Bacaterus / KPOP / Inilah 10 Fakta tentang Hyuna Mantan Anggota 4Minute

Inilah 10 Fakta tentang Hyuna Mantan Anggota 4Minute

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sempat didepak dari CUBE Entertainment karena pengakuannya tentang hubungannya dengan teman satu grupnya, E’Dawn ternyata tak membuat nama Hyuna meredup. Kini dia tetap sibuk dengan solo kariernya dan hubungannya dengan E’Dawn tetap berjalan. Hyuna yang dikenal sebagai penyanyi yang tak takut untuk tampil seksi dan berani.

Setelah hengkang dari CUBE kini dia dan kekasihnya tergabung dalam agensi baru milik PSY bernama P NATION. Tentu kamu masih ingat Hyuna pernah muncul dalam video klip PSY yang fenomenal, “Gangnam Style”. Fakta lain tentang Hyuna akan dikupas di artikel berikut ini. Baca terus kisahnya, yuk!

Biodata

1. Menjadi Member dalam Beberapa Grup

Menjadi Trainee di 3 Grup

Ternyata sebelum bergabung dengan 4Minute, Hyuna terlebih dahulu tergabung dengan salah satu girl band dari JYP yang terkenal saat itu, Wonder Girls. Bahkan sebelum di JYP, Hyuna pernah tergabung sebagai trainee di SM Entertainment. Dia keluar sebagai juara pertama untuk kategori dance Best Youth Selection SM.

Pernah menjadi member Wonder Girls, salah satu grup KPOP legendaris yang debut pada tahun 2007, Hyuna menduduki posisi sebagai rapper. Hyuna pernah juga terlibat sebagai co-host bersama SoHee Wonder Girls yang berdampingan dengan Brian Joo dari Fly to the Sky di “Show! Music Core”. Sayangnya karena masalah kesehatan setahun kemudian Hyun harus meninggalkan Wonder Girls. Hyuna mengalami masalah gastroenteritis kronis dan pingsan.

Walaupun sudah berpisah Hyuna tetap berteman baik dengan anggota Wonder Girls. Di tahun 2009, Hyuna kembali ke industri musik dengan bergabung dengan Cube Entertainment. Dia tergabung dalam girl grup bernama 4Minute. Girlband yang debut dengan 5 anggota tersebut terkenal di kalangan netizen korea dengan konsep sexy yang mereka bawakan.

Hyuna debut menempati posisi Rapper utama, dancer utama, serta visual. Namun sayangnya tahun 2016 grup ini dinyatakan bubar. Setelah 4Minute bubar di tahun 2016, Hyuna memilih untuk tetap berada di Cube.

2. Berteman Baik dengan Member Girl Band Lain

Berteman Baik dengan Member Girl Band Lain

Hyuna tak hanya berteman dengan teman-temannya yang dulu tergabung di Wonder Girls juga teman satu grupnya di 4Minute, dia juga berteman dengan anggota girl band lainnya. Sunny dari SNSD adalah teman baik Hyuna. Saking sukanya dengan Sunny sampai-sampai dia ingin menjadi adik perempuannya Sunny.

Tak hanya Sunny SNSD, Hyuna juga berteman dengan Hara dari girl band KARA, Yuri dari SNSD, Hyomin dari grup T-ara. Gain dari Brown Eyed Girl dan anggota girl band dari SM yang bernama f(x).

3. Tergabung dalam 2 Sub-unit

Tergabung dalam 2 Sub-unit

Setelah bergabung dengan CUBE Entertainment, Hyuna berkolaborasi dengan salah satu anggota dari boyband Beast, kini berganti nama menjadi Highlight, yang juga bernaung dalam perusahaan yang sama. Hyuna dan Hyun Seung anggota Beast yang sekarang hengkang dari Beast dan Cube Entertainment membentuk duo bernama Trouble Maker.

Penampilan mereka di acara musik mingguan mendapatkan kritikan pedas dari media Korea karena koreografinya dianggap terlalu seksual. Duo Trouble Maker menghasilkan dua single terkenal, yaitu “Trouble Maker” dan “Now”. Kedua single tersebut berhasil menyabet penghargaan musik, seperti 14th Mnet Asian Music Awards, dan 3rd European K-POP / J-POP Music Award.

Setelah duo Trouble Maker, Hyuna kembali tergabung dalam sub-unit yang bernama Triple H yang terdiri dari Hyuna dan dua anggota Pentagon, Hui dan E’Dawn. Grup ini merilis EP yang berjudul 199x di tahun 2017 dan Retro Futurism di tahun 2018. Ketiganya juga membintangi sebuah reality show yang bernama Triple H Fun Agency.

Tapi sayangnya, tak lama setelah perilisan lagu baru mereka ternyata terungkap jika Edawn dan Hyuna menjalani hubungan sebagai sepasang kekasih. Namun, sayangnya pihak agensi tidak menyetujui hubungan tersebut dan memutuskan kontrak mereka sehingga pada awal tahun 2019 Hyuna dan E’dawn hengkang dari Cube Entertainment dan secara otomatis grup ini pun bubar.

4. Aktif Bersolo Karir

Aktif Bersolo Karir

Selain tergabung dalam grup, Hyuna juga memulai karier solonya. Pada tahun 2010, Hyuna merilis single pertama untuk solo pertamanya yang berjudul ‘Change’. Lagu tersebut sukses bertengger posisi tertinggi pada beberapa tangga lagu online. Pada tangga lagu Gaon Digital lagu ini menempati posisi ke-14. Lagu ini sukses terjual hampir 2.5 juta kopi.

Di tahun 2011, Hyuna mengeluarkan Album EP yang berjudul ‘Bubble Pop’. Single dengan judul yang sama dari album tersebut berhasil meraih kesuksesan dengan berada pada posisi keempat di tangga lagu Gaon Digital. Sementara itu, view untuk musik video untuk lagu ‘Bubble Pop’ di YouTube melebihi angka 100 juta.

Kesuksesannya ini berhasil menjadikan Hyuna sebagai artis perempuan Korea pertama yang mencapai tonggak sejarah ini. Setelah ‘Change’, Hyuna juga mengeluarkan album mini lain berjudul ‘Melting’ di tahun 2012. Disusul dua tahun kemudian dengan album EP berjudul ‘A Talk’ di tahun 2014, ‘A+’ pada tahun 2015, ‘A’wesome’ pada tahun 2016 dan di 2017 dia mengeluarkan EP berjudul ‘Following’.

5. Bermimpi Menjadi Aktris dan Gagal

Bermimpi Menjadi Aktris dan Gagal

Sebenarnya mimpi pertama awal HyunA adalah menjadi aktris anak-anak. Hyuna pernah mengikuti 50 audisi untuk menjadi seorang aktris yang dia lakukan sejak berusia 7 tahun. Sayangnya semua audisi yang dia ikuti tak menghasilkan kesuksesan. Hyuna pun menyerah setelah semua kegagalannya tersebut.

Ketika masuk SMA, Hyuna mulai mengenal b-boying dan hal itu membuatnya tertarik pada tarian. Akhirnya dia menemukan panggilan jiwa yang sebenarnya, yaitu menari. Setelah lulus sekolah menengah, dia mengikuti audisi JYP dan lolos pada percobaan pertama.

Mungkin karena itu juga Hyuna termasuk idol yang belum pernah bermain drama. Dia hanya tampil sebagai cameo di film berjudul ‘Midnight FM’ yang dirilis tahun 2010. Film ini sukses dan mendapatkan beberapa penghargaan.

6. Memiliki Banyak Tato

Memiliki Banyak Tato

Diperkirakan ada sekitar 17 tato yang dimiliki oleh Hyuna. Di bahu kirinya terdapat tato bertuliskan “My mother is the heart that keeps me alive”. Kedua orang tuanya bercerai, hal tersebut membuatnya sedih. Tato di di lengan kanan bertuliskan “Tempus”, artinya ‘waktu’ dan punggung bawah yang juga dalam bahasa Latin, hati kecil di punggung telinga kanan dan salib di lengan kirinya.

7. Pemalas Namun Sangat Menyayangi Keluarganya

Pemalas

Saat menjadi anggota 4Minute, Hyuna terkenal sebagai member yang paling jorok. Dibandingkan dengan teman-temannya, Hyuna merupakan anggota 4Minute yang jarang mandi tapi anehnya kulitnya mulus dan putih. Hyuna dikenal juga sebagai personel yang malas. Dia bisa hanya berbaring saja di tempat tidur. Dia sering telat bangun. Meskipun malas dia tidak malas untuk memasak.

Meskipun punya sifat pemalas, tapi nyatanya Hyuna ini sangat menyayangi keluarganya, terutama sang ibu. Hyuna lahir di sebuah keluarga sederhana sebagai anak sulung dengan 2 adik laki-laki.

Dalam sebuah acara Hyuna sempat diwawancarai mengenai keluarganya, ia merasa sedih karena kesibukanya ia tidak dapat pulang dan berkumpul bersama keluarganya ia merasa mungkin adik laki-lakinya lupa jika ia mempunya kakak perempuan. Pada acara tersebut juga Hyuna mengungkapkan bahwa ia sangat merindukan keluarganya. Kedua orang tua Hyuna sudah bercerai sehingga ibunya harus membesarkan Hyuna dan adik-adiknya sendirian. Hal inilah yang membuat Hyuna sangat menyayangi sang ibu.

8. Seseorang yang Gigih

Susah Menghapal

Meskipun Hyuna jago menari, aslinya dia mengalami kesulitan dalam menghafalkan koreografi yang diberikan. Menurut pengakuannya dalam acara Section TV, Hyuna mengaku saat berlatih dialah yang paling sering melakukan kesalahan. Dia mengatakan bahwa dia yang paling lambat ketika mempelajari koreografi.

Meskipun kesulitan dalam menghapal, tapi ia tetap bersemangat demi mengejar mimpinya. Hal tersebut dibuktikan oleh Hyuna bagaimana ia berusaha bangkit dan mencoba awal baru bersama 4minute.

Namun jauh sebelum itu pun saat ia masih sangat muda ia dengan gigih selalu mencoba untuk audisi di berbagai agensi untuk menjadi seorang artis.  Namun pada kenyataanya ia tidak dapat lulus audisi dengan mudah, bahkan ia harus menjalani 50 audisi hingga akhirnya ia dapat diterima di salah satu agensi yang mau melatihnya.

9. Muncul di POP Magazine dan Jadi Model Guess

Muncul di POP Magazine dan Jadi Model Guess

POP Magazine adalah sebuah majalah dari Inggris populer. Majalah tersebut sering menampilkan penyanyi-penyanyi terkenal seperti Madonna, Taylor Swift, juga Britney Spears. Hyuna adalah orang Korea pertama yang muncul dalam majalah tersebut. Dia muncul bareng dengan Taylor Swift dalam edisi yang sama.

Saat majalah tersebut mengadakan polling tentang siapa yang paling hebat di antara Taylor Swift dan Hyuna, hasilnya cukup mencengangkan. Ternyata polling tersebut dimenangkan oleh Hyuna dengan jumlah suara yang cukup banyak. Selain muncul di majalah, Hyuna juga terpilih sebagai model baru untuk merek fashion ternama Guess yang menampilkan konsep “Fun design with sexy style”.

10. Seorang Penakut

Seorang Penakut

Hyuna takut akan banyak hal. Dia tipe orang yang mudah takut. Hyuna takut untuk melakukan bungee jumping. Hewan yang dia takuti adalah ayam. Pernah saat dia melakukan promosi untuk single solonya “Change”, Hyuna ditakut-takuti oleh Junhyung ketika dia pergi ke ruang latihan seorang diri. Menurut Dongwoon, Hyuna sampai memukul Junghyung dengan botol air.

Itu tadi fakta seputar Hyuna mantan anggota Wonder Girls dan 4Minute yang dikenal berani tampil seksi dalam video klipnya. Hyuna yang sekarang sudah bergabung dengan P Nation, kian berkibar kiprahnya di jagat Kpop.  Apakah kamu termasuk penyuka karya-karya Hyuna?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *