bacaterus web banner retina
Bacaterus / KPOP / 10 Fakta Kim Yohan WEi, Atlet yang Bermimpi Menjadi Idol

10 Fakta Kim Yohan WEi, Atlet yang Bermimpi Menjadi Idol

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 31 Mei 2021

Belakangan nama Kim Yohan sedang menjadi banyak perbincangan di kalangan para fans K-Pop. Pasalnya Kim Yohan berhasil memikat para fans lewat penampilan akting perdananya dan dikonfirmasi akan bermain dalam “School 2021”. Namun hal yang paling tidak bisa dilupakan dari Kim Yohan adalah penampilannya selama di Produce X 101.

Kim Yohan berhasil menduduki peringkat pertama untuk bisa masuk dalam line up debut. Kini Yohan telah debut sebagai solois dan masuk dalam boy grup bernama Wei dibawah OUI Entertainment. Pasalnya Kim Yohan ini tidak hanya tampan, tapi ia juga memiliki kepribadian yang ceria dan agak konyol tapi sangat berbakat.

Biodata

  • Nama Lengkap: Kim Yo Han (김요한)
  • Nama Panggilan: Yohan (요한)
  • Tempat dan Tanggal Lahir: Seoul, 22 September 1999
  • Posisi di Grup: Lead Dancer, Lead Vocalist, Sub Rapper
  • Kewarganegaraan: Korea
  • Zodiak: Virgo
  • Golongan Darah: B
  • Perusahaan: OUI Entertainment
  • Instagram: @y_haa.n

Fakta Kim Yohan Wei

Memiliki segudang bakat, kali ini kita akan membahas mengenai 10 fakta menarik dari Kim Yohan. Berikut informasi lengkapnya.

1. Mantan Atlet Taekwondo

Jika kamu baru menjadi fansnya dari Kim Yohan, kamu wajib tahu bahwa dulunya Yohan adalah seorang atlet lho. Kim Yohan ternyata terlahir dari keluarga yang seluruhnya berprofesi sebagai atlet taekwondo profesional. Mulai dari kakek hingga saudara perempuannya, semua ternyata mempelajari taekwondo dengan serius.

Kemampuan Taekwondo Yohan juga tidak main-main, pasalnya ia pernah dua kali memenangkan medali emas. Sayangnya karir Yohan sebagai atlet harus berakhir karena ia harus mengalami cedera tendon achilles di kedua kakinya. Dari sinilah akhirnya Yohan berhenti menjadi atlet dan mulai mengejar mimpinya sebagai idol.

2. Pernah Mengikuti Produce X 101

Hal satu ini pasti sudah banyak diketahui oleh para fans dari Kim Yohan dong. Dimana Kim Yohan pernah mengikuti Produce X 101 yang diadakan oleh MNET. Hebatnya meski baru menjadi trainee dalam waktu yang singkat, Yohan justru keluar sebagai juara pertama di survival show ini. Bahkan Kim Yohan sebenarnya sudah menarik perhatian para fans lewat wajahnya yang tampan.

Selama mengikuti Produce X 101, Kim Yohan tidak hanya menunjukkan bakat tapi ia juga memiliki kepribadian yang unik dan riang. Kim Yohan secara perlahan tapi pasti dapat mengembangkan kemampuannya mulai dari menyanyi, rap hingga menari. Selain itu kepribadiannya yang ramah dan riang membuat fans makin kesemsem padanya.

3. Debut Solo dan Bergabung dalam WEi

Memang hal yang sangat di sayangkan bahwa X1 harus bubar hanya beberapa bulan setelah debut mereka. Mengetahui hal ini, para fans tentu khawatir dengan nasib para idolanya termasuk salah satunya yaitu nasib Kim Yohan. Kembali meneruskan masa trainee-nya di OUI Entertainment, di tanggal 25 Agustus 2020 Yohan akhirnya memulai solo debutnya.

Setelah menjalani promosi solonya, tepatnya pada tanggal 5 Oktober 2020 ia akhirnya debut dengan grupnya yang bernama WEi. Boy grup baru dari Kim Yohan ini berisikan enam member pria yang berada di bawah OUI Entertainment.

4. Kepribadiannya yang Riang dan Agak Konyol

Sebagai seorang idol, memiliki kepribadian yang unik dan menarik sangatlah penting. Pasalnya hal ini akan membuat banyak fans dengan mudah mengingatnya dari perilakunya. Salah satu idol yang dikenal memiliki kepribadian yang sangat riang dan agak konyol adalah Kim Yohan. Jika melihat wajahnya, mungkin orang akan berpikir ia tipe idol yang cool, nyatanya justru sebaliknya.

Sejak kemunculannya dalam Produce X 101, Kim Yohan selalu menampilkan dirinya yang sangat konyol. Salah satunya saat para peserta diharuskan mencoba satu line dan menunjukkan pesonanya untuk bisa menjadi center grup. Kim Yohan secara tiba-tiba menampilkan penampilan yang terlalu vulgar yang membuat para juri dan peserta lainnya kaget dan tertawa.

5. Jago Menyanyi, Rap hingga Dance

Sejak penampilan pertamanya di panggung Produce X 101, Kim Yohan mengatakan bahwa ia tertarik untuk bernyanyi. Tapi semakin berjalannya waktu, Kim Yohan ternyata memiliki kemampuan rap yang sangat bagus dan tidak kalah dari peserta lainnya. Yohan berhasil menunjukkan bakat rapnya saat ia berada dalam grup yang menampilkan lagu NCT U “Boss”.

Namun dibandingkan rap dan dance, Kim Yohan mengatakan bahwa ia ingin dikenal sebagai penyanyi. Pasalnya bernyanyi adalah mimpinya dan ia ingin menyanyi lebih banyak dibanding rap. Selain itu kemampuan menari Kim Yohan juga semakin lama semakin baik dan terlihat makin profesional. Yohan terlihat sangat serius untuk mempelajari setiap gerakan dan cepat mengingat koreografi.

6. Menjadi Trainee Selama 3 Bulan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa Kim Yohan menjalani masa trainee yang singkat. Kala itu sebelum memulai penampilannya di Produce X 101, Kim Yohan menjalani masa trainee selama tiga bulan saja. Hebatnya meski hanya menjalani waktu trainee yang singkat, Yohan berhasil masuk dalam kelas A selama evaluasi.


Baca juga:

Ia juga dapat berkembang dan mengejar ketertinggalannya dari peserta lain yang menjalani masa trainee lebih lama. Mulai dari menyanyi, rap hingga menari, Yohan dapat meningkatkan kemampuannya dengan usaha kerasnya. Sepertinya OUI Entertainment memang sudah percaya diri dan yakin bahwa Kim Yohan memang memiliki bakat dan akan bertahan di survival tersebut.

7. Menjadi Pemeran Utama di Drama “A Love So Beautiful”

Sukses debut solo dan akhirnya berhasil debut dengan boy grup bernama WEi, Kim Yohan mulai melebarkan bakatnya. Di akhir tahun 2020, Kim Yohan melakukan debut aktingnya dalam drama berjudul A Love So Beautiful”. Drama yang ditayangkan di Netflix ini berhasil menarik perhatian banyak orang, terutama mengenai kemampuan akting Yohan.

Yohan dipuji berhasil memerankan perannya dengan baik dan layak mendapatkan apresiasi. Remake dari C-Drama dengan judul yang sama ini memang mendapatkan kesuksesan. Dalam drama ini Yohan akan beradu akting dengan So Ju Yeon, pemeran Yoo A Reum dalam drama terkenal “Dr. Romantic 2”.

8. Memiliki Dua Adik Perempuan

Kim Yohan memang terlahir dalam keluarga yang semuanya berkarir menjadi atlet Taekwondo profesional. Kim Yohan sendiri memiliki dua adik perempuan, dimana kedua adiknya juga menjadi atlet Taekwondo. Selain itu Yohan juga mengatakan bahwa saat di rumah, hobinya adalah bermain bersama kedua adik perempuannya.

Dalam beberapa kesempatan, Yohan kerap menunjukkan kasih sayang dan perhatiannya kepada kedua adik perempuannya ini. Seperti dalam salah satu episode akhir Produce X 101, Yohan mengatakan ia khawatir adiknya akan menontonnya di Produce X 101. Pasalnya saat itu Yohan melakukan gerakan yang agak seksi yang sontak membuat juri dan peserta lainnya kaget.

9. Sudah Pernah Berkolaborasi dengan Banyak Sunbae

Karir Kim Yohan memang sedang menanjak, pasalnya kini namanya semakin dikenal oleh banyak orang. Meski harus merasakan pahitnya perpisahan dengan teman-temannya di X1, Yohan tidak berhenti mengejar impiannya. Yohan berhasil memulai solo karirnya dengan lagu No More yang diproduseri oleh Zion.T.

Setelah itu Yohan juga berkolaborasi dengan sunbae-nya Bae jin Young dalam lagu berjudul “I Believe”. Ia juga bergabung dalam KBS Battle of the Musician bersama Lee Sangmin, Jessi dan Song Gain. Barulah pada 5 Oktober 2020, Kim Yohan debut dalam boy grup berisikan 6 pria dengan nama WEi.

10. Menyukai Makanan yang Pedas

Selain fakta mengenai latar belakang keluarga dan bakat, tentu makanan kesukaan Kim Yohan juga menjadi hal yang perlu diketahui oleh fansnya. Jika kalian belum tahu, salah satu makanan favorit dari Kim Yohan ini adalah makanan pedas seperti topokki. Dalam wawancara bersama Elle, Kim Yohan mengatakan bahwa ia lebih memilih memakan topokki terutama yang pedas.

Dari pengakuan Kim Yohan, ia bahkan memakan topokki selama tiga hari berturut-turut saking sukanya. Selain topokki pedas, Yohan juga sangat menyukai daging, ia sangat enjoy makan daging apalagi dengan selada.  

Tampan dan sangat berbakat, Kim Yohan memang dengan berani mengambil keputusan untuk berhenti jadi atlet dan mengejar mimpinya jadi idol. Meski tidak mudah, Kim Yohan berhasil membuktikan bahwa pilihannya ini tepat dan kini berhasil menjadi idol terkenal.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram