bacaterus web banner retina

14 Fakta KinnPorsche, Lakorn BL Paling Populer Tahun 2022

Kamu penggemar drama BL, terutama yang dari Thailand? Pasti tahu KinnPorsche, dong, ya? Lakorn alias drama Thailand satu ini memang populer banget. Bahkan, kehadirannya sangat dinanti, loh. Makanya, wajar setiap episode barunya tayang selalu jadi trending topic worldwide di Twitter.

Bacaterus sudah pernah bikin daftar pemeran KinnPorsche di sini dan juga sinopsis per minggu + ulasannya di sini. Sekarang, kita mau bahas fakta lakorn KinnPorsche. Penasaran sama fun fact KinnPorsche? Berikut faktanya!

1. Selalu Jadi Trending Topic Dunia

kinnporsche la forte ala carte_

Setiap hal yang berhubungan dengan KinnPorsche selalu trending topic. Bahkan jauh sebelum masa penayangannya juga, loh!

Misalnya ketika press conference awal pembuatan KinnPorsche, saat Be On Cloud mengumumkan daftar pemain, terus ketika teaser demi teaser mulai dirilis oleh Be On Cloud, itu aja udah jadi trending topic.

Saat masa penayangan dramanya pun sama. Tiap kali ada episode baru, tagar #KinnPorsche dengan 'episode sekian' di belakangnya pasti jadi trending topic dunia di Twitter.

Belum lagi kalau ada project dari para pemain KinnPorsche, baik itu berhubungan dengan drama atau enggak, hashtag-nya selalu naik di Twitter.

Ini membuktikan kalau KinnPorsche, para pemain, dan hal apapun yang berhubungan dengan drama ini selalu jadi topik hangat pembahasan banyak orang.

2. Diangkat dari Novel Berjudul Sama

KinnPorsche novel_

Lakorn ini diangkat dari novel karya Daemi. Walaupun cerita inti dan karakternya kurang lebih sama seperti novel, tapi enggak semuanya diadaptasi ke drama, ya. Ada perombakan cerita yang berhasil membuat pembaca novelnya keheranan. Ada karakter yang harusnya jahat, tapi ujungnya jadi baik.

Ada juga yang komplain kalau intensitas cerita di novel dan drama disebut enggak adil untuk beberapa karakter. Menurut pembaca novel, drama ini terlalu berfokus pada sisi komedi dan couple Kinn-Porsche saja.

Jadinya side couple yang lain berlaku seperti pemanis dan pendukung untuk kisah utama Kinn-Porsche. Padahal, tiap side couple punya cerita menarik yang berbeda-beda.

Tapi, mungkin itu karena Daemi berniat untuk membuat buku lagi tentang side couple di KinnPorsche, seperti VegasPete, KimChay, dan TimeTayTem. Bukunya sendiri belum dirilis, jadi pembuatan dramanya pun pasti memakan waktu bertahun-tahun. Well, kita tunggu aja, ya!

3. Tersedia Dalam 2 Versi

kp tv_

Memiliki muatan dewasa dan kekerasan, drama KinnPorsche hadir dalam 2 versi, yaitu Cut dan Uncut. Versi Cut adalah "TV-Version" yang aman ditonton di televisi.

Berarti versi yang ini sudah lulus sensor dari adegan dewasa, bahasa kasar, hingga klip yang mengandung kekerasan. Buat kamu yang baru beranjak dari usia legal, atau kurang nyaman dengan cerita yang terlalu vulgar, bisa memilih TV-Version di iQIYI.

Jika kamu siap menonton keseluruhan cerita yang disuguhkan Be On Cloud, kamu bisa memilih KinnPorsche La Forte atau versi Uncut-nya.

Tapi, pastikan usiamu udah lebih dari 18 tahun! Jangan curi-curi nonton kalau kamu masih minor, drama ini dibuat dengan batasan usia karena memiliki sebab. So, jadi penonton yang bijak, oke?

4. Dibuat oleh Production House Ternama

FoolHouse Production

Production house yang membuat sinematografi KinnPorsche adalah FoolHouse Production. Mereka juga yang menangani sederet serial ternama Thailand seperti "I Told Sunset About You", "I Promised You The Moon", "Bad Genius The Series", dan "Girl From Nowhere" Season 1-2. Makanya visualisasi KinnPorshe bagus banget, ya?

5. Walau Pemainnya Didominasi Pria, Orang Dibalik Layar Banyak Wanita!

perempuan_

Sutradara lakorn KinnPorsche ada dua orang, dua pria: Kongkiat Khomsiri dan Pond Krisda Witthayakhajorndet, serta satu wanita: Pepzi Banchorn Vorasataree.

Pepzi baru kali ini berlaku sebagai sutradara utama, biasanya ia menjadi asisten sutradara saja seperti untuk "A Tale of Ylang Ylang" (2022) dan "Bad Buddy" (2021).

Kemudian penulis novel KinnPorsche ada dua orang, yang perempuannya adalah Pol. Sementara scrreenwriter ada Ning dan Bee yang keduanya perempuan. Terakhir, sinematografernya perempuan juga yang bernama Maneerat.

Dari jajaran pemeran memang terkesan enggak adil karena dipenuhi pria aja, jadinya kurang representasi perempuan.

FYI, cerita BL memang suka begitu, fokus pada karakter laki-laki aja dan sering membuat tokoh perempuan sebagai pengganggu. Tapi, orang-orang di balik layar KinnPorsche ternyata banyak perempuannya, kok.

6. Terjadi Pergantian Pemeran

kinnporsche pilot trailer_

Alur pembuatan drama di Thailand seperti ini: pertama pengumuman dari perusahaan televisi/agen talent kalau mereka akan membuat drama tersebut. Kemudian dilakukan casting. Kadang ini didokumentasikan, jadi ketika artis ikut kasting maka penggemarnya akan tahu.

Lalu, setelah itu para aktor-aktris yang terpilih akan melakukan workshop, seperti gladi kotor di mana para aktor-aktris melakukan pendalaman karakter, latihan adegan yang diperlukan, dan sebagainya.

Lalu, Pilot Trailer akan ditayangkan. Itu semacam video pendek berisi snippet garis besar cerita dari drama yang akan dibuat. Karena baru 'pilot' jadinya cerita dan penokohan bisa berubah.

Jika orang-orang banyak yang protes karena ceritanya problematik misalnya, nanti biasanya akan dihapus atau diganti oleh pihak produksi.

Baru setelah itu ada press conference lagi untuk mengumumkan kalau dramanya akan segera tayang. Munculah video teaser, official trailer, dan akhirnya drama tayang.

Jadi, kurun waktu dari pertama digembar-gembor hingga lakorn resmi tayang itu lama banget. Rata-rata tiap drama membutuhkan waktu 2 tahun dalam pembuatan.

Makanya, wajar kalau ada beberapa pemain yang diganti. Karena kita enggak pernah tahu apa yang terjadi ke depannya, bisa saja artis tersebut berhalangan karena sakit, ada jadwal syuting lain, dsb. Mungkin itu pula yang terjadi pada beberapa karakter awal di KinnPorsche yang akhirnya diperankan oleh aktor lain.

Major character yang kelihatan banget diganti adalah karakter Porchay, adiknya Porsche. Awalnya peran ini dimainkan Gameplay Garnpaphon Laolerkiat yang memang sudah beberapa kali bermain sebagai couple Jeff Satur. Kalau dia jadi main sebagai Porchay, maka dia akan jadi love interest Kimhant yang diperankan Jeff.

Tapi, karena produksi KinnPorsche sempat bermasalah dan ganti agensi, makanya Gameplay terpaksa mundur dan digantikan oleh Barcode Tinnasit Isarapongporn.

Hal seperti ini udah wajar di ranah akting Thailand, jadi penggemar sebaiknya enggak ada yang saling menyalahkan, ya. Mungkin belum rezekinya Gameplay saja.

7. Karakter Kinn Memang Terinspirasi dari Mile Phakphum

kinn_

Daemi selaku penulis novel KinnPorsche mengakui jika karakter Kinn yang dia buat memang menggunakan penggambaran Mile Phakphum di dunia nyata. Sehingga, ketika Mile memainkan peran sebagai Kinn, rasanya memang sudah takdir!

Kinn adalah peran gay pertama Mile, loh. Dia pernah ditawari 6 judul drama BL, tapi semuanya ditolak. Sementara KinnPorsche series ini dia sangat ingin memainkannya karena menurut Mile ceritanya bagus.

Mile pernah bilang, uang bukan masalah untuknya, jadi dia bekerja (akting) untuk mencari pengalaman. Wow sekali, pakde!

8. Para Pemainnya Banyak yang Baru Debut

kp cast

Ini adalah debut akting Bible Wichapas Sumettikul (pemeran Vegas). Sebelumnya, dia udah 30x kasting drama, tapi enggak pernah diterima. Saat kasting peran Vegaslah dia baru diterima. Fans pun menyebut Bible terlahir untuk memerankan Vegas.

Selain Bible, KinnPorsche juga menandai debut akting Barcode Tinnasit Isarapongporn (pemeran Porchay), Bas Asavapatr Ponpiboon (pemeran Arm, bodyguard), Job Yosatorn Konglikit (pemeran Job, bodyguard).

Lalu, ada JJ Chalach Tantijibul (pemeran Time), Ta Nannakun Pakapatpornpob (pemeran Macau), Nodt Nutthasid Panyangarm (pemeran Big), Ping Touchchavit Kulkrachang (pemeran Jom), dan Pong Pongsakorn Ponsantigul (pemeran Tem).

Pemain-pemain lainnya pun enggak terlalu banyak punya jam terbang dalam berakting series, loh. Tapi, semuanya mampu memberikan yang terbaik.

Entah kenapa tim KinnPorsche mengambil 80% aktor yang belum berpengalaman akting sama sekali untuk bermain di drama ini. Padahal bisa saja drama ini lebih meledak kalau menggunakan aktor-aktor yang sudah punya nama, kan?

Bukannya saya komplen atau merendahkan para aktor KinnPorsche karena mereka semua berakting dengan sangat baik. Saya heran saja sama Be On Cloud begitu percaya diri kalau drama ini enggak membutuhkan aktor yang udah sangat terkenal sebagai pemainnya. Salut!

9. Sempat Hampir Batal Diproduksi

kp live_

Pilot trailer KinnPorsche dibuat oleh Filmania dan dirilis pada Desember 2020. Semenjak itu, orang-orang sangat menantikan kapan KinnPorsche dibuat. Pasalnya, saat itu, belum banyak cerita BL yang membawa tema seperti ini.

Sayangnya, karena pandemi Covid-19, jadwal syuting selalu terhambat. Hingga pada Juli 2021, Daemi selaku penulis novel KinnPorsche enggak lagi bekerja sama dengan Filmania.

Mile (pemeran Kinn) kemudian mengenalkan cerita KinnPorsche pada Pond Krisda Witthayakhajorndet. Dia pun menerima proyek sebagai produser karena percaya pada Mile, bahwa KinnPorsche akan sukses besar.

Pond juga membaca bukunya dan mengatakan kalau KinnPorsche memiliki cerita yang bagus. Semua ini dikemukakan ketika Pond, Mile, Apo (pemeran Porsche), dan Tong (Pemeran Tankhun) melakukan Live Talk untuk membahas tentang produksi series.

Proyek KinnPorsche pun diambil alih oleh Be On Cloud pada Agustus 2021 dan akhirnya bisa kita tonton sekarang.

10. Rutin Reaction

react_

Belum pernah sebelumnya lakorn (BL maupun non-BL) yang melakukan banyak reaction sebagai media promosi. Biasanya para pemainnya hanya membuat video reaction satu atau dua kali aja sepanjang penayangan drama yang rata-rata 10-14 episode.

Itu pun enggak selalu disediakan oleh agensi atau distributor drama, kadang para artisnya datang ke vlog seseorang untuk melakukan reaction. Atau, sang artis membahas dramanya ketika datang ke acara talent lain dari agensi yang sama dengan mereka.

Tapi, KinnPorsche begitu berbeda. Para pemerannya rutin melakukan reaction per episode yang di-upload langsung di channel YouTube resmi Be On Cloud dan juga iQIYI. Menurut saya metode seperti ini membuat penonton merasa lebih terkoneksi dengan cerita dan juga para pemain.

Karena reaction dari para pemain kebanyakan lucu-lucu, jadi mengingatkan juga pada penonton kalau serial KinnPorsche yang dark dan mengerikan itu hanya fiksi belaka. Jadi, jangan sampai mencampurkan cerita KinnPorsche dengan para pemainnya di dunia nyata, ya.

11. Mengedukasi Penonton

kp

Selain react, Be On Cloud juga sering mengedukasi penonton, loh! Misalnya ketika episode 10 ada segmen Porchay yang diberi kloroform supaya enggak sadarkan diri.

Nah, setelah episode rampung, Be On Cloud langsung share tentang kloroform dan bahayanya, juga mengingatkan penonton untuk enggak meniru adegan buruk di drama karena itu semua hanya untuk kepentingan cerita aja.

Mengingat lakorn ini bermuatan dewasa dan banyak adegan aksi yang menggunakan senjata, sepertinya edukasi seperti ini cukup dibutuhkan. Karena, kita enggak tahu siapa aja yang menonton drama ini.

Apakah mereka udah cukup dewasa untuk memilah mana yang baik dan mana yang jangan sampai ditiru. So, langkah Be On Cloud yang suka melakukan talk show hingga membuat postingan edukasi patut diacungi jempol.

12. Lakorn Pertama yang Adakan World Tour

kp world

Enggak banyak cast drama yang melakukan fan meeting, apalagi di seluruh dunia. Kalaupun ada ya paling banyaknya di negaranya sendiri aja.

Tapi, KinnPorsche The Series tahu kalau mereka disukai di banyak negara dan memutuskan untuk menemui penggemarnya secara langsung. Pihak manajemen mengkonfirmasi ini saat Press Conference #KPWorldPress pada 7 Juni 2022.

Menurut para cast, fan meeting ini enggak bakal kayak biasanya di mana penggemar menonton idola bernyanyi atau hanya ngobrol-ngobrol saja. Tapi, tiap pemain KinnPorsche akan menunjukkan kehebatan mereka dalam hal lain juga.

Uniknya, Be On Cloud meng-upload video teaser per cast untuk mengumumkan World Tour ini. Jadi sensasinya seperti konser grup musik! Ini akan menjadi world tour drama Thailand yang pertama setelah peraturan pandemi Covid-19 jadi lebih longgar.

Total ada 16 orang pemain KinnPorsche yang akan ikut World Tour. Mereka adalah Mile, Apo, Bible, Build, Jeff, Barcode, Tong, Bas, Job, Us, JJ, Ta, Nodt, Perth, Ping, dan Pong.

Kalau melihat dari press conference World Tour, kayaknya mereka bakal nge-band! Terus, ada juga yang nyanyi, dance cover, pokoknya mereka bakal menunjukkan sisi yang belum pernah mereka perlihatkan sebelumnya. Menarik banget, kan?

13. Para Pemain Dekat Satu Sama Lain

friend_

Mungkin saya 'mainnya kurang jauh', tapi selama saya mengikuti lakorn (BL maupun non-BL), saya enggak pernah melihat yang pemerannya sedekat cast KinnPorsche.

Dari pemeran utama hingga recurring cast yang cuma sekilas muncul aja semuanya dekat, loh. Dan, enggak cuma saat syuting saja, setelah semua beres pun mereka tetap hangout satu sama lain.

Kalau ada project yang dilakukan beberapa cast aja pun, semua pemain lainnya memberi dukungan. Misalnya ketika Bible dan Build sedang Live di e-commerce, para aktor KinnPorsche ikut men-trending-kan hashtag bahkan hingga mem-posting cuplikan dari Live tersebut.

Terus, kalau ada video baru dari Be On Cloud, padahal enggak ada merekanya di dalam video tersebut, tapi tetap di-share sama semua orang.

Kalau aktor-aktris serial lain biasanya mendukung juga ketika rekan kerjanya punya project solo, tapi enggak terlihat sesuportif cast KinnPorsche.

14. Anti Kapitalis

kp light

Kalau serial dari agensi dan production house lain sering menjual perintilan yang berhubungan dengan series tersebut, berbeda dengan Be On Cloud.

Mereka enggak menjual apapun sama sekali hingga masa penayangan akan selesai. Barulah setelah episode 11 rampung, Be On Cloud mengumumkan akan membuat merch yang bisa penggemar koleksi.

Enggak cuma Mile, rupanya Be On Cloud juga enggak memikirkan uang ketika membuat drama ini, ya! Buktinya mereka enggak jadi aji mumpung dan menjual segala macam yang berhubungan sama KinnPorsche.

Biasanya penonton serial Thailand suka mengeluh karena terlalu banyak merch yang dijual dan harganya pun fantastis, belum memikirkan biaya jastip dan ongkir. Tapi, penonton KinnPorsche malah menagih pada Be On Cloud, "Merch KinnPorsche-nya mana? Apa nggak ada niatan bikin?", seperti itu kurang lebih.

Bahkan event seperti World Tour Press Conference yang diadakan di Siam Pavalai Royal Grand Theatre, Siam Paragon, Thailand, pada 7 Juni 2022 aja bisa dihadiri oleh ratusan penggemar secara gratis! Bagi fans yang enggak kebagian tiket juga bisa menonton live streaming secara free, loh. Benar-benar beda banget Be On Cloud!

Itu dia beberapa fakta tentang serial KinnPorsche. Kamu tahu fakta menarik lainnya? Boleh banget untuk nambahin di kolom komentar!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram