’

GFriend memulai debutnya di belantika musik pada 16 Januari 2016. Debut mereka ditandai dengan mini album ‘Season of Glass’ dengan ‘Glass Bead’ sebagai single andalannya. Usut punya usut, single andalan tersebut rupanya mengandung makna tersendiri.

“Judul lagu utama kami (Glass Bead) menceritakan tentang sebuah fakta, walau penampilan kami terlihat rapuh seperti manik-manik gelas, tetapi kami pasti tak akan pecah. Ini adalah sebuah lagu tentang kemurnian hati seorang gadis yang bersinar padamu bersama seseorang yang kamu cintai di dunia ini dengan begitu cerah dan berharga,” ujar SinB kepada Music Bank, saat ditanyai makna lagu ‘Glass Bead’.

6. Mempunyai 3 Line up Berbeda

Mempunyai 3 Line up Berbeda

Seringkali, GFriend tampil dengan 3 line up berbeda. Tiap line up-nya sendiri biasanya hanya berisi 2 member GFriend saja. Ketiga line up tersebut adalah “Eun-Bi Line” yang beranggotakan SinB dan Eunha; Tall Line” yang beranggotakan Sowon dan Yuju; dan “Cute Line” yang beranggotakan Yerin dan Umji.

Ketiga line up di atas dibuat berdasarkan persamaan antara para member. Misalnya: line up “Tall Line” yang terbentuk lantaran Sowon dan Yuju yang sama-sama memiliki tinggi semampai; Sowon bertinggi 172 cm, dan Yuju yang tingginya mencapai 169 cm.

7. Sebagian Besar Anggota GFriend Merupakan Murid dari SOPA

Sebagian Besar Anggota GFriend Merupakan Murid dari SOPA

Lima dari enam anggota GFriend merupakan murip School of Performing Arts Seoul alias SOPA. SOPA sendiri merupakan salah satu sekolah terkemuka di Korea Selatan, serta memiliki sejumlah alumni ternama di dalamnya.

Lima anggota GFriend yang dimaksud adalah: Yerin; Eunha; SinB; Yuju; dan Umji. Hanya Sowon saja yang tidak bersekolah di SOPA. Sowon sendiri merupakan murid dari salah satu sekolah terbesar Korsel lainnya, Hanlim Multi Art School.

8. Penghargaan Pertama

Penghargaan Pertama

GFriend berhasil meraih penghargaan pertama mereka pada 7 November 2015; beberapa bulan setelah mereka debut. Adapun penghargaan pertama yang mereka dapatkan tersebut adalah “Best New Female Artist” di ajang Melon Music Awards.

Setelah penghargaan tersebut, GFriend berhasil memperoleh sejumlah penghargaan lainnya. Mulai dari penghargaan pertama dari The Show pada 2016; penghargaan di “Navillera”; hingga sejumlah penghargaan dari ajang-ajang lainnya.

9. Baru Memulai Konser Tunggal Pada 2018

Baru Memulai Konser Tunggal Pada 2018

Meski sudah berkarier sejak 2015, GFriend justru baru memulai konser tunggalnya pada 2018. Tepatnya, pada 6 dan 7 Januari. Konser yang bertajuk “Season of GFRIEND” itu dihelat di Olympic Hall, Seoul.

Selain dihadiri para Buddy yang berasal dari berbagai wilayah (dan negara), konser solo pertama GFriend rupanya juga dihadiri sejumlah artis Korea. Jihyo dari TWICE adalah salah satunya. Bukan hanya sekadar menonton, Jihyo juga memberikan apresiasi tersendiri pada konser tunggal mereka itu.

Band (GFriend) itu sangat keren, panggungnya cantik, dukungan dari Buddy sangat hebat, dan lebih dari apa pun, member-nya sangat cantik,” ujar Jihyo yang kami lansir dari laman Grid.

10. Mendapat Kontrak dari Label Jepang Selepas Konser Tunggal

Mendapat Kontrak dari Label Jepang Selepas Konser Tunggal

Sebulan setelah melangsungkan konser pertama, GFriend berhasil mendapatkan kontrak dari sebuah label rekaman Jepang, King Records. Kontrak tersebut menghasilkan sebuah album debut khusus Jepang yang bertajuk “GFRIEND 1st BEST” dengan ‘Me Gustas Tu’ Japanese Ver. sebagai single andalannya.

Semenjak itu, GFriend pun mulai rajin membuat sejumlah rilisan khusus untuk pendengar Jepang. Total, sudah ada satu album dan tiga album single telah dihasilkan GFriend untuk para pendengar Jepang. Terbaru, GFriend telah merilis album single ketiga mereka, “FLOWER”, pada 13 Maret yang lalu.

Selain berhasil menjaring para Buddy baru di Jepang, sejumlah rilisan khusus Jepang tersebut juga memberikan prestasi tersendiri bagi GFriend. Salah satunya adalah album single pertama mereka, “Memoria”, yang berhasil menempati peringkat 6 di tangga lagu mingguan Oricon; serta menempati urutan 5 di Billboard Japan Weekly Top Single Sales.

Itulah sejumlah fakta menarik yang dimiliki GFriend. Bagaimana, kamu puas dengan sejumlah fakta tersebut? Atau, kamu punya fakta-fakta menarik lainnya seputar GFriend? Yuk share ke kami via kolom komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar