Inilah 10 Fakta Tentang Kim Go Eun, Sang Istri "Goblin"

Ditulis oleh Syuri

Kim Go Eun (김고은) adalah seorang aktris kenamaan asal Korea Selatan. Buat yang tidak terlalu familiar dengan K-movie dan K-drama, pasti tahu Kim Go Eun dari drama "Goblin", perannya sebagai Ji Eun Tak memang sangat memorable. Tapi, tahukah kamu, kalau gadis kelahiran 2 Juli 1991 ini ternyata hanya memiliki tiga drama saja.

Walaupun mungkin lebih dikenal dari dramanya, debut Go Eun sebagai artis adalah di film "A Muse" yang rilis tahun 2012 silam. Tak tanggung-tanggung, ia memerankan tokoh utama wanita. Berkat aktingnya di film itu juga, ia memperoleh penghargaan Best New Actress.

Sedangkan drama yang dimainkan Go Eun sejauh ini baru tiga saja, yaitu "Cheese in the Trap" (2016), "Goblin: The Lonely and Great God" (2016), dan yang terbaru adalah "The King: Eternal Monarch" (2020). Nah, sekarang Bacaterus mau mengajak kamu kenalan lebih dalam dengan Kim Go Eun. Psst, spoiler, tahukah kamu kalau Go Eun pandai bernyanyi juga? Hihi. Yuk, langsung saja scroll sampai bawah!

  • Birth Name: Kim Go-eun (김고은)
  • TTL: Seoul, Korea Selatan | 2 Juli 1991
  • Zodiak: Cancer
  • Tinggi badan: 1.67 m
  • Berat badan: 55 kg
  • Golongan Darah: B
  • Agama: Kristen Protestan
  • Instagram: @ggonekim

1. Arti Namanya

Inilah 10 Fakta Tentang Kim Go Eun, Sang Istri "Goblin" 1

Gadis manis berzodiak cancer ini dinamai Kim Go Eun karena ayahnya ingin ia tumbuh cantik karena 'go eun' sendiri berarti indah atau cantik. Tapi, aktris ini pernah membagikan kisah lucu tentang namanya di variety show Korea, "Happy Together".

Rupanya, ketika Kim Go Eun lahir, perawat yang bertugas sedikit terkejut setelah melihat wajahnya. Reaksi para perawat menyebabkan ayahnya mengharapkan bayi yang cantik. Namun, setelah melihat wajah putrinya yang baru lahir untuk pertama kalinya, ayahnya menceritakan bahwa dia 'tidak terlihat secantik yang dibayangkan'.

Dengan harapan putrinya akan tumbuh menjadi seorang wanita cantik, ayahnya menamai dirinya Kim Go Eun (김고은) yang dalam bahasa Korea menyiratkan kecantikan. Nama adalah doa, dan nampaknya doa sang ayah terkabul karena sekarang Go Eun jadi wanita yang cantik dan menawan, bukan?

2. Dekat dengan Nenek & Keponakan

Inilah 10 Fakta Tentang Kim Go Eun, Sang Istri "Goblin" 3

Sayang keluarga, tipe wanita idaman banget, nih. Jadi, Kim Go Eun itu dikabarkan sangat dekat dengan neneknya. Kim Go Eun tinggal bersama neneknya sejak kecil hingga dewasa. Saking dekatnya, nenek Go Eun cemburu pada aktris senior Youn Yuh Jung yang berperan sebagai nenek Go Eun dalam film "Canola" (2016).

Haha, ada-ada saja, ya? Itu kan cuma akting, nek! Sekarang sang nenek sudah berpulang, lebih tepatnya pada tahun 2019 silam. Yuk, kirim doa buat nenek Go Eun.

Selain dengan mendiang neneknya, Go Eun juga nampaknya dekat sekali dengan ponakan-ponakan gemesnya. Kamu bisa melihat banyak postingan Instagram Go Eun tentang keponakannya.

Walaupun sibuk berakting dan bepergian ke bagian negara lainnya untuk menghadiri acara fashion dan musik, ternyata Go Eun tetap bisa jadi bibi yang baik dengan menyisakan waktu untuk keponakannya. Ibu-able banget, nih!

3. Pernah Tinggal di Cina

Inilah 10 Fakta Tentang Kim Go Eun, Sang Istri "Goblin" 5

Walaupun berdarah Korea, Go Eun pernah tinggal di Cina. Tidak tanggung-tanggung juga, hingga sepuluh tahun lamanya, loh! Keluarga Kim pindah ke Cina ketika Go Eun berusia 3 tahun (menurut umur Korea, jadi kalau umur internasional berarti 2 tahun). Kalau pusing mikirinnya, Go Eun pindah tahun 1994.

Katanya, ia tinggal di tempat yang jaraknya 1,5 jam dari Beijing. Ia dan keluarga menghabiskan total 10 tahun di Cina sebelum pindah kembali ke Korea. Itulah alasan Go Eun fasih berbahasa Mandarin. Kalian menonton 7th Asian Film Awards in 2013, tidak? Go Eun kan mempersembahkan penghargaan Best Visual Effects award dengan menggunakan bahasa Mandarin yang lancar!

4. Mulai Akting Sejak SMA

Inilah 10 Fakta Tentang Kim Go Eun, Sang Istri "Goblin" 7

Perjalanan akting Kim Go Eun dimulai di bangku sekolah menengah. Sebelumnya, saat masih anak-anak, ia tidak pernah memimpikan menjadi seorang aktris. Semangatnya baru tersulut ketika ia tampil di sebuah drama di sekolahnya. Setelah itu, ia masuk ke jurusan drama di perguruan tinggi.

Saat masih muda dulu, Go Eun samar-samar berpikir ingin membuat film alias jadi sutradara film. Jadi, setelah menonton film "Together" (2012) yang disutradarai oleh Chen Kaige berkali-kali, Go Eun selalu menangis setiap kali menontonnya. Ia pun memutuskan ingin menjadi film maker.

Makanya di sekolah ia masuk teater, karena itu yang paling nyambung. Itu waktu ia masih di Cina, ya. Setelah kembali ke kampung halamannya, Go Eun masuk sekolah Kaywon High School of the Art dan melanjutkan dengan mengambil jurusan drama di Korea National University of Arts.

Tapi, walaupun sudah sukses menjadi aktris, pemain film dan drama ini ternyata masih punya impian lain. Terus, dalam suatu wawancara Go Eun juga mengkhayal di alternate universe (alam semesta alternatif) jika ia tak jadi aktris, ia ingin menjadi dokter.

5. Monolid? Tetap PD!

Inilah 10 Fakta Tentang Kim Go Eun, Sang Istri "Goblin" 9

Sepertinya sudah bukan rahasia lagi kalau double eyelid lebih disukai di Korea. Makanya banyak orang yang melakukan operasi untuk mendapatkan lipatan mata double. Tapi, bukan berarti monolid tidak disukai juga, karena buktinya ada banyak artis dan idol yang memiliki kelopak mata single dan tetap terlihat cantik/ganteng. Seperti Kim Go Eun ini yang merupakan artis ber-monolid.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram