Bacaterus / BTS / 10 Fakta J-Hope BTS, Dance King & Sunshine Kesayangan A.R.M.Y

10 Fakta J-Hope BTS, Dance King & Sunshine Kesayangan A.R.M.Y

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menyusul V, Jin, Suga, dan anggota BTS lainnya, ada satu lagi member BTS yang mau author bahas, yaitu J-Hope, si Sunshine kesayangan A.R.M.Y. Jung Hoseok (정호석) alias J-Hope, merupakan rapper dan lead dancer BTS. Tapi, J-Hope juga bisa bernyanyi, menulis, dan memproduksi lagu, loh. Kira-kira sudah lebih dari lima puluh lagu BTS yang diciptakan oleh J-Hope.

Cowok kelahiran Gwangju ini baru saja merilis mixtape-nya dengan album “Hope World” pada Maret 2018 lalu, menyusul band mates-nya yang sudah terlebih dulu merilis mixtape mereka, yaitu Suga dan RM. Dengan mixtape-nya ini, J-Hope menjadi artis K-Pop solo pertama yang masuk ke Billboard 200 di peringkat 63.

Keren banget, ya, uri Hobi? Ingin tahu lebih banyak tentang J-Hope? Yuk, langsung saja disimak sepuluh fakta J-Hope BTS yang sudah author Bacaterus rangkum di bawah ini.

Biodata

  • Nama lengkap : Jung Ho Seok (정호석)
  • Nama panggung : J-Hope (제이홉)
  • Posisi di grup : Main Dancer, Rapper, Sub Vocalist
  • Tempat dan tanggal lahir : Gwangju, Korea Selatan. 18 Februari 1994
  • Zodiac : Aqurius
  • Tinggi badan : 177 cm (5’.10”)
  • Golongan darah : A

1. Hyung + BTS Caretaker

Hyung + Eomma BTS fakta J-Hope BTS

J-Hope lahir di Gwangju, Korea Selatan, pada tanggal 18 Februari 1994. Karenanya, J-Hope termasuk pada hyung line di BTS alias jajaran member tertua. Banyak A.R.M.Y baru yang salah mengira kalau J-Hope ini salah satu maknae, karena kelakuannya yang ‘berisik’ dan suka melakukan aegyo.

Padahal, J-Hope itu kakak yang bertanggung jawab, loh. Bahkan, dia dijuluki sebagai pengurus-nya BTS karena dia suka membantu Jin membangunkan para member, membantu memasak di dorm, beres-beres, menemukan barang-barang yang dihilangkan oleh RM, dan masih banyak lagi kelakuan J-Hope yang membuat dia dijuluki mama-nya BTS.

Tapi, itu dulu ketika BTS awal-awal debut. Sekarang, sudah tidak ada lagi yang memanggil J-Hope sebagai eomma karena takut dia tidak suka. Makanya, mari kita panggil J-Hope sebagai Sunshine saja, soalnya keceriaan J-Hope memang secerah mentari.

2. Sudah Nge-dance Sejak Sebelum Debut

Adalah fakta J-Hope BTS kalau dia sudah menari bahkan sejak sebelum debut. Ketika di kotanya dulu, J-Hope sudah dikenal sebagai “Jung Hoseok dari Neuron” dan “Jung Hoseok dari (nama akademi tarinya)”. Neuron adalah nama underground dance team-nya J-Hope. Semasa di Neuron, J-Hope paling suka melakukan boogaloos dan sub genre, yaitu bagian dari popping dance.

V pernah bercerita, ketika dia pindah sekolah ke Korea Arts School, banyak trainee asal daerah lain selain Seoul juga yang bersekolah di sana. Ketika BTS dikonfirmasi debut, teman-teman sekolahnya V bertanya “Kau akan debut dengan Jung Hoseok, yang dari akademi tari Gwangju itu?”, seperti itulah ketenaran J-Hope sejak dulu.

J-Hope sering memenangkan kompetisi tari skala kecil maupun nasional bersama dengan Neuron maupun dengan teman-teman di akademi tarinya. FYI, akademi tari tersebut sangat terkenal di Gwangju. Bahkan, akademi itu sudah mencetak banyak idol papan atas seperti Seungri BIGBANG, Minzy ex-2NE1, Yunho TVXQ, B.A.P Zelo, dan masih banyak lagi.

Menurut teman satu akademinya, di akademi tersebut banyak anak berbakat, tapi J-Hope lebih dari berbakat. Bisa dibilang kalau J-Hope adalah best dancer di akademi. Dari menarilah J-Hope mulai merasa berminat pada musik dan rap.

J-Hope pun melakukan audisi untuk menjadi trainee di JYP Entertainment, tapi dia tidak lolos dan akhirnya audisi di Big Hit Entertainment yang membawa namanya menjadi besar seperti sekarang.

Sebelum debut, J-Hope sempat berkolaborasi dengan Jokwon 2AM dalam lagu “Animal” dan di sana J-Hope nge-rap dan menari. J-Hope pernah bercerita kalau dia mendapatkan bayaran atas kerja kerasnya sendiri untuk pertama kalinya dari kolaborasi tersebut.

3. Makna Nama “J-Hope”

Makna Nama

Mungkin kamu bertanya-tanya dari mana asal nama panggung J-Hope (제이홉). Huruf J-nya diambil dari marganya, yaitu Jung. Sedangkan “hope” dipilih karena dia ingin menjadi harapannya BTS dan harapannya ARMY.

Makanya, ketika memperkenalkan diri, J-Hope suka mengatakan “I’m your hope, I’m your angel, I’m J-Hope!“. Kabarnya, kalau punya anak nanti, J-Hope ingin menamakan anaknya “Hwimang” yang berarti harapan dan semangat.

4. Golden Hyung

Golden Hyung

Jika Jungkook disebut sebagai Golden Maknae, maka J-Hope adalah Golden Hyung. Sama seperti Jungkook yang serba bisa, J-Hope juga memiliki banyak talenta. Dia rapper dan main dancer BTS, semua orang tahu itu.

Tapi, tahukah kamu kalau J-Hope juga bisa bernyanyi? Walaupun tidak terlalu sering, J-Hope suka menjadi backing vocal para vokalis di BTS, loh. Kalau kalian memperhatikan suara di balik para vokalis, kamu akan mendengar suara J-Hope bernyanyi.

J-Hope juga sering ikut andil dalam harmonizing di lagu-lagu BTS. Kalau yang paling jelas, sih, memang ketika BTS mempromosikan lagu “Spring Day” di mana J-Hope bernyanyi di awal verse. Yup, J-Hope bernyanyi! Memang, J-Hope tidak bernyanyi di lagu versi rekaman, tapi ketika mereka promosi di televisi, J-Hope menggantikan posisi RM untuk bernyanyi di awal.

J-Hope disebut sebagai best vocalist di antara rapper BTS lainnya, yaitu Suga dan RM. Tak hanya di lagu Spring Day, ketika fan meeting di Jepang, J-Hope dan Suga menampilkan lagu berjudul Otsukare (お疲れ) di mana mereka berdua bernyanyi. Psst, lagu itu mereka berdua yang buat sendiri, loh!

5. Pernah Diputusin Pacar

Pernah Diputusin Pacar

Si karismatik J-Hope pernah merasakan pahitnya percintaan juga, loh. Jadi, sewaktu sekolah dulu, J-Hope pernah pacaran. Dia suka dan sayang banget sama pacarnya itu. Tapi, cewek itu malah mutusin J-Hope dan kencan sama cowok lain.

Ketika lagi naik bis mau pulang, J-Hope yang sedih habis diputusin langsung mendengarkan lagu di mp3. Pada saat itu terputar lagu Dynamic Duo yang berjudul “Solo.” Sejak saat itu, lagu tersebut punya arti mendalam untuk J-Hope. Cewek itu sekarang pasti nyesel banget sudah mencampakkan J-Hope, ya?

6. Satu-satunya Member BTS yang Tidak Ditindik

Satu-satunya Member BTS yang Tidak Ditindik

Sudah tidak aneh lagi di kalangan idol untuk menindik telinga mereka. Bahkan, di BTS sendiri semua member-nya memiliki banyak tindikan. Jungkook punya tindikan yang paling banyak, yaitu 8. Lalu, di posisi selanjutnya ada Jimin, Suga, dan V yang punya 5 tindikan. Jin dan RM punya dua tindikan. Sedangkan J-Hope? Tidak ada tindikan sama sekali!

Tapi, J-Hope sama sekali tidak berniat untuk menindik telinganya seperti band mates-nya, tuh. Alasan terkuatnya adalah ayahnya. Ayah J-Hope adalah seorang guru sastra di SMA. Dia takut dimarahi ayahnya kalau menindik telinganya. Tapi, walau sekarang sudah dewasa pun J-Hope tetap tidak menindik telinganya. Anak yang berbakti, ya? Hihi.

7. “Sound Effect”

J-Hope adalah mood maker dan sunshine-nya BTS. Memang, pribadi J-Hope terkenal menyenangkan dan mudah akrab dengan siapa saja. Dia bisa mengubah suasana canggung menjadi seru. Sebenarnya, J-Hope sudah lama melakukan ini, tapi baru-baru ini ARMY sadar akan kelakuan J-Hope yang sangat unik dan tidak pernah ditemukan di idol lainnya, yaitu sound effect.

J-Hope orangnya cerewet banget, kan? Tapi, tidak hanya cerewet berbicara saja, J-Hope suka mengeluarkan suara-suara unik dari mulutnya setiap dia melakukan sesuatu. Misalnya, ketika member BTS sedang memperkenalkan diri, ketika membuka bungkusan makanan, ketika latihan menari, pokoknya J-Hope suka mengeluarkan sound effect yang membuat siapa saja yang mendengar tertawa.

8. Tinashe Fanboy

Tinashe Fanboy

Sudah dalam beberapa kali kesempatan J-Hope ketahuan menggunakan wallpaper Tinashe di layar komputernya. Tinashe adalah penyanyi, penari, dan penulis lagu asal Amerika Serikat.

Ketika BTS melakukan promosi di Amerika, J-Hope selalu menjawab ingin berkolaborasi dengan Tinashe. Tak hanya J-Hope, Tinashe juga mengatakan kalau dia ingin berkolaborasi dengan BTS terutama J-Hope. Semoga saja mereka segera berkolaborasi, ya!

9. Sprite Lover

 Sprite Lover

Selain Tinashe, ada satu hal lagi yang membuat J-Hope terobsesi. Apa coba? Kali ini bukan orang, loh, melainkan minuman bersoda, Sprite. Setiap ditanya apa makanan favorit di Amerika, bukannya menjawab nama makanan atau restoran, J-Hope selalu menjawab Sprite.

Soalnya, di Korea memang tidak ada Sprite, genks, di sana adanya soda lemon merk asli Korea. Makanya, setiap ke Amerika, J-Hope baru bisa minum Sprite. Bang J-Hope, di Indonesia juga ada kali, Sprite, mah! Hihi.

10. Mixtape “Hope World” Memuncaki Tangga Lagu

Mixtape

Suga dan RM sudah pernah merilis mixtape mereka pada tahun 2016 dan 2015 lalu. Sebenarnya, J-Hope juga pernah mengeluarkan satu lagu mixtape-nya yang berjudul “1 Verse”. Tapi, J-Hope ingin mengeluarkan mixtape dalam bentuk album seperti teman-temannya. Akhirnya, J-Hope pun merampungkan mixtape-nya yang sudah dia kerjakan selama 3 tahun dengan album “Hope World”.

Gaya mixtape J-Hope sangat berbeda dengan Suga dan RM. Mixtape J-Hope lebih energik dan colorful, sesuai dengan kepribadiannya. Lagu utama dalam mixtape-nya, yaitu “Daydream”, serta lagu lainnya yang berjudul “Hope World” dan “Hangsang” memasuki World Digital Songs Chart pada peringkat ke-3, 16, dan 24.

Album mixtape-nya masuk pada posisi nomor 63 di Billboard 200, merupakan peringkat chart tertinggi yang pernah artis K-Pop solo dapatkan, loh. Nama J-Hope diukir dalam Billboard Artist 100 juga sebagai soloist Korea ke-2 setelah PSY. Duh, keren banget, ya?

Nah, itu dia 10 fakta J-Hope BTS yang telah author rangkum untuk kamu para ARMY dan Hobi stan. Kalau kamu mau menambahkan fakta J-Hope yang lainnya, boleh banget, kok. Tuliskan di kolom komentar, ya. Tapi, kalau kamu mau lebih kenal dengan semua personil BTS, bisa langsung kunjungi artikel 7 Fakta Personil BTS ini, ya. Salam ARMY!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *