Bacaterus / Selebriti / Inilah 10 Fakta Little Mix, Girl Power Kebanggaan Mixer!

Inilah 10 Fakta Little Mix, Girl Power Kebanggaan Mixer!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sempat menggemparkan industri musik dunia, terlebih lagi di Inggris, Little Mix digadang-gadang akan menjadi girlband terbesar melebihi Spice Girls. Apakah kamu sudah kenal dengan Little Mix? Atau malah sudah menjadi fans mereka?

Grup yang menamai fans mereka dengan sebutan Mixer ini merupakan grup penyanyi wanita yang terbentuk tahun 2011, grup ini beranggotan Perrie Edwards, Jessy Nelson, Leigh-Anne Pinnock, juga Jade Thirlwall. Terbentuk melalui ajang pencarian bakat nasional, keempatnya sukses debut dengan single “Cannonball”.

Rilis pada tanggal 11 Desember 2011, single kemenangan mereka ini merupakan cover lagu milik Damien Rice. Buat kamu yang belum kenal, jangan khawatir, beberapa fakta Little Mix ini bisa buat kamu dekat dengan mereka.

1. The X Factor

The X Factor

Fakta satu ini pasti tidak akan lepas dari Little Mix, bagaimana tidak, keempatnya mengikuti audisi The X Factor musim kedelapan sebagai penyanyi solo. Sayangnya, mereka tak lolos tantangan pertama, bootcamp. Beruntung juri memberikan kesempatan mereka dalam kategori grup.

Melalui perjalanan yang cukup panjang juga bimbingan dari Tulisa Contostavlos mereka akhirnya mencapai pertunjukkan langsung dibawah nama Rhythmix. Dibentuk secara ekslusif untuk The X Factor, ternyata mereka berhasil menjadi grup yang memenangkan acara tersebut, setelah 8 tahun sejarah The X Factor.

 2. Rhythmix to Little Mix

Rhythmix to Little Mix

Nama Rhythmix diberikan pada mereka setelah keempatnya dipersatukan dalam satu grup di The X Factor. Program tersebut berencana untuk mempatenkan nama Rhythmix untuk mereka, namun ternyata nama Rhythmix telah dimiliki badan amal musik anak-anak yang berbasis di Brighton.

Menghindari perselisihan yang mungkin terjadi, para anggota Rhythmix setuju untuk mengubah nama grup mereka. Keputusan ini pun disetujui oleh Syco. Akhirnya, ditanggal 28 Oktober 2011 pengumuman pun dibuat, bahwa perubahan nama baru grup menjadi Little Mix.

3. Lagu Cover sebagai Single Debut

Lagu Cover sebagai Single Debut

Berhasil memenangkan acara The X Factor musim kedelapan, mereka menandatangani kontrak dengan agensi Syco Music yang merupakan label milik Simon Cowell. Lagu cover dari Damien Rice dengan judul “Cannonball” dipilih sebagai single kemenangan mereka.

Dirilis digital tanggal 11 Desember 2011 dan CD di tanggal 14 Desember 2011, mereka tak menyangka bahwa single perdananya akan berada di puncak UK Singles Charts pada tanggal 18 Desember 2011.

4. Powerful Vocal

Powerful Vocal

Soal urusan vokal memang tak perlu diragukan lagi. Personil Little Mix ini keempatnya memiliki tipe vokal soprano. Selain itu, memiliki rentang vokal sepanjang tiga oktaf tak heran jika suara mereka selalu terdengar powerful.

Little Mix seringkali bermain dengan genre pop, R&B, dan pop-dansa, namun sebenarnya mereka juga terpengaruh dengan genre musik lainnya, seperti latin pop, tropical house, sampai genre electronic. Bernyanyi dengan genre apapun, suara Little Mix ini akan selalu terdengar merdu ya Mixer.

5. Inspirasi Musik

Inspirasi Musik

Setiap orang hampir bisa dipastikan memiliki tokoh inspiratif atau idola yang disukai. Begitu juga dengan Little Mix, memiliki empat anggota, ternyata inspirasi yang mereka pun beragam.

Diantaranya ialah penyanyi pop legendaris dunia Michael Jackson, lalu ada juga Mariah Carey, Christina Aguilera, Whitney Houston, hingga personil band Journey, Steve Perry yang dipilih Perrie Edwards sebagai gayanya bermusik. Leigh Anne Pinnock memilih Mariah Carey sebagai pengaruh terbesarnya dalam bermusik.

Sedangkan untuk Jade Thirlwall, Diana Ross adalah sosok penyanyi favoritnya. Inspirasi lainnya untuk Jessy Nelson, ia terisnpirasi dari Spice Girls, TLC, juga Missy Elliott. Semuanya setuju mengutip Michael Jackson, Beyonce, Rihanna, dan Destiny’s Child juga En Vogue menjadi tokoh pengaruh musik Little Mix.

6. Album

Album

Debut album Little Mix berjudul “DNA” dirilis di November 2012, lagu “Going Nowhere” dalam album ikut ditulis oleh Nicola Roberts. Pengerjaan albumnya sendiri telah dilakukan oleh Little Mix sejak Desember 2011.

Secara lirik album ini berisi penyemangat , hubungan, juga patah hati, dimana Little Mix ikut terlibat di dalamnya. Album keduanya berjudul “Salute” rilis tahun 2013, dengan single utama “Move”.

Sebagian besar album ini ditulis langsung oleh member Little Mix yang menyatakan mereka lebih terlibat dalam pengembangannya dibandingkan dengan album debut, dengan mempertahankan suara pop dari album debut.

Tahun 2015 album “Get Weird” dirilis sebagai album ketiga, yang dibalut dalam pesona music throwback hingga imbuhan retro. Di album inlah Jason DeRulo menggasak ulang tatanan harmonisasi Little Mix untuk duet “Secret Love Song”. Album selanjutnya adalah album keempat Little Mix bertajuk “Glory Days” dirilis November 2016.

Album ini dikeluarkan kembali pada 24 November 2017 sebagai “Glory Days: The Platinum Edition”. Sebagai single pertama album, “Shout Out to My Ex” dikeluarkan sebelumnya, dan ditayangkan perdana secara live di The X Factor. Album kelima diberi judul yang simple “LM5”.

Judul album ini terinspirasi dari para penggemar yang memprosikan album tanpa nama yang akan datang di medsos dengan tagar inisial dan nomor abum. Tetap konsisten dengan semangat girl power, seperti “Woman Like Me”. Memadukan hip-hop fierce serta reggaeton yang menjadi ciri Nicki Minaj dan bop khas Little Mix.

7. Merilis Produk Khusus

Merilis Produk Khusus

Tak hanya album, Little Mix juga bekerja sama dengan beberapa brand untuk merilis produk dengan tema Little Mix sendiri. Seperti kemasan M&M bergambar bendera Inggris, juga suguhan penampilan eksklusif di M&M’s World Store.

Little Mix juga merilis buku berjudul “Ready to Fly” di tahun 2012, yang berisis dokumen perjalanan mereka sejak audisi untuk The X Factor. Produk lainnya adalah boneka, puzzle, aksesoris, dan beberapa permaian dengan kerjasama pembuat mainan Vivid dan merchandise musik Bravado.

Selain itu, masih banyak produk lainnya seperti pakaian anak, pewarna rambut, sampai meluncurkan berbagai cat kuku. Beberapa parfum dan kosmetik bersama Collection dan LMX Beauty juga turut diluncurkan bersama Little Mix.

8. Best Cover Songs

Best Cover Songs

Kamu penasaran dengan lagu-lagu yang pernah Little Mix cover? Slah satunya adalah ”Super Bass” milik Nicki Minaj, yang membuat mereka mendapat julukan grup wanita terbaik yang pernah ada I The X Factor. Kemudian ada “You Keep Me Hangin’ On” milik The Supremes, juga lagu hit Beyonce “If I Were a Boy” dan “End of Time”.

Lagu lainnya yang dianggap cover terbaik adalah “We Are Young” milik Fun, Mumford & Sons “I Will Wait”, En Vogue “Don’t Let Go”, Katy Perry “Dark Horse”, TLC “No Scrubs” hingga Rihanna “Love on the Brain”.

9. Penghargaan dan Prestasi

Penghargaan dan Prestasi

Selain penghargaan seperti menajdi nomor satu di UK Charts untuk single bahkan album, Little Mix juga punya segudang prestasi lainnya. Salah satunya adalah penghargaan dalam kategori Ultimate Export di Cosmopolitan Ultimate Women Awards 2013.

Di tahun 2014, Little Mix mendapatkan 6 penghargaan dari lima acara award yang berbeda. Beberapa diantaranya adalah  Band of the Year di Glamour Awards, Best 3 New Artist dan New Artist of the Year dalam Japan Gold Disc Awards. Dalam ajang Teen Choice Awards 2015, Little Mix menang di kategori Choise Music Breakout Artist.

Tak hanya itu, di tahun 2018 mereka juga menyabet penghargaan pada kategori Best Group, Best British Artist of Group, dan Best Song untuk lagu berjudul “Power” dalam acara The Global Awards 2018.

10. Tour

Tour

Di konser “T4 on the Beach”, untuk pertama kalinya Little Mix membawakan debut single mereka “Wings”. Dilanjutkan kunjungan promosi di Australia. Tour konser kedua di Inggris dan Irlandia, bertajuk “The Salute Tour”, dimulai di Birmingham dan berakhir di Scarborough, North Yorkshire.

Maret 2016, “The Get Weird Tour” diadakan di 60 tanggal termasuk di Eropa, Australia, dan Asia dan memegang rekor sebagai tur arena terlaris di Britania Raya. Selanjutnya “The Glory Days Tour” yang dimulai di Eropa tanggal 24 Mei 2017.

Kemudian di tahun 2018, Little Mix mengadakan tur bertajuk “Summer Hits Tour” yang dimulai tanggal 24 Maret dari Chiba, Jepang. tur ini juga dibarengi dengan mengisi acara POPSPRING Festival 2018.

Little Mix juga terlihat tambil di beberapa konser amal lho, mereka juga bekerja sama dengan BeatBullying yang merupakan organisasi anti-intimidasi terbesar di Eropa. Wah, sudah 10 Fakta Little Mix disajikan khusus untuk kamu, bagaimana? Sudah tahu lebih banyak kan?

Keahlian vokal mereka memang tak diragukan lagi ya, laguyang mereka bawakan pun selalu berhasil membuat ciri khas Little Mix sendiri. Terakhir, kalau kamu punya info lain yang ingin kamu share, boleh lho menuliskannya di kolom komentar. Jangan lupa juga baca artikel lainnya yang pasti menarik dari Bacaterus.com.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *