Bacaterus / Selebriti / 10 Fakta yang Membuktikan John Cena Bukan Pegulat Biasa

10 Fakta yang Membuktikan John Cena Bukan Pegulat Biasa

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau kamu suka WWE, kamu pasti nggak asing dengan nama John Cena. Dia adalah salah satu pegulat paling populer. Kenapa dia bisa lebih populer daripada pegulat lainnya? Jangan salah, John Cena bukan pegulat biasa, loh!

Kita boleh bilang kalau John Cena adalah pegulat yang berbakat, tetapi ternyata gulat bukan satu-satunya bakat yang dia miliki. Dengan kata lain, John Cena itu seseorang yang multitalenta. Berikut ini ada 10 fakta yang membuktikan kalau John Cena bukan pegulat biasa. Simak baik-baik yuk, apa saja sih fakta-faktanya?

Biodata

  • Nama Lengkap: John Felix Anthony Cena
  • Nama Panggung: John Cena
  • Tempat/Tanggal Lahir: USA, April 23, 1977
  • Profesi: Pegulat, aktor
  • Kewarganegaraan: Amerika
  • Tinggi badan: 184 cm
  • Instagram: @johncena
  • Twitter: @JohnCena

1. Pernah Bekerja Jadi Kemanan Bar dan Sopir Limosin

Pernah Bekerja sebagai Kemanan Bar dan Sopir Limosin (Copy)

Sebelum menjadi pegulat dan aktor Hollywood kenamaan, pria yang bernama lengkap John Felix Anthony Cena Jr ini memulai karirnya dari bawah. Cena yang baru saja lulus dari tempat kuliahnya yaitu Springfield College di Massachusetts pada tahun 1998 dengan mengambil excercise physiology menyambung hidupnya dengan menjadi petugas keamanan di bar dikarenakan tubuhnya yang kekar. Kemudian dia juga sempat menjadi sopir limosin.

Dalam sebuah wawancara, Cena pernah bercerita betapa sulitnya dia waktu menjadi sopir dulu karena belum adanya GPS seperti sekarang. Kegiatan tersebut dijalaninya sambil menekuni karirnya sebagai bodybuilder. Lihat hasilnya sekarang, dia memiliki sederet pencapaian dan popularitas sehingga memungkinkan dia untuk mengoleksi mobil-mobil mewah.

2. WWE Bukan Tempat Gulat Pertamanya

WWE Bukan Tempat Gulat Pertamanya (Copy)

WWE adalah salah satu organisasi gulat hiburan paling terkenal yang melambungkan nama Cena. Namun, itu bukan tempat pertama untuknya. Dalam memulai karirnya menjadi pegulat, Cena mulai berlatih di tahun 1999 dan masuk sebuah organisasi gulat indie bernama Ultimate Pro Wrestling (UPW) di Calfornia.

Sebagai seorang bodybuilder, Cena langsung ditempatkan di kelas berat dan menggunakan karakter semi-robotik yang dikenal dengan nama The Prototype. Dia memenangkan UPW Heavyweight Championship pada April tahun 2000 dan mengakhiri karirnya di tempat tersebut pada Maret 2001. Artinya, sebelum dia bergabung di WWE dia sudah berproses lebih dulu.

3. Lawan Cena pada Debutnya di WWE adalah Kurt Angle

Lawan Cena pada Debutnya di WWE (Copy)

Sebelum memulai debutnya, Cena harus melalui proses yang panjang di WWE. Tampil di dark match (pertandingan yang nggak tayang di televisi) beberapa kali sampai akhirnya dia dimasukkan ke program developmental WWE untuk wilayah Ohio.

Program tersebut bertujuan untuk mengembangkan para pegulat dan mengasah kemampuan di dalam maupun luar ring. Para pegulat dibekali dengan gerakan-gerakan gulat, pengembangan karakter dan kemampuan berbicara untuk membangun cerita. Karena itulah Cena dikenal sebagai pegulat dengan mic skill yang baik.

Debut John Cena di WWE (saat itu masih bernama WWF) terjadi pada 27 Juni 2002 melawan Kurt Angle. Pemilik WWE, Vince McMahon saat itu mengatakan pada para superstarnya untuk menjadi ruthless agression, kata yang kemudian diucapkan Cena pada saat menjawab open challenge dari Angle.

Beruntung bagi Cena, lawannya yang kemudian dilantik menjadi Hall of Fame tersebut merupakan pemenang emas Olimpiade dan mempunyai teknik tinggi yang membuat pertandingan menjadi bagus.

4. Sempat Menjadi Heel

Sempat Menjadi Heel (Copy)

Dalam dunia gulat dikenal istilah face (protagonis) dan heel (antagonis). Walaupun dikenal sebagai face yang membuatnya punya banyak penggemar di seluruh dunia, Cena pernah memerankan heel. Hal itu bermula waktu dia dipasangkan dengan Billy Kidman dalam turnamen untuk menentukan juara Tag Team Smackdown pertama dan berujung dengan kekalahan. Dia menganggap Kidman sebagai biang keladi kekalahan. Dia lantas menyerang Kidman dan secara resmi menjadi heel.

5. Punya Rekor Sebagai Juara Dunia Terbanyak di WWE

Punya Rekor Sama Dengan Ric Flair (Copy)

Para penggemar gulat pasti akrab dengan nama Ric Flair sebagai salah satu pegulat terbaik yang pernah ada. Flair berjaya di era 80-an sampai 90-an. Cena yang karirnya menanjak di tahun 2000-an mulai mendapat tempat di hati penggemar WWE.

Karakternya pun diubah menjadi face yang kemudian sering disebut superman karena hampir sepanjang karirnya sebagai face dia selalu bersaing untuk perebutan gelar tertinggi di WWE.

Sampai saat ini dia sudah memenangkan gelar tersebut sebanyak 16 kali. Itu jumlah sama dengan jumlah yang dikumpulkan oleh Flair sepanjang karirnya. Cena membawa WWE menjadi salah satu organisasi pegulat yang paling dikenal bahkan mengubah rating WWE menjadi Parental Guide setelah sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh penonton dewasa.

6. Memulai Karir sebagai Aktor pada Tahun 2006

Memulai Karir sebagai Aktor pada Tahun 2006 (Copy)

Setelah dianggap bisa membawa WWE memasuki wilayah baru yaitu menggaet penonton di usia anak-anak, Cena ditarik WWE untuk melebarkan sayap ke dunia perfilman. WWE Studios memproduksi film The Marine. Film itu didistribusikan oleh salah satu perusahaan terbesar dalam dunia film yaitu 20th Century Fox.

Film yang dibintang Cena berhasil meraih banyak penonton dan menjadikan Cena berdiri di atas dua dunia yaitu gulat dan film. Disela-sela waktunya bergulat Cena melanjutkan karirnya sebagai aktor di film 12 Rounds, Legendary dan Fred: The Movie, Sisters, The Wall, Daddy’s Home, Blockers sampai Bumblebee.

Bukan hanya sebagai aktor dia juga mengisi suara untuk film animasi Scooby Doo! Wrestlemania Mystery, The Flinstones & WWE: Stone Age Smackdown!, Surf Up 2: Wavemania dan Ferdinand.

7. Menyukai Angka 54

Menyukai Angka 54 (Copy)

Di berbagai merchandise yang dipakai, Cena selalu menggunakan nomor 54. Ada masanya dia selalu menggunakan kaos basket atau football dengan nomor tersebut. Ternyata, Cena sudah sejak lama menggunakan nomor 54, bahkan saat dia masih bermain di tim football tempatnya menuntut ilmu. Kalau dia lagi promo ke olahraga lain dan mengharuskan dia memakai baju bernomor, sudah pasti nomor 54 yang akan dipilihnya.

8. Pernah Menjadi Korban Perundungan

Pernah Menjadi Korban Perundungan (Copy)

Waktu masih sekolah, Cena menjadi bulan-bulanan teman-temannya karena cara bicara dan berpakaiannya yang dianggap berbeda dari teman-teman seusianya. Itu yang kemudian menjadi motivasinya untuk menjadi seseorang yang kuat dan sukses biar nggak ada lagi yang berani mengganggunya.

Pada saat dia meraih puncak kesuksesannya di WWE ia selalu menyerukan ‘Never Give Up’ serta ‘Hustle, Loyalty, Respect’ yang menginspirasi banyak anak-anak kecil. Nggak berhenti di situ, dia juga aktif dalam berbagai acara amal terutama yang melibatkan anak-anak.

9. Sempat Merilis Album

Sempat Merilis Album (Copy)

Salah satu yang paling ikonik dari John Cena di WWE adalah entrance-nya. Dengan lirik ‘Your time is up, my time is now, You can’t see me, my time is now….’ siapapun akan tahu kalau itu adalah pertanda bahwa Cena akan keluar menuju ring. Kalau yang lain menggunakan theme song buatan label yang dipekerjakan WWE, berbeda dengan Cena yang menciptakan lagu tersebut sendiri.

Cena adalah penggemar berat hip hop, maka setiap hal yang membutuhkan keterlibatannya kreativitas dirinya, dia selalu memasukkan unsur hip hop. Oh ya, Cena juga seorang penggemar Jay-Z yang menurutnya adalah musisi terbaik sepanjang masa.

10. Berbakat Menjadi Pembawa Acara

Berbakat Menjadi Pembawa Acara (Copy)

Selain menjadi aktor dan musisi,  Cena juga mempunyai bakat yang lain. Sebut saja Nickelodeon Kids Choice Awards, Today di channel NBC sampai American Grit di channel Fox sampai Are You Smarter Than A 5th Grader pernah mendapuknya menjadi pembawa acara.

Keterampilannya dengan mic yang terbentuk waktu dia di WWE ternyata menjadi modal yang bisa membawanya bisa memasuki dunia-dunia baru yang nggak diperkirakan sebelumnya. Ada berapa banyak pegulat yang bisa menjadi pembawa acara? Kayaknya sangat sedikit, ya.

Itulah 10 fakta yang membuktikan kalau John Cena bukan pegulat biasa. Andai kata kamu punya fakta lain yang belum tertulis, kamu boleh ikut menambahkan kok. Kamu bisa menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan. Atau kalau kamu tertarik dengan fakta menarik tentang selebriti lain seperti Bruno Mars, yuk simak terus Bacaterus!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *