Bacaterus / Selebriti / 10 Fakta Katy Perry, Musisi Papan Atas yang Berbakat!

10 Fakta Katy Perry, Musisi Papan Atas yang Berbakat!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Agustus 2019

Katy Perry, penyanyi yang melantunkan lagu “Fireworks” ini berhasil menuai industri permusikan semakin naik daun. Lagu-lagunya yang sangat disukai membuat ia sukses sebagai penyanyi wanita yang sangat terkenal di seluruh dunia. Tak mengherankan jika ia sudah banyak mendapatkan penghargaan yang luar biasa. Bahkan, Katy Perry juga mencatat sejarah baru di Industri permusikan, luar biasa ya!

Selain ketenaran akan lagunya yang enak didengar, Katy Perry juga dikenal sebagai artis yang penuh dengan kontroversi. Mulai dari video klip hingga melibatkan artis lain. Meski begitu, Katty Perry tetap konsisten dengan karyanya.

Katy perry juga seorang fashionista. Pakaiannya yang nyentrik membuat penampilannya semakin tidak biasa. Dan selebihnya, Bacaterus akan mengulas 10 fakta menarik Katy Perry agar kalian tidak semakin penasaran!

1. Katheryn Elizabeth Hudson

Katheryn Elizabeth Hudson

Tahukah kalian kalau sebenarnya nama asli Katy Perry adalah Kathern Elizabeth Hudson? Nama yang elegan nan cantik ini diakhiri oleh nama sang ayah, yaitu Keith Hudson. Ia memendekkan namanya untuk dijadikan sebagai nama panggung menjadi “Katy Hudson”. Nama ini digunakan pada album pertamanya di tahun 2001.

Namun ternyata ada nama artis lain yang serupa yaitu “Kate Hudson” dan untuk menghindari kebingungan orang-orang, akhirnya ia pun mengubah namanya menjadi “Katy Perry”. Nama “Perry” sendiri diambil dari nama ibunya ketika masih remaja. Nama Katy Perry pun digunakan di album selanjutnya hingga sekarang.

2. Memulai Karir dengan Album Religi

Memulai Karir dengan Album Religi

Penyanyi bergaya nyentrik ini ternyata dulunya adalah penyanyi religi, lho! Saat berusia 16 tahun, Katy Hudson dikontrak oleh Red Hill Records untuk merilis debut albumnya, yaitu “Katy Hudson”. Bakatnya dalam menulis lagu menuai banyak kritik dan pujian oleh Allmusic, Christianity Today hingga Billboard.

Sayang, penjualan album tidak memenuhi ekspektasi yang diinginkan. Secara Komersil, Katy gagal membuat albumnya laris. Pasalnya, album pertamanya itu hanya terjual mendekati 200 kopi saja. Setelah itu, Red Hills Records berhenti beroperasi dan hal tersebut juga mengakhiri perjalanan musik religi Katy Hudson.

3. Hidup di Keluarga yang Religius

Hidup di Keluarga yang Religius

Kedua orang tua Katy Perry adalah pastor. Mereka mendidik anaknya dengan religius dan konservatif. Semasa kecil, Katy Perry hanya mendengarkan lagu-lagu rohani saja. Bahkan, ia tidak diperbolehkan membaca buku Harry Potter karena mengandung unsur sihir di dalamnya.

Ayah Katy Perry adalah seorang pastor yang taat. Sungguh mengejutkan jika kini putrinya disebut-sebut bermain di ‘aliran setan’ dalam dunia permusikan. Hal itu membuat sang ayah merasa sedih dan meminta kepada jamaahnya untuk mendoakan putrinya agar kembali ke jalan yang benar. Bahkan, mereka sering bertengkar mengenai profesi Katy sekarang. Sedih, ya?

4. Tercatat Sebagai Sejarah Baru di Industri Permusikan

Siapa sih yang tak kenal dengan lagu Katy Perry? Lagunya yang laku keras di pasaran sukses membuatnya tercatat sebagai sejarah baru di industri permusikan. Katy Perry berhasil menjadi solois pertama yang mendapatkan 3 Diamond Song Award dari RIAA (The Recording Industry Association of America).

Hits-nya yang berjudul “Roar” telah sukses terjual sebanyak 10 juta kopi di seluruh dunia. Begitupun dengan “Fireworks” dan “Dark House” yang juga mendapatkan penghargaan yang sama. Hal ini membuat Katy Perry tercatat sebagai sejarah baru yang berhasil mengoleksi 3 award.

5. Mendapat 4 Penghargaan dari Guinness Book of World Record

Mendapat 4 Penghargaan dari Guinness Book of World Record

Musisi bertalenta yang lagunya sangat diminati di seluruh dunia ini telah mendapatkan  banyak penghargaan. Salah satu penghargaannya ialah Guinness Book of World Record. Sesuai namanya, Guiness Book of World Record adalah buku tentang kumpulan rekor dunia. Hal ini menjadi sorotan untuk Katycat bahwa katy perry berhasil menjadi rekor dunia. Wow!

Ada 4 penghargaan yang diraih oleh Katy Perry yang masing-masing adalah hasil dari kerja kerasnya. Pada tahun 2010 Katy mendapat Best start on the US Digital Chart by a Female Artist. Di tahun 2013 Ia kembali memperoleh penghargaan sebagai First Female with Five Number One US Singles from One Album!

Tahun 2015 Katy juga mendapatkan penghargaan sebagai Most Twitter Followers sebanyak 110 juta followers wah keren! Dan di tahun 2016 sebagai Most Viewed Halftime Performance. Dan yang pasti itu bukanlah penghargaan terakhir dari Guinness Book of World Record  karena pastinya ia masih punya kesempatan yang besar untuk dapat penghargaan kembali bukan?

6. Penyanyi Wanita Pertama yang Memiliki 5 Hits

Penyanyi Wanita Pertama yang Memliki 5 Hits 

Siapa sangka Katy Perry berhasil menyamakan kedudukannya dengan King Pop yaitu Michael Jackson? Pada tahun 2011, album Katy Perry berhasil menduduki 5 hit pemuncak dalam 100 chart Billboard. Tentunya ini menjadi penghargaan untuk penyanyi wanita pertama yang bisa meraih dan menyamakan posisi dengan Michael Jackson. Wah keren! Bahkan, tak tanggung-tanggung banyak yang bilang menyebutkan Katy Perry sebagai Queen pop lho!

7. Penulis Lagu untuk Penyanyi Top

Penulis Lagu untuk Penyanyi Top

Keahlian Katy dalam menulis lagu sudah dilakoni semenjak ia masih remaja. Bakat yang ia aplikasikan dalam lagunya sendiri mampu memberikan kesan yang baik kepada pendengar. Lagu-lagunya banyak yang sukses berkat keahliannya dalam menulis lagu.

Karena bakatnya dalam menulis lagu, Katy Perry juga menuliskan lagu untuk penyanyi terkenal lainnya lho! Seperti lagu Kelly Clarkson yang berjudul “I Do Not Hook Up”, Katy sebagai salah satu song writer berhasil membuat lagu ini masuk ke dalam top chart dunia! Dan banyak juga penyanyi terkenal lain, seperti Selena Gomez, Britney Spears, Miley Cyrus, Ashley, Iggy dan Rita Ora yang lagunya ditulis oleh Katty Perry. Wah, keren banget ya!

8. Konspirasi Mengenai diri Katy Perry

Konspirasi Mengenai diri Katy Perry

Penganut konspirasi tentunya meyakini bahwa Katy bukanlah seorang Katy Perry yang sebenarnya. Mereka percaya bahwa Katy Perry adalah JonBenét Ramsey yang telah meninggal pada tahun 1996 lalu. JonBenét Ramsey adalah bocah berusia 6 tahun yang tewas dicekik di ruang bawah tanah yang hingga kini kasusnya belum terungkap.

Tersebarnya video seseorang yang menjelaskan bahwa JonBenét memalsukan kematiannya dan menjelma sebagai bintang yang tidak lain adalah Katy Perry. Bukan hanya satu orang yang punya teori itu, ada juga akun lain yang mendukung konspirasi tersebut. Haha lucu juga ya kalau dipikir-pikir. Tapi apakah kamu percaya dengan konspirasi ini?

9. Memiliki OCD

Memiliki OCD

Katy Perry ternyata pengidap Obsessive Compulsive Disorder atau OCD. Seperti diketahui, Katy sangat peduli dengan kebersihan bahkan ia terobsesi untuk menyingkirkan semua kuman di tempat tinggalnya. Tak hanya itu, Katy juga selalu menempatkan barang-barangnya berurut sesuai abjad. Dalam akun twitternya ia mengatakan bahwa ia sangat OCD dan lebih baik dipanggil CDO karena itu sesuai dengan urutan abjad.

10. Musisi Wanita dengan Bayaran Termahal

Musisi Wanita dengan Bayaran Termahal

Tahun 2018, Katy menjadi musisi wanita yang bayarannya paling mahal. Total pendapatan yang ia terima sebesar 1,2 triliun wow! Data ini diambil dari Forbes sebuah perusahaan finansial Amerika, yang mana mereka selalu memantau konser katy perry selama satu tahun.

Pendapatan ini banyak berasal dari konser tur Witness yang sebanyak 80 kali tampil di berbagai negara. Pendapatan lainnya ialah ketika Katy menjadi juri di American Idol. Bayaran termahal Katy berhasil mengalahkan musisi papan atas lain yaitu Taylor Swift.

Itulah 10 fakta menarik tentang Katy Perry versi Bacaterus. Sampai Sekarang, dengan gayanya yang nyentrik nan bertalenta tak mengherankan jika sampai sekarang ia tetap terkenal. Pastinya lagu “Fireworks” tetap menjadi pilihan yang tak tergantikan bukan?

Dari kesepuluh fakta di atas, adakah fakta lain yang tak kalah menarik? Yuk, bagikan kepada kami dan pembaca lain di kolom komentar!

Oh iya, kalau kamu suka dengan band ternama Radiohead, kami pernah membahas fakta-fakta menariknya dalam artikel 10 Fakta Band Radiohead ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar