bacaterus web banner retina

10 Fakta Penting Serial Inventing Anna, Kisah Si Penipu Ulung

Ditulis oleh Siti Hasanah

Seri Netflix, Inventing Anna, merupakan salah satu seri terbaru yang diciptakan oleh Shonda Rhimes. Serial ini dibuat berdasarkan artikel majalah New York tahun 2018 yang viral.

Artikel tersebut mengenai Anna Sorokin yang mengaku sebagai seorang pewaris dari keluarga kaya asal Jerman. Kasus penipuannya menyebabkan dia mendekam di penjara selama hampir 4 tahun.

Enam minggu sesudah bebas dari penjara, Anna kembali ditangkap oleh pihak imigrasi AS dan hingga kini masih ditahan di AS. Ada laporan dirinya akan dideportasi ke Jerman.

Pewaris palsu ini ternyata adalah gadis kelahiran Rusia dan dia menipu banyak orang hingga bisa masuk ke dalam lingkungan elite New York. Masih penasaran tentang Anna? Berikut sederet fakta Inventing Anna.

1. Bersumber dari sebuah Artikel di Majalah New York yang Viral

fakta-inventing-anna-1_

Sebelum menciptakan Inventing Anna, Shonda Rhimes sukses dengan beberapa karyanya seperti Grey's Anatomy dan Scandal. Ketika Rhimes membaca artikel tentang Anna Sorokin yang diterbitkan di New York Magazine, dia langsung tertarik dan mulai merencanakan untuk membuat mini serinya.

Fakta tentang keberhasilan Netflix dan Shondaland, perusahaan Rhimes, dalam mendapatkan hak atas artikel yang ditulis oleh Jessica Pressler dibahas oleh Deadline, sebuah situs web hiburan.

Semenjak dirilis, artikel Pressler sudah menjadi incaran banyak produser yang tertarik untuk menjadikan artikel tersebut sebagai sebuah karya adaptasi baik untuk TV atau media lainnya.

Demi Inventing Anna, Shonda Rhimes rela meninggalkan ABC Studios yang dulu menjadi tempatnya menghasilkan dua serial terkenal tersebut. Drama seri Inventing Anna juga menandai seri pertama yang dibuat oleh Rhimes semenjak pembuatan serial Scandal.

2. Perilaku Vivian Kent dan Jessica Pressler Berbeda Jauh

fakta-inventing-anna-2_

Vivian Kent, yang diperankan oleh Anna Chlumsky, merupakan seorang reporter yang menulis artikel terkenal mengenai Anna Delvey. Tokoh ini adalah tokoh fiktif. Begitu juga dengan Manhattan Magazine. Tokoh Vivian Kent didasarkan pada Jessica Pressler, yaitu penulis dari New York Magazine yang menulis artikel asli tentang Anna Sorokin. 

Namun terdapat beberapa perbedaan yang mendasar dari kedua tokoh tersebut. Pressler tidak pernah memberikan bantuan pembelaan untuk kasus Anna atau meminta bantuan teman jurnalis di kantornya untuk melakukan penyelidikan. Namun fakta Pressler sedang hamil saat wawancara dan ketika menulis artikel itu benar adanya. 

Selain itu, perjalanan Pressler ke Jerman itu juga memang benar terjadi. Namun, Pressler mengatakan bahwa dirinya tidak pernah berusaha mencoba untuk masuk ke rumah orang tua Anna yang berada di Jerman.

Ini berbeda dari cerita di mini seri. Saat berada di Jerman, Vivian diceritakan berusaha untuk menyelinap masuk ke dalam rumah orang tua Anna. 

3. Berdasarkan Kisah Anna Delvey A.K.A. Anna Sorokin 

fakta-inventing-anna-3_

Nama asli dari tokoh Anna Delvey adalah Anna Sorokin. Dia merupakan perempuan kelahiran Rusia yang berpura-pura menjadi pewaris keluarga kaya dari Jerman. Anna melakukan hal tersebut untuk menipu hotel, bank, serta warga elite Kota New York. 

Anna Sorokin yang berusia 31 tahun tersebut lahir di Moskow. Kemudian keluarganya pindah ke Jerman. Pada musim panas 2013, Anna pindah ke Kota New York untuk acara Fashion Week sambil bekerja di sebuah majalah mode Prancis bernama Purple

Sebelumnya Anna sudah terdaftar sebagai murid di Central Saint Martins, London, tapi keluar dan kemudian pindah ke Paris. Disanalah dia mengganti nama belakangnya dari Sorokin menjadi Delvey. 

Saat tiba di New York, dia pindah ke kantor Purple New York dan mulailah Anna bergaul dengan orang-orang kaya dari dunia seni di Kota New York. Sesudah mengenal orang-orang penting itu, dia kemudian mengajukan idenya untuk membuat Anna Delvey Foundation, yaitu sebuah klub privat sekaligus yayasan seni yang beranggotakan orang kaya.

Selama lima tahun, Anna sudah melakukan banyak penipuan pada kenalan-kenalannya itu sampai ribuan dollar. Dia berjanji untuk mengganti semua uang tiket atau hotel dan berpura-pura lupa ketika harus membayar sambil tetap mengklaim kalau dirinya berasal dari keluarga kaya. 

Selain itu, dia juga sukses meyakinkan bank untuk memberikan pinjaman ratusan dollar dan untuk jaminan pinjamannya dia memberikan cek palsu. Tak hanya itu, dia juga berhasil menipu hotel dengan menghindar ketika diminta untuk memberikan kartu kredit.

4. 3.000 Pakaian Dirancang Lyn Paolo untuk Tokoh Anna Delvey

fakta-inventing-anna-4_

Lyn Paolo merupakan orang yang bertanggung jawab untuk kostum yang dikenakan Anna Delvey dalam serial tersebut.

Dalam sebuah artikel Shondaland, terdapat rincian pekerjaan yang luar biasa yang dilakukan Lyn untuk memastikan karakter Anna berpakaian pas di tiap adegan. Pekerjaan ini tidak gampang mengingat drama ini tentang Anna yang menyusup ke lingkaran paling elit di NYC. 

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 3.000 pakaian didesain oleh Lyn untuk Anna. Dia juga membeli sekitar 90% pakaian dan meminjam apa saja yang tak bisa mereka beli, misalnya saja tas Birkin. Salah satu tampilan Anna yang menjadi favoritnya adalah ketika Anna tampil dengan tas tangan Dior serta cape dari Valentino yang ikonik.

5. Julia Garner Berusaha Keras Mempelajari Aksen Anna Delvey

fakta-inventing-anna-5_

Tugas terberat Julia Garner adalah memastikan bahwa protagonis, Anna Delvey, menjadi karakter terbaik dalam mini seri Inventing Anna. Dalam wawancaranya dengan IndieWire, Julia Garner merinci proses yang rumit yang harus dia lalui dengan pelatih vokal lamanya agar dia bisa menghasilkan aksen Anna Delvey yang unik.

Julia dan pelatihnya harus memperhatikan fakta bahwa Sorokin asalnya dari Rusia dan Jerman. Dia kemudian berbicara dalam bahasa gaul Eropa juga New York. Hasilnya yaitu aksen yang awalnya terdengar aneh dan kemudian mulai masuk akal sesudah penonton mengetahui mengenai masa lalu Anna.

Baca juga: Serial Netflix Terbaik Sepanjang Masa

6. Beberapa Nama Karakter Diubah untuk Melindungi Para Orang Kaya

fakta-inventing-anna-6_

Nama karakter-karakter dan juga tempat di dalam mini seri ini memang dibuat sesuai dengan fakta sebenarnya. Misalnya saja karakter Anna dan teman-temannya, serta hotel-hotel yang dia tipu.

Namun, beberapa karakter lain dalam mini seri ini namanya sengaja diganti untuk melindungi identitas orang tersebut. Ada juga karakter yang sengaja dibuat untuk kepentingan mini seri ini.

Dalam Inventing Anna, karakter Nora Radford yang merupakan seorang filantropis dan pengusaha kaya itu diceritakan enggan direkam wawancaranya oleh Vivian.

Tokoh Nora ini bisa jadi tokoh nyata. Karenanya, Netflix memakai nama fiksi untuk karakter Nora. Begitu juga dengan karakter Chase Sikorski juga Talia Mallay. Keduanya didasarkan pada orang-orang nyata, tapi nama mereka diubah.

8. Julia Garner dan Anna Chlumsky Diaudisi dengan Cara Berbeda

fakta-inventing-anna-7_

Biasanya para pemeran dalam sebuah film atau serial TV dipilih berdasarkan hasil audisi. Namun audisi yang dilalui oleh Anna dan Vivian bukanlah audisi yang biasa. Menurut Yahoo, audisi untuk Julia Garner dan Anna Chlumsky berbeda karena mereka hanya mengobrol saja dengan Rhimes. 

Keduanya menjelaskan bagaimana mereka jatuh cinta dengan naskah Inventing Anna dan melakukan percakapan dengan Rhimes. Kedua aktris tersebut begitu menginginkan peran tersebut dan sukses merebut hati Rhimes dengan hanya satu pertemuan biasa saja.

8. Tidak Banyak Info tentang Pacar Anna Sorokin yang Sebenarnya

fakta-inventing-anna-8_

Dalam mini seri tersebut diceritakan bahwa Anna memiliki pacar yang bernama Chase Sikorski (Sameer Usmani). Dia adalah pencipta aplikasi bernama Wake. Tokoh ini muncul di sebagian awal episode Inventing Anna. Chase Sikorski adalah tokoh fiksi, tapi mungkin saja dia dibuat berdasarkan fakta sebenarnya. 

Walaupun namanya tidak muncul dalam artikel yang ditulis oleh Jessica Pressler, mini seri ini mengemukakan bahwa pacar Anna setuju untuk memberikan sisi ceritanya hanya bila dia tidak harus menyebutkan namanya.

Memang, Anna mempunyai pacar yang dengannya dia sering bepergian, namun info tentang pacarnya tersebut tidak banyak diketahui publik.

Anna Sorokin yang asli menyebutkan bahwa dirinya memiliki ide untuk mendirikan Anna Delvey Foundation setelah dia putus dengan pacarnya. Ini berbeda dari versi mini seri yang menceritakan sebaliknya. Ide yayasan itu muncul ketika mereka berpacaran.

9. Anna Berutang Pada Rachel untuk Liburan ke Maroko

fakta-inventing-anna-9_

Katie Lowes, pemeran Rachel Williams, menceritakan pengalamannya yang luar biasa bekerja dengan lawan mainnya di Maroko. Dalam wawancaranya dengan Shondaland, Katie Lowes mengungkapkan kalau dia bersama dengan Garner, Cox, dan Chris Lowell, melakukan syuting selama tiga minggu dan syuting tersebut dilakukan hampir setiap hari. 

Perjalanan tersebut adalah fakta sebenarnya dan hal tersebut diungkap dalam persidangan Anna. Perjalanan ke Maroko tersebut membuat Rachel Williams, teman Anna, menghabiskan lebih dari 60.000 USD untuk semua biaya perjalanan bersama Anna dan teman Anna lainnya. 

Dalam channel Youtube 60 Minutes Australia, Rachel mengungkapkan bahwa Anna meminta dirinya untuk menemani Anna ke Maroko dan menginap di resort bintang 5.

Di hari terakhir menginap, tiba-tiba mereka didatangi manajer yang menagih pembayaran resor. Karena kartu kredit Anna tidak bisa digunakan, Anna meminta Rachel menggunakan kartu kredit miliknya untuk pembayaran.

Ketika Rachel pulang ke Amerika, Anna masih di Maroko. Dia berpikir Anna akan menyelesaikan masalah kartu kredit tersebut. Namun, sesudah berada di Amerika, Rachel baru tahu kalau kartu kreditnya dipakai untuk membayar semua tagihan yang jumlahnya lebih dari 60.000 USD.

Rachel mengatakan kalau utang kartu kredit yang harus dia bayar melebihi penghasilannya dalam setahun.

10. Beberapa Cerita Ada yang Dilebih-lebihkan atau Fiksi Belaka 

fakta-inventing-anna-10_

Meskipun beberapa peristiwa di dalam mini seri ini berdasarkan fakta sebenarnya, namun beberapa alur cerita ada yang sengaja dibuat atau dilebih-lebihkan. Anna Sorokin tidak ingat peristiwa dia memperlama waktu tinggalnya di kapal pesiar temannya sehingga membuat temannya marah seperti versi drama. 

Dia juga tidak ingat menghabiskan uang sebanyak 400.000 USD menggunakan kartu kredit orang lain untuk belanja di toko barang mewah, Bergdorf Goodman. Meskipun hal ini tidak diakuinya, namun dibandingkan semua penipuan yang sudah dia lakukan, cerita ini tentu saja tidak terlalu berlebihan. 

Dia dengan kelihaiannya bisa menyewa jet pribadi tanpa membayar. Selain itu, dia tinggal di beberapa hotel dengan tidak melunasi tagihannya. Selain itu, dia diduga menghabiskan uang Rachel sebesar lebih dari 60.000 USD ketika di Maroko walaupun atas tuduhan itu dia dinyatakan tak bersalah.

Kemungkinan besar memang beberapa alur cerita dalam Inventing Anna adalah fiksi atau fakta yang dilebih-lebihkan. Namun, hal tersebut tampak tak berbeda jauh dari kisah aslinya.

Itulah 10 fakta Inventing Anna, mini seri Netflix terbaru. Seperti kisah nyatanya, serialnya pun tak kalah menghebohkannya. Mini seri ini membuat penonton kesulitan membedakan mana yang nyata dan mana yang fiksi.

Fakta dan kenyataan disamarkan dalam mini seri ini. Maka tak mengherankan kalau sebagian penonton akhirnya penasaran dengan kebenaran dari cerita Anna Sorokin ini. Apakah kamu termasuk yang mengikuti kisah Anna Sorokin yang asli? Atau kamu hanya tertarik menonton mini serinya saja?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram