Bacaterus / Belajar Yuk! / FYI / 10 Fakta Menangis yang Jarang Diketahui Banyak Orang

10 Fakta Menangis yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Agustus 2018

Manusia adalah satu-satunya makhluk hidup yang diketahui dapat menangis secara emosional. Menangis adalah meneteskan air mata sebagai akibat dari tindakan manusia yang dapat disebabkan oleh berbagai macam emosi di antaranya emosi sedih, saat bahagia, saat sedang kesal atau marah-marah dan lain-lain.

Namun, menangis juga bisa terjadi karena faktor lain. Faktor apa saja dan mengapa manusia bisa menangis? Peneliti telah menemukan bahwa menangis juga bisa bermanfaat bagi tubuh dan pikiran manusia. Manfaat itu juga bisa dirasakan pada bayi yang baru lahir. Berikut kita simak fakta selengkapnya di bawah ini.

1. Frekuensi Menangis

frekuensi menangis

* sumber: theawesomedaily.com

Fakta pertama tentang menangis adalah mengenai seberapa sering menangis bisa dilakukan. Pernahkah kamu menghitung seberapa sering kamu menangis? Menurut German Society of Ophthalmology, yang telah mengumpulkan berbagai penelitian ilmiah tentang tangisan seseorang, rata-rata wanita menangis antara 30 sampai 64 kali dalam setahun, sedangkan pria menangis antara 6 sampai 17 kali dalam setahun.

Apakah kamu dikategorikan sering menangis atau sama sekali jarang? Berapa menit kamu menangis? Rata-rata pria cenderung menangis selama dua sampai empat menit, sedangkan wanita menangis sekitar enam menit. Biasanya, bila menangis, wanita bisa menangis sambil terisak-isak. Menangis terisak-isak untuk wanita terjadi sekitar 65% kasus, dibandingkan dengan pria hanya 6%.

2. Menangis Dapat Mengeluarkan Toksin

menangis mengeluarkan toksin

* sumber: www.health.com

Percayakah kamu bila menangis dapat mengeluarkan toksin dari dalam tubuhmu? Menangis tidak hanya dapat membersihkan mental manusia, tapi juga bisa membersihkan tubuh manusia. Air mata yang dihasilkan oleh stres membantu tubuh melepaskan bahan kimia yang meningkatkan kortisol atau biasa dikenal sebagai hormon stres.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr.William H. Frey II yakni, seorang ahli biokimia dan direktur penelitian psikiatri di St Paul-Ramsey Medical Centre, menyatakan bahwa menangis dapat melepaskan zat beracun dari tubuh manusia. Proses tersebut disebut proses eksokrin. Proses eksokrin adalah suatu proses di mana suatu zat keluar dari dalam tubuh.

Selain menangis, proses eksokrin lainnya adalah pada saat kita menghembuskan napas dan berkeringat. Tangisan emosional mengandung beberapat zat diantaranya  protein prolactin, adrenocorticotropic hormones, dan endorphin leucine-enkephalin, yang mana dapat mengurangi rasa sakit.

3. Menangis Dapat Membunuh Bakteri

menangis membunuh bakteri

* sumber: science.howstuffworks.com

Fakta selanjutnya yaitu menangis dapat membunuh bakteri. Teriakan pada saat menangis itu juga dapat menjadi cara terbaik untuk membunuh bakteri. Air mata mengandung cairan yang bernama lysozyme. Cairan tersebut juga dapat ditemukan pada susu manusia, air mani, lendir, dan air liur, yang dapat membunuh sekitar 90% sampai 95% bakteri hanya dalam waktu 10 menit.

Sebuah penenlitian pada tahun 2011, yang dipublikasikan di jurnal Food Microbiology menemukan bahwa air mata memiliki kekuatan antimikroba yang kuat sehingga bagian mata dapat terlindungi dari kontaminasi  antraks yang disengaja. Lysozyme dapat membunuh bakteri tertentu dengan menghancurkan dinding sel bakteri serta kulit luar yang memberikan lapisan pelindung.

4. Menangis Dapat Meningkatkan Mood

Meningkatkan Mood dan Kinerja Kognitif

Menangis dapat meningkatkan mood. Mood adalah keadaan emosional yang bersifat sementara waktu. Air mata bisa meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik daripada antidepresan karena itu seseorang  dengan gangguan kecemasan sebenarnya akan mendapatkan efek positif dari menangis.

Sebuah penelitian pada tahun 2008 dari University of South Florida, menemukan bahwa tangisan dapat menenangkan diri dan meningkatkan mood lebih baik daripada antidepresan apapun. Pada saat meneteskan air mata, mood dapat meningkat hingga sekitar 90%.

5. Menangis Dapat Meredakan Stres

menangis meredakan stress

* sumber: www.eranepal.com

Teriakan pada saat seseorang menangis dapat memberikan perasaan yang lega, meski kita tetap dalam keadaan menangis. Menangis diketahui dapat melepaskan hormon stres atau racun dari tubuh yang kemudian dapat mengurangi ketegangan.

Penelitian yang dilakukan oleh seorang psikoterapis Sharon Martin menyatakan bahwa cara yang lebih sehat untuk untuk meluapkan perasaan buruk seseorang yang dapat menyebabkan sakit kepala dan tekanan darah tinggi adalah dengan cara menangis. “Crying is a safe and effective way to deal with stress,” katanya. “It provides an emotional release of pent up negative feelings, stresses, and frustations.”

6. Jenis Air Mata yang Dihasilkan Manusia

jenis air mata

* sumber: ehealth.eletsonline.com

Ada 3 jenis air mata yang dihasilkan oleh manusia, apa saja? Pada saat menangis dan mengeluarkan air mata, tidak semua air mata mengandung keadaan suasana hati yang emosional. Sebenarnya 3 jenis air mata tersebut memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Jenis yang pertama adalah air mata basal. Air mata jenis ini, berada di mana-mana pada bagian mata kita. Air mata inilah yang membuat mata kita tetap bersih sepenuhnya. Tubuh manusia menghasilkan rata-rata 5 sampai 10 ons air mata basal setiap harinya. Hal itu mengalir melalui rongga hidung, yang merupakan alasan mengapa begitu banyak dari kita mengembangkan hidung saat meler.

Berikutnya adalah jenis air mata refleks yang berfungsi melindungi mata manusia dari iritasi keras seperti asap, bawang bombay, atau bahkan angin dan debu. Jadi, saraf sensorik pada kornea menghubungkan iritasi itu ke bagian otak, yang kemudian mengirimkan hormon kelenjar di kelopak mata. Hormon ini membersihkan mata secara efektif dari zat yang membahayakan itu.

Jenis air mata yang ketiga adalah air mata emosional. Semuanya dimulai di bagian otak besar, di mana rasa kesedihan atau kebahagiaan berasal dari sana. Sistem endokrin kemudian dipicu untuk melepaskan hormon ke daerah ocular, kemudian menyebabkan air mata terbentuk. Lalu akhirnya keluarlah air mata tangisan secara emosional.

7. Menangis Membuat Lebih Mudah Tidur

menangis bikin tidur nyenyak

* sumber: healthylnb.com

Sebuah penelitian pada tahun 2015 menemukan bahwa menangis dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak. Apakah hal ini juga berpengaruh pada orang dewasa? Memang belum ada penelitian untuk orang dewasa. Namun, dengan menangis, orang yang menangis akan menjadi lebih tenang, mood meningkat, dan rasa sakit berkurang sehingga tertidur dengan mudah dan nyenyak.

8. Menangis Membantu Bayi untuk Bernapas

menangis membantu bayi

* sumber: monbaby.com

Fakta selanjutnya adalah menangis dapat membantu bayi bernapas. Tangisan pertama kali bayi yang baru keluar dari rahim merupakan tangisan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan, jika bayi menangis, itu tandanya bayi menerima oksigen di dalam rahim melalui tali pusar.

Begitu bayi lahir, mereka harus mulai bernapas dengan sendirinya. Tangisan pertama itu yang membantu paru-paru bayi beradaptasi dengan kehidupan dunia luar. Menangis juga membantu bayi untuk mengeluarkan cairan cairan di paru-paru, hidung dan mulut.

9. Menangis Dapat Mengembalikan Keseimbangan Emosional

menangis mengembalikan emosional

* sumber: wallpapersfan.com

Menangis tidak hanya terjadi sebagai respon terhadap sesuatu yang menyedihkan. Terkadang seseorang menangis pada saat bahagia, takut atau stres.

Penelitian di Yale University menunjukkan bahwa menangis dalam berbagai macam mood misalnya, dalam keadaan bahagia, takut atau stres dapat membantu mengembalikan keseimbangan emosional. Bila kamu merasa sangat bahagia atau takut akan sesuatu dan akhirnya menangis, inilah cara tubuh kamu untuk pulih dari emosi tersebut.

10. Menangis Berarti Kamu Adalah Manusia

menangis berarti kamu manusia

* sumber: marriagegems.com

Tahukah kamu? Hanya manusia yang dapat menangis secara emosional sedangkan binatang tidak pernah menangis secara emosional. Binatang mamalia hanya dibasahi oleh air mata saja tanpa dibarengi dengan emosi, namun manusia meneteskan air mata secara emosional sebagai respon terhadap tekanan emosional.

Ungkapan emosi manusia menjelaskan perasaan yang sedang dialami. Emosi memotivasi kita untuk berempati kepada sesama agar dapat bertahan hidup sebagai manusia sosial.

Nah, itulah fakta-fakta dari menangis yang mungkin belum kamu ketahui. Jika kamu mempunyai saran atau kamu punya fakta lainnya seputar menangis, ayo! Segera tulis komentarmu di kolom ini

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Suka membaca, menulis, mewarnai, menyukai hewan kura-kura, penggemar band asal Australia 5 Seconds of Summer (5SOS) dan suka banget sama Rilakkuma :D

Leave A Comment