bacaterus web banner retina
Bacaterus / KPOP / 10 Fakta Menarik Kim Seon Ho, Aktor yang Tengah Naik Daun

10 Fakta Menarik Kim Seon Ho, Aktor yang Tengah Naik Daun

Ditulis oleh Resti Zamiatunisa - Diperbaharui 19 Maret 2021

Setelah membintangi drama Korea Start-Up bersama dengan Suzy, Nam Joo Hyuk, dan Kang Hana, popularitas Kim Seon Ho kian menanjak. Namanya kini selalu menjadi perbincangan para penggemar drama Korea.

Berperan sebagai Han Ji Pyeong, anak yatim piatu yang sukses menjadi seorang investor hebat. Meskipun hanya menjadi second lead (pemain pendukung), namun karakternya yang dewasa, sabar, pekerja keras, dan jujur inilah yang membuat penonton jatuh cinta. Sebagian orang bahkan memuji Han Ji Pyeong sebagai karakter second lead terbaik dan paling sempurna.

Beberapa perubahan besar pun terjadi berkat popularitasnya dalam drama ‘Start-Up’, seperti pengikut di akun Instagram pribadinya yang berhasil mencapai lebih dari 2,6 juta pengikut dari yang sebelum drama tersebut tayang, ia hanya memiliki sekitar 600.000 pengikut.

Selain itu, pada bulan November lalu Kim Seon Ho juga menduduki peringkat pertama reputasi brand untuk aktor drama dengan indeks reputasi brand 6.024.503, mengalahkan aktor utama Nam Joo Hyuk yang berada di posisi kedua.

Pemeringkatan tersebut ditentukan berdasarkan analisis data liputan media, partisipasi, interaksi, dan juga indeks komunitas dari 50 aktor yang muncul dalam drama dengan periode tayang antara 28 Oktober dan 28 November.

Bagi kalian Team Han Ji Pyeong, berikut ini Bacaterus sudah merangkum 10 fakta menarik yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya mengenai Kim Seon Ho. Simak terus artikel dibawah ini ya.

Biodata

  • Nama Lengkap: Kim Seon Ho (김선호)
  • Nama Panggilan: Seonho, Prince Dimple, Paper Doll
  • Tempat & Tanggal Lahir : Seoul, 8 Mei 1986
  • Pendidikan: Seoul Institute of Art
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiak: Taurus
  • Golongan darah: A
  • Instagram: @seonho__kim
  • Agensi: Salt Entertainment (Sejak September 2018)

Fakta Kim Seon Ho

Setelah mengenal aktor tampan ini sekilas lewat biodatanya, yuk cari tahu fakta pemeran Han Ji Pyeong dalam drama Start Up ini!

1. Memulai Debut Sebagai Aktor Musikal

fakta kim seon ho_Memulai Debut Sebagai Aktor Musikal

Kim Seon Ho memulai debut akting pertamanya sebagai aktor musikal pada tahun 2009, setelah menyelesaikan pendidikannya di Seoul Institute of Art. Musikal pertamanya itu berjudul New Boing Boing. Ia berperan sebagai Jo Seong Gi seorang playboy yang menjalin hubungan dengan tiga wanita yang memiliki kepribadian berbeda. 

Kemudian pria kelahiran 8 Mei 1986 itu, memulai debut pertamanya di dunia drama televisi pada tahun 2017 dengan peran kecil dalam drama KBS Good Manager bersama dengan Namkoong Min, Nam Sang Mi dan Lee Junho 2PM.

Memulai debut di dunia drama televisi, perlahan tapi pasti, Kim Seon Ho mulai banyak dikenal orang dengan bakat aktingnya yang luar biasa. Bahkan di akhir 2017, ia berhasil membawa pulang piala MBC Drama Award untuk kategori Excellent Actor dan Best New Actor, berkat perannya dalam drama ‘Two Cops’ bersama aktor Cho Jung Seok dan Hyeri .

Seon Ho mulai tertarik dengan dunia akting ketika ia duduk di bangku sekolah menengah. Saat itu ia mengikuti temannya pergi ke akademi akting di Gangnam. Ia mulai menyadari bahwa akting sangat menyenangkan, dan sejak saat itu ia memiliki cita-cita untuk menjadi seorang aktor yang hebat.

Setelah 12 tahun sejak debutnya itu, Kim Seon Ho akhirnya mendapatkan popularitas luar biasa setelah bermain dalam drama Start-Up. Berkat drama tersebut, ia juga berhasil mendapatkan iklan pertamanya sejak debut. Akting tulus dari Seon Ho tersebut yang membuatnya terpilih menjadi model untuk sebuah perusahaan makanan kesehatan organik.

2. Memiliki Nama Panggilan ‘Prince Dimple’

fakta kim seon ho_Memiliki Nama Panggilan ‘Prince Dimple’

Salah satu ciri khas dari Kim Seon Ho adalah lesung pipi ketika ia tersenyum. Lesung pipi tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuknya. Banyak orang yang senang melihatnya ketika sedang tersenyum. Maka dari itu, Ia dijuluki ‘Prince Dimple’ atau pangeran lesung pipi dalam bahasa Indonesia.

Dalam siaran Vlive baru-baru ini, Seon Ho mengatakan bahwa lesung pipi yang ia miliki adalah keturunan dari keluarganya. Semua laki-laki dari pihak ibunya secara ajaib memiliki lesung pipi termasuk dirinya.

Selain ‘Prince Dimple’, ia juga mendapat panggilan lain yakni ‘Paper Doll’ karena kemampuan menarinya yang sangat dibawah rata-rata. Berkat perannya sebagai Han Ji Pyeong dalam drama ‘Start-Up’ ia juga mendapatkan julukan baru yakni ‘Good Boy’, yang diberikan oleh nenek Seo Dal Mi.

3. Pernah Menjadi Penggemar Twice 

fakta kim seon ho_Pernah Menjadi Penggemar Twice

Kamu tau gak sih jika Kim Seon Ho dulu ternyata pernah menjadi penggemar dari girlband Twice?, dalam sebuah wawancara yang ia lakukan pada tahun 2018, Kim Seon Ho pernah menunjukkan daftar playlist dari lagu-lagu favoritnya. 

Lagu Twice - Heart Shaker berada di urutan pertama dalam lagu favoritnya itu. Ia kemudian mengakui bahwa dirinya adalah penggemar dari girlband asuhan JYP Entertainment tersebut dan Dahyun adalah member favoritnya. Seon Ho bahkan mengatakan bahwa suatu hari nanti ia berharap agar memiliki anak perempuan seperti Dahyun.

4. Memiliki Trauma Di Masa Kecil

fakta kim seon ho_Memiliki Trauma Di Masa Kecil

Terlihat memiliki pribadi yang baik dan selalu ceria, siapa yang menyangka ternyata saat masih kecil Kim Seon Ho sempat memiliki sebuah trauma yang membuat dirinya menjadi mudah cemas, takut, dan juga pemalu, bahkan untuk membaca buku di depan teman-temannya pun ia tidak bisa.

Dalam sebuah acara Seon Ho pernah bercerita bahwa saat dirinya duduk di bangku sekolah dasar, ia pernah menyaksikan dengan matanya sendiri ketika sang ibu ditusuk pisau oleh perampok yang masuk ke rumahnya. Saat perampok itu mulai masuk, hanya ada dia dan ibunya di dalam rumah itu.

Setelah kejadian mengerikan tersebut, membuat dirinya menjadi cemas setiap kali ada seseorang yang berdiri di belakangnya. Seon Ho juga bercerita bahwa setiap kali guru atau pengawas ujian berdiri di belakangnya selama ujian, pikirannya akan kosong. 

Beruntung setelah ia belajar dan mencoba terjun di dunia akting, maka sedikit demi sedikit dirinya sudah mulai dapat mengatasi traumanya itu. 

5. Anak Tunggal 

fakta kim seon ho_Anak Tunggal

Dalam acara 2 Days 1 Night Season 4, Kim Seon Ho pernah mengatakan bahwa dirinya merupakan anak tunggal. Lalu, Ia juga menambahkan bahwa dirinya sangat penasaran bagaimana rasanya memiliki saudara kandung yang bisa saling mengandalkan.

Seon Ho juga kini masih tinggal bersama kedua orang tuanya, meskipun usianya yang sudah memasuki kepala tiga dan sudah memiliki pekerjaan yang mapan, namun ia tetap memilih untuk tinggal satu rumah bersama ibu dan ayahnya itu. 

6. Tteokbokki Adalah Makanan Favoritnya

fakta kim seon ho_Tteokbokki Adalah Makanan Favoritnya

Dalam setiap acara baik itu interview ataupun variety show, ketika ditanya makanan apa yang paling Seon Ho sukai ?, Ia pasti akan menjawab tteokbokki, yakni makanan khas dari Korea Selatan yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan bumbu gochujang yang manis dan pedas.

Menurutnya semua jenis tteokbokki yang dibuat oleh restoran manapun, rasanya akan tetap enak dan dia akan suka. Selain itu, Seon Ho juga menyukai mint chocolate karena dulu seorang profesor di sekolahnya pernah memberikan itu kepadanya sebagai bentuk apresiasi atau compliment.

7. Memiliki Nama Baptis ‘Daniel’

fakta kim seon ho_Memiliki Nama Baptis ‘Daniel’

Suatu hari melalui acara Vlive pribadinya, Kim Seon Ho membuka sesi tanya jawab bersama dengan penggemarnya. Saat itu ia baru saja selesai melakukan syuting untuk iklan pertamanya. Awalnya seorang penggemar bertanya mengenai keyakinan yang Seon Ho percaya, lalu ia menjawab katolik.

Kemudian setelah itu, penggemar yang lain bertanya lagi kepadanya mengenai nama baptis yang ia pakai, lalu Seon Ho kembali menjawab bahwa nama baptisnya adalah Daniel yang dipilihkan langsung oleh biarawati.

8. Suka Menggambar

fakta kim seon ho_Suka Menggambar

Kim Seon Ho memiliki ketertarikan dengan dunia menggambar, bahkan ia sempat mengatakan bahwa seandainya dirinya itu tidak menjadi seorang aktor, mungkin ia adalah seorang pelukis sekarang. Ia juga sempat mengambil kelas menggambar khususnya oil paint sejak tahun 2018.

Selain itu Seon Ho juga pernah membintangi sebuah drama spesial yang berjudul You Drive Me Crazy dan berperan sebagai Kim Rae Wan, yakni seorang pelukis. Selain Han Ji Pyeong, salah satu karakter atau peran yang paling ia sukai adalah Kim Rae Wan, mungkin karena ia merasa memiliki persamaan dengan karakter Rae Wan yakni suka melukis/menggambar.

9. Pertama Kali Naik Pesawat Saat Umur 32 tahun 

fakta kim seon ho_Pertama Kali Naik Pesawat Saat Umur 32 tahun

Kim Seon Ho mengaku bahwa dirinya pertama kali menaiki pesawat saat umurnya menginjak 32 tahun. Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa dirinya jarang sekali pergi keluar negeri. Negara luar Korea yang pertama kali ia datangi adalah Cebu, Filipina bersama dengan para pemain dan staf drama Good Manager.  

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Kim Seon Ho mengatakan bahwa ia sangat ingin sekali berkunjung ke Bali, Indonesia. Ia juga ingin mencicipi nasi goreng khas Indonesia, karena meskipun di Korea juga ada tetapi pasti rasanya tentu akan berbeda. Namun sayang, karena pandemi covid-19 yang masih melanda hampir seluruh negara, keinginannya itu harus ditunda dahulu.

10. Diputusin Pacar Ketika Wamil

fakta kim seon ho_Diputusin Pacar Ketika Wamil

Kim Seon Ho memutuskan untuk berangkat wamil pada tahun 2010 di usianya yang ke 26 tahun, dan selesai pada tahun 2012. Ditengah masa wamilnya tersebut, ternyata Seon Ho pernah diputuskan oleh mantan pacarnya melalui sebuah pesan teks.

Dalam acara SBS Power FM's Park Seonyoung's Cinetown pada tahun 2016, Seon Ho bercerita bahwa saat dirinya berada di militer, seorang gadis yang sudah ia kencani selama tiga tahun mengirimkannya sebuah teks yang berisi 4 kata yang menyakitkan untuknya, yakni “Oppa, Aku Minta Maaf”.

Setelah menerima pesan tersebut, ia mencoba menghubungi sang mantan, namun ternyata nomornya di block. Akhirnya Seon Ho pun memberanikan diri untuk langsung mendatangi rumahnya di station sinsa, garosugil.

Saat bertemu dengan wanita tersebut di lantai 7, Seon Ho meminta untuk berbicara dan mulai memblokir jalur lift yang akan digunakan wanita tersebut. Ia mengira itu akan menghentikannya, tetapi salah wanita itu mulai berjalan ke arah tangga dan menuruninya.

Diketahui bahwa saat itu sang mantan akan pergi untuk bertemu dengan pacar barunya, Seon Ho lantas terus mencari cara agar dapat menahannya untuk berbicara sebentar mengenai hubungan mereka tersebut. Namun sayangnya, wanita tersebut terus mengabaikan Seon Ho.

Kim Seon Ho yang merasa sangat putus asa saat itu, akhirnya berlutut dihadapan sang mantan kekasih dan memintanya untuk tidak pergi dan berbicara, padahal sebagai seorang tentara aktif saat itu seharusnya ia tidak diperbolehkan untuk berlutut seperti itu.

Setiap kali wanita tersebut turun satu lantai dari tangga, Seon Ho terus berlutut dan menahannya untuk pergi, sampai akhirnya tiga jam berlalu dan dirinya sudah berada di lantai dua. Setelah berhasil berbicara mendalam dengannya, Seon Ho pun hanya bisa mengatakan untuk jangan pergi kepada wanita itu.

Namun sayang, wanita itu tetap pergi meninggalkannya dan kisah cinta mereka berdua pun harus berakhir seperti itu disana.

Sementara itu, tipe wanita ideal bagi Kim Seon Ho sebenarnya sangat sederhana, dalam beberapa interview ketika ditanya, ia selalu menjawab bahwa tipe wanita idamannya adalah seseorang yang memiliki selera humor yang sama denganya.

Nah, itu tadi sepuluh fakta dari Kim Seon Ho, aktor yang tengah naik daun. Lalu, fakta nomor berapa yang paling menarik buat kamu?, Jangan lupa jika kamu punya fakta menarik lainnya dari aktor berlesung pipi ini, kamu juga bisa tambahkan di kolom komentar dibawah ya.

Kim Seon Ho juga akan segera kembali dengan drama musikal terbarunya bertajuk ‘Ice’ yang akan mulai pada Januari 2021. Drama tersebut bercerita tentang dua detektif yang mencoba untuk menguak kasus pembunuhan yang kejam pada 18 anak laki-laki berusia setahun. 

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram