Bacaterus / Super Junior / 10 Fakta Kangin SuJu: Dulu Dipuja, Kini Mulai Dilupakan

10 Fakta Kangin SuJu: Dulu Dipuja, Kini Mulai Dilupakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 September 2019

Pencinta musik K-Pop pasti tak asing dengan Kangin Super Junior. Seperti member Suju lainnya, Kangin termasuk salah satu idol bertalenta yang serba bisa. Ia tak hanya berbakat di bidang musik, tapi ia juga merambah dunia film dan menjadi presenter handal untuk berbagai acara.

Berbanding terbalik dengan karier Super Junior yang terus bersinar di dunia hiburan, popularitas Kangin justru semakin merosot, sosoknya bahkan sudah ‘menghilang’ selama beberapa tahun belakangan ini. Nah, buat kalian yang ingin tahu lebih banyak soal Kangin dan penyebab hiatusnya, Bacaterus telah merangkum 10 fakta Kangin Super Junior di sini.

Biodata

  • Nama lengkap: Kim Young Woon (김영운)
  • Nama panggung: Kangin (강인)
  • Nama Inggris: Jordan Kim
  • Posisi di grup: Vocalist
  • Tempat dan tanggal lahir: Seoul, Korea Selatan – January 17, 1985
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiak: Capricorn
  • Tinggi badan: 178 cm (5’10”)
  • Berat Badan: 70 kg (154 lbs)
  • Golongan darah: O
  • Twitter: @himsenkangin
  • Instagram: @kanginnim

1. Lolos Audisi SM Entertainment Tahun 2002

Lolos Audisi SM Entertainment Tahun 2002

* sumber: asianentertainmentshowbiz.com

Kangin memiliki perjalanan yang cukup panjang di industri hiburan. Sebelum debut bersama Super Junior, ia terlebih dulu mengikuti audisi 4th SM Youth Best Selection yang diadakan oleh pihak agensi di tahun 2002 silam.

Kangin rupanya sukses menduduki posisi pertama di kategori Best Outward Appearance. Sejak saat itu, idol kelahiran 17 Januari 1985 ini menandatangani kontrak dengan SM Entertainment dan menjadi trainee di sana.

2. Tukang Bully di Super Junior

Tukang Bully di Super Junior

* sumber: www.beranda.co.id

Sudah bukan rahasia lagi bila Kangin punya sifat yang sedikit nakal dibandingkan dengan member Super Junior lainnya. Bahkan di kalangan para penggemar, Kangin dikenal sebagai si tukang bully yang sering usil pada member lainnya. Korban keisengan Kangin tentu saja member Suju yang lebih muda, salah satunya adalah Eunhyuk.

Orang yang tidak mengenal Kangin dengan baik pasti akan menganggap Kangin sebagai orang yang sangat menyebalkan. Tapi jangan salah sangka, Kangin sebenarnya sangat baik, kok. Para member Suju juga pernah mengungkapkan kalau Kangin punya sifat yang cukup sensitif dan sangat menyayangi member lain.

3. Sering Disebut Father of Suju

Sering Disebut Father of Suju

* sumber: www.kapanlagi.com

Di balik sikap usilnya, Kangin sebenarnya sangat sayang dan perhatian pada orang lain, terutama member Super Junior yang lebih muda darinya. Karena sikap pedulinya tersebut Kangin akhirnya sering dijuluki sebagai father of Super Junior alias bapak di dalam grup, sedangkan sosok ibunya adalah Leeteuk yang tak lain merupakan leader Super Junior.

4. Ikut Beberapa Sub-Unit

Ikut Beberapa Sub-Unit

* sumber: www.idntimes.com

Super Junior memiliki beberapa sub-unit yang pastinya sudah dikenal oleh para ELF. Kangin sendiri tergabung di sejumlah sub-unit, salah satunya adalah Super Junior-T yang terbentuk pada tahun 2007. Sub-unit ini menonjolkan musik trot dan pernah mempopulerkan lagu bertajuk “Rokuko”. Selain Kangin, sub-unit ini juga beranggotakan Leeteuk, Shindong, Sungmin, Heechul,  dan Eunhyuk.

Kangin juga tergabung dalam sub-unit Super Junior-H atau sering disebut juga dengan Super Junior-Happy. Anggota lainnya adalah Leeteuk, Shindong, Yesung, Eunhyuk, dan Sungmin. Sub-unit inipun pernah merilis beberapa lagu seperti “Cooking? Cooking!” dan “Pajama Party”.

5. Laris Jadi Host Acara TV

Laris Jadi Host Acara TV

* sumber: www.eonline.com

Menyanyi bukanlah satu-satunya kelebihan Kangin. Kangin dikenal sebagai idol yang talkative alias pandai bicara, karena itu ia sering menjadi penyair radio bahkan sangat mahir melakoni pekerjaannya sebagai seorang host atau presenter. Jadi jangan heran bila Kangin sering muncul di berbagai acara TV, baik itu acara musik maupun reality show lainnya.

Di sepanjang kariernya, Kangin pernah menjadi MC untuk acara M!Countdown, Show! Music Core, atau di Show Champion. Idol ini juga pernah membintangi beberapa reality show, salah satu yang paling terkenal adalah We Got Married (Season 1), di mana Kangin dipasangkan dengan aktris cantik Lee Yoon Ji.

6. Pernah Merilis Beberapa Lagu Solo

Pernah Merilis Beberapa Lagu Solo

* sumber: channel-korea.com

Kemampuan Kangin dalam hal musik sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain aktif menyanyi bersama grupnya, Kangin juga pernah menyanyi solo untuk beberapa soundtrack film. Di tahun 2015, Kangin pernah menyanyikan lagu berjudul “Please Call My Name” untuk film “The Cat Funeral”.

Masih di tahun yang sama, Kangin juga menyanyikan lagu “Memories” untuk soundtrack drama “D-Day” dan langsung mendapat respon positif dari para penggemar. Masih di luar aktivitas Suju, Kangin juga pernah berduet dengan penyanyi Kim Jang  Hoon di lagu “Don’t Cry, My Man”.

7. Terjun ke Dunia Akting

Terjun ke Dunia Akting

* sumber: starleery.blogspot.com

Tak hanya soal musik atau dunia presenter, Kangin rupanya juga sempat terjun ke dunia akting. Di dunia hiburan Korea, seorang idol-aktor memang sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang, tapi kemampuan akting Kangin tentu tak bisa dianggap remeh.

Kangin mengawali karier aktingnya di beberapa serial TV. Ia tercatat pernah muncul di serial “A Man and a Woman”, sitkom “Rainbow Romance”, hingga serial “Billie Jean, Look at Me”. Tapi debut akting Kangin yang sebenarnya adalah saat ia bermain di film “Attack on the Pin-Up Boys”, sebuah film yang diproduksi oleh SM Pictures dan dibintangi ramai-ramai oleh semua member Super Junior.

Sejak saat itu Kangin pun diketahui beberapa kali membintangi film maupun drama, sebut saja drama “Romance Zero”, film “Hello, Schoolgirl”, dan juga “The Cat Funeral”.

8. Diet Ekstrim Demi Comeback Super Junior

Diet Ekstrim Demi Comeback Super Junior

* sumber: aminoapps.com

Penampilan adalah hal yang sangat penting bagi seorang idol, jadi tak heran bila Kangin juga berusaha untuk selalu tampil sempurna di hadapan semua orang. Apalagi saat comeback Super Junior tiba, Kangin sampai rela melakukan diet ketat agar visualnya makin mempesona.

Misalnya di tahun 2012 lalu, saat itu Kangin tampak lebih chubby setelah menyelesaikan tugas wajib militernya. Karena Super Junior akan comeback di tahun yang sama, Kangin pun melakukan diet ketat untuk mengembalikan bentuk tubuh idealnya.

Dalam sebuah acara, Kangin sempat mengatakan bahwa ia melakukan diet yang cukup ekstrim, yaitu hanya memakan sayur dan daging dalam porsi kecil, ia juga tidak mengonsumsi karbohidrat dan hanya minum sedikit air. Jika ia merasa lapar, Kangin lebih memilih memakan 1 buah strawberry saja.

Usaha Kangin tak sia-sia karena ia berhasil menurunkan berat badan hingga 15 kg hanya dalam waktu sekitar 27 hari. Sayangnya, Kangin mengalami beberapa masalah kesehatan seperti dry eye syndrome dan tekanan darahnya meningkat karena diet ekstrimnya itu. Karena terlalu banyak efek samping, Kangin pun melarang orang lain meniru diet ekstrimnya yang berbahaya.

9. Sering Terlibat Kontroversi

Sering Terlibat Kontroversi

* sumber: www.koreaboo.com

Di antara member Super Junior, Kangin bisa disebut sebagai member yang paling banyak menuai kontroversi. Tahun 2007 silam Kangin memiliki jadwal pekerjaan yang bentrok antara dua stasiun televisi, yaitu SBS dan MBC. Sesuai keputusan agensi, Kangin meninggalkan pekerjaannya di MBC sehingga stasiun televisi tersebut sempat mencekal Super Junior.

Di tahun 2009, Kangin terlibat perkelahian dan dituduh melakukan penyerangan hingga harus berurusan dengan polisi. Masih di tahun yang sama, Kangin lagi-lagi terjerat masalah karena kasus DUI alias menyetir dalam kondisi mabuk. Tak hanya satu kali, Kangin terlibat kasus yang sama di tahun 2016 dan harus menjalani proses hukum.

Beberapa bulan setelahnya, Kangin kembali menyita perhatian gara-gara melakukan kekerasan terhadap seorang wanita. Di tahun 2019, Kangin juga sempat terseret dalam skandal Burning Sun yang sangat menghebohkan Korea Selatan. Meski belum ada bukti kuat, Kangin disebut-sebut pernah masuk ke dalam grup chat mesum yang menjerat beberapa selebriti seperti Jung Joon Young dan Seungri.

10. Hiatus

Hiatus

* sumber: www.koreaboo.com

Kangin dinyatakan hiatus dari dunia hiburan setelah terlibat kasus DUI kedua pada tahun 2016. Ia pun harus rela tidak ikut comeback Super Junior dan tidak melakukan aktivitas apapun di dunia hiburan. Di sisi lain, banyak penggemar Super Junior yang mulai berpaling dari Kangin, bahkan tak sedikit fans yang berharap agar Kangin didepak keluar dari Super Junior.

Menurunnya karier Kangin memang sangat disayangkan sekali, padahal grup Super Junior masih terus eksis sampai saat ini. Kabar baiknya, Kangin masih terus menjalin hubungan baik dengan member Super Junior yang lain meskipun dirinya vakum dari dunia musik.

Nah, itu dia 10 fakta Kangin Super Junior mulai dari masa-masa debut hingga sekarang. Kalau kalian punya fakta menarik lainnya soal Kangin,  jangan lupa tuliskan di kolom komentar, ya! Siapa tahu ada ELF atau fans Kpop baru yang belum tahu banyak mengenai idol yang satu ini. Kunjungi artikel fakta Super Junior untuk tahu lebih dalam seputar boyband tersebut.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *