Bacaterus / iKON / Jangan Ngaku iKONIC kalau Belum Tahu 10 Fakta iKON Ini

Jangan Ngaku iKONIC kalau Belum Tahu 10 Fakta iKON Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Juni 2019

Sebagai agensi besar di Korea Selatan, kemampuan YG Entertainment dalam ‘meracik’ sebuah grup sudah tidak perlu diragukan lagi. Agensi ini sukses melahirkan grup-grup dengan popularitas tinggi, salah satunya adalah iKON yang beranggotakan 7 orang member. Seperti grup YG Entertainment lainnya, iKON juga memiliki karakter kuat yang menjadikan grup ini cukup menonjol di dunia K-Pop.

Setelah beberapa tahun berkarir, iKON pun sukses jadi salah satu boy group yang cukup diperhitungkan di Korea Selatan. Mulai dari sejarah terbentuknya grup hingga penampilan epik mereka di Indonesia, ini dia 10 fakta menarik seputar iKON yang berhasil Bacaterus rangkum untukmu.

1. Awal Mula Terbentuknya Grup

Awal Mula Terbentuknya Grup

* sumber: fnfngrgr.hateblo.jp

Sebelum terbentuknya iKON, agensi YG Entertainment meluncurkan sebuah survival program bertajuk WIN: Who Is Next pada tahun 2013. Peserta acara ini adalah sejumlah trainee YG Entertainment yang terbagi menjadi 2 tim, yaitu Team A dan Team B. Saat itu B.I, Bobby,Ju-ne, Donghyuk,  Jinhwan, dan Yunhyeong tergabung dalam Team B.

Acara tersebut kemudian dimenangkan oleh Team A yang akhirnya debut sebagai grup Winner. Barulah di tahun 2014, YG Entertainment kembali membuat survival program lain berjudul Mix & Match untuk membentuk iKON. B.I, Bobby, dan Jinhwan sudah ditetapkan sebagai anggota grup, sedangkan anggota Team B lainnya harus berkompetisi di Mix & Match melawan beberapa trainee baru.

Program ini sendiri akhirnya berjalan sukses dan melahirkan grup iKON dengan 7 orang member, yaitu B.I, Bobby, Jinhwan, Ju-ne, Donghyuk, Yunhyeong, dan Chanwoo.

2. Arti Nama dan Logo iKON

Arti Nama dan Logo iKON

* sumber: www.logolynx.com

Nama iKON tidak hanya terdengar keren, tapi juga punya makna tersendiri. Bos YG Entertainment, Yang Hyun Suk,mengungkapkan bahwa nama iKON terinspirasi dari kata icon dan memang berharap agar iKON bisa menjadi ikonnya Korea. Yang Hyun Suk mengganti huruf ‘C’ dalam kata icon dengan huruf ‘K’ untuk mewakili Korea atau K-Pop.

Grup pelantun tembang “Bling Bling” tersebut juga memiliki logo yang sangat unik berupa beberapa garis. Garis-garis tersebut secara samar membentuk kata iKON, dan faktanya logo ini terinspirasi dari bendera Korea Selatan, di mana garis-garis pada bendera tersebut sebenarnya melambangkan 4 unsur alam, yaitu langit, bulan, matahari, dan bumi.

3. Tampil di Konser Big Bang Sebelum Debut

Tampil di Konser Big Bang Sebelum Debut

* sumber: konysisland.com

iKON termasuk salah satu grup yang sudah memiliki banyak penggemar sebelum mereka resmi debut. Tepat setelah acara Mix & Match berakhir, iKON sempat menggelar fan meeting di Korea, Jepang, dan China yang langsung dibanjiri ribuan penggemar.

Tak hanya itu, iKON juga mendapat kehormatan untuk tampil sebagai opening act di konser Big Bang di Jepang pada tanggal 15 Desember 2014. Hal inipun membuktikan kalau dari awal iKON memang digadang-gadang akan menjadi grup besar, bahkan sejak sebelum mereka debut.

4. Resmi Debut di Tahun 2015

Resmi Debut di Tahun 2015

* sumber: www.allkpop.com

iKON resmi debut dengan meluncurkan pre- single berjudul “My Type” pada tanggal 15 September 2015. Album debut iKON yang berjudul “Welcome Back” dibagi menjadi 2 dengan waktu perilisan yang berbeda pula. Bagian pertama, yaitu Debut Half Album dirilis pada 1 Oktober 2015, sedangkan bagian kedua yang disebut Debut Full Album diluncurkan pada 2 November 2015.

Debut iKON pun terbilang cukup sukses, tak hanya penjualan album yang laris manis, grup ini juga menang di sejumlah acara musik, bahkan lagu-lagu mereka menduduki posisi  teratas di sejumlah tangga lagu bergengsi seperti Gaon Chart.

5. Memiliki Fans dengan Nama iKONIC

Memiliki Fans dengan Nama iKONIC

Setiap grup pasti memiliki kelompok penggemar atau fandom dengan nama-nama yang unik, tak terkecuali dengan iKON. Tak lama setelah debut, iKON langsung mengumumkan nama fandom resmi mereka yang ternyata bernama iKONIC.

6. Ciptakan Lagu Sendiri

Ciptakan Lagu Sendiri

* sumber: www.nst.com.my

Dalam dunia musik, ada idol/grup yang membawakan lagu ciptaan orang lain dan ada pula yang menyanyikan lagunya sendiri. Lalu bagaimana dengan iKON? Meski masih dibantu oleh produser dan musisi lain, iKON rupanya tak mau tinggal diam dan turun tangan langsung dalam penggarapan album.

B.I misalnya, leader iKON tersebut dikenal sebagai pencipta lagu yang sangat handal, ia bahkan menulis lirik semua lagu iKON bersama dengan musisi atau member iKON lainnya. Selain B.I, Bobby juga diketahui punya kontribusi yang sangat besar dalam pembuatan album, apalagi rapper yang satu ini dari dulu juga suka sekali menulis lagu seperti B.I.

7. Makin Populer Berkat “Love Scenario”

Makin Populer Berkat “Love Scenario”

* sumber: www.koreatimes.co.kr

Jangan ngaku K-Popers kalau tidak tahu lagu “Love Scenario”. Lagu dengan beat asyik ini merupakan salah satu lagu andalan iKON yang rilis di awal tahun 2018. Sebelum perilisan lagu tersebut, iKON memang sudah punya nama besar di dunia musik, namun “Love Scenario” seolah membuat popularitas iKON semakin melejit.

Lagu ini mendapat respon positif dari banyak penikmat musik, baik dari Korea Selatan maupun mancanegara. Bahkan saking populernya lagu ini, “Love Scenario” sempat dinobatkan sebagai Song of the Year di acara penghargaan bergengsi Melon Music Awards 2018 dan Golden Disc Awards.

8. Sukses Meraih Banyak Penghargaan Musik

Sukses Meraih Banyak Penghargaan Musik

* sumber: www.soompi.com

Sejak debut beberapa tahun lalu, iKON memang jadi salah satu grup paling diperhitungkan di dunia musik K-Pop. Pasalnya, lagu-lagu mereka selalu sukses di pasaran dan grup ini pun berhasil menyabet banyak sekali penghargaan.

Di masa-masa rookie-nya pada tahun 2015, iKON sukses membawa pulang piala Best New Artist di sejumlah ajang penghargaan bergengsi di Korea, sebut saja Melon Music Awards, Mnet Asian Music Awards, Golden Disc Awards, Seoul Music Awards, serta Gaon Chart K-Pop Awards.

Di tahun-tahun berikutnya, nama iKON pun seolah tak pernah absen di deretan nominasi acara-acara penghargaan musik. Sepanjang karier mereka sebagai grup, iKON sudah mengantongi puluhan piala yang menjadi bukti hasil kerja keras mereka selama ini.

9. Kontroversi iKON

Kontroversi iKON

* sumber: www.allkpop.com

Di balik prestasi yang menggunung, iKON juga tak bisa lepas dari hal-hal yang berbau kontroversi, salah satunya adalah masalah logo. Sebuah perusahaan mendadak menuding iKON telah menjiplak logo milik mereka. Tapi agensi YG Entertainment langsung membantah tuduhan tersebut karena logo iKON sebenarnya terinspirasi dari bendera Korea Selatan.

Kasus lain yang tak kalah menyita perhatian publik adalah kontroversi yang dibuat Junhoe. Semua bermula ketika penyanyi bernama panggung Ju-ne ini mengunggah foto hadiah dari seorang aktor Jepang bernama Takeshi Kitano. Karena sang aktor pernah berkata buruk soal Korea, sebagian fans sempat meminta Junhoe untuk menghapus foto tersebut.

Tapi Junhoe justru membalas penggemarnya dan mengatakan bahwa ia tidak mau diatur-atur oleh siapapun, termasuk oleh para fans. Gara-gara hal inilah Junhoe dianggap arogan dan mendapat kecaman keras dari penggemar. Sadar bahwa dirinya menimbulkan masalah, Junhoe pun akhirnya meminta maaf kepada iKONIC.

Di sisi lain, iKON juga sering menuai pro dan kontra akibat sikap mereka  saat di atas panggung atau di depan kamera. Bahkan grup ini beberapa kali dicap sebagai grup dengan bad attitude meskipun member-member iKON mungkin hanya sekadar bercanda atau tak sengaja melakukan kesalahan.

10. Tampil di Penutupan Asian Games 2018

Tampil di Penutupan Asian Games 2018

* sumber: metro.co.uk

Salah satu momen iconic bagi para fans di Indonesia adalah ketika iKON tampil di acara Penutupan Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta. Acara tersebut memang dimeriahkan oleh sejumlah penyanyi ternama dari dalam maupun luar negeri, dan iKON sendiri hadir sebagai perwakilan dari negara Korea Selatan.

Dalam acara ini, iKON membawakan lagu-lagu hits seperti “Love Scenario” dan “Rhythm Ta”. Kemunculan iKON di atas panggung pun sukses membuat acara ini makin ‘pecah’, bahkan banyak penonton yang ikut menyanyi sehingga suasana penutupan Asian Games 2018 terasa semakin meriah.

Itulah 10 fakta iKON yang wajib diketahui semua iKONIC. Terlepas dari semua skandal dan kontroversi yang ada, tak bisa dipungkiri kalau iKON merupakan grup yang berisikan idol-idol yang sangat berbakat. Kamu punya informasi menarik lain seputar iKON? Jangan ragu menuliskannya di kolom komentar, ya!

Suka dengan girlband bentukan YG Entertainment yang sedang naik daun alias BLACKPINK? Simak fakta seputar girlband tersebut dalam artikel fakta unik BLACKPINK.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “Jangan Ngaku iKONIC kalau Belum Tahu 10 Fakta iKON Ini”

  1. B.I CHARISMATIC LEADER IKON IS’NT IKON WITHOUT YOU😢😢😢

Tinggalkan komentar