10 Fakta tentang Keira Knightley, Aktris Cantik dari Inggris

Ditulis oleh Siti Hasanah

Pernah nonton film Pride and Prejudice atau seri film Pirates of Caribbean? Kamu pastinya tak akan asing lagi dengan sosok perempuan cantik ini. Ya, dia adalah Keira Knightley.

Aktris Inggris yang sukses berkarir di perfilman Hollywood ini memulai karier aktingnya semenjak anak-anak. Akan tetapi, wanita yang lahir pada 26 Maret 1985 ini mulai bersinar di kancah perfilman internasional di tahun 2003.

Kala itu Keira menjadi pemeran utama dalam film berjudul 'Bend It Like Beckham'. Dua tahun sesudahnya, dia terlibat dalam film Pride and Prejudice sebagai Elizabeth Bennett.

Film ini banyak disukai oleh para penggemar novel Jane Austen dan mendapat sambutan positif dari para kritikus. Masih banyak fakta tentang Keira Knightley yang akan diungkap. Yuk simak Informasi selanjutnya berikut ini!

1. Bakat Aktingnya Berasal dari Keluarga

Bakat Aktingnya Berasal dari Keluarga

Ternyata bakat akting Keira berasal dari keluarganya. Itu karena ibunya yang bernama Sharman Macdonald merupakan aktris sekaligus seorang penulis. Ayahnya, Will Knightley, berprofesi sebagai aktor.

Sharman Macdonald terlibat sebagai penulis skenario untuk beberapa proyek film, seperti The Edge of Love yang dirilis tahun 2008.

Di film tersebut Keira berperan sebagai salah satu tokoh utamanya bersama dengan Sienna Miller. Selain itu, ibunya juga berperan di dalam serial televisi seperti The Olympian Way.

Will Knightley adalah aktor yang pernah membintangi serial televisi, seperti Cracker, The Hound of the Baskervilles juga BBC2 Playhouse. Sementara itu, kakak laki-lakinya yang bernama Caleb terlibat di divisi sound untuk beberapa film pendek.

2. Mulai Berakting dalam Beberapa Peran Kecil

Mulai Berakting dalam Beberapa Peran Kecil

Dalam film Star Wars Episode I: The Phantom Menace, Keira mendapatkan peran sebagai Sabé. Dia adalah salah satu pelayan Ratu Amidala yang diperankan oleh Natalie Portman. Di sebagian besar film, Sabé sering dijadikan umpan.

Alasan pemilihan Keira karena dia dianggap mirip sekali dengan Natalie Portman. Bahkan, diceritakan saat di lokasi syuting, ibu kedua aktris ini tidak bisa membedakannya anak mereka sesudah mereka berdandan lengkap dengan kostumnya.

3. Berlatih Keras untuk Perannya di Bend It Like Beckham

Berlatih Keras untuk Perannya di Bend It Like Beckham

Dalam film tahun 2002 yang berjudul 'Bend It Like Beckham', Keira berperan sebagai Jules. Dia bermain Jonathan Rhys Meyers serta Parminder Nagra. Film ini merupakan film tentang sepak bola yang meraih kesuksesan yang besar di Inggris kemudian Amerika Serikat.

Di film tersebut, Keira berlatih dan memperlihatkan keterampilan dia dalam bidang sepak bola. Semua dia lakukan sendiri tanpa menggunakan pemeran pengganti atau stuntman. Alasannya ternyata karena pihak perusahaan film tersebut tak mampu untuk menyediakan pemeran pengganti.

Uniknya, di dunia nyata Keira ternyata bukanlah penggemar Manchester United. Dia adalah penggemar West Ham. Karena kesukaannya pada sepak bola, maka tak heran kalau dia begitu bersemangat berakting di film tersebut.

4. Setelah Berperan di Pirates of Caribbean, Dia Dilirik Perfilman Hollywood

Setelah Berperan di Pirates of Caribbean, Dia Dilirik Perfilman Hollywood

Meskipun di Inggris dia sudah terkenal, tapi baru dikenal di Amerika Serikat sesudah dia bermain di film di Pirates of the Caribbean. Film tersebut dirilis ulang di sekitar 1.000 bioskop di AS.

Selain itu, Pirates of the Caribbean juga menjadi film barat yang pertama ditayangkan di TV Korea Utara pada tahun 2010. Film itu diputar untuk merayakan hubungan diplomasi antara Inggris dan Korea Utara.

Saat berperan di Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl yang dirilis tahun 2003-an, Keira baru berusia 17 tahun. Dia juga sempat bertanya apakah film tersebut berdasarkan sebuah wahana di taman hiburan ternama.

Film tersebut sukses meraih box-office dengan penghasilan lebih dari 305 juta dolar AS di box office domestik. Perannya berlanjut sampai seri terakhir film tersebut.

5. Berperan Apik di Film-Film Klasik

Berperan Apik di Film-Film Klasik

Para penonton film-film klasik sudah begitu familiar dengan wajah Keira yang berseliweran di berbagai film zaman dahulu tersebut.

Dia sukses memerankan wanita simpanan di era Victoria atau sebagai wanita mandiri dan wanita yang terlibat dalam Perang Dunia. Dia sukses memainkan tiap peran dengan struktur wajah klasiknya.

Beberapa judul film klasik yang dia bintangi diantaranya adalah The Aftermath, Anna Karenina, The Duchess, Atonement, The Imitation Game dan Pride and Prejudice.

Peran ikoniknya yang sangat terkenal ada di film Pride and Prejudice. Film tersebut dibuat pada tahun 2005. Hingga sekarang film dan novelnya banyak digemari. Saat bermain dalam film tersebut, umurnya baru 19 tahun.

6. Mendapatkan Nominasi Oscar Berkat Pride and Prejudice

Mendapatkan Nominasi Oscar Berkat Pride and Prejudice

Keira Knightley yang berperan sebagai Elizabeth Bennet dalam film adaptasi novel Jane Austen tersebut sukses mendapatkan nominasi Oscar pertamanya berkat perannya di film itu.

Dia mengatakan pada majalah Elle bahwa kesuksesannya mendapatkan nominasi Oscar membuat dia untuk sesaat sedikit terbebas dari para kritikus yang selalu mengkritisi kemampuan aktingnya.

Selama bertahun-tahun orang hanya mengatakan kalau dia berparas cantik tapi tidak benar-benar bisa akting. Sang sutradara Pride and Prejudice, Joe Wright, memberikan komentarnya pada majalah Elle.

Menurutnya, Keira diremehkan orang untuk sementara waktu, tapi ketika dia berakting sebagai Elizabeth Bennet, orang-orang mulai memperhitungkan kemampuannya.

7. Mundur dari Beberapa Film Karena Jadwal yang Bertabrakan

Mundur dari Beberapa Film Karena Jadwal yang Bertabrakan

Keira pernah dipertimbangkan untuk memerankan Kate Meer dalam film Ghost Seeker: Genesis yang disutradarai Neil James. Dia menyukai naskah skenarionya tapi tak bisa ikut dalam film tersebut karena jadwal syutingnya bentrok dengan jadwal film Pirates of the Caribbean: At World's End.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram