Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

SEVENTEEN (세븐틴) adalah idol group asal Korea Selatan yang sangat terkenal, baik di negaranya sendiri maupun di luar negeri. Saking tingginya ketenaran SEVENTEEN, grup ini termasuk dalam “EBS”, yaitu julukan buat grup yang powerful dan sangat terkenal di Korea. EBS sendiri merupakan kepanjangan dari EXO, BTS, dan SEVENTEEN.

SEVENTEEN merupakan grup yang terdiri dari tiga belas cowok ganteng dan berbakat. Berbeda dengan grup lainnya, SVT (SEVENTEEN) membagi anggota mereka menjadi tiga unit, yaitu unit vokal, hip hop, dan performance. Grup yang dinaungi Pledis Entertainment ini sangat terkenal akan kerjasama antar member-nya yang solid. SVT juga dikenal sebagai self producing idol karena membuat lagu hingga koreografinya sendiri.

Nah, buat para CARAT (fans SEVENTEEN), kalian harus tahu fakta-fakta member SEVENTEEN. So, jangan ngaku-ngaku seorang CARAT sejati kalau belum tahu fakta tentang ketigabelas anggota SVT yang bakal Bacaterus beberkan di bawah ini.

Vocal Unit

Vocal Unit

Seperti yang sudah Bacaterus katakan di atas, SEVENTEEN itu dibagi ke dalam tiga unit. Nah, unit yang bakal kita bahas pertama adalah Vocal Unit. Ada lima orang yang termasuk ke dalam unit vokal, yaitu Woozi, Jeonghan, DK, Seungkwan, dan Joshua.

1. Woozi

Woozi fakta member SEVENTEEN

Fakta member SEVENTEEN dari unit vokal yang pertama ada Woozi. Cowok yang kulitnya sangat putih ini memiliki nama asli Lee Ji Hoon (이지훈). Dia adalah leader di Vocal Unit SVT. Woozi memakan waktu 5 tahun sebelum debut di SVT. Dia terkenal sebagai member yang sangat pekerja keras sejak masa pre debut hingga kini.

Pasalnya, Woozi merupakan dalang dibalik lagu-lagu SEVENTEEN. Yup, dia ini produsernya SVT. Woozi juga pernah memproduseri lagu artis di luar SVT. Woozi juga bisa memainkan beberapa instrumen musik seperti gitar, piano, dan drum.

Woozi yang suka di panggil Tofu (tahu) sama anggota SVT dan fans-nya ini memiliki tinggi tubuh yang paling pendek di SVT. Tinggi Woozi hanya 1.64 m, sangat pendek untuk ukuran cowok Korea.

Akan tetapi, walaupun tubuhnya paling imut di SVT dan di antara boy group lainnya, Woozi sangat jago dalam olahraga, loh! Tubuh Woozi sangat fleksibel, jadi gampang melakukan olahraga dan menarikan koreografi SVT.

Semua orang yang melihat Woozi pasti berpikir kalau cowok ini kyut banget. Woozi sendiri sadar kalau dia imut, tapi dia menyangkal dengan selalu bersikap cool (duh, tsundere banget, ya? Gemesin!). Saking cool-nya Woozi, dia jadi terkesan galak dan menyeramkan. Makanya, member SVT banyak yang segan sama dia.

Di luar SEVENTEEN, Woozi sangat dekat dengan Chanyeol EXO dan Daniel Wanna One. Mau ngasih kado saat ulang tahun Woozi? Siap-siap sebelum tanggal 22 November, ya, karena cowok yang lahir di Busan ini berulang tahun setiap tanggal 22 di bulan ke-11.

2. Jeonghan

Jeonghan

Fakta member SEVENTEEN yang selanjutnya ada Jeonghan. Nama aslinya adalah Yoon Jeonghan (Hangul: 윤정한). Pretty boy ini lahir pada 4 Oktober 1995 di Seoul. Jeonghan menghabiskan waktu dua tahun dua bulan menjadi trainee di Pledis Entertainment sebelum debut dengan SVT.

Tahukah kamu kalau Jeonghan tidak mengikuti casting karena keinginannya sendiri? Jadi, dulu Jeonghan pernah tampil dalam pertunjukan seni, setelah Jeonghan bernyanyi, dia menarik perhatian orang-orang di pusat perbelanjaan (tempat pertunjukan diadakan), lalu staf Pledis yang kebetulan sedang ada di sana menawarkan Jeonghan untuk audisi menjadi member SVT.

Ketika awal-awal debut, Jeonghan terkenal sebagai Si Rambut Indah dan Pretty Boy karena rambutnya cukup panjang (sebahu) dan terlihat lembut layaknya rambut cewek. Jeonghan mungkin terlihat seperti cowok pendiam dan pemalu. Jeonghan juga disebut angel oleh CARAT karena wajahnya yang inosen dan karena ulang tahunnya 4 Oktober (10/4) yang dibaca cheonsa dalam bahasa Korea. Cheonsa sendiri berarti malaikat.

Akan tetapi, kalau sudah kenal dekat, Jeonghan itu orangnya suka bermanja-manja sama orang terdekatnya. Jeonghan juga memiliki sifat jahil. Dia suka banget menjahili teman-temannya di SVT, tapi dia akan memasang poker face seakan-akan bukan dia yang jahil. Dasar, ya?

Selain dijuluki angel, Jeonghan dipanggil sebagai Dino eomma karena dia merupakan yang tertua kedua setelah S.Coups, terus dia suka perhatian, mengurusi, dan member lainnya seperti orang tua mereka. Akan tetapi, Jeonghan paling sering mengurusi Dino, maknae-nya SVT. Makanya, Jeonghan disebut sebagai Dino eomma dan Dino dipanggil Jeonghan aegi (bayinya Jeonghan).

Jeonghan juga memberikan julukan buat beberapa member lainnya, seperti Bunganya Jeonghan untuk Seungkwan, karena Seungkwan selalu ceria seperti bunga. Lalu, julukan Jeonghannie Babbo (si bodoh kesayangan Jeonghan) untuk DK karena dia rela bertingkah bodoh untuk membuat Jeonghan tertawa.

Oh, iya, si tampan Jeonghan ini hobi olahraga seperti badminton, sepak bola, dan basket. Tapi, ternyata dia juga hobi tidur, loh, hihi! Apakah Jeonghan bias (member terfavorit) kamu di SEVENTEEN?

3. Joshua

Joshua 

Di Vocal Unit selanjutnya kita akan membahas Joshua. Yup, nama cowok ini asli Joshua, karena dia lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Hong Joshua alias Hong Jisoo (홍지수) terlahir ke dunia pada tanggal 30 Desember 1995.

Karena lama tinggal di Amerika, Joshua lancar sekali dalam berbahasa Inggris. Walaupun begitu, dia tidak melupakan bahasa Korea karena di rumahnya dia menggunakan bahasa Korea dengan orang tuanya.

Joshua tumbuh dalam keluarga Kristen. Keluarganya, yaitu ayah dan ibu, selalu pergi ke gereja setiap hari minggu. Di gereja lah Joshua menyadari bakat menyanyinya. Orang-orang di gereja menyukai suara Joshua. Saat itulah Joshua memutuskan untuk menjadi penyanyi. Selain bernyanyi, Joshua juga bisa memainkan alat musik dan membuat lagu.

Karakter Joshua nampak seperti gentle man karena dia irit bicara dan selalu bersikap lembut pada anggota SVT. Akan tetapiiiii, Joshua itu sebenarnya sama jahilnya dengan Jeonghan. Dia paling suka menjahili maknae SVT, yaitu Dino.

Cuma satu kelemahan Joshua, yaitu dia tidak bisa masak. Ketika disuruh memasak nasi, eh, nasinya malah berbentuk seperti bubur. Tapi, Joshua pernah disuruh membersihkan ikan dan dia berhasil melakukannya. Berarti kamu yang harus jago masak kalau nanti mau jadi istrinya Joshua, ya, hihi.

4. DK

DK

DK (baca: di key) adalah member unit vokal SEVENTEEN. Nama panggungnya sebenarnya adalah Dokyeom, tapi suka disingkat menjadi DK. Akan tetapi, nama asli DK jauh dari nama panggungnya, yaitu Lee Seokmin (이석민). Cowok jangkung ini lahir pada tanggal 18 Februari 1997 (sama seperti Vernon, hanya saja DK lebih tua setahun).

DK ini ‘Saipul Jamilnya SVT’ soalnya di mana-mana dan kapan pun ada kesempatan dia pasti bernyanyi. Pernah ketika SVT berada di ruang tunggu acara musik, DK tidak berhenti bernyanyi, sehingga Seungkwan mendapatkan pesan teks dari Daehyun BAP yang menyuruh DK untuk stop bernyanyi soalnya berisik. Haha.

Dokyeom itu orangnya pemalas dan jorok. Menurut roommate-nya, yaitu Joshua dan Seungkwan, DK suka makan di atas kasur dan tidak pernah membersihkan remah-remah sisa makannya. Pernah suatu hari, DK makan jeruk yang dikirim ibu Seungkwan dari Jeju, lalu kulit jeruknya dibiarkan mengering begitu saja di meja samping ranjangnya.

Pernah diadakan survei idol cowok mana yang punya pinggul dan paha besar, dan DK termasuk ke dalam list tersebut. Badan DK memang lumayan berotot, soalnya dia ini pemegang sabuk hitam taekwondo, loh. Ada satu lagi fakta member SEVENTEEN Dokyeom, dia memiliki golongan darah langka sedunia, yaitu RH-O.

5. Seungkwan

Seungkwan

Fakta member SEVENTEEN yang terakhir dari Vocal Unit adalah Seungkwan. Si cowok cerewet ini memiliki nama asli Boo Seungkwan (부승관). Seungkwan adalah maknae di tim vokal. Dia lahir pada 19 Januari 1998 di Jeju, Jejudo, Korea Selatan.

Seungkwan bangga banget menjadi anak Jeju, nih, genks. Dia selalu mengumbar ke mana-mana kalau dia berasal dari Jeju, mungkin karena tidak banyak artis yang berasal dari pulau tersebut, kali, ya. Ketika hadir di acara televisi, Seungkwan sering diminta berbicara satoori (dialek) Jeju karena orang Seoul tidak ada yang mengerti.

Jeju terkenal dengan jeruknya, kan? Ibu Seungkwan sering banget mengirimkan jeruk dari pulau tersebut buat para member SVT. Seungkwan juga pernah membagikan jeruk Jeju pada kru televisi dan wartawan yang berada di luar area acara musik tersebut. Baik banget, ya?

Selain baik hati, Seungkwan dikenal sebagai happy virus bersama dengan DK. Seungkwan dan DK merupakan duo sunshine-nya SVT. Kalau tidak ada mereka berdua, dorm SVT bakal sepi banget.

Karena jago membuat suasana naik dengan gaya bicaranya yang cerewet dan bercandaannya yang lucu, Seungkwan jadi favoritnya variety show. Setiap SVT diundang ke acara seperti itu, pasti Seungkwan yang paling banyak ngomong.

Hip Hop Unit

Hip Hop Unit

Fakta member SEVENTEEN tadi sudah dibahas tentang Vocal Unit. Sekarang, mari kita lanjut ke unit lainnya, yaitu Hip Hop. Apa itu Hip Hop Unit? Jadi, tim yang satu ini bertugas sebagai rapper di SEVENTEEN. Ada empat orang dalam tim ini. Siapa saja? Yuk, kita kenalan!

1. S.Coups

S.Coups

Member SVT dalam unit Hip Hop yang pertama ada S.Coups. Nama asli cowok manis ini adalah Choi Seungcheol (최승철). Dia lahir ke dunia ini pada tanggal 8 Agustus 1995. Posisi S.Coups dalam SVT adalah sebagai leader untuk tim Hip Hop dan leader keseluruhan member SEVENTEEN.

Makanya, S.Coups dibilang papanya SVT. Walaupun begitu, ternyata sifat S.Coups masih kayak bocah, loh. Dia suka bercanda sama member lainnya. Kadang, kalau member SVT lagi berbicara serius, dia malah bercandain mereka. Akan tetapi, S.Coups merupakan leader yang bertanggung jawab, kok.

S.Coups sudah cukup lama menjadi trainee Pledis Ent. Bahkan tadinya dia akan didebutkan bersama NU’EST (boy band jebolan Pledis juga yang debut di tahun 2012). Total lamanya S.Coups di-training sebelum menjadi anggota SVT adalah enam tahun.

Sebelum debut bersama SEVENTEEN, S.Coups sering tampil di beberapa lagu sunbae-nya di Pledis, seperti lagu Orange Caramel “Superwoman” serta menjadi model video klip NU’EST “Face”, After School “Wonder Boy” dan Happy Pledis “Love Letter”.

Banyak orang yang berpikiran S.Coups ini berdarah campuran, soalnya dari wajahnya tidak terlihat seperti orang Korea. Padahal kedua orang tua S.Coups asli Korea, loh. S.Coups lahir di Daegu, Korea Selatan. CARAT Indonesia suka menyamakan wajah S.Coups dengan artis tanah air, Irwansyah. Memang, kalau dilihat-lihat wajah keduanya mirip sekali, loh!

2. Wonwoo

Wonwoo 

Jeon Wonwoo (전원우) alias Wonwoo adalah bagian dari Hip Hop Unit SEVENTEEN. Usianya kini 23 tahun di Korea. Ulang tahunnya adalah setiap tanggal 17 Juli. Dia termasuk member tertinggi SVT, tingginya itu sekitar 182 cm. Wonwoo mungkin kelihatan seperti cowok dingin dan serius dari raut wajahnya. Tapi, kalau sama member SVT dia itu lumayan berisik, loh.

Posisi Wonwoo di SVT adalah sebagai rapper, tapi dia juga suka menulis lirik lagu. Cowok dengan nama China 全圓佑 (Quán Yuán Yòu) ini sudah menyukai musik sejak kecil. Idola Wonwoo adalah Tablo Epik High. Menutur Wonwoo, Tablo adalah sosok yang membuat dia ingin terjun bermusik.

Saat ini, Wonwoo dan member SVT tidak sedang ada yang berkencan. Tapi, Wonwoo pernah, nih, membeberkan tipe idealnya. Wonwoo harus merasa cocok dan menyukai kepribadian orang tersebut. Katanya, Wonwoo tidak percaya dengan jatuh cinta pada pandangan pertama.

Menurut Wonwoo, cinta itu perlu waktu untuk tumbuh, makannya dia akan mencari orang yang benar-benar klik untuk dapat menumbuhkan rasa cinta di masing-masing pihak. Kencan idaman Wonwoo adalah duduk di dekat jendela pada pagi hari lalu membaca buku bersama.

3. Mingyu

Mingyu 

Fakta member SEVENTEEN yang selanjutnya adalah Kim Mingyu (Hangul: 김민규). Posisi Mingyu di SEVENTEEN adalah sebagai visualrapper, dan member yang paling tinggi (186 cm). Kalau dilihat sekilas, cowok yang lahir di Anyang, 6 April 1997, ini sempurna banget, kan? Sudah tampan, tinggi, charming, dan bertalenta. Akan tetapi, setiap manusia itu ada kurangnya.

Nah, kekurangan Mingyu adalah, dia sangat ceroboh. Mingyu sering menghancurkan dorm SVT, membuat tempat sumpit di restoran berantakan, dan bahkan dia pernah menjatuhkan award yang baru SVT dapatkan hingga hancur berkeping-keping ketika sedang live streaming. Bahaya banget, ya, karakter Mingyu yang satu ini?

Tak seperti Wonwoo yang takut anjing, Mingyu justru suka banget dan dia juga pelihara satu anjing di rumahnya. Walaupun bertentangan, Mingyu itu paling dekat dengan Wonwoo, makanya mereka berdua suka di-couple-kan sama CARAT. Fakta menarik tentang Mingyu lainnya, dia seorang kidal dan jago menggambar.

Mingyu diketahui CARAT sering menggambar, mulai dari gambar lucu, karikatur, hingga sketsa fashion, loh. Hasil karya Mingyu sering mejeng di akun Instagram Official SEVENTEEN di @saythename_17 dan akun pribadi Mingyu di @min9yu_k.

4. Vernon

Vernon

Di Hip Hop Unit yang terakhir ada Vernon. Bisa kamu lihat sendiri dari wajah dan namanya, cowok ini pasti ada keturunan bulenya. Memang, Vernon ini ½ Korea (ayah) dan ½ Amerika – Perancis (ibu).

Nama cowok bule ini adalah Hansol Vernon Chwe a.k.a Choi Hansol (최한솔). Vernon lahir di New York, Amerika Serikat, pada tanggal 18 Februari 1998. Walaupun keturunan bule, tinggi Vernon termasuk standar, yaitu hanya 175 cm saja.

Vernon tidak bermasalah dalam berbahasa Korea karena sejak kecil dia sudah diajarkan dua bahasa orang tuanya. Dan lagi, dia sudah tinggal di Korea sejak usianya 5 tahun. Bahkan, ketika ditanya bagaimana Amerika, dia tidak ingat sama sekali, haha.

Vernon menjadi trainee di Pledis selama 3 tahun 3 bulan sebelum debut dengan SEVENTEEN. Vernon merupakan member SEVENTEEN yang paling terkenal, karena sewaktu kecil dan sebelum debut, Vernon pernah muncul di acara televisi Korea.

Banyak yang bilang, Vernon ini versi mudanya aktor Leonardo DiCaprio. Memang, kalau diperhatikan Vernon mirip banget sama Leo. Terus, kalau di Indonesia katanya Vernon mirip sama Stefan William. Bagaimana menurut kamu?

Performance Unit

Performance Unit

Sekarang kita telah sampai di unit terakhir SEVENTEEN, yaitu Performance Unit. Bisa ditebak dari nama timnya, unit ini fokus pada performance grup SVT. Tim ini terdiri dari cowok-cowok yang jago nari dan ada yang bisa martial arts juga, so pasti badannya luwes-luwes, ya. Tim ini juga suka membuat koreografi buat lagu SEVENTEEN. Kita kenalan, yuk, dengan anggotanya!

1. Hoshi

Hoshi 

Fakta member SEVENTEEN yang selanjutnya adalah tentang Hoshi. Cowok ini dikenal sebagai 10:10 karena ketika sedang tersenyum, matanya mirip seperti jarum jam yang menunjukkan waktu pukul 10:10. Nama asli Hoshi adalah Kwon Soonyoung (권순영). Hoshi lahir pada 15 Juni 1996 di Namyangju, Gyeonggi-do, Korea Selatan.

Posisi Hoshi adalah sebagai leader di Performance Unit. Eh, tapi ternyata Hoshi itu merangkap lead vocalist dan main dancer juga, loh! Pasti dedek Hoshi ini jago banget nari, ya, genks. Pasalnya, hampir semua koreografi SEVENTEEN itu dia yang buat. Keren banget, kan?

Selain jago menari, Hoshi ternyata berprestasi juga dalam bidang olahraga. Hoshi pernah menjadi juara taekwondo waktu kecil, dan gelarnya sudah sabuk hitam. Hoshi itu nge-fan banget sama SHINee. Setiap ada kesempatan, Hoshi selalu menunjukkan rasa sukanya pada boy group asal SM Entertainment tersebut.

2. Jun

jun

Jun. Namanya singkat dan simpel banget, ya? Padahal, cowok kelahiran Shenzhen, Guangdong, Tiongkok, ini punya banyak nama. Jadi, Jun itu cuma stage name saja. Sedangkan nama aslinya adalah Wen Junhui (Tionghoa: 文俊辉) atau Moon Joonhwi. Jun juga punya nama Inggris, yaitu Jerry.

Jun lahir pada tanggal 10 Juni 1996. Kalau kamu penggemar film dan acara televisi Tiongkok mungkin pernah melihat Jun, soalnya Jun ini sebenarnya seorang aktor. Spesialisasi Jun selain akting adalah kung fu, martial arts, wu shu, menari, menyanyi, dan memainkan alat musik.

Cowok jangkung ini menguasai tiga bahasa, yaitu Korea, Mandarin, dan Cantonese. Tapi Jun juga bisa ngomong bahasa Inggris, kok. Alasan Jun menjadi seorang K-Pop star adalah, karena teman-teman sekolahnya di Tiongkok suka banget sama K-Pop. Jun pun penasaran dan terbang ke Korea. Lama waktu trainee Jun adalah dua tahun tujuh bulan.

3. The8

The8

Member selanjutnya dalam Performance Unit ada The8. Namanya unik banget ya? Sebenarnya nama asli The8 adalah Xu Minghao (徐明浩). Iya, The8 ini orang Tionghoa. The8 lahir pada tanggal 7 November 1997 di Anshan, Liaoning, Tiongkok. Tapi, The8 punya nama Korea, kok, yaitu Seo Myung Ho (서명호).

The8 termasuk member yang paling akhir masuk ke SEVENTEEN. Masa training The8 memang terbilang lebih singkat daripada beberapa anggota SVT lainnya, yaitu hanya satu tahun lima bulan saja. Makanya, The8 ketar-ketir latihan supaya bisa menyesuaikan diri dan bersaing dengan calon member SVT lainnya pada masa itu.

The8 jago banget b-boying karena dulu di Tiongkok, The8 sudah melakukan b-boying selama 6 tahun. Makanya, sekarang posisi The8 sebagai pemimpin untuk bagian b-boying di unit Performance. Waktu awal debut, The8 terkenal sebagai cowok imut yang suka melakukan aegyo. Tapi, sekarang The8 sudah semakin dewasa dan dapat membuat para fans-nya meleleh karena kegantengannya.

4. Dino

Dino fakta member SEVENTEEN

Akhirnya kita sampai di fakta member SEVENTEEN yang terakhir, kita punya Dino. Bukan dinosaurus, ya! Nama asli Dino adalah Lee Chan (Hangul: 이찬), pendek banget ya namanya. Baby Dino ini lahir pada tanggal 11 Februari 1999 di Iksan, Jeollabuk-do, Korea Selatan.

Member termuda di SVT ini sering menjadi bias wrecker alias bakal mencuri perhatian para CARAT, yang asalnya tidak nge-fan bakal jadi nge-fan sama Dino. Mungkin karena Dino maknae, makannya dia disayang semua anggota SVT. Apalagi Jeonghan, Dino selalu disebut “bayinya Jeonghan” oleh Jeonghan sendiri.

Tapi, sekarang Dino sudah tidak nampak seperti bayi lagi. Dino sudah memasuki usia legal di Korea (sudah di atas 20 tahun), dan sekarang Dino jadi makin ganteng! Walaupun dia bagian dari Performance Unit, dia tertarik banget sama dunia rap. Bahkan, Dino sudah punya lagu solo yang berjudul “Zero” dan “Real Thing”.

Nah, itu dia fakta member SEVENTEEN ketiga-belasnya Bacaterus bahas semua! SVT termasuk boy group yang punya banyak banget anggota, sama seperti Super Junior dan NCT. Siapa bias-mu di SEVENTEEN? Kasih tahu kami, ya, di kolom komentar.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .