bacaterus web banner retina

10 Fakta Menarik Si Cantik yang Berbakat, Jacqueline Fernandez

Jacqueline Fernandez sepertinya sudah tidak asing lagi bagi para penggemar film Bollywood. Pasalnya aktris cantik asal Sri Lanka ini memang dikenal sebagai salah satu aktris muda berbakat. Jacqueline Fernandez memulai karirnya setelah ia memenangkan kontes Miss Universe Sri Lanka tahun 2006.

Jacqueline pernah berkarir sebagai model dan reporter di Sri Lanka, hingga kini debut di Bollywood. Jacqueline memulai karirnya di industri perfilman India lewat Aladin (2009) setelah melewati audisi yang ketat.

Karirnya mulai melejit setelah ia membintangi film Murder 2 (2011) yang disutradarai oleh Mohit Suri. Aksinya di Race 2 (2013) memberikan penghargaan sebagai Best Supporting Actress di ajang 14th IIFA Awards.

Sejak tahun 2009 hingga sekarang, Jacqueline Fernandez telah membintangi banyak film besar. Tapi kita akan membicarakan fakta-fakta menarik dari perjalanan karirnya di Bollywood. Berikut informasi lengkapnya.

Baca juga: 10 Fakta Karisma Kapoor, Bintang India yang Awet Muda

1. Terlahir di Keluarga Multi Etnis

Terlahir di Keluarga Multi Etnis

Jacqueline Fernandez memang bukan aktris berkewarganegaraan India, meski ia berkarir di Bollywood. Nyatanya wanita ini terlahir di Bahrain pada 11 Agustus tahun 1985 dan berkewarganegaraan Sri Lanka.

Jacqueline Fernandez hidup dan dibesarkan dalam keluarga yang multi Etnis lho. Pasalnya ia memiliki darah Sri Lanka, Canada dan Malaysia dan pernah tinggal di Australia untuk beberapa waktu.

Sejak kecil Jacqueline Fernandez sudah terbiasa dengan berbagai kebiasaan dari berbagai negara yang berbeda. Ia tinggal di Bahrain, Sri Lanka, Australia hingga sekarang tinggal di India, membuktikan bahwa wanita ini sangat terbuka dengan berbagai budaya.

Di India pun Jacqueline Fernandez terlihat sering mengikuti dan menghadiri berbagai acara berbau tradisi.

2. Wajib Selesaikan Sekolah Sebelum Berkarir

Wajib Selesaikan Sekolah Sebelum Berkarir

Jacqueline Fernandez mengungkapkan bahwa sejak kecil ia sudah menyukai untuk berakting. Namun impiannya itu berubah seiring ia makin dewasa, karena ia merasa akan sulit untuk meraihnya.

Apalagi Jacqueline Fernandez menambahkan, orang tuanya sangat mementingkan pendidikan. Ia juga memang menikmati masa-masa sekolahnya, termasuk proses belajar.

Pasalnya bagi Jacqueline Fernandez pendidikan menjadi pondasi yang sangat penting untuk hidupnya. Karena ia bisa memiliki perspektifnya sendiri ketika melihat dunia dengan berbagai macam hal yang ada.

Tak main-main, Jacqueline Fernandez berhasil mendapatkan gelar Sarjana jurusan Komunikasi Masa di University of Sydney, Australia.  

3. Kemampuan Berbahasa Asing yang Luar Biasa

Kemampuan Berbahasa Asing yang Luar Biasa

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Jacqueline Fernandez memang menikmati masa-masa belajarnya.

Tak heran jika ia memiliki kemampuan yang sangat baik dalam berbahasa, karena ia menguasai beberapa bahasa. Tentu untuk bahasa Hindi tidak perlu diragukan lagi she’s nail it dengan aksennya yang cukup bagus.

Jacqueline Fernandez memiliki kemampuan bahasa lainnya lho, sebut saja bahasa Spanyol, Perancis hingga Arab.

Karena Jacqueline Fernandez pernah bersekolah di Berlitz School of Language, yang membuatnya excited untuk belajar bahasa baru. Tentu saja bahasa Inggrisnya sangat lancar, karena ia pernah mengenyam pendidikan di Australia beberapa tahun.

4. Dari Outsider to Insider

Dari Outsider to Insider

Bagi para pecinta industri entertainment Bollywood, pasti sudah tidak asing dengan istilah outsider dan insider. Istilah ini semakin merebak sejak isu “nepotisme” berkembang, dimana para outsider diberikan pada selebriti luar yang tidak memiliki koneksi.

Sementara Insider diberikan pada mereka yang terlahir sebagai anak-anak artis atau memiliki hubungan darah. Jacqueline Fernandez bisa dikatakan seorang outsider yang berhasil memasukkan dirinya menjadi seorang insider.

Pasalnya dengan segala usaha dan kesungguhannya, kini Jacqueline Fernandez berhasil menjadi salah satu nama penting di Bollywood. Siapa yang tidak mengetahui dirinya, ia dikenal sebagai selebriti berbakat dan fashion icon.

5. Pengaruh Salman Khan Untuknya

Pengaruh Salman Khan Untuknya

Salman Khan dikenal sebagai salah satu orang yang sering membawa wajah-wajah baru di Bollywood. Jacqueline Fernandez pun mengutarakan bahwa ia berhutang atas keberhasilan karirnya pada sosok Salman Khan.

Pasalnya memang benar ia berusaha untuk bisa di titik ini, namun jika bukan karena Kick (2014) ia tidak mungkin berada di puncak seperti sekarang.

Selama proses syuting, Salman Khan akan membimbing dan memberikan advice layaknya teman bahkan keluarga. Ia juga menambahkan bahwa dirinya sangat mempercayai Salman khan apapun itu dan menjadikan pria itu sebagai orang paling penting di hidupnya.

6. Mencintai Akting dan Segala Kesibukannya

Mencintai Akting dan Segala Kesibukannya

Akting memang sudah menjadi mimpinya sejak masih kecil, hingga akhirnya keberuntungan dan kesempatan datang padanya.

Kini ia bisa melakukan akting yang awalnya ia kira tidak akan bisa digapai, tapi sekarang benar-benar nyata. Makannya Jacqueline Fernandez selalu menikmati momen-momen saat ia sedang syuting meski jadwalnya sangat padat.

Pasalnya dalam satu tahun ia harus memerankan dua hingga empat karakter, dimana prosesnya tidaklah mudah. Namun Jacqueline menikmati waktu-waktu itu untuk terus ditantang meningkatkan kemampuan.

Meski jadwal di luar syuting juga padat, tapi yang membuatnya selalu fokus adalah ia tahu kapan harus mengambil istirahat agar tidak mudah stres.

7. Skill Menarinya Tidak Perlu Dipertanyakan Lagi

Skill Menarinya Tidak Perlu Dipertanyakan Lagi

Menekuni karir sebagai seorang aktris di Bollywood, membuat Jacqueline harus menguasai bidang menari. Mengetahui hal ini sangat penting, wanita ini dengan tekun mempelajari menari mulai dari hip-hop, pole dancing hingga tarian tradisional.

Khusus pole dancing, kemampuannya membuat banyak orang kagum saat melihatnya di film A Gentleman (2017).

Untuk mendukung penampilannya di berbagai film lainnya, Jacqueline Fernandez mengambil kelas menari Kathak. Dikutip dari Free Press, Jacqueline mengambil kelas Kathak begaya Jaipur gharana di bawah bimbingan koreografer ternama Charvi Bharadwaj.

8. Pernah Takut Berhadapan dengan Kamera

Pernah Takut Berhadapan dengan Kamera

Jika melihat penampilan Jacqueline Fernandez di berbagai film, siapa yang menyangka jiwa wanita ini pernah takut dengan kamera. Dikutip dari India Today, Jacqueline mengungkapkan bahwa hal yang paling suit baginya adalah ketakutan dengan kamera.

Pasalnya ia memang tidak pernah ikut pelatihan formal, makannya Jacqueline membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun untuk mengatasinya. Tidak ada waktu baginya untuk mempersiapkan diri, karena Jacqueline benar-benar langsung terjun ke dunia akting.

Beruntungnya banyak orang yang membantunya untuk beradaptasi dalam waktu yang cepat. Nasihat yang ia dengar, berhasil membuatnya menjadi lebih nyaman setiap akan berhadapan dengan kamera.

9. Tetap Semangat Syuting Meski Terluka

Tetap Semangat Syuting Meski Terluka

Sebagai seorang aktris, resiko terluka selama menjalani proses syuting bukanlah hal yang aneh lagi. Karena Jacqueline tidak hanya berperan di film romance saja, terkadang ia harus menari dengan semangat di medan yang sulit.

Bahkan harus memeragakan koreografi aksi yang cukup sulit dan berbahaya untuk dilakukan. Hal ini terjadi ketika Jacqueline mengalami cedera di lokasi syuting film Race 3 (2018) di Abu Dhabi. Jacqueline melukai daerah atas matanya saat melakukan squash, alhasil ia harus dilarikan kerumah sakit.

Hanya mendapatkan cedera ringan, Jacqueline tidak mau sampai membuat jadwal syuting molor. ia meneruskan syuting memperagakan aksi Mix Martial Art techniques, yang sudah dilatih setiap harinya.

10. Akui Film Sukses Berkat Film “Komersial”

10.	Akui Film Sukses Berkat Film “Komersial”

Ketika kebanyakan artis menolak disebut sukses karena film komersial yang mereka ambil. Maka Jacqueline Fernandez dengan gamblang mengatakan ia bangga dengan film komersial. Dikutip dari Hindustan Times, wanita ini mengatakan film tersebut membawanya ke tempatnya sekarang ini.

Jacqueline Fernandez sangat terbuka untuk berbagai jenis film yang datang padanya, selama ceritanya bagus. Ia menyadari bahwa konsumen konten digital sedang naik-naiknya belakangan ini, jadi kenapa tidak mencoba film web dan film komersial lainnya.

Toh semua film yang diambilnya bukanlah film dengan cerita murahan, semuanya memiliki sisi teatrikal dan premis cerita yang bagus.

Inilah fakta-fakta menarik dari seorang Jacqueline Fernandez, sepertinya ia memang aktris yang suka menampilkan kepribadiannya apa adanya. Makannya Jacqueline tidak segan mengatakan bahwa kesuksesannya di dapat dari film komersial dan berterima kasih pada Salman Khan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram