bacaterus web banner retina
Bacaterus / Hiburan / Inilah 10 Fakta Kate Winslet, si Ratu Akting dari Inggris!

Inilah 10 Fakta Kate Winslet, si Ratu Akting dari Inggris!

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 19 Juni 2021

Siapa yang tak kenal Kate Winslet? Dengan karir yang membentang selama tiga dekade, Kate Winslet adalah salah satu aktris paling ikonik di zaman ini. Anda mungkin mengenalnya dari film Titanic, tapi Kate juga diakui aktingnya di film-film lain seperti The Reader, Eternal Sunshine of the Spotless Mind, Divergent the series dan banyak film lainnya.

Tapi, tak ada yang Kate dapatkan secara instan. Kate telah melalui banyak pengalaman dan keanehan yang menjadikannya lebih dari sekadar aktris hebat. Bacaterus mempersembahkan fakta Kate Elizabeth Winslet, aktris berkebangsaan Inggris pemenang Academy Award, Emmy Award, BAFTA, Grammy Award, dan Screen Actors Guild Award.

1. Latihan Akting Sejak Usia 10 Tahun

* sumber: www.instyle.com

Kate Winslet bukan orang yang tiba-tiba akting dengan performa yang pas-pasan. Karena, dia telah memulai training sejak berusia 10 tahun. Jadi, tidak mengherankan bahwa Kate sudah dikenal karena aktingnya selama karirnya berlangsung. Karena Kate sudah mulai pelatihan intensif ketika berusia 10 tahun di Sekolah Drama Redroof (Redroofs Theatre School) di Inggris. Lebih tepatnya pada tahun 1986–1991.

Peran di dunia entertainment pertama Kate adalah di dalam iklan sereal anak-anak ketika usianya 11 tahun. Nama sereal itu adalah Sugar Puffs, sereal manis untuk awal karir yang manis, haha. Lalu, pada usia 17 tahun, Kate mendapatkan peran televisi pertamanya di mini seri Anglo Saxon Attitudes.

2. Pernah Bekerja Sebagai Waitress

* sumber: www.laweekly.com

Ya, tidak semua orang terlahir masyhur. Sebelum memiliki nama besar, Kate pernah bekerja di kedai. Bahkan detik-detik sebelum Kate mendapatkan peran sebagai Juliet Hulme dalam film Heavenly Creatures, dia masih membuat sandwich pastrami di kedai tersebut.

Memang, kerja keras akan berbuah manis. Perannya dalam film Heavenly Creatures ini mengantarkan Kate menjadi pemenang British Film Actress of the Year dalam London Film Critics' Circle pada tahun 1996.

3. Keluarga "Drama"

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=2aa8nW1pPnc

Ayah Kate, Roger John Winslet, adalah seorang kontraktor kolam renang. Sedangkan ibunya, Sally Anne néeBridges adalah seorang barmaid. Lalu, apa dramanya? Kedua orang tua Kate pernah bermain peran juga, di luar dari pekerjaan yang tadi sudah disebutkan.

Lalu, kakek dan nenek Kate dari pihak ibu adalah manajer teater. Begitu pula kedua saudara perempuan Kate, Anna Winslet dan Beth Winslet, yang merupakan aktris juga.

4. Hampir Beku Saat Shooting Titanic

* sumber: collider.com

Kalau membahas Kate pasti yang kita ingat adalah Titanic. Namanya juga kapal Titanic, pasti syutingnya di air, dan pasti itu dingin. Tapi, saat syuting, Kate mengaku sangat kedinginan. Terang saja, syutingnya mengharuskan Kate berlari, berenang dan mengapung di atas air.

Dan itu semua Kate lakukan tanpa pakaian selam. Ya, Kate satu-satunya aktor di Titanic yang selama syuting tidak diberi pakaian selam, karena dia selalu mendapatkan shoot yang memperlihatkan pakaiannya. Totalitas!

5. Mengecat Rambut Berulang Kali untuk Titanic

Masih seputar Titanic, nih. Peran Kate di film ini adalah sebagai Rose DeWitt Bukater, adalah seorang sosialita Amerika. Pada tahun 1912, Rose berniat kembali ke Amerika menaiki kapal RMS Titanic, dengan ibu dan juga tunangan aristokratnya, Caledon Hockley. Namun, selama perjalanan di Titanic, Rose bertemu penumpang kelas tiga, Jack Dawson, dan merasakan yang namanya jatuh cinta.

Selain gayanya yang high class, salah satu yang ikonik dari karakter Rose adalah rambutnya yang keriting, panjang dan merah menyala. Sedangkan rambut alami Kate tidak berwarna merah, tapi lebih ke pirang-stroberi.

Makanya, Kate bolak-balik mewarnai rambutnya dengan warna "Scarlet Strand" alias merah menyala. Kate mengatakan kalau rambutnya rusak parah akibat terlalu banyak dicat dan juga karena terlalu lama syuting di air.

6. Total Film

* sumber: editorial.rottentomatoes.com

Total sudah 30 film yang diperankan Kate! Itu film saja, ya, belum terhitung drama, televisi, dan proyek lainnya yang Kate kerjakan. Beberapa diantaranya adalah Heavenly Creatures Juliet Hulme (1994), Sense and Sensibility (1995), Titanic (1997), Enigma (2001), Divergent (2014) dan Wonder Wheel (2017).

7. Membuat Banyak Prestasi

* sumber: www.rediff.com

Total award milik Kate adalah: peran Marianne dalam Sense and Sensibility (1996), peran Rose dalam Titanic (1998), peran Iris muda dalam Iris (2002), peran Clementine dalam Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2005) dan peran Joanna Hoffman dalam Steve Jobs (2016).

Untuk penampilannya yang luar biasa sebagai Sarah dalam drama Little Children pada tahun 2006, Kate mendapatkan nominasi Academy Award kelimanya. Usianya 31 pada waktu itu, yang menjadikannya aktor termuda yang melakukannya.

Pada tahun 2009, Kate kembali memecahkan rekor untuk perannya dalam The Reader. Dengan award tersebut, Kate menjadi aktor termuda yang telah dinominasikan enam kali pada usianya yang hanya 33 tahun.

8. Oscar Tahun 2009-nya Disimpan di Kamar Mandi

Kita bisa sepakat kalau Kate adalah orang yang humoris. Bagaimana tidak, Oscar yang didapatnya pada tahun 2009 disimpan di kamar mandinya! Ini bermula dari keisengan Kate. Dia ingin orang-orang yang disebutkannya di dalam award, yaitu anak dan ayahnya, membaca Oscar itu.

Dan, memang benar dibaca! Dibuktikan dengan lamanya waktu mereka keluar dari kamar mandi, padahal bunyi flush toilet sudah lama terdengar. Lalu, setelah keluar dari kamar mandi, wajah ayah dan anaknya terlihat semu-semu pink karena malu (sekaligus senang) karena disebutkan di award tersebut.

9. Beberapa Kali Cerai

* sumber: kate%20winslet%20ex%20husband

Kisah cintanya tidak seromantis kisah Rose dan Jack. menurut orang-orang. Suami pertama Kate adalah Jim Threapleton. Usia pernikahan mereka hanya 3 tahun saja. Kate mencampakkan Jim sebelum anak mereka, Mia, berulang tahun yang ke-1.

Lalu, tidak lama setelah itu, Kate mengencani Sam Mendes. Mereka menikah pada Mei 2003, dan mereka telah dikaruniai anak laki-laki bernama Joe. Kate dan Sam bercerai pada 2010.

Setelah itu, kisah perjalanan percintaan Kate sangat berlika-liku. Dia sempat berkencan dengan model, Louis Dowler, yang bahkan tidak sempat lulus satu tahun sudah dicampakkan lagi. Pada tahun 2011, Kate bertemu Abel Smith, yang mengganti namanya menjadi Ned Rocknroll.

Setelah 16 bulan pertemuan mereka, yaitu pada tahun 2012, Kate dan Ned pun menikah tanpa mengundang satupun dari keluarga mereka. Pernikahan mereka masih bertahan hingga sekarang dan telah dikaruniai 1 anak.

Jika dirangkum, inilah deretan lelaki di hidup Kate: Jim Threapleton (1998–2001), Sam Mendes (2003–2011) dan Edward Abel Smith (2012–sekarang). Lalu, di manakah Leonardo DiCaprio? Tolong jangan bersedih para Titanic fans, tapi Kate dan Leo tidak pernah berhubungan lebih dari sekedar teman.

Semenjak perilisan film Titanic, banyak sekali orang yang men"ship" alias menginginkan Kate dan Leo berpacaran sungguhan. Tapi, mereka tidak pernah melakukannya, sebagaimana yang mereka akui, mereka hanya teman.

Bahkan ketika Kate menikah dengan Ned, Leo-lah yang mengantarnya menuju altar, sedangkan keluarga Kate saja tidak ada yang diundang. Well, kita harus bisa menerima kalau perempuan dan laki-laki bisa sangat dekat tanpa perlu jadi something.

10. Hubungan Kate dengan Leo

* sumber: www.elsetge.cat

Di Titanic, Leo dan Kate memang menjalin hubungan romantis. Tapi, peran ini justru mengantarkan mereka ke persahabatan panjang di dunia nyata. Semua orang pasti melihat chemistry Leo dan Kate di film Titanic, tapi bukan berarti mereka jadi pasangan juga di dunia nyata.

Seperti Dude Harlino dan Naysilla Mirdad yang dikenal memiliki chemistry kuat di setiap sinetron yang mereka bintangi, tapi pada akhirnya masing-masing memiliki pasangan yang berbeda di dunia nyata.

Ya, itu tadi kesepuluh fakta menarik tentang Kate Winslet, si ratu akting yang punya banyak prestasi. Nah, selain Kate, kami juga pernah membahas tentang penyanyi ternama, Camila Cabello. Ingin tahu fakta menariknya? Baca di artikel ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram