Bacaterus / AKB48 / 10 Fakta HKT48, Sister Group Beken dari Negeri Sakura

10 Fakta HKT48, Sister Group Beken dari Negeri Sakura

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

HKT48 adalah salah satu grup idol wanita yang cukup populer asal Jepang. Grup girlband yang berbasis di Fukuoka, Jepang ini memang sempat mencuri perhatian penggemar J-pop yang ada di seluruh dunia. Popularitas grup yang didirikan oleh Yasushi Akimoto ini memang tidak kalah dengan grup girlband dari negara lain.

Jika kamu salah satu penggemar berat budaya Jepang, maka wajib mengetahui fakta menarik tentang grup girlband wanita yang akan Bacaterus bahas di bawah. Nah, supaya tidak menunggu lama, berikut adalah ulasannya.

1. Sister Group AKB48

Sister Group AKB48

* sumber: akbzine.com

Keberadaan HKT48 di industri hiburan dunia memang tak bisa lepas dari tangan dingin sang produser rekaman, Yasushi Akimoto. Setelah sukses mendebutkan girlband AKB48 pada tahun 2010 silam. Akimoto kembali menggebrak panggung hiburan dengan merilis sister group AKB48 yang berbasis di Fukuoka, yaitu HKT48 pada tahun 2011.

Popularitas AKB48 yang cukup besar di industri hiburan mancanegara memang sedikit banyak mempengaruhi perjalanan karier dari girlband yang terdiri dari banyak anggota tersebut.

2. Debut Lagu Te o Tsunaginagara

Debut Lagu Te o Tsunaginagara

* sumber: www.syncmusic.jp

HKT48 sendiri pertama kali diumumkan akan dibentuk dalam acara Hand Shake AKB48 pada tahun 2011. Dimana para peserta yang ingin bergabung diharuskan mengikuti sejumlah tahapan mulai dari Wawancara, tes kemampuan menari, dan juga menyanyi. Kegiatan audisi dilakukan di Fukuoka. Nah, setelah melakukan seleksi, maka terpilihlah sebanyak 24 personil untuk posisi di HKT48.

HKT48 sendiri kerap diperkenalkan dalam setiap pertunjukan AKB48. Sebelum akhirnya mulai melakukan pertunjukan teaternya sendiri pada pada akhir tahun 2011 dengan membawakan lagu berjudul “Te o Tsunaginagara“, yang tak lain lagu Recycle yang pernah dibawakan oleh sister group-nya SKE48.

3. Single Pertama Suki! Suki! Ship!

Single Pertama Suki! Suki! Ship!

* sumber: www.kazelyrics.com

Setelah sukses meraih perhatian para penggemar berkat penampilan teater perdananya. HKT48 pun kemudian merilis sebuah single lagu berjudul “Suki! Suki! Ship!” pada 16 Januari 2013. Namun baru secara resmi dirilis di pasaran oleh Universal Sigma pada 20 Maret 2013.

Single ini sendiri diketahui sempat menempati posisi puncak sebagai “single paling dinantikan” dengan memperoleh sekitar 130.90 poin dan berhasil menjual sekitar 205.000 kopi pada hari pertama peluncurannya. Hal tersebut pun pada akhirnya menempatkan JKT48 di posisi pertama di tangga lagu mingguan Oricon.

4. Menempatkan Sashihara Rino Sebagai Kapten

Menempatkan Sashihara Rino Sebagai Kapten

* sumber: overseasidol.com

Sudah bukan rahasia lagi bila konsep yang ditawarkan oleh girlband asuhan Akimoto ini memang cukup unik. Nah, sama seperti sister group sebelumnya, HKT48 juga memiliki seorang kapten yang cukup bertalenta bernama Sashihara Rino.

Rino dikenal sebagai salah satu member yang banyak menempati posisi sebagai ‘Kennin’, yaitu member yang mendapatkan posisi double dalam grup yang di pimpin oleh Akimoto tersebut. Bakatnya di industri hiburan memang luar biasa. Rino sendiri tidak hanya dikenal karena bakat bermusiknya saja, namun ia juga dikenal jago akting dan memproduseri sebuah program.

5. Member Termuda Saat Ini, Kudo Haruka

Member Termuda Saat Ini, Kudo Haruka

Menjadi seorang idola adalah salah satu impian yang diinginkan oleh banyak orang. Kabar dibentuknya HKT48 sendiri menjadi angin segar bagi talenta-talenta muda yang ingin berkarya di industri hiburan. Nah, hampir sebagian besar peserta yang mengikuti audisi calon idola di HKT48 memang masih berusia muda dan duduk di bangku sekolah.

HKT48 sendiri diketahui memiliki member berusia sangat muda dalam grup. Ia adalah Kudo Haruka. Gadis cantik itu diketahui pertama kali bergabung dengan HKT48 tersebut ketika usianya baru 12 tahun.

6. Merilis Album 092

Merilis Album 092

* sumber: www.porter48.net

HKT48 diketahui telah merilis album 092 pada tanggal 27 Desember 2017. Album tersebut telah sukses menarik perhatian para penggemar yang ada di mancanegara. Album 092 sendiri diketahui sempat menempati posisi pertama di Oricon dan juga Billboard Japan.

Sejak pertama kali dirilis album HKT48 telah berhasil menjual sekitar 122.262 pada minggu pertama. Hal tersebut tentu menjadi sebuah prestasi yang cukup membanggakan bagi para member. Dimana prestasi yang dicapai cukup membanggakan sama seperti sister group-nya yang lain.

7. Tempat Sakura Miyawaki dan Nako Yabuki IZ*ONE Bernaung

Tempat Sakura Miyawaki dan Nako Yabuki IZONE Bernaung

* sumber: weheartit.com

Jika berbicara mengenai HKT48, maka tak seru bila tidak membahas kedua member yang juga dikenal memiliki prestasi membanggakan di luar grup tersebut. Mereka adalah Sakura Miyawaki dan Nako Yabuki. Keduanya merupakan member HKT48 yang diketahui sukses bergabung dengan girlband Korea, IZ*ONE.

IZ*ONE sendiri adalah salah atau grup musik wanita yang terbentuk dari ajang kompetisi musik yang cukup populer di Korea bertajuk ‘Produce 48’. Nah, karena bakat dan keterampilan yang mereka miliki di atas panggung. keduanya pun berhasil debut dengan 12 personil lainnya dalam girlband tersebut.

8. Memiliki Beberapa Divisi Tim

Memiliki Beberapa Divisi Tim

* sumber: jmanmoonwalkdotcom.wordpress.com

Keunikan grup musik yang terdiri dari banyak gadis cantik ini memang berhasil menarik para perhatian para penggemar. Nah, HKT48 diketahui dibagi dalam beberapa divisi tim saat melakukan pertunjukan. Hampir sama dengan sub unit yang kita kenal di industri hiburan Korea. HKT48 sendiri memecah beberapa member ke dalam beberapa tim.

Tim-tim tersebut diantaranya Tim H, Tim Kiv, Tim TII dan Kenkyuusei, yaitu member yang masih menjalani training. Keberadaan tim-tim tersebut memang cukup efektif untuk memperkenalkan setiap member pada para penggemar mereka.

9. Memiliki Teater Sendiri

Memiliki Teater Sendiri

* sumber: creezcarousel.wordpress.com

Mengikuti jejak sister group-nya yang lain. HKT48 pun pada akhirnya memiliki teater sendiri untuk melakukan pentasnya. Teaternya sendiri terletak di sebuah mall bernama E-ZO Fukuoka. Teater tersebut secara resmi diperkenalkan pada penggemar pada 17 Juli 2020.

Untuk kapasitas teaternya sendiri baru bisa menampung sekitar 300 penonton yang terdiri dari 272 kursi duduk, 26 berdiri, dan 2 tempat untuk penyandang distabilitas. Peresmian teater sendiri dihadiri oleh 16 member HKT48.

Dalam momentum tersebut para anggota HKT48 sempat membawakan lagu Sheishunno Deguchi. Kehadiran teater sendiri telah menjadi kabar yang cukup menggembirakan, terutama bagi para penggemar fanatik girlband asal Jepang tersebut.

10. Merilis Film Dokumenter

Merilis Film Dokumenter

Nah, para penggemar juga bisa mengenal lebih jauh tentang aktivitas yang dilakukan oleh para member HKT48 lewat film dokumenter yang mengangkat kisah perjalanan grup tersebut. Film dokumenter yang telah dirilis pada 29 Januari 2016 silam ini bercerita mengenai sejarah HKT48 dari mulai audisi hingga cerita-cerita di belakang layar yang tidak diketahui para penggemar.

Filmnya dokumenter tersebut diproduseri oleh member berbakat sekaligus kapten HKT48 yang diketahui telah lulus dari grup tersebut, yaitu Sashihara Rino.

ah, itulah 10 Fakta menarik tentang HKT48, sister group AKB48 yang tidak kalah populer yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Kehadiran grup musik wanita tersebut memang telah  menambah warna baru di dunia musik mancanegara, serta menjadi inspirasi bagi anak muda untuk meraih mimpi. So, ikuti jejaknya, ya guys!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *