Bacaterus / BTS / 10 Fakta Jungkook BTS yang Harus Diketahui Kookie’s Stan

10 Fakta Jungkook BTS yang Harus Diketahui Kookie’s Stan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Halo para Adorable Representative M.C for Youth alias A.R.M.Y! Kita sebagai ARMY pasti sayang sama semua member Bangtan, tapi kali ini author Bacaterus mau ngebahas tentang sepuluh fakta Jungkook BTS khusus buat para Kookie’s stan!

Nama lengkap Jungkook adalah 전정국 (baca: Jeon Jeong-guk/Jungkook). Makanya ada yang manggil Jungkook sebagai Jungkookie, Kookie, Gukkie, dan Jeongguk. Kalau kamu, suka manggil Jungkook seperti apa? (Please jangan bilang “sayang”).

Jungkook lahir pada tanggal 1 September 1997, yang membuat dia jadi maknae a.k.a yang termuda a.k.a bungsu di BTS. Posisi Jungkook di BTS adalah main vocalist dan dancer. Nah, sekarang mari kita bahas sepuluh fakta menarik tentang Jungkook, yuk!

Biodata

  • Nama lengkap : Jungkook (정국)
  • Nama panggung : Jeon Jeong-guk (전정국)
  • Nama panggilan :
  • Posisi di grup : Main Vocalist, Lead Dancer, Sub Rapper, Center, Maknae
  • Tempat dan tanggal lahir : Busan, Korea Selatan. 1 September 1997
  • Zodiac : Virgo
  • Golongan darah : A

1. Maknae di Mana-mana

Maknae di Mana-mana fakta Jungkook BTS

Jungkook merupakan bungsu di BTS maupun di keluarganya. BTS punya tujuh member dan dia adalah satu-satunya yang lahir pada tahun 1997, sedangkan sisanya lahir pada tahun 1995, 1994, 1993, dan 1992. Lalu, di keluarganya Jungkook punya satu hyung (kakak laki-laki) yang bernama 전정현 (baca: Jeon Junghyun).

Di dorm BTS, Jungkook adalah member yang paling disayang semua hyung-nya. Mungkin selain karena paling kecil, Jungkook pertama kali datang menjadi trainee di Big Hit Entertainment (perusahaan yang menaungi BTS) saat usianya masih sangat muda, yaitu waktu masih SMP. Akhirnya, secara naluriah semua member BTS menjelma menjadi sosok kakak sekaligus ayah yang mengasuh Jungkook.

Di balik kamera dan panggung, sosok Jungkook sangat loveable. Dia adalah anak yang lucu, ceria, jahil, dan manja pada para hyung-nya. Karena Jungkook adalah maknae, dia tidak merasa takut berbuat salah. Kenapa? Karena para hyung-nya tidak akan memarahinya, secara, dia kan maknae di sini. Makanya dia sering banget ngeledekin dan ngejahilin hyung-hyungnya. Dasar, ya?

Meskipun merupakan seorang maknae, Jungkook bisa dibilang lebih dewasa daripada hyung-hyungnya dalam beberapa hal. Pertama, Jungkook itu paling berani. Dia tidak pernah takut ketika ditantang melakukan game apa pun dan justru dia menyukai tantangan.

Jungkook tidak takut hantu, ketinggian, permainan di wahana hiburan, permainan menyentuh sesuatu di kotak sambil tutup mata, pokoknya dia tidak ada takut-takutnya sama apa pun.

Kedua, dari body juga bisa dibilang Jungkook paling manly karena sekarang dia termasuk member yang paling tinggi sekaligus yang badannya paling terbentuk (abs dan otot di mana-mana!)

Dia juga merupakan member yang paling kuat, bahkan sejak dia berusia 15 tahun (dia mengangkat Jimin di koreografi lagu “No More Dream” dan mengangkat Suga di lagu “War of Hormone” sejak awal debut), paling hebat dalam olahraga, dan paling cepat dalam berlari.

Intinya, Jungkook hebat dalam melakukan (hampir) semua hal, bahkan hal yang baru sekalipun untuk Jungkook, dia bisa langsung menguasainya. Makanya, Jungkook dijuluki Golden Maknae alias si bungsu yang bisa melakukan apa saja.

2. Dulu, Jungkook itu Pemalu Berat, Loh!

Jungkook itu Pemalu Berat

Tapi, percayakah kamu kalau si Golden Maknae ini orangnya super pemalu dan introvert? Bang Sihyuk—CEO Big Hit Entertainment—dan juga para hyung Jungkook mengatakan kalau dulu Jungkook sama sekali tidak mau bernyanyi ketika diminta.

Ketika disuruh bernyanyi, apalagi di hadapan banyak orang, Jungkook akan menundukkan wajahnya, menggerak-gerakkan tubuhnya, dan diam saja selama 15 menit. Makanya, staf Big Hit sempat berpikir kalau Jungkook tidak mungkin di-debut-kan karena tidak terlihat memiliki bakat. Tapi, berkat kerja kerasnya, sekarang Jungkook menjadi member BTS yang bersinar.

Pernah di suatu wawancara reality show, Jungkook mengatakan kalau dia itu tipe introvert. Dia merasa tak nyaman ketika bertemu orang baru dan berada di keramaian, jadi dia lebih memilih untuk sendiri dan berada di tempat yang sepi.

Akan tetapi, dalam reality show tersebut (Celebrity Bromance), Jungkook belajar untuk keluar dari zona nyamannya. Akhirnya dia pun dapat membuat teman baru dari acara tersebut, yaitu Lee Minwoo member Shinhwa.

Sekarang teman-teman selebriti Jungkook juga semakin banyak, yang sudah ter-ekspos adalah Suwoong Boys Republic, Yugyeom dan Bambam GOT7, lalu Dokyeom, Mingyu dan The8 Seventeen, serta Jaehyun NCT.

Author tidak tahu awal pertemanan Jungkook dengan Yugyeom dimulai dari mana, tapi sepertinya mereka berdua mulai dekat setelah acara olahraga antar idol, yaitu ISAC. Setelah itu hubungan mereka berdua semakin dekat, bahkan mereka terlihat oleh fans keluar bersama untuk main bowling.

Lalu, ketika di acara musik ada kolaborasi antar idol yang masih muda-muda (sekitar kelahiran tahun 1997), Jungkook mulai dekat dengan idol-idol yang ikut dalam kolaborasi tersebut. Di antaranya adalah Bambam, Dokyeom, Mingyu, dan The8. Mereka pun membentuk group chat dan geng bernama ’97 liners. Sedangkan Jaehyun NCT menyusul masuk ke grup karena satu sekolah dengan Dokyeom.

Sedangkan pertemanan Jungkook dengan Suwoong kemungkinan besar karena dulu Suwoong merupakan mantan calon member BTS. Iya, Suwoong itu dulu trainee Big Hit Entertainment, loh! Bahkan dulu Suwoong ada di tim yang jadi cikal bakal BTS (format membernya tidak sama dengan member yang sekarang).

Di acara “The Unit”, Suwoong mengatakan kalau dia dulu bahkan sudah recording dan sudah foto untuk album jacket (cover album), tapi ternyata tim tersebut dipecah lagi. Akhirnya Suwoong pindah agensi dan debut di grup Boys Republic.

3. Suara Manisnya Mengalihkan Dunia

Jungkook punya suara yang sangat khas. Suaranya manis dan lembut. Walaupun kamu bukan Jungkook stan atau pun tidak tahu BTS sama sekali, kalau sudah mendengar Jungkook bernyanyi pasti langsung hapal, deh, sama suaranya. Jungkook dikenal juga dengan nyanyiannya yang soulful namun cocok dalam berbagai genre musik baik itu pop, R&B, dan hiphop.

4. Cinta Kebersihan, Banget!

Fakta Jungkook BTS yang selanjutnya adalah, Jungkook merupakan member BTS yang terbersih. Dia sangat sensitif dengan kebersihan dan kerapihan. Jungkook pernah komplain sama hyung-hyungnya karena tidak membuang kapas sehabis menghapus make up. Terus tutup pembersih make up juga tidak ditutup lagi. Akhirnya dia yang suka membuang kapas-kapas bekas tersebut ke tempat sampah.

Jungkook juga sensitif terhadap bau. Makanya dia suka pakai parfum yang wanginya lembut (kebanyakannya adalah parfum untuk cewek). Jungkook juga suka aroma sabun dan dia berharap akan ada parfum yang baunya seperti sabun.

Eh, walaupun begitu, kamar si maknae BTS ini merupakan yang paling berantakan di antara kamar member lainnya. Di kamar Jungkook terlalu banyak barang, sebut saja lemari es, tiga komputer (iya, tiga, soalnya Jungkook suka main game), music equipment, sama video editing equipment. Sisanya normal, sama seperti kamar pada umumnya, yaitu ada kasur, pakaian, dan sebagainya.

Makanya, dulu Jungkook suka “ngungsi” ke kamar member lain. Paling sering Jungkook bobok di kasurnya Jin, Jimin, dan J-hope. Tapi, kalau sekarang author tidak tahu apakah Jungkook masih suka mengungsi atau tidak, soalnya mereka, kan, baru pindah dorm di tahun 2018 ini. Dan, belum ada informasi apa-apa mengenai kamar roommate member yang terbaru.

5. Selain jadi Main Vocal, Jungkook juga ada di Dance Line

Jungkook juga ada di Dance Line

Jungkook adalah main vocalist-nya BTS. Tapi, tidak hanya itu, Jungkook juga termasuk dalam Dance Line alias jajaran member BTS yang jago banget menari. Kepiawaian Jungkook menari dimulai ketika dia belajar B-boying saat kelas 1 SMP.

Walaupun begitu, Big Hit Entertainment merasa tarian Jungkook belum terasa “bernyawa.” Makanya, pada tahun 2012 (setahun sebelum BTS debut), Jungkook dikirim Big Hit ke LA untuk belajar menari dengan Lifestyle (akademi tari terkenal). Kini, bisa kalian lihat sendiri kemampuan tari Jungkook seperti apa, kan?

6. Jungkook Jago Gambar, Mau Digambar sama Jungkook?

Jungkook Jago Gambar, Mau Digambar sama Jungkook?

* sumber: twitter.com

Fakta Jungkook BTS yang selanjutnya, Jungkook itu jago gambar! Bukan gambar realistis atau lukisan pemandangan, tapi Jungkook bisa menggambar karikatur dengan sangat baik. Lihat saja gambar di atas. Itu adalah gambar wajah para member BTS yang digambar oleh Jungkook. Gambarnya itu bahkan dijadikan official merchendise BTS!

Nampaknya darah seni memang mengalir di keluarga Jeon, karena kakaknya Jungkook juga pandai menggambar. Kamu bisa melihat karya hyung-nya Jungkook di Instagram @jeon576. Kebanyakan hasil gambar kakaknya Jungkook itu para member BTS, loh.

7. Gamer Kelas Kakap

Gamer Kelas Kakap

* sumber: aminoapps.com

Kalau ARMY sejati pasti sudah tahu Jungkook itu gamer kelas kakap. Sejak dulu, bahkan sebelum para member BTS lainnya bermain game online, Jungkook sudah jago. Game favorit Jungkook adalah Overwatch. Tapi, ternyata ada member yang suka main Overwatch sama Jungkook, yaitu V dan Suga.

8. Cover Song Monster

Jungkook dikenal suka meng-cover lagu. Kalau dihitung, jumlah cover lagu yang dilakukan Jungkook sudah sangat banyak, bahkan jauh melebihi para member BTS lainnya yang suka cover juga.

Beberapa hasil cover lagu Jungkook adalah Zion.T – Working, Adam Levine – Lost Star, Tori Kelly – Paper Hearts, Justin Bieber – Nothing Like Us (Jungkook seorang Belieber, loh), dan Carlie Puth – We Don’t Talk Anymore yang bisa kamu tonton di atas.

Tidak hanya cover lagu, Jungkook juga sekarang serius memproduksi lagu, baik untuk BTS dan untuk proyek solo. Lagu hasil produksi Jungkook yang sudah terbit di antaranya adalah Begin, lagu solo Jungkook dalam Album BTS “Wings.”

9. Bertalenta juga di Bidang Video Making

Bertalenta juga di Bidang Video Making

Belum lama ini Jungkook tertarik dengan video making dan editing. Dia bahkan membeli peralatan layaknya profesional seperti kamera, stabilizer, microphone, tripod, dan lensa super zoom. Dia sering membawa peralatan ini ke mana-mana.

Jungkook memulai debut-nya sebagai video maker dengan G.C.F in Tokyo (정국&지민), yaitu video Jungkook dan Jimin ketika mereka berdua liburan bareng ke Jepang. Kamu bisa menonton video buatan Jungkook di channel YouTube resmi anak-anak BTS, yaitu BangtanTV. Selain video, Jungkook juga kerap meng-upload hasil jepretan dan editan fotonya di akun Twitter resmi mereka @BTS_twt.

10. Pekerja Keras

Pekerja Keras

Pembahasan fakta Jungkook BTS kali ini telah selesai. Topik terakhir yang mau author bahas adalah bagaimana kerja kerasnya seorang Jeon Jungkook. Maknae BTS ini punya moto “lebih baik mati daripada tak punya gairah hidup” atau jika diterjemahkan lebih lembut lagi menjadi “hidup tanpa gairah itu sama saja seperti mati.” Dengan motonya itu, Jungkook bekerja sangat keras untuk menggapai cita-citanya.

Bayangkan saja, Jungkook debut pada usia 15 tahun, dan dia trainee selama tiga tahun. Berarti dia sudah berlatih menjadi idol sejak usia 12 tahun. Dalam usia yang masih sangat belia itu Jungkook melancong ke Seoul dari Busan seorang diri. Sekarang Jungkook sudah jadi seorang superstar. Hebat sekali, ya?

Nah, itu dia sepuluh fakta tentang maknae kesayangan kita semua, yaitu Jeon Jungkook. Siapa yang nge-fans banget sama si pemilik gigi kelinci ini? Menurut kamu adakah fakta menarik lainnya tentang Jungkook? Share, yuk, di kolom komentar!

Eits, sebelum kamu beranjak dari sini, jangan lewatkan juga artikel 7 Fakta Personil BTS ini agar kamu makin mengenal lebih dekat dengan BTS.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

5 Responses

  1. Ingin nambahin gapapa ya?
    11. Jungkook dan fashionnya yang simple
    Untuk para Army dan Jungkook stan pasti udah pada tau gaya maknae kita yg manly ini sangat terbilang simple, kenapa? Karena dia sering memakai pakaian yg sederhana seperti hanya memakai kaos oblong + celana jeans + sepatu timberland kesayangannya. Bagi Army yg sudah melihat isi lemari Jungkook pasti sudah tidak asing dengan baju oblong berwana putih yang tidak bisa dihitung jari. Jadi intinya Jungkook suka sekali kaos polos/oblong.

    12. Jungkook dan rasa malasnya.
    Seperti author sudah tuliskan diatas, maknae kita ini sangat bagus dalam segala hal dan pekerja keras, namun siapa sangka ia mengakui dirinya sangatlah malas ketika dihadapkan dengan pelajaran sekolah. Hal normal yang terjadi pada setiap pelajar bukan?

    13. Humoris
    Mungkin pada awal debut maknae kita ini terbilang sangat “malu-malu kucing” namun siapa sangka dibalik kepribadiannya yang introvert ia juga memilki selera humor yang bagus lho! Tak jarang hyungnya dibuat terbahak karena ulahnya, seperti meniru gaya atau suara seseorang. Seperti menirukan tarian Save Me bagian Jimin, atau menirukan gaya rap RM. Selain itu juga Jungkook jago banget bikin Dubsmash! Dulu ia sering sekali mengupload keseruannya nge-dubbing lucu lewat aplikasi tersebut, ia juga sering mengajak hyungnya untuk membuat video dubsmash, salah satunya dengan V. Namun sayang sekarang ia sudah jarang menguploadnya lagi karena kesibukannya dan jadwal Bts yang padat.

    Ehe segitu aja paling, maap kalo tulisannya ga bagus semoga informasinya bermanfaat. Makasih juga buat baca terus yang udah nerbitin artikel tentang K-pop!

    1. Terima kasih atas informasinya. 🙂

  2. Karena itu semualah aku jatuh cinta sama diaa :)))??????❤️❤️?❤️
    I’m kookie’s stan ?????❤️❤️??

  3. Kak aku mau nanya nih tentang jungkook Yang masih aku gak tau. Bantu dijawab ka??

    1. Apa hal yg dulu sering dilakukan JK tpi skrang sudah tdk bisa krna mereka sdh jdi superstar?
    2. Apa yg dlakukan JK kalau tdk bisa tidur?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *