bacaterus web banner retina

10 Fakta Menarik MAMAMOO, Girlband dengan Suara Merdu

Ditulis oleh Okta Tri Umami - Diperbaharui 29 Mei 2020

MAMAMOO adalah sebuah idol group yang resmi debut pada 18 Juni 2014. MAMAMOO berada di bawah naungan agensi Rainbow Bridge World Entertainment (RBW) yang dulunya bernama WA Entertainment. Konsep musik yang diusung oleh MAMAMOO agak sedikit unik. Kalau biasanya grup lain mengusung konsep musik dengan tema hip hop, R&B atau pop, MAMAMOO menggabungkan unsur jazz, R&B, retro dan pop di dalam musik mereka.

Konsep di setiap comeback MAMAMOO pun selalu berbeda-beda. Selain itu, konsep mereka bukan hanya diperlihatkan melalui melodi dan irama saja melainkan juga dengan style, busana, alur dan latar di dalam music video mereka. Sehingga tidak menutup kemungkinan setiap comeback MAMAMOO memiliki perubahan dan keunikan tersendiri. Keunikan inilah yang membuat MAMAMOO diminati oleh banyak K-Popers.

Saat ini, MAMAMOO sudah memiliki banyak sekali penggemar yang tersebar di seluruh penjuru dunia. MAMAMOO memiliki nama fandom yang unyu yakni MooMoo. Nama MooMoo diambil dari bagian belakang MAMAMOO yakni “Moo” yang diulang dua kali. Selain nama fandom, Bentuk light stick milik MAMAMOO juga sangat unik dan unyu dengan bentuk lobak karena kata “Moo” dalam bahasa Korea berarti lobak. Light stick milik MAMAMOO diberi nama Moo-bong,

Nah, yorobun, sudah mengetahui konsep, nama fandom dan bentuk light Stick dari MAMAMOO, nih. Selanjutnya, yuk, kenalan lebih dalam dengan MAMAMOO melalui 10 fakta menarik idol grup bersuara merdu MAMAMOO yang telah dirangkum oleh Bacaterus.

1. Terdiri dari 4 Anggota

Terdiri dari 4 Anggota

* sumber: beritagar.id

MAMAMOO beranggotakan empat wanita yang masing-masing memiliki kemampuan vokal yang luar biasa. Meskipun hanya memiliki empat anggota, MAMAMOO mampu menghebohkan panggung, lho. Ke empat member MAMAMOO juga saling melengkapi satu sama lain dalam setiap penampilannya. Berikut ini adalah ke empat member MAMAMOO;

  • Solar

Solar

Kim Young Sun atau yang lebih dikenal dengan nama Solar adalah member tertua di MAMAMOO. Wanita yang berasal dari Gangseo-gul, Seoul, Korea Selatan ini dijuluki sebagai Mommy. Solar lahir pada 21 Februari 1991. Ia memiliki tinggi 161 cm. Di MAMAMOO, Solar berperan sebagai Leader, Main Vocal, Visual dan Face of The Group.

  • Moonbyul

Moonbyul

Moonbyul memiliki nama lengkap Moon Byul Yi, ia dijuluki sebagai Black Hole di MAMAMOO. Moonbyul memegang tanggung jawab sebagai Main Rapper, Main Dancer dan Vokal di MAMAMOO. Moonbyul berasal dari Bucheon, Korea Selatan dan lahir pada 22 Desember 1992. Ia adalah member tertinggi di MAMAMOO, tinggi Moonbyul adalah 163 cm.

  • Wheein

Wheein

Wheein berasal dan lahir di Jeonju, Jeollabuk-do, Korea Selatan pada 17 April 1995 dengan nama lengkap Jung Whee In. Wheein dijuluki sebagai Jindo Dog dan Snack Queen oleh member lainnya. Wheein diposisikan sebagai Lead Vocal dan Lead Dancer di MAMAMOO. Wheein adalah member terpendek dan termungil di MAMAMOO dengan tinggi 159 cm.

  • Hwasa

Hwasa

Ahn Hye Jin adalah nama asli Hwasa. Hwasa adalah maknae atau member termuda di MAMAMOO. Hwasa berasal dari Jeonju, Jeollabuk-do, Korea selatan. Hwasa lahir pada 23 Juli 1995 dan tinggi Hwasa adalah 160 cm. Di MAMAMOO, Hwasa dijuluki sebagai The Cook oleh unnie-unnienya. Hwasa memegang tanggung jawab sebagai Lead Vacal dan Lead Rapper.

2. Kemampuan Vokal yang Mumpuni

Kemampuan Vokal yang Mumpuni

MAMAMOO adalah salah satu idol grup yang dikenal karena kemampuan vokal dari setiap membernya yang luar biasa dan mumpuni. Tidak hanya satu member yang memiliki suara menawan, namun semua member MAMAMOO dapat bernyanyi dengan sangat baik. Penampilan life MAMAMOO diakui sebagai penampilan idol grup dengan kestabilan suara yang sangat baik.

MAMAMOO juga dikenal sebagai idol grup yang tidak pernah melakukan lip sync di setiap penampilannya—selalu menambahkan ad-libs dan berimprovisasi di setiap penampilan. Untuk membuktikan kualitas vokal mereka yang mumpuni, MAMAMOO sering membawakan medley lagu-lagu yang hit dari beberapa Girl group atau Boy group lain. Selain itu, MAMAMOO juga sering bernyanyi secara akapela untuk menunjukkan kemampuan vokal mereka.

3. Ikut Andil dalam Pembuatan Lagu

Ikut Andil dalam Pembuatan Lagu

Selain memiliki suara yang sudah tidak diragukan lagi kehebatannya, beberapa anggota dari MAMAMOO juga ada yang berkontribusi dalam pembuatan lagu mereka. Ada beberapa lagu yang diproduksi sendiri oleh anggota MAMAMOO. Anggotanya ikut ambil bagian dalam pembuatan lirik beberapa lagu dan mereka juga menciptakan koreografi untuk lagu mereka sendiri.

Tentu bernyanyi sambil menari secara bersamaan bukanlah hal yang mudah. Teknik vokal yang baik, pengaturan napas yang baik serta fokus sangat diperlukan ketika berada di atas panggung. Agar dapat menyeimbangkan keduanya—bernyanyi dan menari, MAMAMOO menyiasati kesulitan tersebut dengan cara menciptakan sendiri koreografi yang sederhana namun tetap indah dan sesuai dengan irama di beberapa lagu mereka.

4. Ingin Memperlihatkan Sisi Asli Kepada Penggemar

Ingin Memperlihatkan Sisi Asli Kepada Penggemar

MAMAMOO dikenal sebagai grup yang tidak bisa diam, grup ini memiliki julukan beagle karena masih-masing anggotanya dikenal memiliki kepribadian yang lucu. Saat di depan kamera atau saat bertemu dengan penggemar, anggota MAMAMOO selalu berhasil menghidupkan dan meramaikan suasana dengan kelucuan dan keceriaan mereka.

Meskipun dikenal dengan kepribadian yang beagle, ternyata ke empat member MAMAMOO memiliki kepribadian yang pemalu, canggung dan kalem aslinya.

Karena sudah terbiasa dianggap ramai, tentu saat mereka menjadi tenang justru akan terasa aneh dan tidak dikenal. MAMAMOO juga pernah merasa tertekan saat harus hadir di acara Variety Show, karena mereka harus memikirkan berbagai cara agar dapat terlihat ramai, lucu dan ceria di acara tersebut. Sehingga terkadang mereka merasa seolah-olah telah kehilangan jati diri mereka yang asli.

Salah satu member MAMAMOO yakni Wheein pernah menyampaikan melalui sebuah wawancara bahwa mereka lebih memilih untuk hadir di acara reality show seperti “I Live Alone” karena mereka bisa memperlihatkan sisi asli mereka kepada penggemar.

Meskipun kadang merasa tertekan, mereka senang banyak orang melihat mereka dengan citra yang cerah dan positif. Sehingga untuk kedepannya, setiap anggota berharap bahwa mereka lebih disukai kerena musikalitas mereka dari pada image mereka.

5. Merilis 3 Lagu Pre-debut

Merilis 3 Lagu Pre-debut

Berbeda dengan girl group dan boy group lainnya di industri musik Korea, MAMAMOO memiliki tiga lagu/single yang dirilis sebelum mereka resmi debut untuk memperkenalkan grup mereka kepada publik. Demi menarik minat K-Popers, ke-tiga lagu/single tersebut pun menggandeng beberapa musisi ternama yang sudah memiliki nama di dunia K-Pop.

Perilisan setiap lagu/single pun dilakukan secara bertahap mulai dari lagu berjudul “Don’t Be Happy” yang berkolaborasi dengan rapper Bumkey dan rilis pada 8 Januari 2014. Sebulan setelah lagu pre-debut pertama rilis, pada bulan Februari lagu pre-debut ke dua dirilis dengan judul “Pappermint Chocolate”. Lagu Pre-debut ke dua MAMAMOO berkolaborasi dengan penyanyi K.Will dan Wheesung. Lagu tersebut berhasil menjadi hits dan berada di posisi 11 Gaon Digital Chart.

Lagu pre-debut terakhir MAMAMOO berkolaborasi dengan The Geeks berjudul “HeeHeeHaHeHo” yang rilis pada akhir bulan Mei 2014. Setelah memperkenalkan kemampuan vokal dan harmosisasi melalui 3 lagu pre-debut, MAMAMOO pun akhirnya resmi debut pada 18 Juni 2014 dengan mini-album Hello dan judul track dari Hallo adalah lagu berjudul “Mr. Ambigous”.

6. Showtime dengan GFriend

Showtime dengan GFriend

Sama seperti idol group lain, MAMAMOO juga pernah mengikuti sebuah idol variety show berjudul Showtime pada tahun 2016 lalu. Showtime sendiri adalah idol variety yang telah banyak memperkenalkan keseharian idol group seperti Apink, Infinite, Beast/Highlite, EXID, SISTAR dan EXO. Berbeda dari biasanya yang hanya menghadirkan satu grup, MAMAMOO berpartisipasi di Showtime bersama GFriend.

Di Showtime, penggemar dapat melihat aktivitas sehari-hari dan kedekatan setiap anggota MAMAMOO. Selain itu, penggemar juga dapat melihat interaksi antara dua idol group setiap kali mereka menyelesaikan misi bersama-sama. MAMAMOO dan GFriend juga pernah sama-sama hadir di Weekly Idol.

Pada tahun 2018, MAMAMOO akhirnya memiliki idol variety yang hanya dibintangi oleh mereka berjudul A Lucky Day yang tayang di Olleh TV dan memiliki 8 episode. A Lucky Day memperlihatkan keseruan dan aktivitas MAMAMOO selama liburan mereka.

7. Muncul dalam Drama

Muncul dalam Drama

* sumber: kprofiles.com

Tidak hanya idol variety dan variety show saja, MAMAMOO juga pernah muncul dalam sebuah drama berjudul Entourage yang tayang di stasiun televisi tvN. Pada drama tersebut, MAMAMOO muncul sebagai cameo di episode perdana dengan formasi lengkap sebagai MAMAMOO yang sedang menghibur pengunjung dengan lagu mereka yang berjudul “You’re The Best”.

8. Konsep Commercials Film (CF) yang Berbeda

Konsep Commercials Film (CF) yang Berbeda

MAMAMOO adalah salah satu grup yang berbeda dari yang lain, tidak hanya dalam konsep musik, konsep penampilan namun juga berbeda saat membintangi sebuah iklan. MAMAMOO membuat iklan atau CF menjadi menarik dan berbeda dengan membuat iklan layaknya sebuah musik video. Pada kenyatannya, video tersebut adalah bentuk dari promosi sebuah produk. Sejauh ini sudah ada dua jenis produk yang diiklankan secara berbeda oleh MAMAMOO.

Pertama adalah CF atau iklan sebuah gadget—smarthphone—yang dipromosikan oleh MAMAMOO. Dalam iklan tersebut, MAMAMOO menyanyikan sebuah lagu berjudul ‘’Woo Hoo” yang menjadi original sound track untuk CF-nya dan membuat musik vidio untuk lagu tersebut lengkap dengan suara dan tampilan yang menawan.

Selanjutnya adalah CF sebuah brand kacamata bertajuk Gleam yang dipromosikan oleh MAMAMOO. Saat musik video CF dari brand kacamata ini muncul, banyak penggemar yang mengira bahwa Gleam adalah lagu terbaru dan merupakan comeback dari MAMAMOO.

Namun setelah dicermati dengan baik, ternyata musik video Gleam adalah sebuah CF untuk mempromosikan kacamata dan softlens. Gleam juga merupakan original sound track untuk brand kacamata yang dipromosikan oleh MAMAMOO.

9. Prestasi yang Telah Diraih

Prestasi yang Telah Diraih

* sumber: www.knowkpop.com

Setelah lima tahun debut, sudah banyak prestasi yang diterima oleh MAMAMOO, kemampuan vokal yang luar biasa dan mumpuni dari setiap anggota MAMAMOO juga sudah tidak diragukan lagi. Sejauh ini MAMAMOO telah mengumpulkan 34 kemenangan di berbagai acara musik (berdasarkan musik chart).

MAMAMOO juga sudah mengumpulkan 21 kemenangan di acara-acara musik award (berdasarkan vote, penjualan album, dll). Tidak berhenti di situ, MAMAMOO masih akan terus mencetak prestasi gemilang di masa depan.

10. Pernah Tinggal di Rooftop Apartemen

Pernah Tinggal di Rooftop Apartemen

Pada sebuah siaran V Life di tahun 2017 lalu, MAMAMOO pernah bercerita bahwa semasa menjalani pelatihan sebagai peserta didik sebelum debut, tiga member MAMAMOO yakni Solar, Moonbyul dan Hwasa pernah tinggal bersama di sebuah rooftop apartemen kecil—rumah di atas atap gedung/bangunan lain, biasanya memiliki harga sewa yang murah. Sedangkan Hweein tinggal bersama bibinya yang ada di Seoul.

Dalam siaran V Life, anggota MAMAMOO bercerita masa-masa dan kenangan ketika tinggal di Rooftop seperti; Panasnya hawa di ruangan yang sempit saat siang hari, kecoak yang sangat besar dan mereka harus menaiki tangga lima tinggal untuk bisa sampai di rooftop karena tidak terdapat lift pada bangunan itu.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan namun mereka senang bisa tinggal bersama saat pelatihan dan saling mengenal satu sama lain dengan sangat baik serta solid hingga sekarang.  

Demikianlah 10 fakta menarik dari idol grup yang bersuara merdu MAMAMOO. Apakah kamu seorang MooMoo? Kalau iya dan kamu memiliki fakta menarik lainnya dari MAMAMOO, jangan ragu-ragu untuk membagikannya di kolom komentar, ya! Selain itu, semoga 10 fakta menarik ini bisa menambah wawasan kamu tentang MAMAMOO.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram