bacaterus web banner retina

10 Fakta Menarik Anne Hathaway, Aktris Cantik Peraih Oscar

Anne Jacqueline Hathaway atau yang dikenal dengan Anne Hathaway merupakan aktris cantik asal Amerika Serikat yang lahir di New York pada tahun 1982. Kehadirannya di industri hiburan Hollywood kerap menjadi perhatian penggemar. 

Selain sukses membintangi sejumlah film box office dunia, pasangan dari Adam Shulman ini juga diketahui telah mengantongi sejumlah penghargaan bergengsi untuk setiap perannya di dalam sebuah film.

Fakta menarik apa saja yang ada tentang aktris cantik berzodiak Scorpio ini? Yuk, simak ulasan menarik yang telah Bacaterus rangkum dalam artikel di bawah. Berikut adalah pemaparannya.

Biodata

  • Nama lengkap: Anne Jacqueline Hathaway 
  • Nama panggung: Anne Hathaway
  • Posisi: Aktris
  • Tempat dan tanggal lahir: New York, 12 November 1982
  • Kewarganegaraan: Amerika Serikat
  • Zodiak: Scorpio
  • Tinggi badan: 173 cm
  • Golongan darah: O
  • Instagram: @annehathaway

1. Diet untuk Film Les Miserables 

diet untuk les miserables_

Seorang aktor memang kerap dituntut untuk bisa mendalami perannya. Anne Hathaway adalah satu dari sekian banyak aktris Hollywood yang kerap menunjukkan totalitasnya sebagai seorang aktris.

Salah satunya saat dirinya memerankan karakter pendukung wanita di film adaptasi novel populer karya Victor Hugo berjudul Les Miserables.

Anne harus melakukan diet ketat untuk perannya sebagai seorang grisette muda di Paris yang dihamili oleh seorang pelajar kaya dan terpaksa harus merawat putrinya, Cosette seorang diri.

Berkat penampilannya yang memukau dalam film tersebut, Anne berhasil meraih banyak penghargaan di ajang bergengsi. Salah satunya sebagai Best Supporting Actress di ajang Golden Globe Award.

2. Bukan Aktris Pilihan Utama The Devil Wears Prada

bukan aktris pilihan di the devil wears prada

The Devil Wears Prada adalah salah satu film dengan jumlah pendapat terbanyak yang pernah dimainkan oleh aktris berusia 38 tahun ini. Di film yang telah dirilis di tahun 2006 tersebut, Anne berperan sebagai Andrea Sachs, asisten seorang editor majalah fashion terkemuka, Miranda Priestly (Meryl Streep). 

Dalam sebuah interview, Anne sempat mengatakan bahwa dirinya bukanlah pilihan utama sutradara David Frankel untuk memerankan karakter Sachs.

Sebelumnya terdapat sejumlah nama seperti Rachel McAdams, Claire Danes, dan Juliette Lewis. Meski pun tidak pernah mengikuti audisi untuk perannya tersebut, tetapi ia cukup beruntung karena bisa berperan di salah satu film yang berhasil menjadi box office.

3. Bintang Teater

Sebelum namanya dikenal luas di panggung hiburan dunia, aktris yang dibesarkan dalam keluarga Katolik Roma ini merupakan bintang teater yang cukup terlatih. Anne merupakan aktris bersuara sopran yang kerap tampil dengan All-Eastern U.S. High School Honours Chorus di Carnegie Hall. 

Selain itu, ia juga kerap pentas di panggung teater yang ada di Seton Hall Preparatory School di West Orange, New Jersey. Sebagai seorang bintang teater, Anne memang kerap memukau penonton dengan penampilannya yang prima. 

Hal itu dibuktikan saat dirinya harus berakting sekaligus menyanyikan sebuah lagu di film drama musikal Les Miserables karya sutradara Tom Hooper.

4. Populer Lewat The Princess Diaries

populer lewat the princess diaries_Sumber: sheknows.com

Anne secara resmi debut di industri perfilman Hollywood pada tahun 1999 dengan bermain di serial televisi berjudul Get Real yang ditayangkan Fox. Anne sendiri mulai mendapat perhatian luas dari penggemar setelah berhasil memerankan karakter utama di film Disney yang berjudul The Princess Diaries di tahun 2001. 

Di film tersebut, Anne memerankan karakter bernama Mia Thermopolis, seorang remaja culun yang hidupnya berubah setelah mengetahui bahwa dirinya adalah bagian dari kerajaan kecil yang ada di Eropa. Berkat perannya di film ini, Anne berhasil meraih penghargaan sebagai Aktris Film Pilihan di ajang Teen Choice Award.

5. Kualitas Akting Setara Aktris Legendaris

Kesuksesan Anne di industri perfilman tidak terlepas dari kemampuan aktingnya yang sangat menjiwai dalam setiap film. Para kritikus film sendiri kerap memuji totalitas Anne dalam berakting.

Beberapa kritikus film bahkan membandingkan kualitas aktingnya dengan dua bintang besar di masa lalu, yaitu Judy Garland and Audrey Hepburn.

Judy Garland sendiri dikenal luas para penggemar untuk perannya sebagai Dorothy Gale di film The Wizard of Oz (1939). Sementara Audrey Hepburn merupakan aktris wanita peraih Oscar pertama untuk filmnya yang berjudul Roman Holiday yang tayang di tahun 1953. 

Baik Judy Garland mau pun Audrey Hepburn diketahui memiliki kontribusi yang cukup besar untuk perkembangan perfilman Hollywood, khususnya drama musikal.

6. Memukau Kritikus Film 

Pujian atas kemampuan aktingnya juga mengalir cukup deras dari para kritikus film untuk perannya di film Rachel Getting Married (2008).

Di film tersebut, wanita yang sempat menempuh pendidikan di Universitas New York tahun 1995-1998 ini memerankan karakter Kym Buchman, seorang pecandu narkoba yang sedang menjalani rehabilitasi. 

Berkat perannya di film ini, Anne diketahui meraih Penghargaan Aktris Terbaik pilihan para kritikus. Namanya juga sempat masuk dalam deretan nominasi di ajang bergengsi seperti Academy Awards, Golden Globe, Screen Actors Guild dan Indie Spirit Awards untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik.

7. Host di Academy Awards

Sebagai seorang aktris yang memulai kariernya di teater, Anne memiliki kemampuan yang cukup baik dalam berinteraksi dengan penonton. Pada tahun 2011, Anne sempat didapuk sebagai host untuk pagelaran Academy Awards yang ke-83. 

Anne merupakan wanita termuda yang menjadi host untuk acara bergengsi tersebut. Academy Awards atau yang disebut juga dengan Piala Oscar adalah salah satu ajang penghargaan film di Amerika Serikat yang cukup prestisius. Academy Awards sendiri pertama kali diselenggarakan pada tahun 1929.

8. Menjadi Pengisi Suara

menjadi pengisi suara_Sumber: elle.fr

Selain tampil sebagai aktor watak, wanita yang sempat berperan di sejumlah film sukses seperti Ocean’s 8 (2018), Interstellar (2014), The Intern (2015) dan Alice in Wonderland (2010) ini juga kerap didapuk sebagai pengisi suara untuk serial animasi.

Salah satunya sebagai pengisi suara untuk karakter Haru Yoshioka di anime The Cat Returns (2002). Selain itu, Anne juga sempat muncul di beberapa episode di serial animasi berjudul Family Guy, serta menjadi pengisi suara untuk karakter Putri Penelope di episode The Simpsons “Once Upon a Time in Springfield”, di mana dirinya kemudian berhasil membawa pulang Penghargaan Emmy.

9. Superhero dari Markas DC

hero dari markas dc_Sumber: za.ign.com

Pada tahun 2012, Anne kembali mengejutkan para penggemar dengan berperan di film The Dark Knight Rises sebagai Catwoman. Saat pertama kali melakukan audisi untuk film tersebut, Anne mengira akan mendapatkan peran sebagai Harley Quinn.

Namun, pada akhirnya ia terkejut saat Nolan memberitahunya bahwa karakter yang akan dimainkannya adalah Catwoman. 

Di film The Dark Knight Rises, Anne menunjukkan prestasinya kembali sebagai bintang film dengan meriah penghargaan Best Supporting Actress di ajang Saturn Award dan Choice Movie Actress di ajang Teen Choice Award.

10. Bermain di Film Locked Down

bermain di film locked down_

Di tahun 2021, Anne Hathaway diketahui kembali menghibur penggemar melalui film komedi romantis berjudul Locked Down garapan sutradara Doug Liman.

Film yang telah dirilis di bulan Januari tersebut menceritakan tentang kisah kehidupan pasangan Paxton Riggs (Chiwetel Ejiofor) dan Linda Thurman (Anne Hathaway) yang terjebak dalam situasi pandemi. 

Keduanya diketahui merencanakan ide gila untuk melakukan pencurian bersama yang berisiko. Selain menghadirkan kedua pemain tersebut, film berdurasi 118 menit ini menghadirkan pula sederet aktor terkenal lain seperti Stephen Merchant, Mindy Kaling, Lucy Boynton, Mark Gatiss, Claes Bang, Ben Stiller dan Ben Kingsley. 

Demikian pembahasan tentang 10 fakta Anne Hathaway, aktris cantik peraih Oscar dari Bacaterus. Selain cantik, Anne juga memiliki prestasi yang bisa menjadi inspirasi bagi para penggemar yang ada di dunia. Kira-kira fakta menarik apa lagi yang dimiliki aktris cantik ini? Tulis komentarmu di bawah, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram