bacaterus web banner retina

10 Fakta Jinho Pentagon, Member Mungil yang Bertalenta

Ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra - Diperbaharui 29 Mei 2020

Jinho adalah salah satu vokalis utama dalam Pentagon. Idol group yang telah memulai debutnya sejak 2016 ini memiliki 10 member pria tampan yang memiliki keunikan masing-masing. Salah satunya yang akan dibahas kali ini adalah Jinho atau yang memiliki nama asli Jo Jin-ho.

Pria asal Daejeon, Korea Selatan ini lahir pada 17 April 1992. Ia merupakan mantan trainee SM Entertainment dan member grup proyek SM The Ballad. Pria yang berzodiak aries ini bisa berbahasa Mandarin, lho! Kalau kamu mengaku sebagai penggemar Pentagon, kenali lebih dalam sosok Jinho melalui fakta-fakta yang telah dikumpulkan Bacaterus berikut ini.

Biodata

  • Nama lengkap:  Jo Jin Ho (조진호)
  • Nama panggung: Jinho (진호), Jino
  • Posisi di grup: Main Vocalist
  • Tempat dan tanggal lahir: Seoul, Korea Selatan - April 17, 1992
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiak: Aries
  • Tinggi badan: 168 cm (5’6″)
  • Berat Badan: 52 kg (114 lbs)
  • Golongan darah: A

1. Memiliki Kelebihan Tersembunyi

Memiliki Kelebihan Tersembunyi

* sumber: wikifamouspeople.com

Sebagai penggemar KPOP, seperti yang sudah diketahui bahwa setiap idol group pasti memiliki member yang paling tinggi dan paling pendek. Dari kesepuluh member, Jinho merupakan member paling kecil di Pentagon. Ia memiliki tinggi badan 168cm dengan berat badan 52kg.

Meskipun begitu, Jinho memiliki suara yang kuat dibalik tubuhnya yang mungil tersebut. Para penggemar dibuat terkejut ketika mendengar Jinho bernyanyi. Saat pertama kali melihat tubuhnya mungil, mungkin kita tidak akan menyangka bahwa ia memiliki suara yang luar biasa.

2. Hampir Menjadi Bagian dari EXO

Hampir Menjadi Bagian dari EXO

Tahukah kamu? Sebenarnya Jinho hampir menjadi member EXO, lho! Jinho yang sebelumnya dikenal sebagai SM The Ballad pada awalnya ditujukan untuk debut dengan EXO pada tahun 2012.

Ketika ia berusia 16 tahun, ia dibina oleh SM Entertainment dan berpartisipasi dalam kontes SM Everysing. Setelah mengikuti pelatihan selama 2 tahun, ia memulai debutnya sebagai bagian dari proyek grup balada kuartet SM The Ballad bersama Jonghyun SHINee, Kyuhyun Super Junior, dan Jay Kim TRAX pada tahun 2010.

Pada saat itu banyak kabar yang bilang bahwa Jinho akan menjadi bagian dari EXO. Karena ia dikenal sebagai salah satu trainee SM yang paling berbakat. Namun, pada kenyataannya ia tidak debut dengan EXO dan tidak menjadi member grup ke-13. Akhirnya pada 2014, Jinho tidak lagi menjadi bagian dari SM The Ballad.

3. Dua Kali Menggelar Konser Solo

Dua Kali Menggelar Konser Solo

* sumber: www.allkpop.com

Selama menjadi member Pentagon, Jinho sudah dua kali menggelar konser solonya. Konser solo pertamanya “MAGAZINE HO Mini Live” diselenggarakan pada 17 Maret 2018 di Hana Tour V Hall.

Sedangkan konser solo keduanya “Mini Live Magazine Vol.2 – Ready HO” yang merupakan kelanjutan dari konser pertamanya. Pada konser keduanya tersebut, ia menampilkan langsung lagu-lagunya sebagai bagian dari cover project “Magazine HO” pada 2018.

Untuk tema konsernya, Jinho akan menjadi DJ radio dan menjalankan konser seperti acara radio yang bisa disaksikan secara langsung. Konser keduanya tersebut diselenggarakan pada 19 Januari 2019 di Ilchi Art Hall yang berlokasi di Gangnam, Seoul, Korea Selatan.

4. Pernah Berpartisipasi dalam Musical “All Shook Up”

Pernah Berpartisipasi dalam Musical “All Shook Up”

* sumber: twitter.com

Pria mungil ini pernah beradu akting bersama artis lainnya dalam musical yang bertajuk “All Shook Up.” Selain dirinya, musical tersebut dimainkan oleh Daehyun B.A.P, Son Ho Young, Wheesung, Park Jung Ah, Heo Young Saeng, J-Min, Lee Ye Eun, dan Seo Shin Ae.

“All shook Up” merupakan musical jukebox yang menceritakan tentang kehidupan Elvis Presley, yang diceritakan melalui 24 lagu hitsnya. Dalam musical ini, Jinho memerankan karakter Dean. Musical tersebut telah diselenggarakan pada November 2017 sampai Februari 2018.

5. Bisa Berbicara 2 Bahasa Internasional

Bisa Berbicara 2 Bahasa Internasional

Menjadi seorang idol KPOP tentunya tidaklah mudah, mereka juga memiliki beberapa keahlian lain selain menggeluti dunia musik. Sama seperti member lainnya, Jinho memiliki kemampuan dalam bahasa Mandarin dan Inggris.

Yang menjadi alasan mengapa Jinho mampu berbahasa Mandarin adalah karena ia pernah tinggal di Qingdao, Cina selama delapan bulan bersama keluarganya. Menjadi seorang idol KPOP yang go-international tentunya membuat para idol perlu menguasai beberapa bahasa internasional juga.

6. Memiliki Kesamaan dengan Hongseok

Memiliki Kesamaan dengan Hongseok

* sumber: kpopchart.net

Jinho dan Hongseok merupakan dua member yang saling akrab. Selain itu, mereka juga memiliki banyak kesamaan, lho! Mulai dari tanggal lahir yang sama, Jinho dan Hongseok lahir pada tanggal 17 April, namun berbeda tahun lahir, Jinho lahir pada tahun 1992, sedangkan Hongseok lahir pada tahun 1994.

Mereka juga memiliki kemampuan berbahasa Mandarin, namun Hongseok lebih fasih dibandingkan Jinho. Keduanya juga sering terlihat berfoto bahkan melakukan aktivitas bersama.

7. Hal-Hal yang Disukai Jinho

Hal-Hal yang Disukai Jinho

Bagi kamu yang mengaku sebagai universe khususnya penggemar Jinho, tentunya kamu juga harus tahu mengenai hal-hal apa saja sih yang disukai oleh idola kamu yang satu ini. Faktanya Jinho senang memainkan dua alat musik yaitu gitar dan piano.

Ia pun memiliki penyanyi favorit yang berasal dari idol KPOP juga yaitu Jonghyun SHINee. Kalau soal pakaian, salah satu yang ia sukai adalah sweater berwarna pink. Sedangkan untuk soal asmara, ia menyukai perempuan yang berpenampilan girly dan memiliki kuku-kuku yang indah.

8. Pengisi OST “What’s Wrong With Secretary Kim”

Pengisi OST “What’s Wrong With Secretary Kim”

* sumber: koreanarea.com

Jinho adalah salah satu pengisi suara di balik lagu “A Little Bit More” untuk OST drama Korea populer “What’s Wrong With Secretary Kim.” Lagu tersebut merupakan OST ke-4 untuk serial drama tvN. Tidak hanya Jinho, penyanyi pendatang baru yang bernama Rothy pun ikut menjadi penyanyi dalam OST tersebut.

Dengan menyanyikan lirik lagu seperti karakter Park Seo Joon dan karakter Park Min Young yang berbicara satu sama lain sambil mengungkapkan perasaan tersembunyi keduanya. Video musik tersebut menampilkan momen yang tidak terlupakan dari hubungan Sang Seo dan sekretarisnya tersebut. Kombinasi suara Jinho dan Rothy yang menawan menciptakan harmoni yang indah dalam lagu ini.

9. Pernah Menjadi Tutor di Modern K Academy

Pernah Menjadi Tutor di Modern K Academy

* sumber: dbkpop.com

Setelah Jinho memutuskan untuk keluar dari SM Entertainment, ia pernah bekerja sebagai tutor Modern K Music Academy pada tahun 2015. Modern K Music Academy merupakan industri musik Korea yang didirikan oleh orang-orang ternama asal Korea.

Orang-orag yang menggagas Modern K Music Academy antara lain adalah CEO Cube Entertainment Hing Seung Sung, CEO Modern K Music Academy Kim Hyung Kyu, CEO Rainbow Bridge Kim Jin Woo, dan komposer Kim Do Hoon serta Shinsadong Tiger, dan penulis lirik Choi Kap Won dan Choi Sung Jin.

Modern K Music Academy telah mendorong Jinho untuk mengikuti audisi Cube Entertainment. Hal tersebut terjadi karena CEO mereka memiliki hubungan dekat dengan Cube Entertainmet dan memiliki andil dalam mendirikan idol KPOP group Pentagon.

10. Akan Mengikuti Wajib Militer

Akan Mengikuti Wajib Militer

* sumber: channel-korea.com

Pada umumnya, masyarakat Korea Selatan diwajibkan untuk mengikuti pembinaan militer termasuk para member KPOP. Jinho diprediksi akan mengikuti wajib militer pada tahun 2020. Tidak hanya Jinho, 10 idola k-pop lainnya juga akan mengikuti wajib militer pada tahun depan. Wah, semangat ya, Jinho!

Meskipun dikenal sebagai member paling mungil, ternyata Jinho memiliki suara yang luar biasa ya. Tidak kalah dari member lainnya, ia juga dikenal memiliki beberapa prestasi dalam dunia musik. Kira-kira mana nih fakta favorit kamu mengenai Jinho? Jika kamu mengetahui fakta lain mengenai Jinho, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar ya. Kamu juga bisa mengenal Pentagon lebih dalam lewat artikel fakta Pentagon ini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram