Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Maret 2019

IZ*ONE salah satu girl group terpopuler saat ini menjadi banyak sorotan di kalangan KPOPers maupun non-KPOPers. Pasalnya, grup yang debut pada bulan Oktober tahun 2018 ini dibentuk melalui acara survival dengan beranggotakan 12 orang di dalamnya.

Namun, yang menjadi keunikan IZ*ONE adalah tidak semua anggotanya berasal dari Korea saja, melainkan campuran dari para anggota Jepang, seperti AKB48 dan HKT48. Tapi sayangnya, grup IZ*ONE hanya akan bertahan selama 2.5 tahun saja lho. Wah, kenapa, ya? Ingin tahu jawabannya? Kalau begitu, kamu sebagai WIZ*ONE harus baca sampai akhir artikel ini, ya!

9 Fakta Menarik Tentang IZ*ONE

1. Debut Melalui Acara Survival Show

Sudah disinggung sebelumnya, IZ*ONE merupakan grup yang dibentuk melalui proses survival show. For your information, acara survival show merupakan ajang pencarian bakat idol di Korea yang bisa diikuti oleh siapapun, biasanya para trainee. Dari banyaknya trainee yang mengikuti acara tersebut, maka akan disaring beberapa orang saja yang nantinya bisa debut sebagai sebuah grup.

Nah, sebelum IZ*ONE terbentuk, para anggotanya ini harus mengikuti berbagai macam proses panjang agar dilihat “layak” untuk debut sebagai girl group. Mereka harus menjalankan misi-misi tertentu untuk menunjukan bakat dan talentanya masing-masing. Semua itu dikemas dalam satu acara survival show yang bernama PRODUCE48.

PRODUCE48 ini merupakan acara survival show ketiga yang bekerjasama dengan perusahaan industri hiburan Jepang, AKS (perusahaan yang mengatur AKB48). Makanya, tidak heran jika saat kalian menonton acara ini, maka kalian akan menemukan banyak anggota AKB48, HKG48, dan artis 48 Jepang lainnya di sini.

Sayangnya, grup IZ*ONE ini hanya akan bertahan selama 2.5 tahun saja. Sebab, semua anggota yang ada di IZ*ONE masih terikat kontrak dengan agensi lain dan bahkan ada yang sudah debut dengan grup lain. Makanya, agar tidak mengganggu aktivitas grup lain, maka IZ*ONE hanya mengambil kontrak selama 2.5 tahun saja. Setelahnya, para anggota IZ*ONE kembali pada rutinitas awal sebelum menjadi IZ*ONE.

2. Terdiri dari 12 Anggota Cantik

Setelah para trainee di PRODUCE48 berhasil melalui segala macam proses seleksi, akhirnya terpilihlah 12 trainee yang dihitung berdasarkan hasil voting dari para penonton. Nah, 12 trainee dengan jumlah voting terbanyak pun akan langsung lolos dan debut bersama grup bernama IZ*ONE. Ke dua belas anggota tersebut adalah:

  • Kwon Eunbi

kwon eunbi

Kwon Eunbi, atau lebih akrab dipanggil dengan Eunbi ini adalah anggota dengan hasil voting terbanyak ke-7, alias ranking 7 dalam acara PRODUCE48. Cewek kelahiran 27 September 1995 ini juga diposisikan sebagai Leader, Main Dancer, dan Lead Vocalist.

  • Miyawaki Sakura

miyawaki sakura

Kalau member yang satu ini sudah pasti sangat terkenal di kalangan fans AKB48 dan di Jepang, ya? Sakura sendiri mendapatkan posisi ranking 2 dengan voting terbanyak. Bukan hanya parasnya yang memukau, bakat menyanyinya pun diakui oleh para fansnya, sehingga cewek kelahiran 19 Maret 1998 ini pun ditempatkan sebagai vokalis dan visual di grup IZ*ONE.

  • Kang Hyewon

kang hyewon

Di ranking ke-8 ada Kang Hyewon. Dia ini merupakan trainee dari agensi 8D Creative. Pada awal ia muncul di PRODUCE48 banyak yang meragukan bakat dan talentanya. Tapi sekarang, cewek kelahiran 5 Juli 1999 ini menampis keraguan tersebut dengan membuktikannya sebagai Lead Rapper, Vocalist, dan visual di grupnya.

  • Choi Yena

choi yena

Anggota dengan kelahiran 1999 lainnya di IZ*ONE adalah Choi Yena, bisa disingkat sebagai Yena. Meskipun Yena ini terlihat imut dan menggemaskan, tapi dia ini ternyata rapper utama di grup lho! Selain jago nge-rapp, Yena juga menyandang posisi sebagai Lead Vocalist dan Lead Dancer yang membuktikan bahwa ia juga jago nyanyi dan menari!

  • Lee Chaeyeon

lee chaeyeon

Beranjak dari 1999 liner, kini ada Chaeyeon yang lahir di tahun 2000, tepatnya pada tanggal 11 Januari. Kalau member yang satu ini berhasil mendapatkan ranking ke-12 di PRODUCE48. Tapi, jangan meremehkan Chaeyeon, ya! Pasalnya, saudara kembar dari Lee Chaeryeong – ITZY ini jago banget nge-dance. Bahkan, bakatnya ini pun membawanya sebagai Main Dancer, Lead Vocalist, dan Lead Rapper. Keren, kan?

  • Kim Chaewon

kim chaewon

Masih dengan anggota kelahiran 2000, kali ini ada Kim Chaewon yang punya suara merdu. Dengan bakat suaranya yang bagus ini, maka tidak heran jika Chaewon menyandang posisi sebagai lead vocalist. Yang bikin fans makin cinta adalah bakat menarinya, makanya ia juga dipercaya sebagai lead dancer di grupnya.

  • Kim Minjoo

kim minjoo

Puas membahas para 00’liners kini hadir Minjoo sebagai salah satu anggota dengan kelahiran 2001, tepatnya di tanggal 5 Februari. Banyak yang mengatakan bahwa Minjoo ini punya paras yang cantik dan terkadang ia juga disebut mirip dengan Tzuyu – TWICE. Berkat wajahnya yang manis ini, Minjoo pun mendapatkan gelar sebagai visual. Eits, bukan berarti dia nggak berbakat, karena Minjoo juga jago nyanyi, makanya ditempatkan sebagai vokalis.

  • Yabuki Nako

yabuki nako

Selain Miyawaki Sakura, ada Yabuki Nako yang melengkapi jejeran anggota IZ*ONE asal Jepang. Nako sendiri adalah member HKT48 yang kini tengah vakum dan fokus di IZ*ONE untuk 2.5 tahun ke depan. Terlepas dari itu semua, nyatanya cewek kelahiran 18 Juni 2001 ini punya bakat menyanyi yang bikin fans berdecak kagum. Makanya, Nako ini ditempatkan sebagai vokalisnya di grup.

  • Honda Hitomi

honda hitomi

Menemani Sakura dan Nako, Hitomi juga merupakan anggota dari Jepang. Hitomi ini adalah anggota dari AKB48 dengan kelahiran 6 Oktober 2001. Tercatat, Hitomi berhasil mendapat peringkat ke-9 sebagai hasil voting terbanyak di PRODUCE48. Berkat hal tersebut, Hitomi pun berhasil debut dengan IZ*ONE dan diposisikan sebagai Lead Dancer, Vocalist, dan Rapper.

  • Jo Yuri

jo yuri

Selesai memperkenalkan anggota dari Jepang, kali ini ada Yuri yang merupakan trainee Korea di bawah naungan agensi Stone Music Entertainment. Yuri ini sebenarnya bukan lagi sebagai trainee, karena ia pun sudah debut dan punya grup sendiri, yakni Fromis_9. Tapi, ia juga mengikuti acara PRODUCE48 dan terpilih sebagai hasil voting terbanyak ke-3 setelah Sakura. Kini, Yuri sedang aktif sebagai IZ*ONE sebagai vokalis utama.

  • Ahn Yujin

ahn yujin

Ini dia salah satu deretan anggota termudanya di IZ*ONE, Ahn Yujin alias Yujin. Ia lahir pada tanggal 1 September 2003. Meskipun masih sangat muda, tapi Yujin mampu menunjukan bakatnya dan berhasil menduduki peringkat ke-5 di PRODUCE48 dan debut sebagai lead vocalist juga lead dancer di IZ*ONE.

  • Jang Wonyoung

jang wonyoung

Penasaran dengan member termuda sekaligus pemenang di PRODUCE48? Ini dia, Jang Wonyoung! Ya, dia adalah trainee yang berhasil duduk di peringkat pertama. Berkat hasil voting terbanyak ini, Wonyoung pun diposisikan sebagai center. Tapi, ia debut bukan hanya karena itu saja, ya. Pasalnya, memang Wonyoung ini sangat multitalenta. Di usianya yang masih belia, kelahiran 2004, ini ia sudah jago nyanyi dan nari lho. Makanya, dia juga dipercaya sebagai Lead Dancer dan vokalis di grup.

Nah, itu tadi 12 anggota yang ada di IZ*ONE. Semua anggota yang terpilih dari PRODUCE48 memang tidak main-main, semuanya harus berbakat. Dari 12 anggota di atas, mana yang menjadi bias kamu, nih, WIZ*ONE?

3. Salah Satu Girl Group dengan 1st Win Tercepat!

1st win dalam sebuah grup idol di Korea itu sangat penting dan menjadi pride sendiri bagi grup. Tidak mudah untuk mendapatkan kemenangan di acara musik Korea. Tapi, berkat kerja keras dari semua anggota IZ*ONE, akhirnya mereka pun berhasil membawa piala kemenangan pertamanya dalam sebuah acara musik M Countdown.

Tercatat, IZ*ONE berhasil mendapatkan 1st win setelah mereka debut 10 hari lho. Sangat cepat untuk sebuah grup idol yang baru debut. Kemenangan tersebut juga didapatkan IZ*ONE berkat penjualan album COLOR*IZ yang sangat sukses! Wah, selamat, ya, IZ*ONE!

4. MV Pertama Berhasil Mencetak Rekor

Selain berhasil meraih rekor sebagai girl group dengan 1st win tercepat, video klip pertamanya juga menghasilkan rekor lho! Tercatat, MV La Vie en Rose mampu menarik lebih dari 4 juta penonton hanya dalam waktu 24 jam saja! Tentu saja, hal itu menjadikan IZ*ONE meraih rekor sebagai MV debut dengan viewers terbanyak dalam waktu 24 jam. Hebat, ya? Sudah nonton MV-nya belum?

5. Lagunya Sempat Menjadi Kontroversi

lagu kontroversi

Meskipun banyak rekor yang diraih oleh IZ*ONE, tapi ternyata ada saja halangannya. Pasalnya, lagu IZ*ONE – “You’re in Love, Right?” sendiri sempat menjadi kontroversi sehingga dilarang dan diboikot untuk tampil di acara TV Korea, seperti KBS dan SBS. Dinyatakan, lagu IZ*ONE tersebut terlalu bernuansa akan budaya Jepang dan dianggap menyalahi regulasi penyiaran. Namun tenang saja, semua kontroversi ini sudah diselesaikan, kok.

6. Debut di Dua Negara

Seperti yang kita ketahui, IZ*ONE ini merupakan grup yang dibentuk dengan gabungan anggota yang berasal dari Korea dan Jepang. Karena hal itu, IZ*ONE memang dirancang untuk debut bukan hanya di Korea, melainkan di Negeri Sakura juga.

Untuk debut di Korea, IZ*ONE menyiapkan lagu La Vie en Rose. Sedangkan untuk debut di Jepang, IZ*ONE menyiapkan lagu khusus yang bertajuk “Suki to Iwasetai”. Kabar baiknya lagi, lagu debutnya di Jepang ini mendapatkan respon sangat positif dari penonton lho! Yuk, nonton MV-nya!

7. Arti Nama IZ*ONE

arti nama izone

Pernah nggak sih, kamu penasaran kenapa namanya IZ*ONE? Ternyata IZ*ONE sendiri punya arti yang cukup bagus dan mendalam lho! IZONE atau yang ditulis IZ*ONE ini punya arti 12 macam warna. “IZ” yang bermakna 12, menunjukan 12 anggota yang memiliki karakter berbeda. Sedangan ONE punya makna 1, yang berarti 12 anggota berbeda yang dipadukan menjadi 1 menjadi warna yang sangat indah. Keren, kan?

8. Arti Nama Fandom IZ*ONE

arti nama wizone

Selain punya arti nama grup yang mendalam, ternyata nama fandom alias nama fans-nya IZ*ONE juga sangat bermakna lho. Perlu diketahui, fandom IZ*ONE disebut dengan WIZ*ONE. Nah, menurut Ahn Yujin, WIZ*ONE diartikan sebagai: WIZ = Wizard (penyihir). Jika digabungkan, maksudnya adalah para fans IZ*ONE yang mencintai dan mendukung IZ*ONE sedang membuat masa depan indah penuh magis bersama IZ*ONE.

9. Prestasi IZ*ONE

prestasi izone

Meskipun baru debut di tahun 2018 silam, tapi IZ*ONE sudah membuktikan popularitas dan bakatnya dengan banyaknya penghargaan yang sudah mereka raih. Ada pun beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh IZ*ONE:

  • 2018: Asia Artist Awards – Rookie of the Year
  • 2018: Mnet Asian Music Awards – Best New Female Artist
  • 2018: Mnet Asian Music Awards – New Asian Artist
  • 2019: Gaon Chart Music Awards – New Artist of the Year (Album)
  • 2019: Golden Disc Award – Rookie of the Year
  • 2019: Seoul Music Award – New Artist Award
  • 2019: V Live Awards – Rookie Top 5

Dan masih banyak lagi deretan prestasi yang berhasil diraih oleh IZ*ONE. Prestasi dan penghargaan ini masih ada kemungkinan bertambah lho. Kalau kamu tahu penghargaan lainnya yang pernah didapatkan oleh IZ*ONE, tambahkan di kolom komentar, ya!

Itulah tadi seputar 9 fakta IZ*ONE yang perlu kamu ketahui sebagai fans-nya. Bisa kita lihat, bahwa menjadi IZ*ONE tidaklah mudah, mereka harus melewati banyak rintangan. Bahkan, setelah debut pun mereka masih menemukan kontroversi. Tapi, berkat kerja keras dan usaha mereka, semuanya bisa teratasi dengan baik dan bisa menjadi salah satu grup populer saat ini. Setuju, nggak nih chingu?