bacaterus web banner retina

11 Fakta Jungle Cruise, Film Aksi Petualangan dari Disney

Jungle Cruise merupakan film aksi-petualangan fantasi besutan Jaume Collet-Serra dengan Glenn Ficarra, John Requa, serta Michael Green sebagai penulis skenarionya. Film produksi Walt Disney Pictures ini dirilis tahun 2021.

Jungle Cruise ceritanya didasarkan pada sebuah atraksi dengan nama yang sama yang berada di Taman Hiburan Magic Kingdom, Walt Disney.

Aktor dan aktris yang berperan dalam film ini di antaranya Dwayne Johnson, Emily Blunt, Jesse Plemons, Edgar Ramírez, Jack Whitehall serta Paul Giamatti.

Untuk menciptakan film ini, banyak usaha yang dilakukan supaya bisa meraih sukses sebagai film blockbuster. Jadi pastinya banyak cerita di balik layar yang menarik untuk diungkap. Berikut ini fakta seru seputar film Jungle Cruise.

1. Berdasarkan Wahana di Disneyland

fakta-jungle-cruise-1_

Jungle Cruise merupakan film lainnya yang dibuat berdasarkan wahana permainan di taman hiburan Disneyland. Wahana ini berupa perjalanan menaiki kapal menyusuri sungai dan hutan.

Sebelumnya sudah ada film serupa, seperti Pirates Of The Caribbean serta Haunted Mansion. Kedua film tersebut awalnya adalah wahana permainan dan kemudian dirilis menjadi film yang populer. 

Film Jungle Cruise memiliki banyak kemiripan dengan wahananya. Di film juga muncul beberapa karakter yang ditemui selama perjalanan berlayar dengan kapal tersebut, seperti Trader Sam serta Nilo Nemilato.

Selain itu, di dalam film ini juga dimunculkan lelucon-lelucon khas nakhoda kapal saat berlayar. Film ini sangat mencerminkan perjalanan atraksi wahana Jungle Cruise.

2. Terinspirasi Indiana Jones

fakta-jungle-cruise-2_

Para pemain dan kru film Jungle Cruise dalam sebuah wawancara mengungkapkan bahwa estetika dan karakter yang ada di film ini sangat terinspirasi oleh Indiana Jones. Menurut catatan situs Syfy.com karakter Emily Blunt sangat dipengaruhi oleh karakter asli Harrison Ford dalam serial Indiana Jones

Tak sulit untuk melihat persamaan di antara kedua film tersebut. Baik Indiana Jones maupun Jungle Cruise, keduanya menampilkan petualangan yang dengan latar hutan. Tak hanya itu, kedua film juga memiliki cerita yang sama yaitu tentang pencarian tanah yang hilang serta artefak yang tersembunyi.

3. Tokoh Utama Perempuan Mengenakan Celana Panjang

fakta-jungle-cruise-3_

Jungle Cruise merupakan film dengan latar abad ke-20. Jadi, tak mengherankan jika pemeran utama wanitanya juga mengenakan celana panjang. Ini merupakan pilihan kostum yang lebih masuk akal. 

Biasanya dalam film laga modern, pemeran utama wanita akan banyak melakukan aksi laga. Tokoh utama perempuan akan banyak bertarung dan melakukan aksi lainnya, tapi dengan menggunakan sepatu hak tinggi atau berbalut pakaian yang minim.

Misalnya saja karakter utama perempuan dalam Wonder Woman atau Cat Woman, keduanya menggunakan heels

Karena itulah salah satu hal terbaik dari Jungle Cruise adalah kostum karakter utama perempuannya, yaitu Lily Houghton. Pakaian yang dia kenakan sesuai dengan penggambaran karakter Lily yang gigih dan pemberani. 

4. Emily Blunt Meng-ghosting Dwayne Johnson

fakta-jungle-cruise-4_

Saat sedang melakukan promo film Jungle Cruise, Dwayne Johnson juga mengungkapkan kepada majalah NME bagaimana Emily Blunt ikut dalam proyek film tersebut.

Dwayne Johnson alias The Rock merupakan penggemar dari Emily Blunt. Oleh karena itu, dia berharap bisa mengajak Emily untuk terlibat dalam film tersebut. Namun, aktris malah meng-ghosting Dwayne.

Dia mengacuhkan pesan video dari Dwayne. Adalah sutradara Jaume Collet-Serra yang berhasil membujuk Emily untuk mau bergabung. Terlepas dari semua hal tadi, inspirasi Indiana Jones-lah yang akhirnya meyakinkan sang aktris.

5. Seksualitas Karakter MacGregor Houghton

fakta-jungle-cruise-5_

Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit, karakter MacGregor Houghton yang diperankan oleh Jack Whitehall merupakan karakter gay kedua dalam film produksi Disney.

Dalam sebuah adegan, MacGregor menjelaskan pada Frank (Dwayne Johnson) bahwa ada wanita yang ingin menjalin hubungan dengannya. Namun dia menolak dengan mengatakan kalau dia tertarik pada yang lain. 

MacGregor juga menceritakan bagaimana keluarganya tidak mengakui dirinya dikarenakan ketertarikan romantisnya yang berbeda. Hanya Lily (Emily Blunt) satu-satunya anggota keluarga yang mendukungnya. Oleh karena itulah dia mau menemani sang kakak dalam petualangannya.

Adegan tersebut menggambarkan bagaimana kedua karakter tersebut saling terbuka dan menerima satu sama lain. Penggambaran seksualitas McGregor ini menimbulkan kontroversi dan dikritik karena film ini dianggap tidak berani mengeksplorasi hal tersebut lebih jauh. 

6. Kemunculan Proxima

fakta-jungle-cruise-6_

Salah satu karakter yang bisa dijumpai ketika mengikuti tur dengan kapal di wahana Jungle Cruise Disneyland adalah seekor jaguar. Karakter jaguar yang bernama Proxima ternyata muncul juga dalam film live-action-nya. Proxima merupakan hewan peliharaan Frank. 

Agar Lily Houghton terkesan dengan dirinya dan kesepakatannya dengan Lily untuk menyediakan transportasi aman, maka dia pura-pura bertarung dengan Proxima di tengah kantin di Porto Velho.

Dia sukses mengusir Proxima dan semua orang di dalam kantin selamat. Karenanya, Lily pun terkesan dan setuju menyewa Frank untuk menjadi nakhoda dalam ekspedisinya.

Proxima merupakan jaguar produk CGI. Dia adalah karakter yang sangat menyenangkan di Jungle Cruise dan anggota ekspedisi yang penting.

7. Jungle Cruise Terkait dengan "Behind the Attraction"

fakta-jungle-cruise-7_

Channel Disney+ memiliki program dokumenter berjudul Behind The Attraction. Program ini memperlihatkan lebih jauh keterkaitan antara film dengan wahana Disneyland. Program dokumenter ini juga terkait dengan produksi film, salah satunya adalah Jungle Cruise.

Program dokumenter ini tak hanya menampilkan beberapa cuplikan eksklusif, tapi juga diproduksi langsung oleh bintang dari Jungle Cruise, yaitu Dwayne Johnson. Produksi dokumenter dari Disney+ ini juga digunakan untuk promosi film dan memperlihatkan kecintaan Dwayne pada dunia produksi.

8. Kapal La Quila Ada Dua

fakta-jungle-cruise-8_

La Quila merupakan kapal yang dimiliki oleh Kapten Frank Wolff. Kapal ini bisa berfungsi penuh dan bisa digunakan di laut. Perancang produksi film ini, Jean-Vincent Puzos, serta pengawas efek khusus, James (J.D.) Schwalm melengkapi La Quila dengan berbagai gadget

Kapal ini merupakan salah satu karakter protagonis dalam film. Ternyata kapal ini memiliki kembarannya yaitu La Quila versi kedua yang mempunyai berat 139 kg. Kapal La Quila kedua ini digunakan untuk akrobat. Kapal ini bisa berputar, miring ke samping dan bergoyang maju-mundur.

La Quila yang digunakan untuk film tidak memakai bahan bakar apa pun untuk menggerakkannya. Pembuat film ingin bahan bakar yang ramah lingkungan, maka digunakanlah motor listrik untuk penggerak kapalnya. 

9. Frank dan Lily Tidak Langsung Saling jatuh Cinta

fakta-jungle-cruise-9_

Dalam film yang melibatkan pemeran utama pria dan wanita, kisah asmara hampir tidak bisa dihindari. Di akhir cerita, keduanya biasanya akan terlibat dalam hubungan yang romantis. Namun hal tersebut tidak bisa dipastikan pada hubungan Frank dan Lily. 

Hubungan mereka dimulai saat Lily terlihat kecewa terhadap Frank. Dr. Lily Houghton dengan jelas menganggap Frank orang yang menyebalkan dan tidak jujur.

Hubungan diantara keduanya baru berkembang setelah MacGregor, adik Lily, terpisah dari keduanya. Waktu berduaan mereka berubah jadi romansa. Akhirnya mereka jadi pasangan seperti yang diharapkan penonton.

10. Kisah Cinta yang Ramah untuk Ditonton Keluarga

fakta-jungle-cruise-10_

Di film Jungle Cruise terdapat kisah romansa antara tokoh utamanya, yaitu Frank dan Lily. Namun jenis romansa yang disajikan adalah bukan romansa yang membara, melainkan kisah romansa yang bisa ditonton keluarga. 

Diceritakan kalau Lily tak bisa berenang, jadi dia harus mengandalkan bantuan Frank untuk sampai ke sebuah pohon. Ini merupakan adegan satu-satunya dan pertama penonton akan mendengar Lily mengatakan dia takut. Jika diperhatikan di hampir keseluruhan film, Lily selalu tampak tegar dan pemberani. 

Ternyata ketakutannya itu karena pengalaman buruk ditinggalkan oleh Frank sendirian saat berada di bawah air. Frank melakukan itu karena dia harus melawan piranha untuk menyelamatkan hidup Lily. Penonton tak akan menyaksikan adegan romansa lama-lama karena keduanya lebih sering terlibat dalam perdebatan yang disajikan secara komedi.

11. Terinspirasi Zaman Renaisans

fakta-jungle-cruise-11_

Untuk karakter conquistador atau sang penakluk, Paco Delgado sang perancang kostum mempelajari baju besi zaman Renaisans Spanyol milik para bangsawan juga orang-orang istana. Baju besi yang digunakan bukanlah baju besi untuk perang tapi baju besi untuk pertunjukkan atau parade.

Keindahan baju besi zaman Renaisans membuat tim produksi film terpikat untuk memasukkan desain ini dalam film. Untuk menghasilkan baju besi yang dibuat menggunakan gold leaf lengkap dengan detail ukirannya, Paco Delgado harus mencari workshop-nya hingga ke Budapest.

Itulah 11 fakta Jungle Cruise, film laga petualangan yang didasarkan pada sebuah wahana Disneyland dengan nama yang sama. Film yang dibintangi oleh Dwayne “The Rock” Johnson dan Emily Blunt ini sukses di dalam negeri tapi tak berhasil meraih pendapatan yang memuaskan di Cina.

Untuk para penggemar film petualangan seperti Indiana Jones, Jungle Cruise bisa dijadikan tontonan pilihan. Apalagi menurut faktanya, Jungle Cruise terinspirasi oleh Indiana Jones. Tertarik untuk menonton film ini di liburan akhir pekan?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram