bacaterus web banner retina

10 Fakta Javier Bardem, Aktor Langganan Peran Antagonis

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 19 Juni 2021

Selain Antonio Banderas, ada satu aktor Hollywood asal Spanyol yang tak perlu diragukan kemampuan aktingnya. Javier Bardem adalah aktor yang kami maksud.

Sudah banyak film yang telah dibintangi aktor kelahiran 1 Maret 1969 ini. Salah satunya adalah No Country for Old Men (2007) yang melambungkan namanya di jagat perfilman Hollywood.

Di film itu, Bardem berperan sebagai Anton Chigurh. Seorang psikopat yang selalu melakukan ritual khusus sebelum membunuh korbannya. Yakni, dengan melemparkan koin ke udara terlebih dahulu.

Selain fakta soal karakter yang diperankannya itu, masih ada sederet fakta lainnya dari suami Penelope Cruz ini. Apa saja fakta-fakta tersebut? Langsung saja simak di bawah ini!

1. Awalnya Ingin Menjadi Pelukis

Awalnya Ingin Menjadi Pelukis

* sumber: www.interviewmagazine.com

Bardem sebetulnya memiliki darah akting dari orang tuanya, terutama sang ibu. Ibunya yang bernama Pilar Bardem merupakan seorang aktris ternama yang berkarier di Spanyol.

Walau demikian, Bardem sebetulnya tidak terlalu minat menjadi aktor. Pria kelahiran Las Palmas ini justru mulanya ingin menjadi pelukis. Bahkan, dia telah belajar lukis selama empat tahun di Madrid’s Escuela de Artes y Oficios.

Bardem sendiri baru menyentuh dunia akting saat dia tengah butuh uang demi memuluskan karier melukisnya. Awalnya, akting hanyalah sampingannya saja. Sampai suatu ketika, dia merasa tidak cukup handal dalam dunia melukis. Akhirnya, Bardem pun meninggalkan dunia lukis dan fokus di dunia akting.

2. Beradu Peran dengan Sang Ibu di Debut Aktingnya

Beradu Peran dengan Sang Ibu di Debut Aktingnya

* sumber: www.elnacional.cat

Bardem menjalani debut aktingnya di film panjang pada usia 21 tahun. Saat itu, dia bermain di film The Ages of Lulu (1990) garapan Bigas Luna. Di film sepanjang 95 menit itu, Bardem harus beradu akting dengan ibunya, Pilar Bardem.

Baik Bardem dan sang ibu, keduanya sama-sama memainkan peran pendukung di film yang dirilis di Spanyol itu. Javier Bardem berperan sebagai Jimmy, sedangkan ibunya berlakon sebagai Encarna.

3. Sempat Menolak Film Berbahasa Inggris

Sempat Menolak Film Berbahasa Inggris

* sumber: wwd.com

Awal karier Bardem di ranah akting dia habiskan di negaranya sendiri. Sudah lusinan film Spanyol yang telah dia mainkan di awal kariernya. Hal itu bikin reputasinya naik di kalangan sineas. Baik dari Spanyol dan juga luar negeri. Terutama, di negara yang memakai bahasa Inggris.

Pada usianya yang ke-27, Bardem sempat ditawari John Malkovich untuk bermain film berbahasa Inggris. Sayangnya, Bardem menolak tawaran tersebut, lantaran bahasa Inggrisnya belum bagus.

Malkovich kembali menawari Bardem untuk bermain film berbahasa Inggris untuk kedua kalinya, saat Bardem menginjak usia ke-33. Malkovich memberikan kesempatan kepada Bardem untuk belajar bahasa Inggris dulu, sebelum akhirnya bermain di film garapannya.

Singkat cerita, Bardem berhasil mempelajari bahasa Inggris, serta bermain di film garapan Malkovich, The Dancer Upstair (2002). Di film itu, Bardem kebagian peran sebagai seorang detektif.

4. Aktor Spanyol Pertama yang Berhasil Mendapatkan Piala Oscar

Aktor Spanyol Pertama yang Berhasil Mendapatkan Piala Oscar

* sumber: www.rtve.es

Sepanjang kariernya di dunia akting, Bardem berhasil mendapatkan satu pencapaian penting. Dia menjadi aktor Spanyol pertama yang berhasil mendapatkan Piala Oscar.

Adapun Piala Oscar yang diraih Bardem lewat perannya sebagai Anton Chigurh di No Country for Old Men. Bardem berhasil mendapatkan Piala Oscar untuk kategori Best Actor in Supporting Role.

5. Identik dengan Peran Antagonis

Identik dengan Peran Antagonis

* sumber: screenrant.com

Sepanjang kariernya, Bardem selalu berperan sebagai tokoh antagonis. Maka tak heran, bila dia dianggap sebagai aktor spesialis peran-peran antagonis. Hal ini tergolong wajar lantaran Bardem punya wajah yang tergolong sangar.

Di antara peran antagonis yang dia mainkan, Anton Chigurh adalah yang paling melekat dengan sosok Bardem. Selain membuat dia meraih Piala Oscar, tokoh antagonis ini juga bikin Bardem dikenal orang lebih luas.

Baca juga: 10 Fakta Daniel Day-Lewis, Aktor dengan Raihan 3 Piala Oscar

6. Anton Chigurh adalah Tokoh Psikopat Paling Realistis

Anton Chigurh adalah Tokoh Psikopat Paling Realistis

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=l5XE389BX9o

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, kalau Anton Chigurh adalah peran antagonis yang paling melekat di diri Javier Bardem. Menurut penelitian yang dilakukan profesor Samuel Leistedt, Anton Chigurh adalah tokoh antagonis berwatak psikopat paling realistis di jagat perfilman dunia.

Menurut Leistedt, Anton Chigurh adalah sosok psikopat yang menjalankan misinya dengan perasaan biasa saja. Dalam artian, tidak terlihat menakutkan seperti psikopat umumnya. Anton Chigurh juga digambarkan sebagai sosok yang kebal terhadap segala bentuk emosi manusia.

7. Penggemar AC/DC yang Tak Bisa Nyetir Mobil

Penggemar AC DC yang Tak Bisa Nyetir Mobil

* sumber: www.yahoo.com

Dari sejumlah grup musik yang ada, Javier Bardem sangat menyukai AC/DC. Menurut pengakuannya, AC/DC merupakan grup musik yang membantunya belajar bahasa Inggris.

Selama ini, Javier Bardem rupanya tidak bisa menyetir mobil sama sekali. Kalaupun dia harus belajar menyetir, hal itu hanya akan dia lakukan demi kepentingan peran yang dimainkannya saja.

8. Sudah Mengenal Penelope Cruz Sejak Sang Aktris Berusia Remaja

Sudah Mengenal Penelope Cruz Sejak Sang Aktris Berusia Remaja

* sumber: www.vanityfair.com

Pada Juli 2010, Javier Bardem resmi menikah dengan aktris asal Spanyol, Penelope Cruz. Keduanya menikah setelah sebelumnya berpacaran selama 3 tahun lamanya.

Sebelum pacaran dan menikah, Bardem sendiri sudah mengenal Penelope Cruz saat Penelope berusia remaja. Bardem mengenal Penelope setelah keduanya bermain di film Jamon Jamon pada 1992 silam.

Di film itu, Javier Bardem dewasa berperan sebagai model pakaian dalam dan matador. Sedangkan Penelope remaja berperan sebagai gadis remaja cantik bernama Silvia.

Dari pernikahannya dengan Penelope, Bardem telah dikaruniai dua orang anak. Satu seorang putra bernama Leo Encinaz Cruz, serta satu lainnya seorang putri bernama Luna Encinas Cruz.

9. Hidung yang Patah Sejak Muda

Hidung yang Patah Sejak Muda

* sumber: www.indiewire.com

Salah satu ciri khas Javier Bardem adalah hidungnya yang terlihat patah. Usut punya usut, hidung tersebut rupanya betul-betul patah. Konon, hidung itu patah disebabkan oleh perkelahian Bardem dengan beberapa orang di sebuah klub. Saat itu, Bardem masih berusia 20-an.

Pada acara Hollywood Hall of Fame 2012 silam, Bardem sempat bergurau soal hidungnya itu. “Hari Javier Bardem itu sangat keren. Dan seperti apakah rasanya? Apakah semua orang mesti berbicara dengan hidung patah saat sedang di Hollywood Boulevard?” guraunya saat itu.

10. Merupakan Aktivis Greenpeace

Merupakan Aktivis Greenpeace

Selain sebagai aktor, Javier Bardem juga aktif sebagai seorang aktivis di Greenpeace. Di sana, dia aktif menyuarakan pentingnya perlindungan terhadap Samudera Antartika.

Maka tak heran, bila di akun Instagram-nya, Bardem memakai username @bardemantarctic sebagai username akunnya. Di Greenpeace, dia tidak aktif sendirian. Dia aktif bersama dengan kakaknya, Carlos Bardem.

Selain Antonio Banderas, ada satu aktor Hollywood asal Spanyol yang tak perlu diragukan kemampuan aktingnya. Javier Bardem adalah aktor yang kami maksud.

Sudah banyak film yang telah dibintangi aktor kelahiran 1 Maret 1969 ini. Salah satunya adalah No Country for Old Men (2007) yang melambungkan namanya di jagat perfilman Hollywood.

Ada sejumlah fakta menarik di balik aktor pemeran Anton Chigurh ini. Sepuluh di antaranya sudah disebutkan di atas. Semoga fakta-fakta itu bisa bikin kamu makin kenal aktor kelahiran Las Palmas ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram