bacaterus web banner retina

10 Fakta Leonardo Dicaprio, Aktor Tampan Peraih Oscar

Leonardo Wilhelm DiCaprio atau lebih populer dengan nama Leonardo Dicaprio merupakan aktor Amerika Serikat yang lahir pada tahun 1974. Kiprahnya di industri perfilman memang cukup cemerlang.

Sejumlah film sukses dimainkan oleh aktor berdarah Italia-Amerika ini. Beberapa diantaranya seperti Romeo + Juliet, Titanic, The Beach, Catch Me if You Can, dan masih banyak lagi. Sebagai seorang aktor, nama besarnya memang kerap menjadi jaminan kesuksesan untuk sebuah film.

Nah, seperti apa sosok pemeran Jack ini? Yuk, simak ulasan menarik yang telah Bacaterus rangkum dalam artikel di bawah. Seperti apa itu? Berikut adalah pemaparannya:

fakta-leonardo-dicaprio-1_
  • Nama lengkap: Leonardo Wilhelm DiCaprio
  • Nama panggung: Leonardo Dicaprio
  • Posisi: Aktor
  • Tempat dan tanggal lahir: Los Angeles, California, 11 November 1974
  • Kewarganegaraan: Amerika Serikat
  • Zodiac: Scorpio
  • Tinggi badan: 183 cm
  • Golongan darah: O
  • Instagram: @leonardodicaprio

1. Menunggu lama untuk piala Oscar

fakta-leonardo-dicaprio-2_

Meski telah lama malang melintang di industri perfilman Hollywood, tetapi Leonardo sendiri menjadi salah satu aktor yang cukup lama menunggu untuk bisa menerima penghargaan sebagai 'Aktor Terbaik'. Padahal, sudah banyak film yang dibintanginya menjadi film box office dunia. Akan tetapi, hal itu seperti tak cukup untuk mengukuhkan namanya sebagai pemenang Oscar.

Setelah empat kali gagal mendapat penghargaan di ajang bergengsi Oscar sejak penampilan perdananya pada tahun 1990. Baru pada tahun 2016, Leo berhasil meraih penghargaan Oscar pertama untuk perannya sebagai Hugh Glass di film The Revenant. Hal ini tentu menjadi sejarah penting perjalanan kariernya sebagai seorang aktor di industri perfilman.

2. Popular lewat film Titanic

fakta-leonardo-dicaprio-3_

Nama Leonardo sendiri mulai mendapat atensi yang luar biasa dari penonton setelah perannya sebagai Jack di film legendaris Titanic. Titanic menjadi salah satu filmnya yang sukses dari segi penonton, serta berhasil meraih 14 nominasi dengan 11 kemenangan di ajang bergengsi Oscar.

Titanic sendiri merupakan film epik roman yang diproduksi tahun 1997 oleh sutradara James Cameron. Film tersebut mengisahkan perjalanan Jack dan Rose dalam sebuah tragedi yang menimpa Titanic. Di film tersebut Leonardo berpasangan dengan aktris cantik, Kate Winslet yang berperan sebagai Rose.

3. Berakting sejak kecil

fakta-leonardo-dicaprio-4_

Kiprahnya di dunia akting memang terbilang cukup lama. Leonardo sendiri memulai kariernya di industri hiburan sejak tahun 1979. Leonardo DiCaprio diketahui terlibat sebagai salah satu pemain untuk sebuah serial televisi populer berjudul Romper Room. Saat itu, pria berambut pirang tersebut diketahui masih berusia 5 tahun.

Meski dirinya hanya terlibat dalam satu episode, tetapi penampilannya tersebut menjadi awal langkahnya untuk menapaki karier di dunia akting. Pada usia 10 tahun, Leonardo DiCaprio akhirnya memutuskan untuk bergabung di bawah naungan sebuah agensi untuk memuluskan kariernya di dunia hiburan.

Saat ini, aktor berusia 45 tahun tersebut telah berkecimpung di dunia akting selama hampir lebih dari 3 dekade terhitung dari tahun 1990 sejak debut pertamanya sebagai seorang aktor film.

4. Debut akting di Critters 3

fakta-leonardo-dicaprio-5_

Sebelum akhirnya dikenal luas sebagai aktor ternama, pria yang sempat bermain dalam film The Wolf of Wall Street ini diketahui memulai debut aktingnya dengan berperan dalam sebuah film horor komedi fiksi ilmiah karya sutradara Kristine Peterson yang berjudul Critters 3. Critters sendiri merupakan film installment ketiga dari serial Critters, yang telah tayang perdana pada tahun 1991.

Film tersebut mengisahkan tentang sebuah keluarga yang tidak sadar membawa alien kecil berbulu ke gedung tempat tinggal mereka hingga membuat makhluk tersebut berkembang biak dan mulai mengganggu seluruh penghuni gedung rumahnya. Di film tersebut Leonardo sendiri berperan sebagai aktor utama bernama Josh.

5. 10 Nominasi dan 3 kali menang di Golden Globe

fakta-leonardo-dicaprio-6_

Seperti kita ketahu,i terdapat dua penghargaan tertinggi dan bergengsi bagi para pelaku industri perfilman, yaitu ajang Golden Globe Awards dan Academy Awards (Oscar). Keduanya diketahui sama-sama memiliki penjurian yang sangat ketat. Meski demikian, antara Golden Globe dan Oscar sendiri memiliki beberapa perbedaan.

Jika Golden Globe memberikan penghargaan terhadap pelaku film dan serial televisi, Oscar sendiri lebih dikhususkan pada film. Berbicara mengenai Golden Globe, Leonardo diketahui sempat berhasil mengukuhkan namanya ke dalam 10 nominasi, dimana 3 diantaranya telah berhasil dimenangkan olehnya.

6. Berkolaborasi dengan Brad Pitt

fakta-leonardo-dicaprio-7_

Leonardo DiCaprio dan Brad Pitt merupakan dua aktor yang memiliki nama besar di Hollywood. Keduanya diketahui belum pernah membintangi film bersama hingga tahun 2019, yaitu dalam film Once Upon a Time yang ditulis dan disutradarai oleh Quentin Tarantino.

Film tersebut mengambil latar waktu tahun terakhir zaman keemasan Hollywood pada tahun 1969 di Los Angeles, dimana karier seorang aktor televisi mulai meredup dan pemeran penggantinya berusaha untuk mencapai popularitas dan kesuksesan di industri film.

Once Upon a Time sendiri diketahui menjadi film yang berhasil meraih 10 kategori di ajang bergengsi Academy Awards, mulai dari Best Picture, Best Actor, Best Supporting Actor, sampai Best Director, dan lainnya.

7. Memerankan Frank Abagnale

fakta-leonardo-dicaprio-8_

Frank William Abagnale Jr. merupakan seorang pelaku tindak kejahatan yang cukup dikenal pada era tahun 1960-an. Frank diketahui telah melakukan banyak tindakan penipuan dengan beragam penyamaran. Kepiawaiannya melakukan tindak kejahatan membuatnya terbebas dari jeratan hukum dengan catatan membantu FBI dalam mempelajari metode penipuan yang pernah dilakukannya.

Kisah hidup Frank yang cukup menarik pada akhirnya diangkat ke sebuah film layar lebar yang berjudul 'Catch Me If You Can' yang telah tayang perdana pada tahun 2002. Karakter Frank sendiri diperankan oleh aktor, Leonardo Dicaprio.

Nah, untuk membuat akting sempurna, Leonardo sendiri sempat mengundang makan malam dan bertemu langsung dengan sosok legenda kejahatan yang kini menjadi konsultan keamanan dokumen paling disegani di Amerika Serikat.

8. Cedera saat syuting Django Unchained

fakta-leonardo-dicaprio-9_

Cedera saat syuting adalah hal biasa yang kerap dialami oleh para aktor saat pengambilan adegan. Hal serupa juga pernah dialami oleh Leonardo DiCaprio. Peristiwa itu terjadi saat dirinya bermain dalam film berjudul Django Unchained, film kontroversial tentang perbudakan.

Kejadiannya sendiri terjadi saat aktor tersebut harus melakukan adegan membanting tinjunya di atas meja. Namun, secara tidak sengaja ia memukulnya dengan sangat keras hingga tangannya mengalami cedera. Meski demikian, Leonardo berusaha tetap bersikap profesional dengan melanjutkan adegan berikutnya seolah tidak terjadi apa-apa.

9. Sempat berseteru dengan Mark Wahlberg

fakta-leonardo-dicaprio-10_

Leonardo DiCaprio juga diketahui sempat berseteru dengan aktor Mark Wahlberg saat keduanya dipertemukan dalam film The Basketball Diaries yang telah dirilis pada tahun 1995. Saat itu, Leonardo merasa Mark tidak layak mendapat peran sebagai Mickey, mengingat pengalaman Mark di dunia akting yang dirasa masih sedikit.

Meski demikian, pada akhirnya keduanya menjalin hubungan persahabatan yang baik dan berhasil menunjukkan performanya yang menawan sehingga membuahkan banyak pujian dari pengamat film untuk perannya masing-masing. Pada tahun 2006, keduanya kembali dipertemukan dalam sebuah judul film yang sama, yaitu The Departed.

10. Menolak banyak peran di film Box Office

fakta-leonardo-dicaprio-11_

Leonardo dikenal sebagai salah satu aktor yang cukup banyak menolak film box office. Penolakannya sendiri memang memiliki beragam alasan mulai dari jadwal syuting yang padat, intervensi sejumlah pihak, hingga ketidaksiapannya untuk mengambil peran.

Beberapa peran di film yang sempat ditolaknya antara lain sebagai Neo di The Matrix Trilogy, Anakin Skywalker di film Stars Wars, Spiderman, Kolonel Hans Landa di film Inglorious Basterds, Steve Jobs, Camerlengo di film Angels and Demons, Alan Turing di The Imitation Game, American Psycho dan masih banyak lagi.

Meski kerap menolak bermain di sejumlah film sukses, tetapi karier-nya di industri perfilman Hollywood terlihat masih tetap cemerlang.

Demikianlah 10 Fakta Leonardo Dicaprio, aktor tampan peraih Oscar, yang telah Bacaterus rangkum khusus untuk kamu. Kepiawaiannya dalam memerankan sebuah karakter memang sudah tidak diragukan lagi.

Hal itu dibuktikan dengan keberhasilannya meraih penghargaan di ajang bergengsi. Semoga informasi tentang aktor tampan ini bisa menjadi inspirasi untuk tetap semangat dalam meraih mimpi.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram