Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Fakta Lumba-Lumba yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

10 Fakta Lumba-Lumba yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 September 2018

Siapa sih yang tidak mengenal lumba-lumba yang satu ini. Tahukah kamu lumba-lumba ini hidup di mana?  Lumba-lumba adalah binatang mamalia yang hidup di laut dan di sungai. Lumba-lumba juga terkenal dengan kecerdasannya.

Lumba-lumba hidup bersama sekelompok lumba-lumba lainnya, yang biasanya disebut kawanan. Nah, kali ini penulis akan menjelaskan tentang fakta-fakta unik lainnya tentang lumba-lumba. Penasaran apa saja? Yuk simak fakta selengkapnya berikut ini:

1. Jenis Lumba-Lumba

jenis lumba-lumba

* sumber: umad.com

Tahukah kamu, ada berapa spesies lumba-lumba di dunia? Dalam penelitian tentang lumba-lumba dikatakan bahwa belum jelas ada berapa jenis dan jumlah lumba-lumba sampai saat ini. Menurut penelitian, lumba-lumba yang hidup di laut diketahui terdapat 43 spesies. Lumba-lumba itu diklasifikasikan ke dalam 17 jenis.

Adapun lumba-lumba yang hidup di sungai, terdapat 5 spesies dan tergolong dalam 4 jenis. Namun, seiring bertambahnya waktu jumlah lumba-lumba terus menerus bertambah dan berubah dengan adanya penemuan baru.

2. Kecerdasan Lumba-Lumba

kecerdasan lumba-lmba

* sumber: animals.desktopnexus.com

Fakta berikutnya adalah tentang kecerdasan lumba-lumba. Lumba-lumba dikenal sebagai mamalia yang cerdas dan pintar. Kecerdasan itu bisa kamu amati pada lumba-lumba di penangkaran. Lumba-lumba tersebut dilatih dan bisa mempelajari berbagai macam trik.

Lumba-lumba juga menggunakan akal cerdasnya untuk mencari makan. Caranya adalah dengan memanfaatkan kapal nelayan yang sedang berlayar di lautan. Kawanan lumba-lumba mengikuti kapal nelayan yang menuju ke tempat dimana terdapat banyak ikan-ikan. Setelah itu, lumba-lumba sampai di tempat yang dituju, dimana terdapat banyak ikan-ikan yang siap di makan.

Pada tahun 1960-an, para ilmuwan atau peneliti mengklaim bahwa lumba-lumba itu sangat cerdas, sehingga kapasitas otaknya ada dalam peringkat kedua paling tinggi setelah manusia dikutip dari Dolphin-world.com. Lumba-lumba juga telah dimanfaatkan oleh angkatan laut A.S untuk menemukan dan mengambil tambang dari laut.

3. Lumba-Lumba Binatang yang Ceria

lumba-lumba binatang ceria

* sumber: sites.google.com

Lumba-lumba memang binatang yang selalu ceria dan menyenangkan, inilah yang membuatnya menjadi daya tarik yang besar di setiap penangkaran. Sea World menyatakan bahwa sifat ceria yang dimiliki lumba -lumba memiliki manfaat yang baik.

Lumba-lumba dapat berinteraksi dengan ceria bersama kawanan lainnya  di alam bebas. Lumba-lumba akan sering mengejar satu sama lain dan melempar benda, seperti rumput laut dilempar dari satu ke yang lainnya.

Perilaku alami ini memungkinkan lumba-lumba untuk melatih keterampilan berburunya. Bermain juga merupakan cara untuk lumba-lumba saling terikat satu sama lain, sehingga lumba-lumba selalu ceria dan terlihat senang.

4. Perilaku Lumba-Lumba

perilaku lumba-lumba

* sumber: www.slate.com

Pada saat lumba-lumba tertidur, mereka mengaktifkan sebagian otaknya secara bergantian selama 8 jam lamanya. Jadi, salah satu bagian otak lumba-lumba itu akan tetap terjaga dan waspada. Lumba-lumba terus berenang dan naik ke permukaan untuk bernapas. Hal itu membuat lumba-lumba aman dari ancaman predator hewan lainnya.

Perilaku lainnya adalah lumba-lumba suka tolong menolong dengan kawanan lumba-lumba lainnya. Contohnya pada saat lumba-lumba betina akan melahirkan, kawanan lainnya akan segera menolong persalinan dan menjaga bayi yang telah dilahirkan.

5. Fakta Ekolokasi Lumba-lumba

ekolokasi lumba-lumba

* sumber: uk.whales.org

Lumba lumba mempunyai kemampuan ekolokasi. Kira-kira apa ya arti dari ekolokasi ini? Ekolokasi adalah penggunaan gelombang suara untuk menentukan benda-benda di bawah air dengan memancarkan gelombang suara.

Kemampuan ini memudahkan lumba-lumba untuk menentukan jarak suatu benda, bentuk dan ukuran benda itu sendiri. Selain itu, ekolokasi lumba-lumba digunakan sebagai alat navigasi untuk berburu. Mereka menggunakan ekolokasi untuk menemukan mangsa dan mereka berburu bersama untuk mendapatkan ikan.

6. Fakta Ukuran Lumba-Lumba

ukuran lumba-lumba

* sumber: seaworld.com.au

Fakta selanjutnya adalah mengenai ukuran lumba-lumba. Spesies lumba lumba sangat beragam dan ukuran yang beragam juga. Lumba-lumba bottlenose adalah salah satu jenis yang sangat terkenal. Mereka memiliki panjang sekitar 2,5 meter dan memiliki berat tubuh sekitar 200 sampai 300 kg.

Coba tebak, lumba-lumba jenis apa yang terkecil dan lumba-lumba jenis apa yang terbesar? Spesies lumba-lumba yang terkecil adalah lumba-lumba Maui. Lumba-lumba Maui ini panjangnya sekitar 1,2 meter dan memiliki berat badan sekitar 40kg. Sedangkan spesies lumba-lumba terbesar adalah orca, atau paus pembunuh. Orca jantan tumbuh sekitar 25 kaki panjangnya dan memiliki berat sekitar 19.000 pound.

7. Fakta Gigi Lumba-Lumba

gigi lumba-lumba

* sumber: seaworld.com.au

Fakta berikutnya adalah tentang gigi lumba-lumba. Lumba-lumba memiliki delapan gigi dan ada juga yang berjumlah 250 gigi. Lumba-lumba bottlenose memiliki 72 sampai 104 gigi.  Gigi lumba-lumba hanya tumbuh satu kali seumur hidupnya, yang mana gigi yang sudah hilang tidak akan tumbuh lagi.

Lumba-lumba tidak menggunakan giginya untuk mengunyah makanan seperti manusia. Lalu apakah kegunaaan gigi pada lumba-lumba? Mereka menggunakan gigi mereka untuk menangkap makanan mereka dan kemudian menelan makanannya tersebut seutuhnya.

8. Fakta Unik Lumba-Lumba

fakta unik lumba-lumba

* sumber: traveltips.usatoday.com

Fakta unik lumba-lumba berikutnya adalah lumba-lumba ternyata tidak minum air seperti manusia. Namun, lumba-lumba mendapatkan air yang mereka butuhkan dari ikan yang mereka makan. Lumba-lumba memakan berbagai jenis ikan tergantung pada jumlah kalori air yang mereka butuhkan.

Fakta unik lainnya adalah, lumba-lumba ternyata bisa melihat di atas air lho. Dari semua jenis lumba-lumba hanya lumba-lumba bottlenose yang memiliki penglihatan yang tajam dan bagus, baik di atas atau di dalam air.

9. Fakta Umur Lumba-Lumba

umur lumba-lumba

* sumber: blog.parksaustralia.gov.au

Nah, fakta selanjutnya mengenai lama hidup lumba-lumba di dunia. Berapakah umur hidup lumba-lumba? Kehidupan lumba-lumba di bumi ini bisa mencapai puluhan tahun, sebagian besar lumba-lumba hidup dengan umur yang sangat panjang.

Lumba-lumba bottlenose dapat hidup sekitar lebih dari 40 tahun lamanya. Berbeda dengan umur lumba-lumba bottlenose, spesies orca bisa hidup sampai dengan usia 70 tahun atau 80 tahunan.

10. Spesies Lumba-Lumba Bottlenose

lumba-lumba bottlenose

* sumber: kids.nationalgeographic.com

Lumba-lumba bottlenose adalah mamalia laut yang hidup di samudera tropis dan beriklim sedang atau lautan dengan suhu yang ringan di seluruh dunia. Ini termasuk perairan di Inggris dan Irlandia, di mana kamu bisa melihat mereka berenang dan bermain di teluk dan muara sungai.

Makhluk cerdas ini memiliki paruh pendek dan mulut melengkung, memberi kesan bahwa mereka selalu tersenyum. Mereka biasanya berwarna abu-abu dan berukuran 2 sampai 4 meter.

Lumba-lumba bottlenose ini adalah perenang yang handal, meluncur melalui air menggunakan sirip punggung melengkung di punggung mereka, ekor yang kuat dan sirip yang runcing. Mereka bisa berenang mencapai kecepatan lebih 30km per jam dan menyelam sedalam 250 meter di bawah permukaan air laut

Lumba-lumba bottlenose ini juga raja komunikasi. Lumba-lumba itu saling berkomunikasi saling mengirim pesan dengan cara yang berbeda beda. Bagaimana cara mereka berkomunikasi? Lumba-lumba berkomunikasi dengan cara mencicit, bersiul dan juga menggunakan bahasa tubuh, melompat dan keluar dari air.

Nah , itulah fakta-fakta unik tentang lumba-lumba. Sayangi dan lindungi binatang cerdas ini dan jangan sampai binatang lumba-lumba ini diburu oleh manusia apalagi sampai dipekerjakan dalam pentas atraksi lumba-lumba yang biasanya dipertontonkan dari kota satu ke kota yang lainnya.

Hal itu akan membuat umur lumba-lumba berkurang dan hanya dapat hidup 4 sampai 8 tahunan. Padahal, seharusnya lumba-lumba dapat hidup di alam lautan bebas sekita 40 sampai 80 tahun. Untuk kalian yang ingin berbagi informasi mengenai lumba-lumba juga, kamu dapat bercerita di kolom komentar ini

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Suka membaca, menulis, mewarnai, menyukai hewan kura-kura, penggemar band asal Australia 5 Seconds of Summer (5SOS) dan suka banget sama Rilakkuma :D

Leave A Comment