Bacaterus / KPOP / Inilah 10 Fakta Tentang Kim Go Eun, Sang Istri “Goblin”

Inilah 10 Fakta Tentang Kim Go Eun, Sang Istri “Goblin”

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kim Go Eun (김고은) adalah seorang aktris kenamaan asal Korea Selatan. Buat yang tidak terlalu familiar dengan K-movie dan K-drama, pasti tahu Kim Go Eun dari drama “Goblin”, perannya sebagai Ji Eun Tak memang sangat memorable. Tapi, tahukah kamu, kalau gadis kelahiran 2 Juli 1991 ini ternyata hanya memiliki tiga drama saja.

Walaupun mungkin lebih dikenal dari dramanya, debut Go Eun sebagai artis adalah di film “A Muse” yang rilis tahun 2012 silam. Tak tanggung-tanggung, ia memerankan tokoh utama wanita. Berkat aktingnya di film itu juga, ia memperoleh penghargaan Best New Actress.

Sedangkan drama yang dimainkan Go Eun sejauh ini baru tiga saja, yaitu “Cheese in the Trap” (2016), “Goblin: The Lonely and Great God” (2016), dan yang terbaru adalah “The King: Eternal Monarch” (2020). Nah, sekarang Bacaterus mau mengajak kamu kenalan lebih dalam dengan Kim Go Eun. Psst, spoiler, tahukah kamu kalau Go Eun pandai bernyanyi juga? Hihi. Yuk, langsung saja scroll sampai bawah!

  • Birth Name: Kim Go-eun (김고은)
  • TTL: Seoul, Korea Selatan | 2 Juli 1991
  • Zodiak: Cancer
  • Tinggi badan: 1.67 m
  • Berat badan: 55 kg
  • Golongan Darah: B
  • Agama: Kristen Protestan
  • Instagram: @ggonekim

1. Arti Namanya

Gadis manis berzodiak cancer ini dinamai Kim Go Eun karena ayahnya ingin ia tumbuh cantik karena ‘go eun’ sendiri berarti indah atau cantik. Tapi, aktris ini pernah membagikan kisah lucu tentang namanya di variety show Korea, “Happy Together”.

Rupanya, ketika Kim Go Eun lahir, perawat yang bertugas sedikit terkejut setelah melihat wajahnya. Reaksi para perawat menyebabkan ayahnya mengharapkan bayi yang cantik. Namun, setelah melihat wajah putrinya yang baru lahir untuk pertama kalinya, ayahnya menceritakan bahwa dia ‘tidak terlihat secantik yang dibayangkan’.

Dengan harapan putrinya akan tumbuh menjadi seorang wanita cantik, ayahnya menamai dirinya Kim Go Eun (김고은) yang dalam bahasa Korea menyiratkan kecantikan. Nama adalah doa, dan nampaknya doa sang ayah terkabul karena sekarang Go Eun jadi wanita yang cantik dan menawan, bukan?

2. Dekat dengan Nenek & Keponakan

Sayang keluarga, tipe wanita idaman banget, nih. Jadi, Kim Go Eun itu dikabarkan sangat dekat dengan neneknya. Kim Go Eun tinggal bersama neneknya sejak kecil hingga dewasa. Saking dekatnya, nenek Go Eun cemburu pada aktris senior Youn Yuh Jung yang berperan sebagai nenek Go Eun dalam film “Canola” (2016).

Haha, ada-ada saja, ya? Itu kan cuma akting, nek! Sekarang sang nenek sudah berpulang, lebih tepatnya pada tahun 2019 silam. Yuk, kirim doa buat nenek Go Eun.

Selain dengan mendiang neneknya, Go Eun juga nampaknya dekat sekali dengan ponakan-ponakan gemesnya. Kamu bisa melihat banyak postingan Instagram Go Eun tentang keponakannya.

Walaupun sibuk berakting dan bepergian ke bagian negara lainnya untuk menghadiri acara fashion dan musik, ternyata Go Eun tetap bisa jadi bibi yang baik dengan menyisakan waktu untuk keponakannya. Ibu-able banget, nih!

3. Pernah Tinggal di Cina

Walaupun berdarah Korea, Go Eun pernah tinggal di Cina. Tidak tanggung-tanggung juga, hingga sepuluh tahun lamanya, loh! Keluarga Kim pindah ke Cina ketika Go Eun berusia 3 tahun (menurut umur Korea, jadi kalau umur internasional berarti 2 tahun). Kalau pusing mikirinnya, Go Eun pindah tahun 1994.

Katanya, ia tinggal di tempat yang jaraknya 1,5 jam dari Beijing. Ia dan keluarga menghabiskan total 10 tahun di Cina sebelum pindah kembali ke Korea. Itulah alasan Go Eun fasih berbahasa Mandarin. Kalian menonton 7th Asian Film Awards in 2013, tidak? Go Eun kan mempersembahkan penghargaan Best Visual Effects award dengan menggunakan bahasa Mandarin yang lancar!

4. Mulai Akting Sejak SMA

Perjalanan akting Kim Go Eun dimulai di bangku sekolah menengah. Sebelumnya, saat masih anak-anak, ia tidak pernah memimpikan menjadi seorang aktris. Semangatnya baru tersulut ketika ia tampil di sebuah drama di sekolahnya. Setelah itu, ia masuk ke jurusan drama di perguruan tinggi.

Saat masih muda dulu, Go Eun samar-samar berpikir ingin membuat film alias jadi sutradara film. Jadi, setelah menonton film “Together” (2012) yang disutradarai oleh Chen Kaige berkali-kali, Go Eun selalu menangis setiap kali menontonnya. Ia pun memutuskan ingin menjadi film maker.

Makanya di sekolah ia masuk teater, karena itu yang paling nyambung. Itu waktu ia masih di Cina, ya. Setelah kembali ke kampung halamannya, Go Eun masuk sekolah Kaywon High School of the Art dan melanjutkan dengan mengambil jurusan drama di Korea National University of Arts.

Tapi, walaupun sudah sukses menjadi aktris, pemain film dan drama ini ternyata masih punya impian lain. Terus, dalam suatu wawancara Go Eun juga mengkhayal di alternate universe (alam semesta alternatif) jika ia tak jadi aktris, ia ingin menjadi dokter.

5. Monolid? Tetap PD!

Sepertinya sudah bukan rahasia lagi kalau double eyelid lebih disukai di Korea. Makanya banyak orang yang melakukan operasi untuk mendapatkan lipatan mata double. Tapi, bukan berarti monolid tidak disukai juga, karena buktinya ada banyak artis dan idol yang memiliki kelopak mata single dan tetap terlihat cantik/ganteng. Seperti Kim Go Eun ini yang merupakan artis ber-monolid.

Namun, seorang Kim Go Eun pernah insecure juga, genks. Pada satu masa dalam hidupnya, Go Eun pernah ingin operasi kelopak mata ganda. Tapi, karena ditentang oleh orang tuanya, ia akhirnya tidak melakukan prosedur tersebut. Itulah mengapa anak disarankan menuruti nasihat orang tua. Karena, terbukti, Kim Go Eun yang tetap bermonolid bisa berkarir tinggi, diaku cantik, dan tetap charming.

Secara tak langsung, Go Eun juga membuat trend sendiri kalau untuk bisa cantik itu tidak harus selalu double eyelid, tapi monolid juga cantik. Saat wawancara behind the scene drama “The King: Eternal Monarch”, Go Eun pun mengaku merasa cukup keren dengan monolid-nya. Well, kepercayaan diri itu memang ‘makeup’ paling cantik untuk perempuan. You go, girl!

6. Mementingkan Pendidikan

Sukses sebagai entertainer tidak membuat Kim Go Eun mengenyampingkan pendidikan. Ia bahkan pernah break sejenak dari dunia akting untuk kuliah. Ini terjadi setelah debutnya dalam film “A Muse”.

Setelah berperan sebagai Eungyo di film tersebut, Go Eun memutuskan rehat dari dunia akting selama dua tahun. Selama itu, ia kembali ke Korea National University of Arts untuk menyelesaikan gelarnya di School of Drama.

7. Jago Nyanyi!

Tidak semua penyanyi bisa jadi aktor, tidak semua aktor bisa bernyanyi, tapi Kim Go Eun bisa keduanya! Go Eun pernah showcase dalam acara berjudul “Your Song” di channel JTBC. Variety show musik ini bertujuan untuk menyoroti penciptaan dan kisah di balik layar dari hit klasik melalui perspektif komposer Jung Jae Il.

Episode-episode sebelumnya telah menampilkan artis dan penyanyi ternama termasuk IU, Park Hyo Shin, dan Lee Juck. Pada episode 7 Februari 2020, Jung Jae Il memilih lagu Patti Kim yang berjudul “Love That Left Autumn Behind” dan mengundang Kim Go Eun untuk bekerja sama dengannya dalam proyek tersebut. Jung Jae Il memilih Kim Go Eun karena walaupun bukan penyanyi, ia pandai menyanyi.

Go Eun juga suka cover lagu di live Instagram-nya. Kamu bisa mencarinya lagi di YouTube karena ada yang repost ke sana! Beberapa lagu yang sudah Go Eun cover di antaranya “When We Were Young”, “I’ll Never Lover Again”, “Breath”, “Make You Feel My Love”, “Don’t Leave”, “Best Part”, dan masih banyak lagi.

Bahkan Go Eun juga nyanyi lagu original soundtrack untuk drama-nya yaitu “Cheese in the Trap” OST Part 8-1 oleh Tearliner ft. Kim Go Eun yang berjudul “Attraction”.

8. Pemberani

* sumber: www.soompi.com

Gadis manis ini ternyata bernyali besar. Sutradara film “A Muse”, Jung Ji-woo, mengomentari jika Go Eun merupakan orang yang secara alami ingin tahu dan berani. Gadis itu kuat dalam arti bahwa ia tidak terpengaruh dengan mudah. Ia tidak melakukan sesuatu hanya karena semua orang melakukannya.

Ini dibuktikan juga pada proyek terbarunya, yaitu dalam drama “The King: Eternal Monarch”. Kim Go Eun berperan sebagai letnan Jung Tae Eul yang tidak kenal takut.

Ketika harus berakting di ketinggian, Kim Go Eun sama tidak takut, bahkan ia melakukan bungee jumping dan terjun payung beberapa kali sebelumnya untuk melepas stres. Go Eun juga mengaku menikmati sesi wire work stunt saat bermain film “Memories of the Sword” (2015).

9. Telah Memainkan Banyak Karakter

Mari bahas dari debutnya dulu. Karakter Eungyo dari film “A Muse” (2012) menjadi awal mula perjalanan Go Eun dalam dunia akting. Padahal, Go Eun tidak pernah sengaja mau ikut casting, loh. Ia kebetulan menghadiri audisi saat mengunjungi temannya yang bekerja di industri tersebut.

Tapi, setelah diminta casting, Go Eun malah mengalahkan 300 orang peserta dan merebut posisi pemeran wanita utama. Peran Eungyo di sini cukup provokatif. Ia adalah gadis SMA yang memiliki hubungan rumit dengan pujangga berusia 70 tahun.

Lalu, pada film “Monster” (2014), Go Eun memerankan karakter Bok Soon yang cacat mental. Ia kesulitan dalam ekonomi dan berjualan di pinggir jalan untuk membiayai dirinya dan adiknya. Suatu hari, Tae Soo yang diperankan Lee Min Ki membunuh adiknya, dan ia pun turun tangan sendiri untuk membunuh Tae Soo.

Fun fact. Ingat drama “Cheese in the Trap”? Ternyata, untuk bisa meng-cast Go Eun di drama tersebut, sutradaranya sampai memohon hingga mengubah jadwal syuting agar cocok dengan jadwal Go Eun, loh!

Menurut sang sutradara, tidak ada yang lebih cocok memerankan Hong Seol, tokoh utama wanita yang eksentrik dalam drama tersebut selain Go Eun. Pada akhirnya, Go Eun pun menerima dan drama itu sekaligus menjadi drama perdananya Go Eun (karena selama ini ia bermain di layar lebar saja, guys).

Terus, masih banyak lagi karakter yang ia perankan. Seperti di “Goblin” (2016-2017) ia berperan sebagai Ji Eun Tak, anak SMA yang manis dan bisa melihat orang yang sudah meninggal.

Ia adalah istri sang gobling yang kesepian bernama Kim Shin (diperankan oleh Gong Yoo). Go Eun juga latihan aksi pedang untuk memainkan drama sejarah “Memories of the Sword”. Versatile banget pokoknya akting Kim Go Eun, tuh!

10. Lebih Banyak Main Film daripada Drama

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, Kim Go Eun itu lebih banyak eksis di layar lebar daripada layar kaca, loh. Sebagian besar dari orang-orang tahu Kim Go Eun dari perannya sebagai Ji Eun Tak di “Goblin”. Anehnya, bintang ini telah main di 11 judul film dan hanya 3 seri drama saja hingga saat ini.

Baca daftar film Go Eun di sini. Sedangkan untuk dramanya hanya ada tiga saja yaitu “Cheese in the Trap” (2016), “Guardian: The Lonely and Great God” alias “Goblin” (2016-2017), dan yang terbaru “The King: Eternal Monarch” (2020) bersama Lee Min Ho.

Dengan pesonanya yang polos dan penuh kasih sayang, wajar kalau banyak orang jatuh cinta pada pesona Kim Go Eun. Setelah membaca artikel ini, kamu semakin sayang sama Go Eun, tidak?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *