Bacaterus / KPOP / 10 Fakta Lee Jong-Suk, Aktor dengan Segudang Prestasi

10 Fakta Lee Jong-Suk, Aktor dengan Segudang Prestasi

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Aktor yang kini tengah menjalani masa wajib militer ini memang tak ada habisnya untuk diperbincangkan, apalagi soal prestasi dan segudang bakat yang dimilikinya. Siapa lagi kalau bukan Lee Jongsuk, namanya sudah tak asing lagi dong di telinga kamu, dia juga sukses mengadakan fan meetingnya di Jakarta.

Menggunakan nama aslinya untuk debut sebagai aktor, Lee jong-suk lahir pada 14 September tahun 1989 di Suwon, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Aktor berzodiak virgo dengan tinggi badan 186 cm ini ternyata masih kalah tinggi dibandingkan adik laki-lakinya yang hanya terpaut usia 2 tahun.

Selain adik laki-laki, Jongsuk juga mempunyai satu adik perempuan yang berusia 4 tahun lebih muda darinya. Menjadi salah satu aktor kenamaan negeri ginseng, siapa sangka kalau Jongsuk punya sikap pemalu dan pendiam. Kira-kira apa fakta unik lain dari Jongsuk yang bisa buat kamu sebagai fans nya tahu lebih banyak tentangnya ya?

1. Model dan Aktor

Model dan Aktor (Copy)

Mengawali karirnya sebagai model di usia 16 tahun, ternyata Jongsuk remaja pernah menjalani pelatihan untuk menjadi seorang idol group selama tiga bulan, namun ia keluar dari agensi tersebut karena agensinya tak mendebutkannya sebagai aktor.

Menemukan agensi baru, Jongsuk pun menjalani karirnya sebagai model pertama kali di “The Seoul Collection Walkway” tahun 2005. Dan menjadikannya model laki-laki termuda yang debut dalam program tersebut di “Seoul Fashion Week”. Sejak itu, Jongsuk pun banyak turun serta dalam acara fashion shows.

Di tahun 2005, Jongsuk memulai debut aktingnya dalam film pendek berjudul “Sympathy”, barulah di  tahun 2010 dia ikut serta  dalam sebuah serial TV berjudul “Prosecutor Princess”. Semenjak itu aktinya mulai mendapat perhatian dan ia pun ikut serta dalam serial drama terkenal “Secret Garden”.

2. Dunia Pendidikan

Dunia Pendidikan (Copy)

Beberapa artis di Korea Selatan memang memilih meneruskan sekolahnya di bangku perkuliahan sambil tetap meniti karir. Itulah yang Jongsuk lakukan, di tahun 2010, dia masuk ke Konkuk University dengan jurusan Perfilman dan Seni.

Jongsuk lulus pada tahun 2016, menurut kabar Jongsuk berhasil bersaing dengan 21.000 pesaing dengan hanya 2.000 siswa yang diterima. Saat SMA ia sempat bersekolah di Seoul of Performing Art High School, karena terlalu sering absen untuk menekuni karirnya ia memilih pindah ke sekolah reguler.

3. Kopi vs Alkohol

Kopi vs Alkohol (Copy)

Seperti yang kamu ketahui, negara Korea memang tidak melarang warganya mengkonsumsi minuman keras. Sehingga mulai dari warga biasa hingga artis disana terbiasa mengkonsumsi alkohol terutama soju (minuman keras khas korea).

Tetapi sepertinya hal tersebut tak berlaku untuk Jongsuk, dirinya mengaku bahwa ia lebih memilih kopi dibandingkan dengan alkohol. Dia juga tak suka bau alkohol dan pergi clubbing. Saat diajak ke club untuk minum dengan teman-temannya, Jongsuk malah mengajak temannya untuk minum kopi bersama.

Dalam sebuah wawancara ia mengatakan ingin memiliki kafe atau coffee shop sendiri, dan kabarnya Jongsuk sudah memiliki sebuah kafe yang terletak di Shinsadong, Seoul. Kafe miliknya bernama 89mansion dan memiliki akun instagram dengan nama @cafe.89mansion.

Pria yang menyukai ice latte ini mendekor kafenya sendiri, mulai dari mural yang ia lukis hingga menanam bunga. Bahkan beberapa bunga yang ia tanam merupakan bunga pemberian fans yang berkunjung.

4. Pribadi Introvert

Pribadi Introvert (Copy)

Rasanya memang sulit dipercaya bahwa aktor yang selalu tampil percaya diri dalam film dan dramanya ini merupakan sosok yang pemalu dan pendiam. Karena sifatnya yang pemalu inilah, ia tak mudah menjalin hubungan dengan orang lain. Ia bahkan lebih memilih berdiam diri di rumah, dan akan memilih jalan sepi agar tak jadi pusat perhatian.

Ayah Jongsuk sangat tidak suka dengan sifat introvert anaknya tersebut. Bahkan saat di catwalk pun ia sangat gugup, namun dia tahu orang-orang akan fokus pada pakaiannya. Jongsuk hanya malu di depan orang-orang. Namun, tidak di depan kamera, agensinya pernah menempatkan Jongsuk sebagai MC di SBS Inkigayo bersama IU dan Nicole.

Awalnya Jongsuk sempat takut, namun ia ingin melawan rasa takutnya itu. Ia membuat ibunya terkejut saat melihatnya di TV karena sifat Jongsuk yang sudah berubah tidak introvert lagi.

5. Didikan Keras

Didikan Keras (Copy)

Ayah Jongsuk memiliki ekspetasi yang tinggi terhadapnya, terlebih lagi ia adalah anak sulung. Ayahnya bersikap keras pada Jongsuk, sejak berusia 6 tahun Jongsuk kecil sudah belajar piano, baduk (catur), menggambar, juga taekwondo. Jika disuruh memilih, ia lebih menyukai piano, namun ayahnya memaksa untuk mengambil taekwondo.

Jongsuk kecil pernah sampai cedera ligament saat menekuni taekwondo. Tetapi, saat keluar dari rumah sakit, ayahnya kembali menyuruhnya bermain taekwondo. Walaupun begitu, Jongsuk pernah mendapatkan sabuk hitam taekwondo.

Kedua orang tuanya juga tak setuju jika ia terjun ke dunia entertaint, karena alasan itulah mereka menyarankan Jongsuk untuk wamil setelah lulus SMA. Maka dari itu, sejak remaja dia tinggal sendiri di Seoul untuk memulai karirnya. Sekarang kedua orang tuanya mendukung Jongsuk, ayahnya bahkan menaruh foto Jongsuk di kantornya.

6. Duta Global Aviation

Duta Global Aviation (Copy)

Para aktor biasanya memiliki beberapa bakat sekaligus, seperti halnya Jongsuk yang bisa bermain piano juga taekwondo. Ada satu kelebihan sekaligus prestasi yang anti-mainstream lho jika dibandingkan dengan aktor lainnya.

Di tahun 2012, dia terpilih menjadi brand ambassador Sekolah Pilot Global Aviation di Ansan, Korea Selatan. Yang menarik adalah ia bisa menerbangkan pesawat, bahkan mendapatkan ijin menerbangkan pesawat setelah training selama 3 bulan untuk menjadi duta Global Aviation. 

7. Prestasi sebagai Aktor

Prestasi sebagai Aktor (Copy)

Sepertinya memang tidak diragukan lagi kehebatan Lee Jongsuk dalam dunia seni peran. Bermain dalam 8 judul film, 15 drama dan mendapatkan total 27 penghargaan, karirnya dalam industri hiburan tak main-main.

Jongsuk berhasil masuk dalam jajaran aktor dengan bayaran termahal, dimana ia mendapatkan gaji sebesar 60 juta won yakni setara dengan 600 juta rupiah untuk setiap episodenya.

Dia juga menjadi aktor termuda yang memenangkan “Best Actor Award di Grimae Awards”, dan di tahun 2015 dia mendapat penghargaan  “Korean Popular Culture & Arts Award” di Prime Minister Awards.

8. Punya Idola

Punya Idola (Copy)

Kamu tahu nggak sih alasan Jongsuk tertarik masuk ke dunia seni peran? Itu karena Jongsuk melihat akting Rain di drama Full House. Jongsuk memang dikabarkan merupakan fans fanatik dari aktor sekaligus penyanyi legendaris korea itu.

Dia ingin sekali beradu akting dengan Rain, dan keinginannya itu tercapai saat keduanya dipertemukan dalam drama “Return to Base”. Selain fans berat dari Rain, Jongsuk juga nge-fans lho sama aktris cantik kenamaan korea Lee Na-young. Lagi-lagi ia berkesempatan beradu akting dengan idolanya itu.

Jongsuk dan Nayoung di sandingkan dalam drama “Romance is a Bonus Book”. Drama ini terbilang sukses dan mendapat rating yang cukup tinggi. Namun sayangnya drama ini adalah drama terakhir Jongsuk sebelum ia pergi wamil.

9. Teman Terdekat

Teman Terdekat (Copy)

Memiliki kepribadian yang introvert, dia mengaku sulit berinteraksi dengan banyak orang. Sehingga ia merasa tidak terlalu memiliki banyak teman, diantara semua orang yang dikenalnya, Jongsuk menyebutkan nama Kim Woo-bin sebagai sahabat baiknya. Dia juga mengaku berteman dekat dengan Hyoyeon SNSD dan Krystal f(x).

Selain itu, Jongsuk juga punya squad kecil bersama aktris Lee Sungkyung dan Aktor Yoon Kyunsang. Jongsuk, Shin Jaeha, dan Jung Haein kabarnya pernah pergi ke Saporo bersama, ketiganya menjadi dekat karena dipertemukan dalam drama yang sama yakni “While You Were Sleeping”.

10. Fanmeet

Tak hanya idol dan solois, aktris dan aktor di korea selatan memang sudah biasa mengadakan Fanmeeting (semacam jumpa fans). Begitu pula dengan Jongsuk, menurut fans Jongsuk, ia adalah artis yang ramah dan perhatian.

Penyuka Walnut Cakes ini selalu bertanya pada fans nya seperti ‘sudah makan belum?’, ‘naik apa kesini?’, ‘kesini jam berapa?’, hingga memberi anjuran ‘jangan lupa makan’, ‘berpakaianlah yang hangat’.

Kim Woobin pernah datang di salah satu acara Fanmeeting Lee Jongsuk, yang membuat seluruh fans berteriak histeris. Melihat hal tersebut, Jongsuk pun cepat-cepat mengatakan ‘Kalian jangan menyukai Kim Woobin!’. Tingkahnya pun membuat para fans gemas.

Jongsuk juga pernah menarikan lagu “New Face” milik PSY saat ia menggelar fanmeetnya yang membuat fans berkomentar Jongsuk bahkan pantas menjadi seorang idol. Sudah cek videonya belum?

 

Wah, tak terasa sudah 10 fakta dipaparkan untuk membuat kamu lebih mengetahui sosok aktor tampan ini. Semoga artikel ini bisa mengobati rasa rindu kamu ditinggal wajib militer. Melihat bakat dan prestasi yang diraihnya, memang karya-karya lain dari Lee Jongsuk patut dinantikan ya.

Sambil menanti karya terbarunya, kamu bisa baca artikel menarik lainnya yang disajikan Bacaterus.com buat kamu lho. Jika kamu punya info lain tentang Lee Jongsuk yang ingin kamu bagikan, langsung saja menuliskannya di kolom komentar ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *