bacaterus web banner retina

10 Fakta Menarik Tentang Kino Pentagon, Sang Koreografer

Ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra - Diperbaharui 29 Mei 2020

Kang Hyung-gu atau yang lebih dikenal sebagai Kino adalah penyanyi, komposer, penulis lagu sekaligus penari asal Korea Selatan. Ia dikenal sebagai salah satu member group idol k-pop Pentagon yang telah memulai debutnya sejak tahun 2016. Group idol K-pop Pentagon dinaungi oleh Cube Entertainment dan merupakan grup yang memiliki member paling banyak.

Kali ini akan dibahas mengenai Kino sebagai penari utama dalam Pentagon. Pria yang berzodiak Aquarius ini lahir di Seongnam, Korea Selatan pada 27 Januari 1998. Meskipun ia lahir di Korea, Kino sempat tinggal di Filipina selama 3 bulan ketika ia masih kecil.

Pria alumni Universitas Sejong jurusan tari ini dapat berbicara 3 bahasa lho, yaitu bahasa Korea, Jepang, dan Inggris. Nah, supaya kamu bisa lebih mengenal sosok pria yang memiliki tinggi 177cm ini, langsung simak saja yuk kumpulan fakta  mengenai Kino Pentagon di berikut.

Biodata

  • Nama lengkap: Kang Hyung Gu (강형구)
  • Nama panggung: Kino (키노)
  • Nama panggilan: Kang Kino
  • Posisi di grup:  Main Dancer, Vocalist, Rapper, Face of the Group
  • Tempat dan tanggal lahir: Busan, Korea Selatan – Januari 27, 1998
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiak: Aquarius
  • Tinggi badan: 177 cm (5’10”)
  • Berat badan: 62 kg (137 lbs)
  • Golongan darah: B
  • Soundcloud: knnovation

1. Nama “Kino” Memiliki Arti yang Menarik

Nama “Kino” Memiliki Arti yang Menarik

Pada showcase debut Pentagon, ia menjelaskan arti di balik nama panggilannya “Kino”. Ia menjelaskan bahwa nama aslinya adalah Kang Hyung-gu. Tetapi ia ingin mengubah namanya supaya bisa menunjukka dirinya sebagai penyanyi di masa depan. Ia memutuskan untuk membuat nama panggungnya menjadi Kino. “Kino” adalah singkatan untuk inovasi, sedangkan K dari nama keluarga aslinya yaitu Kang.

2. Memiliki Talenta dalam Koreografi

Memiliki Talenta dalam Koreografi

Karena ia pernah menjalani studi tari saat kuliah, tidak heran jika ia dijuluki sebagai “dancing machine” di Pentagon. Bahkan, ia menciptakan koreografi untuk lagu “Gorilla” dan lagu “Like This.” Talenta menari Kino tidak ia dapatkan begitu saja, sebelumnya ia juga merupakan member dari tim tari “Urban Boyz.” Selain itu ia juga pandai dalam meniru gerakan tari dari group idol perempuan.

3. Melakukan Cover Dance yang Menakjubkan

Melakukan Cover Dance yang Menakjubkan

Baru-baru ini Pentagon mempromosikan mini album terbaru mereka yang bertajuk “SUM(ME:R)”. Disiarkan dalam acara Weekly Idol supaya para penggemar bisa melihat aksi dari Pentagon.  Dalam acara tersebut, Kino menunjukkan keterampilan menarinya untuk lagu “TT” milik TWICE dan lagu “Ice Cream Cake” miliki Red Velvet.

Kino menyatakan ia merasa tidak tertekan karena imagenya yang terlihat “tidak lucu” dan senang memberikan reaksi yang besar terhadap apa yang dikatakan member lainnya. Kino benar-benar membuktikan pembenci yang salah dengan segmen ini, menunjukkan bahwa ia memiliki talenta yang diperlukan untuk menghibur banyak orang.

4. Membuat Lagu yang Berkesan

Membuat Lagu yang Berkesan

Sepertinya Pentagon adalah salah satu group idol k-pop yang paling beruntung karena dipenuhi dengan para seniman yang berbakat. Kino baru-baru ini mengunggah lagu yang ditulisnya sendiri yang berjudul “La Di Da” di soundcloud. Lagu tersebut bergenre dance-pop tropis yang menampilkan garis melodi yang kuat. Selain dirinya, Hui juga ikut berkontribusi sebagai vokalis dalam lagu tersebut.

5. Pernah Mengalami Cedera Kaki

Pernah Mengalami Cedera Kaki

Tidak hanya member Pentagon lainnya yang pernah mengalami cedera, Kino juga mengalami cedera pergelangan kaki. Pada tanggal 27 Maret 2019, Pentagon mengadakan showcase comeback untuk delapan mini album mereka “Genie:us.” Dalam acara tersebut Kino menceritakan bahwa ia mengalami luka saat berlatih. Ia merasa harus pulih secepat mungkin untuk berdiri di atas panggung untuk comeback.

Ia juga mengungkapkan tidak lagi membutuhkan kruk dan sedang dalam perawatan rehabilitasi. Ia merasa telah mengecewakan para penggemar karena tidak bisa hadir dalam performance. Cube Entertainment juga pernah merilis pernyataan resmi melalui akun Twitter Pentagon yang menyatakan bahwa Kino tidak bisa mengikuti acara promosi.

Ia sedang berlatih saat cedera karena ia bekerja keras untuk mempersiapkan penampilannya di panggung. Mereka pun meminta maaf karena telah menimbulkan kekhawatiran pada para penggemar yang telah menunggu kabar tersebut.

6. Pernah Menjadi MC dalam Sebuah Program TV

Pernah Menjadi MC dalam Sebuah Program TV

Kino pernah terpilih sebagai salah satu MC dalam sebuah program televisi Korea Selatan “Ride On a Bus and Go Busking.” Program yang tayang di GMTV ini tentang musisi yang mengejutkan penumpang bus dengan menampilkan serangkaian lagu untuk menghibur anak muda yang lelah dengan aktivitas sehari-hari.

Tidak sendirian, Kino ditemani oleh Gongchan B1A4 dan Seungwoo yang turut hadir sebagai MC dalam program tersebut. Ketiganya akan bertemu dengan musisi baru setiap minggu. Tim produksi mengatakan bahwa Kino menjadi member paling manis dan diberikan sebuah nama panggilan yaitu Hilgu singkatan dari Healing Kang Hyung-gu.

7. Bagian dari Group M.O.L.A

Bagian dari Group M.O.L.A

Meskipun Kino merupakan bagian dari Pentagon, tetapi ia juga merupakan bagian dari grup lainnya M.O.L.A (Make Our Lives Awesome). M.O.L.A bukanlah grup idol K-pop, tetapi M.O.L.A adalah grup yang tidak dikelola oleh agensi mana pun, lebih merupakan grup idol yang memadukan bakat musik dan semangat untuk kreativitas.

Grup tersebut dibentuk pada tahun 2015 dengan tiga member Park JiMin, SeungYeon (Uniq), dan Lee KyoChang. Kemudian Kino dan Verno SEVENTEEN bergabung dengan grup ini.

8. Hal-hal yang Disukai Kino

Hal-hal yang Disukai Kino

Salah satu poin penting yang perlu kamu ketahui sebagai universe adalah mengenai hal-hal yang disukai oleh idolamu. Seorang Kino memiliki hobi yang cukup berbeda dari member Pentagon lainnya, yaitu bermain billiard dan senang membaca buku.

Selain itu ia juga memiliki tipe wanita ideal yang memiliki kepribadian yang ceria. Dan ternyata ia merupakan penggemar berat salah satu member Pentagon Hui. Tidak hanya itu, ia juga suka menulis pesan panjang yang manis untuk para untuk para member, terutama untuk acara-acara khusus.

9. Salah Satu Penyanyi untuk OST Drama “On the Campus

Salah Satu Penyanyi untuk OST Drama “On the Campus”

Kino menjadi salah satu penyanyi lagu OST “Miss U” untuk drama web yang bertajuk “On the Campus.” Tidak hanya sendirian, ia menyanyi bersama Hui dan Jinho. Drama web tersebut dibintangi oleh Hongseok. Menceritakan tentang seorang mahasiswa yang berjuang di antara dua mimpinya yaitu menari dan menulis. Drama web tersebut telah rilis sejak Maret 2019 yang memiliki 5 episode.

10. Lagu Ciptaannya Menempati Peringkat 1 dalam Tower Records

Lagu Ciptaannya Menempati Peringkat 1 dalam Tower Records

Pentagon merilis mini album Jepang kedua mereka yang bertajuk “Violet” pada 17 Januari 2018. Tower Records mengumumkan bahwa mini album tersebut berada di peringkat 1 di semua tangga album mingguan. Lagu “Violet” Pentagon termasuk lagu versi Jepang dari lagu “Violet” dan “Beautiful” dari mini album kelima “DEMO_02.” Judul lagu “Violet” adalah lagu yang dikomposisikan oleh Kino lho!

Itulah beberapa fakta mengenai Kino Pentagon. Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa lebih mengenal sosok salah satu member Pentagon yang satu ini? Jika kamu tahu fakta lain tentang Kino Pentagon, jangan ragu untuk berbagi dengan kami dikolom komentar. Tapi, kalau kamu ingin tahu tentang grup Pentagon, silakan baca artikel 10 Fakta Pentagon ini, ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram