bacaterus web banner retina

10 Fakta Meghan Markle, Perempuan dengan Segudang Prestasi

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 25 Juni 2021

Siapa yang tidak kenal Meghan Markle? Istri Pangeran Harry ini sempat menjadi pembicaraan karena pernyataannya yang cukup kontroversial di acara televisi Oprah with Meghan and Harry. Sebagai perempuan dari ras campuran (mixed-race) pertama yang masuk ke dalam keluarga Kerajaan Inggris, Meghan amat menarik perhatian publik.

Tapi, tahukah kamu, Meghan ternyata sudah menarik perhatian public bahkan sejak sebelum pernikahannya dengan Pangeran Harry. Berikut ini, ada 10 fakta unik Meghan Markle yang dihimpun Bacaterus dari berbagai sumber. Apa saja? Yuk, kita list satu per satu!

1. Aktris Paling Sering Dicari di Google tahun 2016

Jauh sebelum pernikahan Meghan dengan Pangeran Harry, Meghan sudah dicari-cari di Google di tahun 2016. Berita 'jadian' Pangeran Harry dan Meghan merupakan cukup mengejutkan karena latar belakang Meghan yang merupakan campuran Afrika-Amerika, belum latar belakang percintaan Meghan yang pernah bercerai dengan Trevor Engelson.

Ada banyak prasangka buruk yang beredar seputar hubungan Meghan dan Pangeran Harry saat itu, mulai dari komentar netizen hingga komentar media. The Daily Mail bahkan menulis Meghan sebagai 'wanita yang ambisius'. Beruntung, kisah cinta antara Meghan dan Pangeran Harry tetap bertahan terlepas dari isu-isu dan prasangka yang beredar.

2. Mengambil Double Degree Saat Kuliah

10 Fakta Meghan Markle, Perempuan dengan Segudang Prestasi 3Sumber: popsugar.com

Kalau kamu pikir Pangeran Harry kepincut pada Meghan karena kecantikannya, kamu tidak sepenuhnya salah. Tapi, Meghan bukan hanya sekedar cantik, Meghan Markle juga sangat cerdas dan kritis.

Dengan mengedepankan passion-nya di dunia teater dan politik, Meghan mengambil double degree di jurusan Teater dan jurusan Hubungan Internasional di Universitas Northwestern. Pidatonya tentang pendidikan untuk perempuan di Universitas South Pacific di Suva, Fiji, sangat menggugah banyak orang.

3. Sudah Kritis dan Berani Sejak Usia 11 Tahun

10 Fakta Meghan Markle, Perempuan dengan Segudang Prestasi 5Sumber: mirror.co.uk

Tidak hanya mengambil double degree dan salah satu jurusannya berkaitan dengan politik, Meghan sudah berani menyuarakan pendapatnya sejak berusia 11 tahun. Meghan remaja saat itu mengirim surat ke Procter and Gamble, mengkritisi iklan sabun pencuci piring yang seksis.

Iklan produk pencuci piring itu seperti mengatakan bahwa yang mencuci piring hanyalah perempuan. Iklan tersebut kemudian ditarik, dan kata 'woman all over America' diganti dengan 'people all over America'.

Meghan juga sempat tampil di Nickelodeon, menyatakan bahwa kita harus berani menyuarakan pendapat jika ingin melakukan perubahan. Wow, anak usia 11 tahun! Kamu bisa menyimak wawancara Meghan terkait pengalaman ini di sini.

4. Bersekolah di Sekolah Katolik Khusus Perempuan

10 Fakta Meghan Markle, Perempuan dengan Segudang Prestasi 7Sumber: mirror.co.uk

Meghan tumbuh dengan bersekolah di sekolah katolik khusus perempuan selama enam tahun. Selain berkaitan dengan agama, sekolah tersebut juga mengajari Meghan cara menulis ala kaligrafi.

Sekolah di sekolah khusus perempuan bukan berarti mewah, loh. Saat sekolah, Meghan memakai sepatu kets, berseragam, dengan rambut keritingnya yang apa adanya, seperti anak-anak pada umumnya.

5. Memiliki Hobi Kaligrafi

Kaligrafi di sini maksudnya menulis indah ala-ala tegak bersambung, ya. Dengan pelajaran menulis indah sejak kecil, bakat menulis indah Meghan menjadi hobi yang sering ia lakukan bahkan hingga kini. Tidak hanya menulis pada acara tertentu, tulisan tangannya yang biasa pun sudah sangat indah dan rapi.

Tulisan tangannya yang cantik sempat ia gunakan untuk mengukir undangan pernikahan Robin Thicke dan Paula Patton, loh! Ini adalah bukti bahwa tulisan tangannya memang diakui bagus oleh banyak orang.

6. Meghan dan Pangeran Harry Ternyata Sepupu Jauh!

10 Fakta Meghan Markle, Perempuan dengan Segudang Prestasi 11Sumber: elle.com

Sebuah fakta unik yang agak mengejutkan, ternyata Meghan dan Harry sepupu jauh! Sepupu yang amat sangat jauh sebenarnya, karena sampai ke 15 generasi ke belakang. Kejauhan, ya?

Garis keturunan antara Meghan dan Pangeran Harry ada di kerajaan zaman abad pertengahan, melalui keluarga Skipper. Tidak hanya sepupu jauh dengan Pangeran Harry, Meghan juga bersepupu jauh dengan hampir semua keluarga royal Eropa melalui Margaret Kerdeston (1426 – 1485), seorang istri bangsawan Prancis.

7. Pernah Bekerja di Kedutaan AS di Argentina

Bicara tentang kecerdasan mantan Duchess of Sussex ini memang tidak ada habisnya. Tidak hanya pandai berakting, passion-nya di dunia politik mengantarkan Meghan pada program internship di Buenos Aires selama beberapa bulan.

Meghan saat itu masih berusia 20 tahun, sedang merencanakan kehidupan paska lulus, dan berencana terjun ke dunia politik. Namun, karena pengalamannya terjebak di kerusuhan saat masa magang, Meghan beralih fokus ke akting.

8. Berteman Dekat dengan Petenis Serena William

10 Fakta Meghan Markle, Perempuan dengan Segudang Prestasi 15

Meghan memiliki circle pertemanan baik dengan orang-orang yang terkenal, salah satunya adalah Serena William. Serena dan Meghan bertemu di event amal tahun 2014, dan sejak saat itu keduanya berteman baik.

Selain sama-sama menyenangi fashion dan penyuka saus pedas, menurut Meghan, yang membuat ia cocok dengan Selena adalah keduanya sama-sama berambisi untuk melebihi ekspektasi orang-orang. Sama-sama berprestasi, ya? Meghan akan selalu bertukar kabar dengan Selena, sesekali menonton pertandingan Selena, atau makan bersama saat bertemu.

9. Aktif di Kegiatan Filantropi

10 Fakta Meghan Markle, Perempuan dengan Segudang Prestasi 17Sumber: cnbc.com

Selain cantik, cerdas, kritis, dan berkarir di dunia akting dan politik, Meghan juga aktif di kegiatan amal dan aktivisme. Jauh sebelum mengenal Pangeran Harry, Meghan sudah aktif di berbagai kegiatan dan berkunjung ke beberapa tempat untuk kampanye air bersih dan pendidikan untuk perempuan.

Meghan terpilih menjadi global ambassador untuk World Vision Canada pada tahun 2016. Ia sudah mengunjungi Rwanda dan India untuk kampanye. Tidak hanya World Vision Canada, Meghan juga bekerja di United Nation untuk isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sebagai penasihat. Wow, Meghan memang keren luar dalam, ya!

10. Menyukai Kuliner Tradisional dan Musik Indie

10 Fakta Meghan Markle, Perempuan dengan Segudang Prestasi 19Sumber: eater.com

Wanita berprestasi yang kini royal ini memiliki hobi lainnya selain fashion dan kaligrafi. Hobi lain Meghan adalah hal-hal yang berkaitan dengan makanan dan juga mendengarkan musik.

Selain membagikan pengetahuan tentang makanan melalui laman blog lamanya, The Tig, Meghan bahkan menerbitkan buku resep untuk beramal. Dengan kover buku wanita berjilbab, beragam masakan dan Meghan tengah memasak, keuntungan buku resep ini disalurkan pada komunitas yang membutuhkan.

Bahkan Meghan sudah sering mengunjungi komunitas tersebut sebelum pernikahannya dengan Pangeran Harry. Buku tersebut digadang-gadang sebagai proyek solo pertama kerajaan Inggris.

Selain makanan, The Duchess of Sussex ini juga menyukai musik Indie. Di antara playlistnya ada Crystal Fighters, Maggie Rogers, dan Janelle Monae. Menurut Meghan, lagu-lagu pilihannya memang dipenuhi dengan lagu yang menebarkan aura positif, menikmati setiap momen yang ada.

Itu dia 10 fakta unik Meghan Markle. Dari latar belakangnya yang ternyata masih kerabat jauh keluarga bangsawan Inggris, hobinya yang menarik, karir politiknya hingga kecerdasannya, tidak heran jika Pangeran Harry jatuh hati. Apa kamu punya fakta lainnya tentang Meghan Markle? Share di kolom komentar di bawah, yuk!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram