bacaterus web banner retina

10 Fakta Menarik Film Antrum, Film Pembawa Kematian

Written by Syarip Ahmad D - Updated on 24 November 2021

Antrum adalah salah satu film yang cukup mengundang perhatian dunia pasca dirilis di tahun 1979. Setelah sekian lama menghilang, film garapan sutradara David Amito dan Michael Laicin ini kembali menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna internet. Apa yang membuat film berdurasi 1 jam 35 menit menjadi pusat perhatian?

Nah, agar tidak membuat kamu penasaran, kali ini Bacaterus akan mengulas fakta menarik tentang film Antrum, film yang konon bisa membawa kematian bagi mereka yang menonton. Bagaimana ulasan selengkapnya? Berikut adalah pemaparannya:

1. Film Remake Tahun 1979

Fakta-Antrum-1_

Antrum adalah film lawas yang telah dirilis lebih dari 20 tahun silam. Film besutan duo sutradara, David Amito dan Michael Laicin ini mengisahkan tentang dua saudara, Nathan dan kakak perempuannya Oralee yang pergi ke hutan terlarang untuk menghidupkan kembali anjing kesayangan mereka yang telah mati.

Namun, setelah mereka melakukan ritual pemanggilan arwah di hutan tersebut. Banyak hal-hal aneh yang tidak terduga mengiringi keduanya. Di tahun 1979, film Antrum tak hanya dirilis di Amerika Serikat tapi juga di Eropa.

2. Mengandung Unsur Satanisme

Fakta-Antrum-2_

Sama seperti film horor pada umumnya, film horor ini juga menampilkan berbagai simbol iblis untuk memberi kesan lebih menakutkan dan misterius. Sepanjang film, penonton akan melihat banyak simbol yang muncul di sejumlah adegan. Menurut pihak produksi, simbol-simbol yang muncul di film yang dimainkan oleh Nicole Tompkins ini muncul sebanyak 170 kali.

Selain itu, munculnya siluet berbentuk wajah iblis dalam satu scene juga menimbulkan kengerian tersendiri. Simbol-simbol yang dihadirkan di film diketahui mengandung makna tertentu. Pihak produksi memang sengaja menghadirkan hal tersebut untuk memperkenalkan pemahaman tentang Okultisme.

3. Memakan Korban Jiwa

Fakta-Antrum-3_

Salah satu yang membuat film ini cukup mendapatkan banyak perhatian adalah karena maraknya informasi mengenai insiden yang mengiringi pemutaran perdana film. Insiden ini terjadi saat pemutaran di Festival Film Budapest tahun 1988. Bioskop tempat film tersebut diputar mengalami kebakaran hingga menelan banyak korban meninggal dunia. Sekitar 56 orang jiwa dinyatakan tewas karena kejadian tersebut.

Selanjutnya, insiden mengerikan lain kembali terjadi di tahun 1993 dimana sebuah ledakan cukup besar terjadi di bioskop tempat film tersebut ditayangkan di San Fransisco. Konon, akibat tragedi tersebut, 30 orang yang berada di lokasi kejadian dinyatakan tewas. Setelah kejadian tersebut, film ini sendiri terhenti penayangannya.

4. Dibuat Ulang pada Tahun 2018

Fakta-Antrum-4_

Setelah lebih dari 20 tahun menghilang tanpa kabar. Di tahun 2018, Antrum kembali muncul di the Brooklyn Horror Film Festival. Film yang telah diproduksi pada tahun 1978 tersebut kembali dibuat ulang pada 2019 oleh sutradara David Amito dan Michael Laicini dengan judul konsep dokumenter bertajuk “Antrum: The Deadliest Film Ever Made".

Pada awal film, penonton akan disuguhkan dengan pengakuan para saksi tentang insiden yang terjadi di masa lalu. Setelah itu, disusul dengan sebuah peringatan dari pihak pembuat film akan risiko berbahaya yang mungkin dialami para penonton setelah menonton film tersebut, yang kemudian beralih ke scene asli yang diambil tahun 1978.

5. Dianggap Sebagai Film Terkutuk

Fakta-Antrum-5_

Peristiwa misterius yang terjadi pada film Antrum memang masih menyisakan banyak pertanyaan bagi penonton. Film yang diklaim dapat membawa kutukan bagi para penonton ini memang sukses mencuri perhatian. Meski sebagian pihak berpendapat bahwa kutukan dalam film ini hanya sebuah gimmick yang dilempar pembuat film untuk menggugah rasa penasaran penonton.

Tetapi ada pula yang percaya bahwa film tersebut memang benar-benar membawa kutukan mengingat pada awal film, pihak produksi sendiri tampak meyakinkan penonton dengan menampilkan beberapa footage video terkait insiden yang terjadi.

6. Mengurangi Elemen Menakutkan Pada Film

Fakta-Antrum-6_

Setelah muncul di The Brooklyn Horror Film Festival pada tahun 2019. Film ini menarik perhatian produser film horor, Eric Thirteen. Dengan menggandeng rumah produksi Uncork'd Entertainment, film ini pun kemudian dibuat ulang.

Pihak produksi pun mengklaim bahwa beberapa elemen dalam film, serta sejumlah adegan menakutkan telah dihilangkan untuk mengurangi rasa tidak nyaman penonton terhadap film yang disebut sebagai film terkutuk dan paling mematikan sepanjang masa. Film Antrum versi terbarunya sendiri ditayangkan untuk pertama kalinya di negeri Sakura, Jepang.

7. Mendapat Rating Rendah

Fakta-Antrum-7_

Film yang diklaim dapat membawa kutukan pada penontonnya ini memang cukup menghebohkan pasca kemunculannya. Meski hadir dengan embel-embel sebagai film paling terkutuk mematikan di dunia, tetapi hal tersebut sepertinya tidak cukup membantu untuk meningkatkan ratingnya. Di situs database IMDB, film ini hanya mendapatkan rating 4.9/10.


Sebagian besar penonton menganggap film ini memang sukses secara marketing karena mampu menggugah rasa penasaran penonton. Meski demikian, dari berbagai aspek, film ini memang tidak memiliki sesuatu yang menarik. Beberapa penonton bahkan lebih tertarik untuk membahas para pemain, dan properti film yang dianggap tidak sesuai dengan tahun yang diklaim oleh pihak produksi.

8. Tidak Dianggap Serius Oleh Penonton

Fakta-Antrum-8_

Salah satu sumber menyebutkan bahwa pasca pemutaran perdana film terbarunya di Jepang pada tahun 2019 silam, film ini mendapatkan banyak respons yang cukup berbeda-beda dari para penonton. Beberapa penonton cukup terhipnotis dengan film yang dibuat dengan anggaran terbatas tersebut.

Sementara sebagian besar penonton Jepang lainnya memang tidak menanggapi terlalu serius perihal kutukan dalam film Antrum: The Deadliest Film Ever Made. Para penonton sendiri cenderung menganggap segala kabar horor terkait film ini hanya sebagai gimmick untuk menarik minat penonton.

9. Tidak Ditemukan Bukti Akurat Soal Insiden

Fakta-Antrum-9_

Sejauh ini memang tidak ada bukti akurat yang menunjukkan bahwa tragedi yang terjadi di masa lalu tersebut memang pernah terjadi. Jika memang tidak terekspos oleh media, hal ini pun masih cukup aneh mengingat jumlah korban yang konon meregang nyawa dalam insiden mematikan tersebut mencapai 86 jiwa.

Jumlah tersebut bisa dibilang lebih dari cukup untuk menjadi headline news di berbagai media terkemuka, terutama di negara tempat film tersebut dibuat, yaitu Inggris. Jika ada bukti berita di media massa, hal tersebut tentu bisa menjawab rasa penasaran penonton akan kebenaran informasi tentang film Antrum.

10. Menjadi Perbincangan di Internet

Fakta-Antrum-10_

Kemunculan Antrum: The Deadliest Film Ever Made memang sukses mengundang ketertarikan para penonton film, terutama bagi mereka yang menyukai hal-hal yang berbau mistis. Tersebarnya cerita kelam yang menyelimuti film ini memang tidak terlepas dari peran besar pemilik platform media sosial yang ikut mempromosikan berbagai hal terkait film tersebut pada para penonton.

Selama beberapa waktu, film ini menjadi topik hangat yang bergerak cukup liar di internet, bahkan berhasil menciptakan berbagai spekulasi di tengah masyarakat.

Nah, demikianlah 10 Fakta menarik film Antrum, film pembawa kematian yang berhasil Bacaterus rangkum. Kira-kira apa pendapatmu tentang film garapan David Amito dan Michael Laicin ini? Biar kita tahu. Tulis pendapatmu di kolom komentar yang ada di bawah, ya!

Kamu juga bisa lihat artikel lainnya tentang fakta film Medium yang konon bikin orang terganggu atau rekomendasi film horror lainnya di Bacaterus.com!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram