Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Februari 2019

Wanna One adalah salah satu boy group asal Korea Selatan yang sedang disorot banget saat ini. Wanna One dibentuk oleh CJ E&M lewat acara survival “Produce 101 Season 2.” Pada season pertama, acara ini khusus cewek-cewek saja, sedangkan pada season kedua khusus cowok-cowok saja.

Member 워너원 alias Wanna One merupakan yang terpilih dari 101 orang. Kini, Wanna One aktif sebagai idol group dengan sebelas anggota, yaitu Yoon Ji-sung, Ha Sung Woon, Hwang Min-hyun, Ong Seong-wu, Kim Jae-hwan, Kang Daniel, Park Ji-hoon, Park Woo-jin, Bae Jin-young, Lee Dae-hwi, dan terakhir adalah Lai Guan Lin.

Wanna One debut pada tanggal 17 Agustus 2017 lalu. Sayangnya, karena grup ini dibentuk dari acara survival, para anggotanya bukan berasal dari manajemen yang sama. Bahkan ada yang sudah debut menjadi grup idol dan bekerja sebagai aktor sebelumnya. Jadi, masa aktif Wanna One hanya satu tahun empat bulan saja (berakhir pada 31 Desember 2018).

Jangan galau karena Wanna One sebentar lagi akan disbanded. Mendingan kita kenali para member Wanna One lebih dekat saja, yuk. Bacaterus telah mengumpulkan 11 fakta member Wanna One buat kamu para Wannables (fans Wanna One). Ini dia pembahasannya, enjoy~

11 Fakta Unik Member Wanna One

1. Fakta Yoon Ji-sung

Yoon Ji-sung fakta member Wanna One

Untuk fakta member Wanna One yang pertama, Bacaterus mau membahas leader-nya Wanna One. Adalah Yoon Ji-sung (Hangul: 윤지성). Jisung adalah member tertua di Wanna One, dia lahir pada 8 Maret 1991 (usia 28 tahun di Korea). Yup, selain menjadi anggota, Jisung merupakan leader alias pemimpin grup Wanna One.

Nama Jisung sudah melekat banget sama sosok Jisung Wanna One ini. Akan tetapi, tahukah kamu kalau Jisung bukanlah nama asli kelahiran cowok asal Wonju ini? Jadi, nama kelahiran cowok ini adalah Yoon Byeong-ok (윤병옥). Akan tetapi, sekarang telah diganti menjadi Yoon Jisung.

Jisung baru saja lulus dari jengjang kuliah S1-nya di Universitas Myongji jurusan Teater. Akan tetapi, Jisung belum puas, tuh. Buktinya sekarang dia melanjutkan pendidikannya di Sekolah Pascasarjana Seni Rupa dan Seni Pertunjukan Universitas Dongguk. Suka banget, ya, sama idol yang tetap mengutamakan pendidikan.

2. Fakta Ha Sung Woon

Ha Sung Woon

Member Wanna One kedua yang mau kita bahas adalah Ha Sung Woon (하성운). Sungwoon merupakan seorang penyanyi di bawah label Ardor & Able. Sebelum aktif di Wanna One, Sungwoon sudah terlebih dahulu debut di grup bernama HotShot pada tahun 2014.

Cowok manis kelahiran 22 Maret 1994 ini punya wajah yang imut-imut, ya? Tidak sangka ternyata usianya sudah 25 tahun sekarang. Baru beberapa bulan lalu HotShot melakukan comeback setelah dua tahun vakum dengan lagu “Jelly.” Tentu saja Sungwoon Wanna One dan Noh Tae Hyun (member HotShot kontestan PD101 juga) ikut dalam mempromosikan lagu tersebut.

3. Fakta Hwang Min-hyun

Hwang Min-hyun

Hwang Min-hyun (Hangul: 황민현) berusia satu tahun lebih muda dari Sungwoon. Minhyun lahir pada tanggal 9 Agustus 1995. Tidak hanya aktif sebagai penyanyi di Wanna One, Minhyun juga seorang penulis lagu dan juga aktor. Sama seperti Sungwoon yang sudah debut terlebih dahulu sebelum masuk Wanna One, Minhyun telah debut pada tahun 2012 di grup NU’EST (New Established Style and Tempo).

NU’EST beranggotakan lima orang, yaitu JR, Aron, Baekho, Ren, dan Minhyun tentunya. Empat anggota NU’EST mengikuti acara survival PD101, yaitu semua member kecuali Aron. Akan tetapi, yang lolos jadi member Wanna One hanya Minhyun saja.

Cowok yang lahir di Busan, Korea Selatan, ini lulusan SMA SOPA (School of Performing Arts) dan sekarang sedang berkuliah di Universitas Inha. By the way, kalau dilihat-lihat, Minhyun mirip sama aktor Ahn Jaehyun, ya? Tidak hanya mirip aktor, Minhyun juga pernah akting di sitkom “Reckless Family”, web drama “Momo Salon”, drama “Trot Lovers”, dan film Jepang “Their Distance.”

4. Fakta Ong Seong-wu

Ong Seong-wu

Di fakta member Wanna One yang selanjutnya, kita akan kenalan lebih dekat dengan Ong Seong-wu. Cowok dengan nama Hangul dan Hanja 옹성우 dan 邕聖祐 ini lahir pada tanggal 25 Agustus 1995. Selain menjadi vokalis di Wanna One, Seongwu juga aktif sebagai aktor, loh!

Sewaktu SMA dulu, Seongwu bersekolah di Hanlim Multi Art School dengan ekstensi Departemen Tarian Praktik. Lalu, sekarang dia lanjut kuliah di Dong Seoul University mengambil Departemen Seni Peran. Member Wanna One dari Fantagio Entertainment ini telah menghasilkan dua karya melalui akting, yaitu sebuah web drama berjudul “Idol Fever” sebagai kameo dan film pendek berjudul “Seong-wu is Alright.”

5. Fakta Kim Jae-hwan

 Kim Jae-hwan

Kim Jae-hwan (김재환; 金在煥) merupakan member Wanna One selanjutnya yang bakal kita bahas. Jaehwan lahir pada tanggal 27 Mei tahun 1996. Sama seperti kebanyakan anggota Wanna One lainnya, setelah lulus dari SMA-nya, Jaehwan melanjutkan pendidikannya di jenjang kuliah, tepatnya di Howon University jurusan Practical Music and Vocal Studies.

Jaehwan pertama kali dikenal publik ketika mengikuti ajang “Korea’s Got Talent Season 2.” Akan tetapi, Jaehwan tereliminasi pada saat semi-final. Jaehwan juga pernah membintangi musik video Yang Song E pada tahun 2014 yang berjudul “웃으며 안녕(Smiling Goodbye)” Dan, baru tahun kemarin (2017), Jaehwan menjadi model video klip girl group Momoland yang judulnya “꼼짝마(Freeze)”

Jaehwannie ini satu-satunya member Wanna One yang sudah pernah menyanyikan tiga lagu solo. Lagu-lagu tersebut adalah “In Front Of The Fall Post Office (가을 우체국 앞에서)” dan “Sorry (미안해)” melalui acara televisi Vocal War: God’s Voice. Satu lagi lagu solonya Jaehwan, judulnya adalah “Goose Father (기러기 아빠)” di acara tv juga yang bernama Immortal Song: Singing the Legend.

6. Fakta Kang Daniel

Kang Daniel

Fakta member Wanna One yang selanjutnya adalah Kang Daniel. Namanya memang Kang (marga) dan Daniel (nama kecil), bukan orang Sunda yang manggil akang, oke? Hihi. Daniel juga merupakan nama aslinya, bukan nama panggung, ya.

Kalaupun kamu tidak terlalu kenal dengan grup Wanna One, mungkin kamu sudah familiar dengan cowok kelahiran 10 Desember 1996 ini. Pasalnya, rapper dan sub-vokalis Wanna One ini merupakan member yang paling terkenal. Kang Daniel adalah face of the group, sehingga wajar kalau dia mendapatkan job solo lebih banyak daripada anggota Wanna One lainnya.

Kepopuleran Kang Daniel meningkat drastis ketika ia menjuarai acara survival PD101 Season 2, yang membawa Daniel menjadi center di grup Wanna One. Kami pernah membahas tentang Kang Daniel secara eksklusif di artikel 10 Fakta Kang Daniel.

7. Fakta Park Ji-hoon

Park Ji-hoon

Kalau member Wanna One yang satu ini, sih, sudah terkenal dari dulu. Soalnya, Park Ji-hoon (박지훈) ini merupakan mantan aktor cilik. Tapi, sekarang Jihoon lebih dikenal sebagai member Wanna One.

Beberapa drama yang pernah Jihoon kecil bintangi adalah “Jumong” pada tahun 2016 – 2017, “Kimchi Cheese Smile” dan “The King and I” pada tahun 2007 – 2008, “Iljimae” tahun 2008, dan terakhir “Just Like That Show” pada tahun 2011.

Park Jihoon juga sempat tampil di beberapa variety show bersama BIGBANG dan SS501. Cowok kelahiran 29 Mei 1999 ini mengambil banyak peran di Wanna One, yaitu lead dancersub-rapper, dan sub-vocalist.

Kamu mungkin belum tahu, tapi Jihoon kita ini berteman baik dengan Mark NCT dan Eunwoo ASTRO. Psst, tadinya Jihoon bakal debut di ASTRO, tapi karena saat akan debut kaki Jihoon cidera berat, makanya dia terpaksa mundur dari posisinya.

8. Fakta Park Woo-jin

Park Woo-jin fakta member Wanna One

Pada awal penayangan acara Produce 101 Season 2, Park Woo-jin tidak terlalu tersorot kamera karena memang dia orangnya tidak suka menonjolkan diri. Bahkan peserta PD101 lainnya pun tidak terlalu mengenal Woojin, karena dia sangat pendiam.

Saking pendiamnya, Woojin selalu berlatih seorang diri di saat peserta PD101 lainnya berlatih bersama-sama. Diam-diam begitu, Park Woojin punya suara tinggi yang stabil dan indah.

Ciri khas Park Woojin terletak pada giginya. Pasalnya, Woojin ini satu-satunya member Wanna One yang punya gigi gingsul! Walaupun gigi gingsul bukan berarti giginya tidak rapi, tapi banyak Wannable yang melarang Woojin pakai behel.

Soalnya, menurut Wannable, gingsul tersebut membuat senyuman Woojin semakin indah. Lucunya, setiap bangun tidur Woojin selalu berkaca dan mengecek gigi gingsulnya masih ada atau menghilang. Ada-ada saja, ya?

9. Fakta Bae Jin-young

Bae Jin-young

Fakta member Wanna One yang selanjutnya adalah Bae Jin-young. Kamu tidak akan kesulitan membedakan Jinyoung dengan kesepuluh anggota Wanna One lainnya, lihat saja yang wajahnya paling kecil siapa, pasti itu Jinyoung.

Sama seperti Woojin yang pendiam, Jinyoung juga suka menyendiri dan kurang percaya diri selama awal-awal PD101 dimulai. Jinyoung sering menundukkan kepalanya saat latihan gabungan. Dia juga cenderung pendiam, makanya, tak banyak kontestan PD101 yang dekat dengannya pada saat itu.

Mungkin semua itu karena rasa percaya dirinya terbanting. Pasalnya, ketika awal pemisahan kelas, Jinyoung masuk kelas C yang berarti kemampuan dia standar (tidak terlalu bagus tapi tidak terlalu parah juga). Akan tetapi, ketika para kontestan PD101 dites untuk menarikan lagu PD101 S2, Nayana, Jinyoung dilempar ke kelas F karena terlihat kurang bagus.

Setelah masuk ke kelas paling rendah, Jinyoung pun berubah jadi lebih aktif dan semangat mengejar kekurangannya. Kerja keras Jinyoung membuahkan hasil, buktinya dia menjadi kontestan PD101 Season 2 urutan ke-10 dengan total vote 807,749 orang. Oh, iya, ketika Wanna One melakukan konser pada bulan Januari 2018 lalu, Jinyoung mengatakan kalau dia suka Soto Ayam, loh!

10. Fakta Lee Dae-hwi

Lee Dae-hwi

Member selanjutnya yang akan kita ulas adalah Lee Dae Hwi (이대휘). Si cakep Daehwi ini merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu di bawah naungan label Brand New Music. Daehwi menjadi terkenal ketika dia mendapatkan posisi center di lagu “It’s Me” (lagu Pick Me untuk PD101 Season 2).

Semua itu berkat tariannya yang sempurna dan penuh percaya diri, sehingga dia pun mendapatkan skor tertinggi di dalam tes awal. Karena menjadi center di lagu “It’s Me”, Daehwi dijuluki sebagai “Choi Yoojung ke-2”, di mana Choi Yoojung adalah kontestan PD101 Season pertama yang mendapatkan posisi center juga untuk lagu “Pick Me.”

Daehwi ini asli orang Korea Selatan, tapi dulu dia pernah tinggal di California selama 6 tahun. Makanya, Daehwi lancar sekali berbahasa Inggris, sama seperti Somi yang menjadi juara PD101 Season 1 lalu. BTW, Daehwi dan Somi bersahabat dekat, loh! Soalnya mereka itu satu sekolah dan Daehwi pernah menjadi trainee JYP Entertainment.

11. Fakta Lai Guan Lin

Lai Guan Lin fakta member Wanna One

Akhirnya kita sampai di fakta member Wanna One yang terakhir, yaitu Lai Guan Lin (라이관린). Guanlin adalah maknae sekaligus satu-satunya anggota Wanna One yang berkewarganegaraan Taiwan. Cowok pemilik bibir plump ini lahir pada 23 September 2001 di New Taipei, Republik Tiongkok.

Walaupun yang termuda, Guanlin itu member yang paling tinggi di Wanna One. Tingginya mencapai 1.83 meter! Guanlin menguasai tiga bahasa, yaitu Cina, Korea, dan Inggris. Guanlin merupakan trainee CUBE Entertainment.

Selama di CUBE, Guanlin baru dilatih selama enam bulan. Dan, kalau digabung dengan masa training di PD101, berarti hanya sepuluh bulan saja waktu yang diperlukan Guanlin untuk debut menjadi K-Pop star!

Nah, itu dia fakta kesebelas member Wanna One versi Bacaterus. Walaupun Wanna One merupakan temporary group dan masih rookie (baru debut), Wanna One menarik banyak perhatian di seluruh dunia. Album perdana dan album re-package Wanna One sudah terjual lebih dari 1 juta keping, belum lagi album digitalnya.

Wanna One meraih banyak prestasi seperti Best Rookie dan Best Boy Group di acara penghargaan seperti Asia Artist Awards, Golden Disc Awards, Melon Music Awards, dan perhelatan acara musik lainnya. Siapa bias kamu di Wanna One? Ceritakan tentang member favorit kamu di kolom komentar, ya!