bacaterus web banner retina

Fakta Karina Aespa, Mantan Ulzzang Penerus Taman Bunga SM

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 25 Juni 2021

Semenjak SM Entertainment mengumumkan akan mendebutkan girl grup baru, para pencinta K-Pop sudah menantikannya. Pasalnya penantian panjang hadirnya girl grup baru dari SM Entertainment ini sudah berhembus sejak tahun 2018 silam. Hingga Akhirnya di paruh akhir tahun 2020, SM Entertainment secara resmi mendebutkan girl grup barunya yang diberi nama Aespa.

Salah satu yang menarik banyak perhatian dari grup ini adalah visual dari leadernya yaitu Karina. Netizen mengatakan saking cantiknya, Karina disebut sebagai penerus dari taman bunganya SM Entertainment. Tak hanya itu, Karina sendiri sebenarnya sudah terkenal bahkan sebelum resmi menjadi trainee di SM. Karina terkenal sebagai ulzzang dan satu-satunya member Aespa dengan foto predebut terbanyak.

Kira-kira apa saja sih fakta-fakta menarik Karina Aespa yang mesti kamu ketahui? Simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Biodata

BiodataSumber: dbkpop.com
  • Nama Lengkap: Yoo Ji Min (유지민)
  • Nama Panggilan: Karina (카리나)
  • Tempat dan Tanggal lahir: Seongnam, 11 April 2000
  • Posisi di Grup: Main dancer, Leader
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiak: Aries
  • Tinggi Badan: 167cm (5’6”)
  • Berat Badan: 45kg (99 lbs)
  • Golongan Darah: B
  • Perusahaan: SM Entertainment

1. Nama Aslinya adalah Yoo Jimin

Nama Aslinya adalah Yoo Jimin

Karina adalah member kedua dari grup Aespa yang dikenalkan secara resmi oleh SM Entertainment pada publik. Karina diperkenalkan lewat foto-foto teasernya di akun Twitter dan Instagram official Aespa pada 27 Oktober 2020 lalu. Setidaknya ada empat foto Karina yang di posting dan langsung membuat headline di berbagai portal berita K-Pop.

Banyak fans yang mengatakan familiar dengan wajahnya, ternyata Karina ini adalah Yoo Jimin. Salah satu trainee SM Entertainment yang paling banyak dibicarakan oleh para netizen sejak tahun 2019. Nama Yoo Jimin sering diperbincangkan semenjak ikut berpartisipasi dalam video musik Taemin “Want”. Yoo Jimin bahkan bisa disebut sebagai salah satu trainee SM paling terkenal selain para trainee di SMRookies.

2. Kisah Dibalik Pemilihan Nama “Karina”

Kisah Dibalik Pemilihan Nama “Karina”

Saat datang ke MBC Radio bersama Kim Shin Young, para member sempat ditanya mengenai pemilihan stage name mereka. Karina, Giselle, Winter dan Ning Ning membagikan kisah dibalik pemilihan nama panggung mereka yang berbeda dengan nama lahirnya. Menurut cerita yang dibocorkan Winter, sebenarnya ia dan Karina diberikan beberapa opsi nama dari perusahaan.

Beberapa nama itu termasuk nama Karina, Jasmine, Snow White, Woo Ah dan Zion dan beberapa nama lainnya yang dianggap cocok. Karina mengatakan dulunya ia hampir debut dengan nama Snow White, tapi ia merasa nama itu lebih cocok untuk Winter dibanding dirinya. Maka itu ia memilih nama Karina yang memang mirip dengan namanya baptisnya yaitu Katarina.

3. Sempat Tersandung Hoax dari Anti Fans

Sempat Tersandung Hoax dari Anti Fans

Karina adalah salah satu trainee SM Entertainment yang paling banyak dibicarakan karena kecantikannya oleh netizen. Namun beberapa bulan sebelum SM Entertainment secara resmi mengumumkan debutnya, nama Yoo Jimin sempat menggemparkan media sosial. Yoo Jimin sempat diberitakan memiliki perilaku yang buruk saat tersebarnya potongan chatting yang disebut milik Yoo Jimin dengan temannya.

Tak lama setelah berita buruk ini tersebar, SM Entertainment mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan menuntut penyebar berita palsu ini ke kepolisian. Pada 14 Oktober 2020, SM Entertainment secara resmi mengajukan gugatan atas fitnah yang menimpa Yoo Jimin. Hal ini juga di bantah oleh teman sekelas Yoo Jimin, ia mengatakan Yoo Jimin sebagai sosok yang ceria, baik hati dan dicintai oleh teman-temannya.  

4. Terkenal sebagai Ulzzang Sebelum Jadi Trainee SM

Terkenal sebagai Ulzzang Sebelum Jadi Trainee SM

Nama Yoo Jimin yang sudah dikenal oleh banyak fans K-Pop karena berbagai foto-fotonya yang tersebar bebas di sosial media. Yoo Jimin ternyata sudah menjadi trainee di SM Entertainment cukup lama yaitu selama 4 tahun. Hebatnya, Yoo Jimin ini ternyata sudah sangat terkenal sejak masa sekolah sebagai salah satu ulzzang di kalangan anak muda Korea. 

Karina atau Yoo Jimin diketahui bersekolah di Seongnam Shingi Elementary School, Jeongja Middle School, Hansol High School. Menurut teman-temannya, Karina di kenal tidak hanya cantik tapi juga seseorang yang ceria dan baik hati. Sebelum debut Karina juga pernah muncul sebagai salah satu perwakilan sekolahnya bahkan Karina juga mengakui bahwa ia di kasting SM lewat DM media sosial.  

5. Inspirasinya adalah SNSD

Inspirasinya adalah SNSD

Saat ditanyakan mengenai siapakah role model mereka, Karina mengatakan bahwa SNSD adalah role model dari agensi yang sama. Lagu “Into the New World” milik SNSD, koreografi tendangan dalam lagu itu adalah hal yang membuat Karina terpesona. Sejak saat itu ia berfikir “Wah, ini dia!”, dari situlah awal mula Karina berfikir untuk menjadi penyanyi.

Karina juga mengatakan bercita-cita untuk bisa mengikuti jejak seniornya SNSD, karena bisa dicintai oleh para fans selama bertahun-tahun. Dalam wawancara di KBS World Indonesia ini juga Karina mengatakan role model lainnya adalah Camila Cabello. Karina sangat menyukai aura dan suara dari Camila Cabello dan mulai menjadi fansnya.

6. Memilih Sekar sebagai Nama Lokalnya

Memilih Sekar sebagai Nama Lokalnya

Fans Indonesia memang suka memberikan nama julukan bagi para idol Korea favorit mereka. Berbeda dengan idol lain yang pilihkan nama oleh para fans, Aespa justru memilih nama lokal mereka sendiri. Dalam konten yang di posting di Youtube KBS World Indonesia, para member Aespa memilih nama lokal kesukaan mereka. Karina memilih nama Sekar yang memiliki arti bunga sebagai nama lokal pilihannya. 

Pada awalnya Winter merekomendasikan nama “Sekar” pada Karina yang langsung disetujui oleh para member lainnya. Meski awalnya kesulitan menyebut nama “Sekar”, Karina langsung menyukai nama ini saat mendengar artinya. Setelah mendengar arti dari nama Sekar adalah bunga, Karina terlihat senang dan merasa bahwa nama ini seperti takdir. 

7. Hobinya Main PUBG

Hobinya Main PUBG

Dalam konten Youtube Aespa yang di posting tanggal 4 Desember 2020, para member berbagi mengenai profil masing-masing. Karina mengatakan bahwa akhir-akhir ini ia sangat tertarik untuk bermain game mobile. Karina mengaku bahwa ia sangat gemar bermain game PUBG, sayangnya ia tidak terlalu mahir saat memainkan game ini.

Lucunya, pengakuan Karina yang tidak mahir saat bermain game PUBG ini dikatakan oleh Ning Ning. Karina yang mendengarkan pendapat Ning Ning mengatakan bahwa ia akan berusaha meningkatkan kemampuannya bermain PUBG. Karina bahkan meminta para fans untuk menantikan saat ia sudah meningkatkan kemampuannya bermain mobile game ini. 

8. Pernah Berkolaborasi dengan Seniornya Di SM Entertainment

Pernah Berkolaborasi dengan Seniornya Di SM Entertainment

Jauh sebelum diumumkan sebagai salah satu member dari grup Aespa di akhir tahun 2020 lalu, Karina sebenarnya sudah pernah berkolaborasi dengan seniornya di SM. Karina yang masih dikenal sebagai Yoo Jimin pernah muncul dalam MV solo Taemin SHINee berjudul “Want” tahun 2019. Bahkan Karina juga beberapa kali menari di panggung, saat Taemin menampilkan “Want” di beberapa acara.

Mendekati debutnya, Karina juga terpilih untuk mendampingi Kai Exo dalam peluncuran mobil Hyundai. Karina menari menemani seniornya Kai Exo yang berhasil menarik perhatian banyak netizen. Pasalnya Karina tidak hanya di nilai cantik, ia juga banyak dipuji karena kemampuan menarinya bersama Kai. Netizen menilai Karina terlihat cantik dan tidak terlihat gugup meski harus menari bersama Kai Exo.

9. Memiliki Ingatan yang Sangat Buruk

Memiliki Ingatan yang Sangat Buruk

Cantik dan sangat berbakat, siapa sangka kalau Karina Aespa ini ternyata memiliki ingatan yang buruk. Hal ini dikatakan langsung oleh Karina dalam salah satu konten Youtube Aespa yang di posting pada 4 Desember 2020 lalu. Dalam salah satu segmennya, Karina mengatakan bahwa kelemahannya adalah memiliki ingatan yang buruk.

Pengakuan Karina mengenai ingatannya ini langsung disetujui oleh para member Aespa lainnya yaitu Giselle, Winter dan Ning Ning. Karina juga menambahkan bahwa ia bahkan bisa melupakan hal yang terjadi di hari sebelumnya. Tak hanya itu menurut Winter, Karina bahkan bisa saja melupakan hal-hal yang baru saja terjadi.

10. Dikenal sebagai Figure “Ibu” oleh Membernya

Dikenal sebagai Figure “Ibu” oleh Membernya

Dikenal sebagai leader dari Aespa, Karina memang sering menunjukkan perhatiannya kepada para membernya. Karina juga mengatakan bahwa hal ini adalah salah satu kekuatannya, dimana ia sangat perhatian pada orang disekitarnya yang langsung disetujui oleh member Aespa. Member Aespa juga mengatakan bahwa figur ibu Karina adalah hal yang biasa mereka rasakan setiap hari.

Karina selalu memperhatikan, memuji dan memberikan semangat pada para membernya. Bahkan fans Aespa menemukan interaksi manis antara Karina dan Ning Ning di atas panggung. Para fans mengatakan setiap Ning Ning akan menyanyikan high note-nya, Karina terlihat selalu tersenyum pada Ning Ning. Para fans mengatakan ini adalah salah satu hal yang manis dan membuktikan betapa dekatnya para gadis ini.

SM Entertainment memang tidak salah memilih Karina sebagai Leader Aespa, pasalnya Karina memang dikenal sangat perhatian dan cantik. Bahkan belakangan ini netizen mengungkapkan bahwa mereka terkejut dengan visual Karina Aespa karena dinilai terlalu cantik layaknya boneka.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram