bacaterus web banner retina

10 Fakta Menarik Keyakizaka46, Rival 48 Group yang Fenomenal

Keyakizaka46 adalah salah satu grup musik wanita lainnya dari kerajaan bisnis Yasushi Akimoto. Sejak diperkenalkan pada tahun 2015, Keyakizaka46 pun mulai banyak dikenal oleh para penggemar baik yang di Jepang maupun di Mancanegara.

Meskipun grup yang satu ini kerap diterpa berbagai isu internal, namun Keyakizaka46 sendiri masih tetap eksis dan bertahan di industri hiburan Jepang. Jika kamu termasuk salah satu penggemar grup idol wanita yang satu ini, maka kamu wajib menyimak fakta menarik yang akan Bacaterus bahas di bawah. Apa saja fakta yang terdapat pada grup ini? Berikut adalah ulasan fakta grup yang kini berganti nama menjadi Sakurazaka46.

1. Sister Group Nogizaka46

Sister Group Nogizaka46

* sumber: www.kazelyrics.com

Keyakizaka46 merupakan sister group pertama dari grup Nogizaka46. Pada awalnya, grup asuhan Yasushi Akimoto ini diberi nama Toriizaka46. Namun, sejak 21 Agustus 2015, nama Toriizaka46 sendiri kemudian berganti nama menjadi Keyakizaka46.

Setelah melakukan audisi yang cukup panjang, maka terpilihlah 22 remaja cantik dari generasi pertama yang masuk ke dalam tim Kanji. Nah, sama seperti Nogizaka46, Keyakizaka46 sendiri berada di bawah naungan Sakamichi series, yang merupakan official rival dari grup 48 yang telah debut sebelumnya.

2. Debut Single "Silent Majority"

Debut Single Silent Majority

* sumber: sakamichidailynews.com

Kehadiran Keyakizaka46 sendiri tampak membawa warna baru di industri musik Jepang. Memulai debut dengar lagu "Silent Majority", Keyakizaka46 pun mendapat respon yang cukup positif dari para penikmat musik yang ada di Jepang.

Berbeda dengan grup idol wanita lain yang kerap menunjukan kesan girly di setiap penampilannya,  Keyakizaka46 sendiri hadir dengan menunjukan karakter yang kuat dan tangguh. Beberapa lagu yang dimiliki oleh Keyakizaka46 sendiri banyak mengandung kritik sosial yang dapat membawa semangat bagi para pendengar untuk selalu bangkit dan pantang menyerah.

3. Tampil di Kouhaku Utagassen

Tampil di Kouhaku Utagassen

* sumber: sakamichinotes.blogspot.com

Pada awal kemunculannya, Keyakizaka46 sendiri sempat dianggap sebelah mata oleh para penggemar. Namun, berkat keseriusan serta kerja keras para membernya. Dalam kurun waktu 8 bulan sejak debutnya. Grup ini pun berhasil diterima dengan baik oleh para penikmat musik yang ada di Jepang.

Hal itu pun dibuktikan dengan hadirnya Keyakizaka46 di acara musik tahunan yang cukup populer di Jepang, yaitu Kouhaku Utagassen. Penampilan Keyakizaka46 di acara tersebut pun pada akhirnya membuat grup asuhan Akimoto ini semakin populer dan dikenal luar oleh masyarakat Jepang.

4. Membintangi "Keyakitte, Kakenai?"

Membintangi Keyakitte, Kakenai

* sumber: www.hinayume.info

Keseriusan pihak manajemen dalam mempromosikan grup ini memang patut diacungi jempol. Meskipun diketahui baru debut selama dua bulan, namun Keyozaka46 sendiri telah dipercaya untuk mengisi variety show bertajuk "Keyakitte, Kakenai?"

Variety show tersebut pertama kali dirilis pada bulan Oktober tahun 2015. Format acaranya sendiri memiliki kemiripan dengan program acara yang dimiliki saudari grupnya,  Nogizaka46, yaitu Nogizaka Under Construction.

Meskipun acara tersebut merupakan program variety show, namun di dalamnya juga kerap dimanfaatkan untuk sejumlah keperluan seperti promosi dan pengumuman yang berkaitan dengan aktivitas grup.

5. Luncurkan Keyakizaka46 360°3D Theater

Luncurkan Keyakizaka46 360°3D Theater

* sumber: www.kazelyrics.com

Pada musim semi 2017, para penggemar Keyakizaka46 seakan dimanjakan dengan hadirnya Keyakizaka46 360°3D Theater. Kehadiran teater tersebut memang cukup mengundang antusias penggemar. Teater yang dibangun di taman bermain Laguna Ten Bosch, Gamagori, prefektur Aichi, Jepang ini memang cukup unik.

Selama beroperasi, teater ini bisa menampung penonton sebanyak 151 orang. Penonton sendiri bisa merasakan sensasi menarik, dimana mereka bisa melihat idola lebih dekat dari segala arah melalui sebuah layar melingkar berukuran besar setinggi 6 meter dengan diameter 16 meter.

6. Ushio Sarina, Member yang Pernah Tinggal di Indonesia

Ushio Sarina, Member yang Pernah Tinggal di Indonesia

* sumber: idol.gravureprincess.date

Nah, dari sekian banyak member yang tergabung dalam Keyakizaka46. Ushio Sarina adalah salah satu member yang cukup menarik perhatian. Sarina adalah member Keyakizaka46 yang cukup terkenal karena kecantikannya. Meskipun Sarina merupakan warga asli Jepang, namun Sarina sendiri diketahui pernah tinggal di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia selama hampir 5 tahun ketika dirinya masih kecil.

Dalam salah satu unggahan blog pribadinya, Sarina juga sempat mengutarakan bahwa namanya terinspirasi dari salah satu pusat perbelanjaan tertua yang ada di Indonesia, yaitu Sarinah yang ada di Jakarta.

7. Berganti Nama Grup

Berganti Nama Grup

* sumber: otacouncil.com

Perjalanan karier grup yang satu ini memang cukup berliku. Banyaknya konflik internal yang terjadi dalam grup sempat mewarnai salah satu grup populer asal Jepang ini. Nah, setelah sekian lama tidak muncul karena permasalahan pelik yang terjadi dalam grup.


Keyakizaka46 pun kemudian comeback dengan nama baru, yaitu Sakurazaka46. Sebelum resmi mengganti namanya, Keyakizaka46 sendiri diketahui mengakhiri aktivitas promosi dengan sebuah pertunjukan spesial yang diberi judul The Last Live. Pertunjukan itu sendiri dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2020.

8. Merilis Single Debut "Dare ga Sono Kane wo Narasu no ka"

Merilis Single Debut Dare ga Sono Kane wo Narasu no ka

* sumber: todayidol.com

Setelah resmi mengganti nama menjadi Sakurazama46. "Dare ga Sono Kane wo Narasu no ka" sendiri menjadi lagu debut pertama mereka. Meskipun tidak dijual dalam bentuk fisik, namun singel lagu tersebut bisa dinikmati para penggemarnya melalui sejumlah platform digital.

Musik video untuk "Dare ga Sono Kane wo Narasu no ka" sendiri akan ditayangkan di channel YouTube official mereka. Nah, sebelum mengeluarkan single tersebut, Keyakizaka46 sendiri sempat membawakan single "Nobody's Fault", yang menjadi salah satu single terbaru Sakurazaka46 dalam konser The Last Live.

9. Hirate Yurina, Ace Center Keyakizaka46 yang Fenomenal

Hirate Yurina, Ace Center Keyakizaka46 yang Fenomenal

* sumber: sakamichinotes.blogspot.com

Hirate Yurina adalah salah satu member Keyikazak46 yang cukup fenomenal. Meskipun usianya masih terbilang muda, namun Hirate Yurina atau lebih populer dengan sebutan Techi ini telah berhasil menjadi center berturut-turut untuk 9 single Keyikazaka46. Prestasi tersebut melebihi member lainnya yang ada dalam sejarah grup 48.

Techi sendiri diketahui memilih lulus dari Keyikazaka46 pada umurnya yang ke-19. Kelulusannya sendiri dilakukan bersamaan dengan pengumuman kelulusan dua personil lainnya, yaitu Oda Nana dan Suzumoto Miyu. Berbeda dengan kedua personil tersebut, Techi sendiri memilih tidak melakukan konser upacara kelulusan.

10. Merilis Film Dokumenter

Merilis Film Dokumenter

* sumber: www.overseas48.com

Nah, bagi para penggemar yang ingin mengetahui perjalanan karier dari salah satu grup papan atas Jepang ini, maka film dokumenter berjudul "Boku tachi no Uso to Shinjitsu - Documentary of Keyakizaka46" bisa memenuhi rasa penasaran para penggemar terhadap sisi lain dari grup binaan Yasushi Akimoto ini.

Film dokumenter yang disutradarai oleh Takahashi Eiki ini sendiri akan membahas sejarah terbentuknya grup Keyakizaka46 hingga pengunduran diri Hirate Yurina pada tahun 2020 yang cukup menggemparkan industri hiburan Jepang.

Demikianlah 10 Fakta menarik Keyakizaka46 yang telah Bacaterus bahas untuk kamu. Kehadiran grup ini memang berhasil menciptakan persaingan sengit di industri musik Jepang. Nah, kira-kira bagaimana pendapat kamu tentang grup ini? Tuliskan ceritamu di kolom komentar di bawah, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram