Bacaterus / Hiburan / 6 Fakta Menarik Band Radiohead yang Wajib Diketahui Fans

6 Fakta Menarik Band Radiohead yang Wajib Diketahui Fans

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Agustus 2019

Siapa sih, yang nggak kenal dengan band beraliran alternative-rock, Radiohead? Band yang satu ini tetap menjadi band favorit banyak orang sejak awal kemunculannya di dunia musik internasional di awal tahun 1990-an silam. Nah, pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan membagikan informasi mengenai fakta menarik band Radiohead yang tentunya wajib diketahui oleh para penggemar.

Apa saja fakta menarik dari band papan atas yang mempopulerkan banyak lagu-lagu hits ini? Simak langsung saja ulasan  berikut untuk mengetahuinya.

1. Pada Mulanya Bernama On a Friday

fakta menarik band radiohead

* sumber: www.nme.com

Band beraliran rock ini sudah terbentuk sejak  tahun 1985, di mana para personilnya saat itu masih duduk di bangku SMA. Para personil Radiohead bersekolah di Abingdon School di Abingdon, Oxfordshire. Sang vokalis dan basisnya saat itu berada di tingkat yang sama , sedangkan gitaris dan drummer-nya merupakan kakak tingkat mereka berdua. Satu personilnya lagi merupakan junior mereka.

Pada mulanya, mereka membentuk sebuah band dengan nama On a Friday. Nama ini diambil karena mereka selalu latihan bareng setiap hari Jumat di sekolah. Di awal tahun 1990-an, nama On a Friday akhirnya diganti menjadi Radiohead bertepatan ketika mereka dikontrak oleh label rekaman EMI.

2. Beranggotakan Lima Orang Personil

Seperti yang kita tahu, band yang satu ini memiliki lima orang personil inti. Nah, Bacaterus akan mengulas tentang masing-masing personilnya. Let’s check this out.

  • Thom Yorke

Thom Yorke

Thom Yorke adalah vokalis sekaligus penulis lagu-nya Radiohead. Pria kelahiran 7 Oktober 1968 ini lahir di Northamptonshire, Inggris sebelum akhirnya pindah ke Skotlandia dan kembali ke Inggris untuk kemudian menetap di Oxfordshire dan membentuk band yang membesarkan namanya, Radiohead.

Pria dengan nama asli Thomas Edward Yorke ini pertama kali bermain gitar saat usianya baru menginjak 7 tahun. Yorke kemudian membuat sebuah gitar yang terinspirasi dari gitar milik salah satu pentolan band legendaris Queen, Brian May, di usia 10 tahun.

For your information, Thom Yorke sempat menjalani lima kali operasi mata saat masih kecil karena mata kirinya lumpuh. Sebelum sukses bersama Radiohead, Thom juga pernah menjalani beberapa pekerjaan yang berbeda, termasuk menjadi penjaga rumah sakit jiwa.

Oh ya, menurut needsomefun, Thom Yorke membenci suaranya sendiri. Yorke menganggap bahwa suaranya nggak cocok untuk genre musiknya, lho. Ada-ada saja, ya.

  • Jonny Greenwood

Jonny Greenwood

Jonny Greenwood adalah gitaris sekaligus dari band Radiohead. Jonny bergabung dengan Radiohead bersama Colin, saudaranya sejak pertama dibentuk dengan nama On a Friday. Jonny Greenwood tumbuh bersama lagu-lagu klasik yang diputar oleh orangtuanya.

Bahkan, alat musik yang ia pelajari saat masih kecil bukanlah gitar atau keyboard, melainkan sebuah rekorder. Greenwood juga mahir bermain viola, lho. Pria kelahiran 5 November 1971 ini bahkan sempat tergabung dalam sebuah grup orkestra sekolah saat masih muda dulu.

Pada saat bergabung dengan band On a Friday pun, bukan gitar Fender Telecaster yang Jonny mainkan. Pria bernama lengkap Jonathan Richard Guy Greenwood ini malah memainkan alat musik harmonika dan keyboard.

Yap, dari semua penjabaran di atas, bisa disimpulkan kalau Jonny Greenwood adalah seorang musical genius dan multi-instrumental karena bisa memainkan berbagai jenis alat musik. Keren banget, kan?

  • Colin Greenwood

Colin Greenwood

Nah, Radiohead juga punya bassist yang nggak kalah keren dari personil lainnya. Ya, ada Colin Greenwood yang tak lain dan tak bukan adalah kakak kandung dari Jonny Greenwood. Oh ya, bukan cuma pintar bermain bass saja, Colin Greenwood juga pandai bermain gitar, khususnya gitar klasik.

Colin Greenwood pernah tinggal di Jerman semasa kecil. Jadi, nggak heran kalau pria kelahiran tahun 1969 ini jago cuap-cuap menggunakan bahasa Jerman. For your information, Colin Greenwood mengambil bahasa Inggris sebagai jurusan kuliahnya.

Pria ini senang membaca literatur Amerika. Saking sukanya dengan literatur dari Negeri Paman Sam, Greenwood pun menikahi Molly McGrann, seorang novelis terkenal asal negara tersebut. Dari pernikahannya dengan McGrann, Colin memiliki tiga anak laki-laki yang tentunya memiliki wajah yang nggak kalah ganteng dari sang ayah.

Menurut needsomefun, Colin dan Thom membentuk band bersama ‘hanya’ karena mereka punya selera serupa dalam hal pakaian, lho.

  • Ed O’Brien

Ed O'Brien

Selanjutnya, ada Ed O’Brien. Pria bernama lengkap Edward John O’ Brien ini adalah salah satu gitaris Radiohead. O’ Brien senang mendengarkan musik post-punk. Salah satu musisi favorit pria kelahiran Oxford ini adalah pelantun lagu hits yang berjudul Space Oddity, David Bowie.

Kalau Colin Greenwood mengambil jurusan bahasa Inggris saat kuliah, Ed O’Brien memilih ekonomi sebagai jurusan kuliahnya. Ed pernah berkuliah di salah satu universitas ternama di Inggris, yakni University of Manchester.

Ed O’ Brien memiliki seorang istri, Susan Kobrin yang bekerja di sebuah organisasi non-profit di Inggris. O’Brien yang merupakan seorang ayah dari dua anak ini sempat kecanduan alkohol, namun akhirnya berhasil sembuh berkat meditasi. For your info, Ed O’ Brien adalah personil Radiohead paling jangkung di antara yang lainnya. Pria ini punya tinggi badan mencapai 187 sentimeter.

  • Philip Selway

Philip Selway

Nah, personil Radiohead yang lainnya adalah Philip Selway. Selway yang lahir di tahun 1967 ini adalah penabuh drum dari Radiohead. Pria yang punya nama panggilan unik, yakni Mad Dog ini dinobatkan sebagai salah satu drummer paling hebat sepanjang masa oleh situs berita musik asal Inggris, Gigwise.

Menurut nme, Philip Selway dan dua personil Radiohead lainnya, Jonny Greenwood pernah muncul dalam salah satu judul film Harry Potter, yakni Harry Potter and The Goblet Of Fire bersama dengan pentolan band Pulp, Jarvis Crocker. Dalam film itu, Phil dan rekan-rekannya berperan sebagai personil band Weird Sisters yang digandrungi para penyihir.

3. Asal Mula Nama Radiohead

fakta menarik band radiohead logo

* sumber: www.facebook.com

Seperti yang sudah disampaikan di atas, sebelum menggunakan nama Radiohead, band ini memakai nama On a Friday. Nama Radiohead sendiri sebenarnya tidak memiliki arti yang spesifik. Radiohead sebenarnya diambil dari judul lagu “Radio Head” yang dipopulerkan oleh band beraliran rock asal Amerika Serikat, Talking Heads.

4. Merilis Lagu-Lagu Fenomenal

radiohead creep

* sumber: auralcrave.com

Ya, band yang satu ini banyak merilis lagu-lagu yang fenomenal dan tentunya digemari oleh banyak kalangan. Salah satu lagu yang paling terkenal adalah “Creep”. Dilansir dari festivalsherpa, lagu ini ditulis oleh Thom Yorke setelah ia ditolak oleh perempuan yang disukainya semasa kuliah dulu.

Uniknya, para personil Radiohead sendiri tidak menyukai lagu yang membesarkan namanya saat pertama kali debut sebagai Radiohead di tahun 90-an silam. Kabarnya, sekarang mereka bosan karena terlalu sering membawakan lagu ini, sehingga mereka kurang bersungguh-sungguh saat menyanyikan lagu “Creep” di atas panggung.

Selain “Creep”, ada banyak judul lagu lainnya yang tak kalah nge-hits. Sebut saja lagu yang berjudul High and Dry, Fake Plastic Trees, Paranoid Android sampai True Love Waits dan No Surprises. Hingga kini, Radiohead sendiri sudah merilis sembilan album. Dua di antaranya adalah OK Computer yang dirilis di tahun 1997 dan A Moon Shaped Pool yang dirilis tahun 2016.

Dilansir dari Buzzfeed, Thom Yorke yang memiliki phobia menyetir sejak mengalami kecelakaan di tahun 1987 juga banyak menginspirasi Radiohead dalam menciptakan lagu tentang kecelakaan mobil. Salah satu judul lagu ‘kecelakaan’ yang paling populer adalah “Airbag”.

5. Memenangkan Banyak Penghargaan

fakta menarik band radiohead 2

* sumber: www.nme.com

Sebagai band papan atas dunia, Radiohead tentu sering memenangkan banyak penghargaan bergengsi. Radiohead pernah memenangkan 22 penghargaan dan masuk nominasi penghargaan sebanyak 79 kali sepanjang karir mereka.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih band Radiohead di antaranya adalah Best Choreography dari Antville Music Video Awards untuk lagu mereka yang berjudul “Lotus Flower” hingga penghargaan best alternative music album dari Grammy untuk album mereka yang berjudul Kid A.

6. Punya Cara Unik dalam Mempromosikan Album

RadioHead

* sumber: ianwhitworth.net

Tidak kalah dengan lagu-lagu ciptaannya yang sangat menarik, Radiohead juga memiliki keunikan lain dalam hal cara mereka mempromosikan album yang akan dirilis. Di tahun 2007, ketika album In Rainbow diluncurkan, mereka mempromosikan album mereka dengan cara yang agak nyeleneh, yaitu “Pay-what-you-want download”.

Kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya bayar sesuai keinginan kamu untuk mengunduh. Dengan kata lain, album ini dijual sesuai dengan harga yang kamu tawarkan, bahkan hebatnya lagi kamu bisa menawarkan harga £0 untuk mendapatkan album tersebut.

Cara yang mereka lakukan ini bisa dibilang sebagai pelopor dalam mempromosikan album via online, sebelum adanya Spotify dan portal music lainnya.

Tapi bukan hanya itu saja, dilansir dari theguardian, Radiohead juga pernah melakukan promosi unik lainnya juga, seperti ketika merilis album the King of Limbs, mereka memberikan bonus surat kabar di 61 titik lokasi di seluruh dunia.

Nah, itulah pembahasan tentang enam fakta menarik band Radiohead dari Bacaterus. Gimana, makin nge-fans nggak, sama Thom Yorke, dkk. setelah mengetahui fakta-fakta yang disebutkan di atas?

Oh ya, kalau kamu punya informasi menarik lainnya seputar fakta band Radiohead, sampaikan langsung melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *