bacaterus web banner retina

10 Fakta Imitation Game, Film Biopic tentang Alan Turing

The Imitation Game merupakan sebuah film biopic yang menceritakan tentang kehidupan matematikawan terkenal bernama Alan Turing. Dia berusaha untuk memecahkan kode Enigma milik Jerman selama Perang Dunia I.

Film besutan Morten Tyldum ini dibintangi oleh aktor pemeran serial Sherlock, Benedict Cumberbatch dan ada juga Keira Knightley.

Meski film ini sukses dinominasikan di beberapa ajang penghargaan, The Imitation Game yang dirilis pada tahun 2014 ini mendapatkan banyak kritikan. Salah satunya karena film ini dianggap menyajikan fakta sejarah yang tidak akurat.

Masih banyak lagi fakta lain seputar film The Imitation Game yang mungkin belum banyak terungkap. Berikut fakta menarik di balik layar The Imitation game

1. Mesin Pemecah Kode Tidak Diberi Nama Christopher

fakta-the-imitation-game-1_

Dalam film The Imitation Game diceritakan Alan Turing memberitahukan Joan Clarke (Keira Knightley) kalau nama mesin pemecah kode buatannya adalah Christopher. Nama itu merupakan nama mendiang temannya yang juga merupakan cinta pertama Alan Turing, yakni Christopher Morcom. Namun, hal ini berbeda dalam versi nyatanya.

Menurut versi sejarahnya, nama mesin pemecah kode tersebut tidak dinamai Christopher melainkan Bombe. Nama “Bombe” diambil dari nama mesin pemecah kode asal Polandia. Nama mesin pemecah kode tersebut dalam bahasa Polandia adalah bomba kryptologiczna

Mesin tersebut dirancang oleh kriptolog Marian Rejewski. Dia telah berhasil memecahkan pesan Enigma Jerman dalam kurun waktu tujuh tahun sebelumnya menggunakan mesin tersebut juga mesin lainnya.

2. Alan Turing Bukan Seorang Pengkhianat

fakta-the-imitation-game-2_

Di film The Imitation Game, Alan Turing mendapat tuduhan sebagai pengkhianat Inggris. Alan tidak melaporkan John Cairncross (Allen Leech) yang merupakan seorang mata-mata Soviet. John Cairncross mengancam akan mengungkap fakta bahwa Alan seorang homoseksual jika Alan melaporkan dirinya. 

Ketika Stewart Menzies (Mark Strong) mengancam Joan Clarke (Keira Knightley), Alan pun akhirnya mengatakan pada Stewart kalau John adalah seorang mata-mata Soviet. Stewart mengatakan kalau dirinya sudah tahu akan hal tersebut. Dia sengaja memberikan informasi yang dibocorkan oleh John kepada pihak Soviet demi keuntungan Inggris.

Kenyataannya, John Cairncross merupakan salah satu anggota jaringan mata-mata Inggris. Selain itu, Alan dan John mengerjakan proyek secara terpisah dan keduanya tidak memiliki kemungkinan untuk bisa bertemu.

ak hanya itu, bukti yang menyatakan kalau Alan mengenal Stewart Menzies (Mark Strong) atau fakta Menzies dengan sengaja membocorkan informasi melalui John juga tidak ada.

3. Peran Alan Turing Awalnya Ditawarkan pada Leonardo DiCaprio

fakta-the-imitation-game-3_

Untuk perannya sebagai Alan Turing, Benedict Cumberbatch dinominasikan sebagai penerima penghargaan untuk Academy Award, Golden Globe, dan beberapa penghargaan lainnya. Namun tahukah kamu, ternyata awalnya peran Alan Turing tidak ditawarkan pada Benedict melainkan Leonardo DiCaprio?

Pada Oktober 2011 Leonardo DiCaprio mengungkapkan kepada Deadline bahwa dia sedang dalam proses untuk memerankan tokoh Alan Turing. Setelah membeli skenario dari penulis skenario Graham Moore dan menunjuk Ron Howard sebagai sutradara, Warner Bros. Picture sudah siap untuk merilis film The Imitation Game

Namun, sepertinya terjadi perubahan di tengah jalan sehingga akhirnya Warner Bros. Picture memilih Benedict Cumberbatch untuk menjadi Alan Turing. Selain itu, sutradara akhirnya dipercayakan pada Morten Tyldum.

4. Hanya Adegan di Pub yang Benar-Benar Diambil di Bletchley Park 

fakta-the-imitation-game-4_

Hampir sepertiga adegan dalam The Imitation Game diceritakan berlangsung di Bletchley Park, yakni fasilitas yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia. Di sana Alan Turing, Joan Clarke dan anggota pemecah kode lainnya bekerja untuk memecahkan kode Enigma militer Jerman. 

Pada kenyataannya adegan tersebut semuanya diambil di soundstage, yaitu ruang tiga dimensi imajiner. Satu-satunya adegan yang lokasi syutingnya di Bletchley Park adalah adegan di bar ketika Alan Turing dan teman-temannya minum sambil bersosialisasi. 

5. Ada Kemungkinan Alan Turing Tidak Bunuh Diri

fakta-the-imitation-game-5_

Di akhir cerita film The Imitation Game disebutkan bahwa Alan Turing meninggal karena bunuh diri pada usia 41. Alasan bunuh dirinya dihubungkan dengan kebiri kimia yang dijalaninya. Namun, fakta tentang dia bunuh diri itu tidak benar-benar jelas. 

Khalayak luas banyak yang mempercayai cerita bahwa kematian Alan Turing diakibatkan oleh keracunan sianida yang ada pada apel.

Namun, muncul fakta baru. Beberapa tahun terakhir, seorang ahli yang meneliti tentang Alan Turing mengklaim bahwa keberadaan sianida dalam apel tidak pernah diuji. Jika hal itu pun benar terjadi, kematian seperti itu dianggap kebetulan bukan bunuh diri.

Pada saat itu, Alan Turing sedang melakukan eksperimen dengan sianida. Jadi, bisa saja dia secara tidak sengaja menelan uap yang mematikan tersebut. Ahli juga berpendapat bahwa penyelidikan kematian Alan Turing tidak dilakukan dengan benar. Jadi, kemungkinan kalau Alan Turing dibunuh tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

6. Alan Turing Tidak Pernah Dicurigai Melakukan Aktivitas Spionase

fakta-the-imitation-game-6_

Isi keseluruhan film The Imitation Game seperti memberikan petunjuk bahwa Alan Turing bisa saja seorang mata-mata Soviet. Kecurigaan ini diperlihatkan tidak hanya saat Alan berada di Bletchley Park, tetapi juga saat polisi mengejarnya di akhir film. 

Walaupun memang di Bletchley terdapat mata-mata yang aktif, kenyataannya Alan Turing tidak pernah dicurigai sebagai mata-mata. Selain itu, Alan juga tidak pernah dicurigai sebagai mata-mata untuk peristiwa perampokan yang terjadi di rumahnya. 

Alasan polisi mengejarnya justru karena mereka mendapatkan informasi kalau Alan seorang homoseksual. Ketika dikonfrontasi soal homoseksualitasnya, Alan Turing tidak menyembunyikan fakta tersebut. Fakta ini berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di dalam film. Alan justru menyembunyikan fakta tersebut. 

7. Awalnya Produser Menginginkan Sutradara Asal Inggris 

fakta-the-imitation-game-7_

The Imitation Game merupakan film yang sangat kental dengan unsur Inggrisnya, mulai dari latar, aktor dan aktris pemerannya, hingga fokus cerita. Karena itu, dapat dipahami jika produsen ingin film ini diarahkan oleh sutradara asal Inggris. 

Dalam sebuah wawancara dengan Collider, Teddy Schwarzman dan produser lainnya mengatakan tepat rasanya jika sutradara asal Inggris ikut bergabung dalam film ini. Namun kemudian, mereka dihubungi oleh Morten Tyldum, seorang sutradara asal Norwegia yang sangat menginginkan proyek film ini. 

Kemudian para produser menonton film karya Morten Tyldum, Headhunters. Selanjutnya mereka berkomunikasi dengan sang sutradara via Skype dan menawarkan posisi sutradara kepadanya. Morten Tyldum pun mengiyakan tawaran tersebut. 

8. Graham Moore Menggunakan Surat Ian Fleming Untuk Membangun Karakter Alan Turing

fakta-the-imitation-game-8_

Seperti yang diceritakan dalam film, banyak pencapaian Alan Turing dan timnya selama Perang Dunia II dirahasiakan selama bertahun-tahun. Hal itu karena pekerjaan mereka yang bersifat rahasia. Ini membuat Graham Moore, sang penulis skenario, terpaksa harus kreatif dalam hal membangun narasi untuk film The Imitation Game

Salah satu cara yang dilakukan Graham adalah dengan membaca surat milik Ian Fleming. Pengarang cerita James Bond ini dulunya bekerja untuk MI6, agen rahasia Inggris. Dia menulis beberapa surat yang berkaitan dengan Alan Turing.

Pada Januari 2015, dalam sebuah tanya jawab sesudah pemutaran The Imitation Game, Graham Moore mengatakan kalau saat melakukan penelitian dia menemukan surat dari Ian Fleming. Isinya menunjukkan sisi Ian Turing yang tidak dia lihat di biografinya.

Surat-surat Ian Fleming sangat membantu Graham Moore dalam membangun karakter yang lebih tiga dimensi untuk film ini.

9. Benedict Cumberbatch Mengecat Rambut dan Memakai Gigi Palsu 

fakta-the-imitation-game-9_

Sebelum syuting The Imitation Game mulai, Benedict Cumberbatch banyak menggali informasi mengenai Alan Turing. Selain itu dia juga banyak melakukan aktivitas fisik agar membuatnya benar-benar tampak dan terdengar seperti Alan Turing. 

Pada tahun 2014 saat melakukan wawancara dengan majalah Backstage, Cumberbatch mengatakan bahwa dirinya memakai gigi palsu serta mengubah warna rambutnya agar terlihat lebih mirip dengan Alan Turing. Selain itu, Benedict juga melakukan aktivitas lari jarak jauh karena Alan Turing menyukai lari maraton.

10. Keira Knightley Sudah Menyukai Tokoh Alan Turing Sejak Lama

fakta-the-imitation-game-10_

The Imitation Game merupakan salah satu film terbaik Keira Knightley karena dia mampu menggambarkan karakter Joan Clarke dengan baik.

Alasan lain yang membuat film ini menjadi salah satu film terbaik Keira adalah karena dia banyak menghabiskan waktunya untuk membaca cerita tentang Alan Turing. Hal ini dia lakukan bahkan sebelum proyek film ini diumumkan.

Keira merasa Alan Turing adalah orang Inggris yang penting untuk diketahui banyak orang. Alasan ini membuat dia begitu ingin terlibat dalam cerita yang membahas tentang Alan Turing.

Obsesi Keira akan tokoh tersebut akhirnya membuahkan hasil. Keira mendapatkan nominasi di Oscar dan Golden Globe serta penghargaan lainnya untuk peran yang dia mainkan tersebut. 

10 fakta tentang Imitation Game tersebut bisa membuat orang semakin penasaran dengan sejarah asli Alan Turing yang sebagian masih diliputi misteri, seperti kematiannya. Film The Imitation Game sendiri sukses menjadi film independen terlaris tahun 2014.

Pada acara Academy Awards ke-87, The Imitation Game berhasil menggondol penghargaan untuk Best Adapted Screenplay. Alan Turing memiliki pengaruh yang kuat dalam perkembangan ilmu komputer teoritis.

Mesin yang dia ciptakan merupakan cikal bakal dari komputer yang ada sekarang ini. Alan Turing dihormati sebagai bapak ilmu komputer teoritis serta kecerdasan buatan. Setelah tahu fakta tentang Alan Turing, apakah kamu jadi tertarik untuk nonton film The Imitation Game?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram