bacaterus web banner retina

10 Fakta Ma Dong Seok, Aktor Korea yang Jago Bela Diri

Ma Dong Seok adalah aktor asal Korea Selatan yang cukup lama malang melintang di industri perfilman. Pria yang memulai karir sebagai aktor pendukung ini mulai dikenal luas berkat kemampuan aktingnya yang memukau di beberapa judul film seperti The Neighbor, Nameless Gangster: Rules of the Time, dan The Unjust

Fakta menarik apa yang dimiliki pria bertubuh kekar ini? Yuk, simak ulasan menarik tentang Ma Dong Seok yang telah Bacaterus rangkum dalam artikel di bawah. Seperti apa itu? Berikut adalah faktanya:

Fakta Ma Dong Seok__
  • Nama lengkap: Lee Dong Seok 
  • Nama panggung: Don Lee
  • Posisi: Actor, Martial Art
  • Tempat dan tanggal lahir: Korea Selatan 1 Maret 1971
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiak: Pisces
  • Tinggi badan: 180 cm
  • Golongan darah: O
  • Instagram: madongseok_

1. Debut Akting Tahun 2005

Fakta Ma Dong Seok_Debut Akting Tahun 2005_

Don Lee adalah pria aktor Korea Selatan yang sempat menempuh pendidikan di Columbus State University, Amerika Serikat. Pria kelahiran 1971 tersebut pertama kali debut sebagai pemeran pendukung pada tahun 2005 di film Heaven's Soldiers arahan sutradara Min Joon-Ki. 

Heaven's Soldier sendiri merupakan film fiksi fantasi yang mengisahkan tentang perang, perjalanan waktu, dan drama sejarah. Di film berdurasi 106 menit tersebut Ma Dong Seong berperan sebagai aktor pendukung bernama Hwang Sang-wook, dan beradu akting dengan aktris papan atas Korea, Gong Hyo-jin. 

2. Dikenal Lewat Film The Neighbor

Fakta Ma Dong Seok_Dikenal Lewat Film The Neighbor_

Setelah debutnya pada tahun 2005. Ma Dong Seok pun mulai mendapat banyak tawaran untuk bermain dalam sejumlah film. Salah satu yang cukup terkenal adalah film berjudul The Neighbor yang telah tayang perdana pada tahun 2012. Di film karya sutradara Kim Whee tersebut, ia berperan sebagai sosok lintah darat bernama Ahn Hyuk-mo. 

Kemampuan aktingnya yang baik dalam film tersebut pun mulai mendapat banyak perhatian dari berbagai pihak. Ia pun berhasil meraih penghargaan pertamanya sebagai 'Best Supporting Actor' di ajang bergengsi BaekSang Arts Awards ke-49 pada tahun 2013. 

3. Popularitas Meningkat di Film Train To Busan

Fakta Ma Dong Seok_Popularitas Meningkat di film Train To Busan_

Nama Ma Dong Seok semakin bersinar di industri perfilman Korea Selatan. Ia diketahui kerap didapuk sebagai pemeran utama dalam sejumlah film seperti Norigae, Murderer dan One on One. Namun, popularitas Ma Dong Seok sendiri semakin meningkat setelah penampilannya di film Train to Busan pada tahun 2016. 

Di film tersebut ia berperan sebagai Sang-Hwa, seorang pria yang rela mengorbankan nyawanya untuk menjaga istrinya yang sedang hamil dari serangan zombie di kereta yang mereka tumpangi. Film yang dibintangi juga oleh aktor tampan Gong Yoo tersebut menjadi salah satu film terbaik dan sukses mencuri perhatian penonton luar negeri.

Baca juga: Fakta Film Train to Busan, Titik Balik Film Zombie di Korea

4. Terlibat dalam film Marvel

Fakta Ma Dong Seok_Terlibat di film Marvel_

Ma Dong Seok kembali mengejutkan para penggemar setelah pihak Marvel Studio mengumumkan keterlibatannya di salah satu film Marvel yaitu The Eternals di ajang Comic Con 2019. Hal tersebut sontak membuat antusias penggemar semakin besar. The Eternals merupakan film fase ke-4 Marvel yang cukup dinantikan para penggemar. 

Sejumlah bintang besar seperti Angelina Jolie, Salma Hayek, dan Richard Madden ikut terlihat dalam mega proyek tersebut. The Eternals sendiri akan menjadi film debut pertama Ma Dong Seok di Hollywood. Ma Dong Seok sendiri memerankan karakter Gilgamesh, salah satu anggota di Eternal yang dikenal memiliki kekuatan luar biasa. 

5. Syuting 6 Judul Film Sekaligus

Fakta Ma Dong Seok_Syuting 6 judul Film Sekaligus_

Ma Dong Seok menjadi aktor yang cukup diperhitungkan di industri perfilman Korea Selatan. Hampir sebagian besar film yang telah dimainkannya kerap sukses menjadi box office. Pada tahun 2017, Ma Dong Seok membuat penonton kagum dengan kepiawaiannya dalam berakting. 

Ia diketahui sempat menjalani enam syuting film sekaligus, yaitu Gomtang, Wonder Life, With God, Champion, Brother, dan Crime City. Beberapa pihak bahkan memuji kemampuannya dalam memerankan karakter berbeda dalam film-film tersebut. 

6. Menolak Tawaran John Wick 3

Fakta Ma Dong Seok_Menolak Tawaran John Wick 3_

Sebelum akhirnya didapuk sebagai salah satu pemain untuk film Marvel, The Eternal, Ma Dong Seok sempat mengungkap hal yang cukup mengejutkan. Ia mengatakan hal ini saat menjadi tamu undangan bersama sutradara dan pemain film The Gangster, The Cop, The Devil di ajang Cannes International Film Festival, yang diselenggarakan di Palais des Festivals, Cannes, Prancis. 

Dimana Ma mengatakan bahwa dirinya sempat menolak tawaran untuk bermain di film John Wick 3. Alasannya sendiri karena jadwal syuting film yang bersamaan dengan film The Gangster, The Cop, The Devil. Jadwal padat memang kerap menjadi salah satu alasan para aktor menolak peran besar. 

7. Peraih Best Actor

Fakta Ma Dong Seok_Peraih Best Actor_

Karier Ma Dong Seok di industri perfilman memang terbilang cukup baik. Setelah sebelumnya meraih penghargaan sebagai Best Supporting Actor di film The Neighbor dan The Train to Busan, aktor berusia 41 tahun tersebut berhasil meraih penghargaan sebagai Best Actor untuk perannya di film The Outlaws

Penghargaan tersebut diketahui didapat di dua ajang penghargaan yang berbeda, yaitu Korea China International Film Festival 2018 dan Golden Egg Awards 2018. Film yang mengangkat tentang Insiden Heuksapa pada tahun 2007 tersebut berkisah tentang seorang detektif bernama Ma Seok Do, yang diperankan apik oleh Ma Dong Seok. 

8. Menjadi Produser Film

Fakta Ma Dong Seok_Menjadi Produser Film_

Sukses menjadi aktor papan atas Korea Selatan. Ma Dong Seok pun mulai merambah menjadi produser film. Ia dikabarkan akan memproduksi dan membintangi acara televisi Amerika yang berjudul The Club. The Club sendiri merupakan sebuah drama remake produksi Amerika Serikat berjudul Trap.

Di serial tersebut, Ma Dong Seok akan berperan sebagai detektif veteran perang. Sebelumnya The Trap telah ditayangkan pada tahun 2019 di OCN. Drama yang dibintangi oleh aktor Lee Seo Jin tersebut diketahui berhasil mencuri perhatian banyak penonton dengan jalan ceritanya yang cukup menarik, yaitu tentang seorang pembawa berita terkenal yang harus terjebak dalam sebuah insiden. 

9. Menguasai Seni Bela Diri

Fakta Ma Dong Seok_Menguasai Seni Bela Diri_

Terpilihnya Ma Dong Seok sebagai salah satu pahlawan di markas Marvel Studio memang cukup beralasan. Selain karena kemampuan aktingnya yang menawan, pria pemilik tinggi 180 cm tersebut diketahui sebagai salah satu aktor yang menguasai seni bela diri. Ma Dong Seok diketahui sempat menjadi pelatih bela diri pribadi aktor, Mark Coleman dan Kevin Randleman. 

Mengingat ia sendiri merupakan lulusan Pendidikan Kesehatan dan Fisik. So, tak heran bila sebagian film yang dibintangi aktor tersebut lebih banyak bergenre aksi. 

10. Bermain di Serial Netflix Sense8

Fakta Ma Dong Seok_Dikenal Lewat Film The Neighbor_

Sense8 merupakan serial televisi Amerika Serikat bergenre fiksi Ilmiah yang cukup populer. Drama yang dibintangi pula oleh aktris asal Korea Selatan, Doona Bae ini diketahui sukses meraih penghargaan sebagai Outstanding Drama Series dari GLAAD Media Award. 

Drama yang telah tayang sebanyak dua musim tersebut mengisahkan tentang orang-orang yang memiliki kekuatan khusus yang terhubung satu sama lain. Selain Doona Bae, serial televisi yang memiliki rating cukup tinggi tersebut juga mendapuk aktor asal Korea Selatan lainnya, yaitu Ma Dong Seok sebagai salah satu aktor pendukungnya. 

Demikian 10 Fakta Ma Dong Seok, aktor Korea Selatan yang berhasil Bacaterus rangkum. Keberhasilannya menembus industri perfilman Hollywood memang patut diacungi jempol. Berkat kepiawaiannya mengolah akting, Ma Dong Seok berhasil menjadi salah satu aktor Korea Selatan yang cukup sukses tidak hanya di negeri asalnya, tetapi juga di luar negeri. 

Semoga informasi tentang aktor kekar tersebut menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berkarya dan berprestasi. Cari tahu juga film-film terbaik dari Ma Dong Seok.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram