Bacaterus / BTS / 15 Fakta Jin BTS, Si Worldwide Handsome yang Jago Masak

15 Fakta Jin BTS, Si Worldwide Handsome yang Jago Masak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yo, siapa di sini yang suka sama Jin? Tenang saja, Jin yang ini bukan makhluk gaib, kok. Jin adalah salah satu member idol group asal Korea Selatan, BTS. Sekarang author Bacaterus mau memanjakan para A.R.M.Y khususnya Jin stan dengan membeberkan sepuluh fakta Jin BTS.

Kim Seokjin (김석진) alias Jin merupakan seorang vokalis di grupnya, yaitu BTS. Selain jadi vokalis, Jin juga menempati posisi sebagai mad hyung, yaitu sebagai member tertua. Eits, walaupun yang paling tua, Jin itu yang paling ganteng, loh, di BTS. Buktinya, Jin menempati posisi visual juga di grupnya. Langsung saja baca fakta Jin BTS yang lainnya di bawah ini.

Biodata

  • Nama lengkap : Kim Seok Jin (김석진)
  • Nama panggung : Jin  (진)
  • Posisi di grup : Vocalist, Visual.
  • Tempat dan tanggal lahir :Anyang, Korea Selatan. 4 Desember 1992
  • Zodiac : Sagitarius
  • Golongan darah : O

1. Paling Tua tapi Tidak Kelihatan Tua

 Paling Tua Tapi Tidak Kelihatan Tua

* sumber: www.facebook.com

Jin merupakan kelahiran 1992, tepatnya pada tanggal 4 Desember di Gwacheon. Tapi, lihat saja wajah Jin, tidak terlihat tua sama sekali, ya? Pasalnya, Jin memang tidak memiliki masalah kulit yang berarti, jadi kulitnya mulus terus dari dulu sampai sekarang. Didukung pula dengan baby fat di wajahnya yang membuat Jin nampak awet muda.

Tapi, di balik karunia Tuhan, Jin punya tips supaya tidak cepat tua, yaitu dengan hidup bahagia. Sebelum debut, Jin orangnya cenderung mudah gelisah. Sedikit-sedikit dipikirin, kira-kira begitu lah Jin yang dulu. Tapi, sebelum officially debut, Jin memutuskan untuk jadi lebih bahagia dengan tidak memikirkan pendapat orang lain tentangnya.

Jin juga suka disebut fake maknae oleh A.R.M.Y karena usianya paling tua tapi kelakuannya kayak anak-anak. Jangan salah paham dulu, ternyata hal ini dilakukan oleh Jin dengan sengaja.

Menurut Jin, kalau dia bertingkah laku seperti anak-anak, maka wajahnya juga akan seperti anak-anak terus (muda terus maksudnya). Tips yang aneh, ya, tapi sepertinya memang berhasil. Buktinya, Jin kelihatan masih awet muda, kan?

2. Hobi Makan Tapi Tidak Gendut-gendut

Fakta Jin BTS yang unik adalah, dia sangat suka makan, tapi tubuhnya tidak pernah gendut. Setiap harinya, Jin bisa makan sampai tujuh kali, loh! Jin pernah melakukan tes kesehatan, dan hasilnya di tubuh jin hanya ada 6.8% lemak. Sangat rendah untuk ukuran orang yang doyan makan, kan? Mungkin karena Jin mengimbangi hobi makannya ini dengan rutin olahraga kali, ya.

3. Chef BTS

Tidak hanya suka makan, fakta Jin BTS yang selanjutnya adalah doi jago masak! Di dorm BTS, Jin lah yang menguasai dapur. Jin dulu suka memasak buat dimakan bareng-bareng, apalagi kalau ada acara khusus seperti ulang tahun. Tapi, karena sekarang BTS sudah sibuk banget, Jin sudah jarang memasak lagi dan para member BTS lebih memilih untuk take out order.

4. Hyung yang Baik

Hyung yang Baik

Jin adalah penggambaran sempurna dari kakak yang baik. Selain memang sudah sifatnya Jin baik, sepertinya usianya yang lebih tua membuat jiwa mengayomi Jin keluar begitu saja. Jin sangat perhatian pada adik-adiknya di BTS. Dia sering mendengarkan keluh kesah para member ketika mereka tidak bisa mengatakannya secara langsung pada leader, yaitu RM.

Jin juga merangkap menjadi tukang antar jemput Jungkook ke sekolah, soalnya kalau tidak begitu, jadwal sekolah Jungkook bisa keteteran. Jin dan J-Hope adalah orang yang paling sering membereskan dorm. Jin juga biasa tidur dan bangun 2 jam lebih awal dari para member lainnya supaya bisa menyiapkan makanan dan hal-hal lainnya.

Bahkan group chat BTS Jin beri nama “Seokjin and 6 Babies” yang berarti Seokjin dan enam bayinya. Wah, saking sayangnya sama member BTS, mereka dianggap bayi sama Jin! Memang, Jin itu baik banget. Kalau menurut V, Jin itu seperti tokoh Dekisugi yang pintar dan baik hati di anime “Doraemon.”

5. Worldwide Handsome

fakta Jin BTS Si Ganteng Kalem

Fakta Jin BTS yang selanjutnya, Jin merupakan visual of the group alias wajah tertampan di grup. Ketika BTS menjadi bintang tamu di acara American Music Awards, Jin menarik perhatian orang di seluruh dunia dengan menjadi “The Third from The Left” karena ketika member BTS berjajar, posisi berdiri Jin selalu ketiga dari kiri.

Bukan cuma fans BTS saja yang tahu desas desus tentang Third from The Left. Tapi, Jin juga tahu kalau dia menarik perhatian dengan menjadi si orang ketiga dari kiri. Pada saat itulah dia sadar kalau ternyata standar ganteng di seluruh dunia itu sama seperti standar di Korea, jadi dia bilang kalau dia itu worldwide handsome. Dasar, ya? Tapi, memang, sih, Jin itu gantengnya universal.

Dari kecil, Jin memang sudah kelihatan bakal ganteng. Ketika Jin telah fix menjadi trainee di Big Hit Entertainment dan menjadi calon member BTS, Suga pernah bertanya pada Jin, “Sudah perusahaan kecil, kamu sekolah akting tapi masuk grup hip hop, dan kamu terlalu tampan untuk berada di grup ini. Hyung, apakah kamu serius mau masuk Bangtan?” kira-kira seperti itulah pertanyaan Suga pada Jin.

Tak hanya dijuluki ganteng, Jin juga punya nama panggilan lainnya seperti Pacific Shoulder karena bahunya sangat lebar (enak buat senderan, hihi). Jin juga pernah menjadi trending topic di Twitter hanya dengan keluar dari mobil, julukannya adalah Car Door Guy.

6. Super PD

Waktu author baru tahu BTS, author suka berpikir, “Ini orang maksudnya apa, sih?” Soalnya, Jin tuh suka muji dirinya sendiri. Kata-kata seperti “Aku ganteng”, “Aku jago masak”, dan lain sebagainya sering terucap dari mulut Jin sendiri.

Usut punya usut, Jin memang percaya diri banget dengan look yang dia punya. Wajahnya yang ganteng, bibirnya yang tebal, bahunya yang lebar, badannya yang tinggi, semuanya memang perfect. Jadi, wajar saja, sih, kalau Jin bangga banget sama dirinya sendiri.

Kamu jangan sebel sama sifat Jin yang cenderung narsis ini, ya. Karena, sebenarnya Jin itu nunjukin ke kita untuk bisa mencintai dan menghargai diri kita sendiri.

7. Suami-able Banget!

Suami-able. Banget.

Fakta Jin BTS yang selanjutnya, Jin itu husbandable banget..! Sifatnya yang domestik benar-benar menunjukkan kalau Jin sudah siap jadi ayah di kemudian hari. Jin itu perhatian, romantis, jago masak, rajin bersih-bersih, pengertian, pendengar yang baik, punya hewan peliharaan, pokoknya suami-able banget, deh! Suga saja sampai pernah bilang kalau Jin itu tipe family man a.k.a tipe suami ideal.

8. Diajak Audisi Saat Mau Ngampus

fakta Jin BTS Diajak Audisi Saat Mau Ngampus

Tahukah kamu kalau pada awalnya Jin tidak mengikuti audisi karena keinginannya sendiri? Jadi, Jin ditemukan oleh staf Big Hit ketika hendak masuk ke kampusnya. Staf tersebut langsung menghampiri Jin dan bertanya apakah dia mau ikut casting atau tidak.

Jin pun sebenarnya dulu mengikuti casting untuk jadi aktor, mengingat jurusan kuliahnya adalah akting. Tapi, akhirnya dia diterima jadi penyanyi di Big Hit. Fun fact: selain Big Hit, staf SM Entertainment juga pernah meminta Jin untuk audisi, loh! Kalau Jin masuk SM, kemungkinan besar dia akan debut bersama EXO.

9. Pekerja Keras sejak Pre-debut

fakta Jin BTS Pekerja Keras sejak Pre-debut

Karena dia kuliah jurusan akting, makanya skill nyanyi dan nari Jin masih jauh di bawah rata-rata. Untuk itu, dia berusaha ekstra keras supaya bisa berada di BTS. Jin suka pergi ke gym bersama Jimin. Lalu, dia suka minta bantuan J-Hope untuk mengajarinya menari. Jin juga pernah diet dengan hanya makan dada ayam selama satu tahun penuh sebelum dia debut. Wow!

Pernah suatu ketika saat BTS baru debut, Suga dan J-Hope pulang ke dorm larut malam. Waktu itu member BTS masih tidur di dalam satu kamar bersama-sama. Samar-samar Suga dan J-Hope mendengar ada yang meminta maaf. Ternyata, Jin mengigau dalam mimpinya dan berkata “Maaf, maaf, aku akan coba lagi, maaf aku salah lagi.” Rupanya Jin bermimpi sedang dimarahi ketika latihan vokal.

Kualitas vokal Jin pada waktu itu memang tidak bisa dibandingkan dengan Jungkook yang notabenenya sebagai main vocal. Tapi, dengan usaha giatnya, Jin telah membuktikan kalau dia bisa bernyanyi dengan sangat baik.

Menurut author, lagu yang cocok banget dengan vokal Jin adalah “Converse High”, “Dead Leaves”, “So Far Away” (mixtape Suga), “Crystal Snow” (lagu BTS Japan), dan tentunya lagu solo Jin yang berjudul “Awake.”

10. Down to Earth

Down to Earth

Fakta Jin BTS yang menarik adalah, ternyata Jin itu anak orang kaya. Mungkin kamu sudah mendengar desas-desus kalau Suho EXO dan Siwon Super Junior itu kaya banget. Tapi, belum semua orang tahu kalau Jin berasal dari keluarga yang berada juga. Baru terungkap pada tahun 2017 ketika Jin diwawancarai oleh majalah Jepang, kalau ternyata ayahnya Jin adalah seorang CEO yang tidak disebutkan namanya.

Baru, deh, di situ orang-orang kaget. Soalnya Jin tidak pernah menyombongkan tentang ayahnya ini dari awal debut. Jin juga terlihat sederhana dalam berpenampilan, bisa dilihat dari betapa setianya Jin menggunakan ponsel flip-nya di saat orang-orang sudah pakai smartphone.

Tapi kalau masa lalu Jin ditelusuri, sebenarnya bisa disimpulkan kalau Jin memang berasal dari keluarga yang kaya. Waktu SD, Jin dan keluarganya pernah jalan-jalan ke Eropa. Jin juga pernah ikut program pertukaran pelajar ke luar negeri semasa sekolah.

Jin sering membelikan BTS makanan pada masa trainee karena para member-nya sering kelaparan akan tetapi tidak ada uang untuk membeli apa-apa. Akhirnya Jin yang mentraktir para member dari uang sakunya sendiri. Jin bahkan “meminjam” peralatan dapur di rumahnya untuk dipakai di dorm BTS karena tidak ada apa-apa di dorm.

Berbeda dengan RM yang pernah meng-upload fotonya bersama ibu, serta V dan J-Hope yang foto keluarganya beredar di internet, Jin sama sekali tidak pernah membahas tentang orang tuanya. Waktu Jin meng-upload foto orang tuanya saja dia beri stiker supaya wajahnya tidak terlihat. Mungkin Jin tidak mau pekerjaannya sebagai idola mengganggu privasi keluarganya.

11. Tetap Fokus pada Pendidikan

Tetap Fokus pada Pendidikan

Walaupun sibuk dengan BTS, Jin tidak menelantarkan kuliahnya, loh. Bahkan menurut pengakuan anaknya profesor Jin di kampus, Jin itu mahasiswa yang rajin dan tidak pernah tidak mengerjakan tugas. Setelah lulus dari Konkuk University tahun 2017 lalu, Jin melanjutkan studi S2, loh! Pendidikan memang penting banget buat cowok ganteng ini. Salut!

12. Musikalitas Tinggi

Musikalitas Tinggi

Mungkin kamu berpikir kalau Jin cuma bisa nyanyi doang. Salah, Jin juga jago memainkan alat musik, di antaranya adalah piano dan gitar. Jin juga pernah menggarap lirik lagu untuk BTS. Dia ikut serta dalam pembuatan beberapa lagu BTS seperti “Love is Not Over”, “Boyz with Fun”, dan lagu solonya yaitu “Awake.”

13. Penakut yang Unyu

Namanya manusia pasti ada kurangnya. Jin itu sudah ganteng, suami-able pula. Tapi, ada satu kelemahan Jin, dia itu orangnya sangat tidak beranian. Jin tidak bisa menonton film horor, takut ketika bermain menyentuh sesuatu sambil tutup mata, tidak suka naik wahana di tempat rekreasi, takut serangga, dan masih banyak lagi.

14. Ahjae Gag

fakta Jin BTS Ahjae Gag

Jin punya satu julukan lagi dari fans, yaitu ahjinssi. Kata ahjinssi sendiri merupakan pelesetan dari ahjae dan nama Jin. Ahjae berarti om-om. Jin disebut om-om karena gaya ngomong dan bercandanya yang bapak-bapak. Dia suka banget nge-jokes garing walaupun nantinya tidak ada member BTS yang tertawa.

15. Si Ganteng Kalem

Si Ganteng Kalem fakta Jin BTS

Fakta Jin BTS yang terakhir adalah, Jin punya sikap kalem yang bikin orang-orang nyaman berada di sekitarnya. Dia memang cerewet dan suka ngelucu yang tidak lucu, tapi kalau sudah saatnya tenang maka Jin akan tenang. Makanya sejak BTS punya ruangan untuk dua orang, Jin berbagi kamar dengan Suga, karena mereka berdua lah member yang paling tenang di BTS.

Nah, itu dia fakta Jin BTS. Tadi janjinya sepuluh, tapi author tambah lima lagi jadi lima belas fakta menarik. Setelah membaca fakta mengenai Jin di atas, apakah kamu telah jatuh cinta sama Jin? Atau ingin mengenal dengan semua member BTS? Kalau begitu, langsung kunjungi artikel 7 Fakta Personil BTS ini, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *