Bacaterus / Winner / Inilah 10 Fakta tentang Jinwoo WINNER, Sang Fake Maknae

Inilah 10 Fakta tentang Jinwoo WINNER, Sang Fake Maknae

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Member WINNER dengan nama asli Kim Jinwoo ini adalah seorang vokalis dan juga wajah dari grup WINNER. Maknae palsu yang hobi nonton drakor ini pernah mengakui bahwa dia dan T.O.P adalah dua anak asuh YG yang memiliki paras rupawan. Tak heran dia disebut sebagai personel yang narsis. Namun pengakuannya itu diamini oleh ahli bedah plastik yang mengatakan proporsi wajah Jinwoo ideal.

Tentu bukan hanya itu fakta tentang Jinwoo. Untuk menguak fakta lainnya, artikel ini akan membahas serba-serbi fakta tentang Jinwoo, sang ‘hyung’ yang terlihat seperti ‘maknae’.

Biodata

  • Nama lengkap: Kim Jin Woo (김진우)
  • Nama panggung: Jinu, Jinwoo
  • Nama panggilan: International Lost Kid (Winner TV), Fake Maknae, Imja Prince, Bambi
  • Posisi di grup:  Lead Vocalist, Visual
  • Tempat dan tanggal lahir: Imjado, Korea Selatan – September 26, 1991
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiac: Libra
  • Tinggi badan: 177 cm (5’10”)
  • Berat badan: 54 kg (119 lbs)
  • Golongan darah: A
  • Instagram: @xxjjjwww
  • Twitter: @official_jinu_

1. Menjadi Trainee Berkat Seungri

Menjadi Trainee Berkat Seungri

Jinwoo merupakan murid di Joy Dance Academy, yaitu sebuah sekolah pelatihan untuk menyanyi, menari dan juga berakting. Di antara para Kpop artis, Seungri Big Band , Minzy 2NE1, Goo Hara KARA, J-Hope BTS, Seo Hyerin EXID, dan Han Sangyuk VIXX  adalah mereka yang memoles gerakan tarian mereka di sekolah ini. Sekolah ini terletak di daerah Gwangju di Provinsi Jeolla Selatan.

Sekolah ini juga dikenal dengan Seungri Academy setelah dia membuka cabang sekolah ini di Daejun dan Mokpo. Ketika menjadi murid Joy Dance Academy, Seungri melihat bakat menari Jinwoo dan dia terpikat kemampuan menarinya sehingga dia membawanya ke YG Entertainment. Sejak itulah dia menjadi trainee di YG. Sejak saat itu mentor Jinwoo nomor satu adalah Seungri.

2. Terlibat dalam WIN: Who Is Next?

Terlibat dalam WIN Who Is Next

Lewat program survival WIN: Who Is Next? Yang dibuat oleh YG akhirnya Jinwoo bisa memulai debutnya sebagai anggota boy band WINNER setelah timnya memenangkan kompetisi tersebut di tahun 2013. Meskipun dia adalah trainee terlama di YG, karena dia mulai di usia 18 tahun, itu tidak membuatnya terlalu percaya diri dibandingkan teman-temannya.

Ketika mengikuti kompetisi survival tersebut, Jinwoo pernah sangat gugup sehingga tidak bisa bernyanyi dan memberikan mikrofon pada Seungyoon. Dia sangat menyesali kesalahannya tersebut sampai menangis. Kesalahan yang dia buat tersebut hampir membuat timnya kalah dalam kompetisi tetapi karena itu dia menjadi termotivasi untuk tidak lengah dalam kemenangan dan terus berlatih tiap hari.

3. Benci Pekerjaan Ayahnya

Benci Pekerjaan Ayahnya

Apakah kamu tahu bahwa ayah Jinwoo merupakan seorang kapten kapal nelayan? Ternyata dulu Jinwoo membenci pekerjaan ayahnya itu. Namun sekarang dia malah bangga dengan pekerjaan ayahnya dan mengatakan bahwa ayahnya adalah pria yang hebat. Jinwoo mengatakan bahwa dia tak boleh lagi menangis karena masalah pekerjaan ayahnya tersebut.

Jinwoo tidak lagi tinggal bersama keluarganya di pulau Imja yang terletak di Jeolla Selatan semenjak dia berumur 18 tahun. Dia hidup sendirian di kota Seoul. Dulu saat masih di Imja pun dia menjauh dari keluarganya tanpa menemui mereka selama tiga tahun. Orang tua Jinwoo ternyata sudah bercerai. Menurut Jinwoo ibunya pergi karena ayahnya seorang pecandu alkohol.

4. Disangka Maknae

Disangka Maknae

Terkadang wajah memang bisa menipu. Tak jarang orang dikira lebih tua atau lebih muda hanya karena wajahnya. Begitu pula yang terjadi dengan Jinwoo. Para penggemar mengira bahwa Jinwoo adalah maknae dari grup WINNER karena wajahnya yang kekanak-kanakan apalagi dia hobi sekali memperlihatkan ‘aegyo’ alias berkata atau bertingkah laku lucu.

Alih-alih maknae, Jinwoo ternyata seorang ‘hyung’ atau kakak karena dia adalah anggota WINNER yang paling tua. Jinwoo lahir pada tahun 1991, disusul oleh Seunghoon yang kelahiran 1992 lalu ada Mino yang lahir di tahun 1993 dan maknae yang sebenarnya adalah Seungyoon yang lahir di tahun 1994. Jika saja Taehyun belum hengkang maka gelar maknae akan jatuh pada dia yang lahir di bulan Mei 1994.

5. Dijuluki International Lost Kid in Japan

Dijuluki International Lost Kid in Japan

Agaknya Jinwoo adalah anggota WINNER yang tak jago membaca peta atau mencari arah. Dia sering sekali tersesat di tempat-tempat asing. Pernah dalam acara TV mereka yang bertajuk “WINNER TV”, Jinwoo kesulitan menemukan Tokyo Tower. Padahal jarak Tokyo Tower dari hotelnya tak lebih dari 10 menit. Perlu waktu 3 jam baru akhirnya Jinwoo bisa menemukan tempat tersebut.

Tak heran jika dia akhirnya mendapat julukan ‘International Lost Kid in Japan’ karena dia kesulitan menemukan Tokyo Tower sementara teman-temannya hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja. Yoon, sang leader dan maknae sampai berpesan pada Jinwoo agar dia jangan sampai terluka, jangan tersesat, jangan mengikuti dan terima permen dari orang asing dan jangan makan makanan yang aneh-aneh.

6. Face Genius

Face Genius

Bicara tentang ‘Face Genius’ salah satu idol yang paling terkenal dengan julukan itu adalah “Cha Euwoo”.  Sebenarnya istilah ‘Face Genius’ memang dibuat hanya karena Eunwoo. Bagaimana idol bisa mendapat gelar face genius? Mereka wajib memiliki wajah yang benar-benar tampan. Orang dengan face genius tak perlu repot seperti yang lain karena wajah mereka menutupi semua kekurangan gayanya.

Editor dari majalah CeCi Korea memilih idol lain, selain Eunwoo, yang masuk kategori face genius, di antaranya V BTS dan Jinwoo WINNER. Dalam sebuah acara bincang-bincang, salah satu panelis mengatakan bahwa Jinwoo memiliki aura SM, yaitu ‘kecantikan’. Seorang ahli bedah plastik berkata bahwa wajah Jinwoo memiliki ‘Rasio Emas’ karena  dia memiliki proporsi wajah yang dianggap ideal.

7. Peacemaker

Peacemaker

Memilih menjadi idol ada harga yang harus dibayar, salah satunya kehilangan kebebasan. WINNER dilarang pergi berlibur, mengemudi bahkan untuk pergi ke minimarket sekalipun. Ke manapun mereka pergi selalu ditemani oleh manajer mereka. Sebenarnya acara Youth over Flower sudah berhenti tapi karena Mino menang taruhan maka dibuatlah spesial season ini.

Akhirnya WINNER  mendapatkan kesempatan untuk pergi ke Australia. Nah, di acara inilah terungkap fakta bahwa ternyata Jinwoo adalah seorang pembuat perdamaian. Selama menjalankan misinya mereka menghadapai friksi tetapi mereka bisa menyelesaikan kesalahpahaman dan Jinwoo membeli 4 gelang dan memakaikannya di anggota satu per satu, lalu segera mengambil gambarnya.

8. Pribadi yang Hangat

Pribadi yang Hangat

Menurut Seungyoon, Jinwoo memiliki kepribadian yang hangat dan lembut. Dia menyenangkan untuk diajak bersama dan Jinwoo juga orang yang down to earth. Kelemahannya adalah dia tak memiliki ‘sense of direction’ alias tak tahu arah. Karenanya dia terus-terusan digoda teman satu grupnya.

Jinwoo juga seorang filantropi alias orang yang dermawan. Di tahun 2019, dia mendonasikan 10 juta Won secara diam-diam untuk korban kebakaran di Provinsi Gangwon.

9. Merambah Dunia Akting

Merambah Dunia Akting

Agaknya bukan hal tabu lagi bagi idol untuk merambah dunia akting. Banyak idol yang kini memiliki profesi ganda sebagai seorang aktor, contoh saja D.O. dari EXO, Taecyeon 2PM atau Eunji dari Apink. Begitupun dengan member WINNER, contohnya Seungyoon. Sebelum Seungyoon, Jinwoo sudah terlebih dahulu mencoba dunia akting.

Jinwoo memulai karier aktingnya dengan bermain dalam web drama Magic Cellphone di tahun 2016. Di tahun yang sama, dia juga ikut dalam proyek Korea National Contemporary Dance Company. Dia terpilih sebagai pemeran utama. Proyek ini membuatnya menjadi idola K-pop pertama yang mengambil bagian dalam proyek tari kontemporer. Dia juga bermain dalam web drama “Love for A Thousand More”.

10. Alergi Kucing tapi Memelihara Kucing

Alergi Kucing tapi Memelihara Kucing

Jika Seungyoon memiliki anjing, Jinwoo dan Mino memilih memelihara kucing. Jinwoo memiliki dua kucing Sphinx bernama Bay dan Ray. Sebenarnya Jinwoo alergi dengan bulu kucing mungkin karena itulah dia memilih kucing Sphinx karena kucing ini adalah jenis kucing yang memiliki bulu sangat halus dan pendek sampai-sampai hewan ini terlihat tidak berbulu.

Karena Jinwoo dan Mino memiliki hewan peliharaan yang sama maka keduanya tinggal satu asrama. Asrama untuk WINNER dibagi menjadi kelompok pemilik kucing dan pemilik anjing.

Dibalik hatinya yang lembut tersimpan keteguhan tekad untuk bisa terus memperbaiki dirinya. Itulah Jinwoo yang meski sudah sukses tetap bekerja keras agar tak mengecewakan teman-temannya. Apakah kamu Jinwoo WINNER adalah biasmu? Atau kamu ingin tahu lebih banyak seputar WINNER? Kalau begitu, cek artikel Fakta WINNER ini, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *