Bacaterus / Super Junior / 10 Fakta Tentang Henry Lau Ex- SuJu-M yang Music Genius

10 Fakta Tentang Henry Lau Ex- SuJu-M yang Music Genius

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 September 2019

Salah satu jebolan SM Entertainment yang dikenal sebagai “Music Genius” adalah Henry Lau. Pria kelahiran Toronto, Kanada pada 11 Oktober 1989 ini memang dikenal mampu memainkan beragam alat musik dan jago dalam membuat lagu. Lahir dan besar di Kanada juga memiliki orang tua yang berasal dari negara yang berbeda membuat Henry fasih berbicara dalam bermacam bahasa.

Fakta menarik lainnya tentang pria yang pernah bermain piano bareng pianis kenamaan Korea, Yiruma, ini akan diungkap di sini. Yuk, simak apa saja faktanya.

Biodata

  • Nama lengkap: Liu Xian Hua (刘宪华)
  • Nama panggung: Henry (헨리)
  • Nama Korea: Yoo Heon-hwa (유헌화)
  • Nama Inggris: Henry Lau
  • Posisi di grup: Vocalist, Rapper
  • Tempat dan tanggal lahir: Toronto, Ontario, Canada– Oktober 11, 1989
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiak: Libra
  • Golongan darah: AB
  • Twitter: @henrylau89
  • Instagram: @henryl89

1. Mahir Memainkan Beragam Alat Musik

Mahir Memainkan Beragam Alat Musik

Henry diketahui mulai belajar piano di umur lima tahun dan dia pertama kali belajar dari ibunya. Di usia enam tahun, Henry mulai belajar bermain biola. Dia belajar biola selama 11 tahun. Pada saat berusia 16, Henry, yang bernama lengkap Henry Lau, mengikuti ujian biola juga piano level 10. Dia mengikuti tes di The Canadian Royal Conservatory of Music.

The Royal Conservatory of Music merupakan sebuah lembaga pendidikan musik yang nirlaba. Kantor pusatnya terletak di Toronto, Kanada. Pada ujian yang dilakukannya di sekolah tersebut, Henry sukses menggondol medali emas. Selain biola dan piano, Henry pun mahir memainkan alat musik lainnya. Boleh dibilang Henry itu seorang musisi yang jenius karena dia juga seorang komposer dan penulis lagu.

Alat musik lain yang dia bisa mainkan dengan baik adalah gitar. Dia juga yang mengajari Sunny dari SNSD bermain gitar dan drum. Henry bercita-cita menjadi seorang biola profesional dan tak pernah terpikir menjadi seorang idol sampai dia akhirnya lolos audisi dan dipilih oleh SM pada tahun 2006. Dia membawakan lagu dari Vivaldi dengan biolanya sambil menari popping dance.

2. Jago Nari dan Nyanyi

Jago Nari dan Nyanyi (

Selain mahir bermain alat musik, Henry juga memiliki bakat lain. Itulah mengapa dia bagaikan paket yang lengkap. Dia mahir menari boogaloo popping dance, yaitu tarian jalanan asal dari Amerika Serikat. Setahun menari, Henry kemudian mengikuti kompetisi dan show popping dance. Tak hanya popping dance, dia pun bisa menari balet dan membawakan tarian latin.

3. Menguasai 6 Bahasa

Menguasai 6 Bahasa

Pria yang memiliki nama Cina Liu Xian Hua dan nama panggilan Mochi ini memang luar biasa. Tak hanya bisa dan mahir memainkan bermacam-macam alat musik, Henry pun menguasai 6 bahasa. Fakta tersebut terungkap di acara SBS Star King yang dipandu oleh Kang Ho Dong. Di acara tersebut, Henry beradu bermain piano dengan pianis Shin Ji Ho. Tak lupa dia juga menampilan permainan biolanya.

Henry juga membuat orang-orang terpukau saat dia mengatakan bahwa dia mampu berbicara 6 bahasa. Lahir dan besar di Kanada membaut Henry fasih berbahasa Inggris dan Perancis, Ibunya berasal dari Taiwan dan ayahnya dari Hongkong membuat Henry bisa berbahasa Taiwan dan Kanton. Kemudian dia pernah bermain film di Thailand yang membuat dia belajar bahasa Thailand.

4. Sempat Diprotes oleh ELF

Sempat Diprotes oleh ELF

Sempat muncul dalam video musik Super Junior dalam lagu “Don’t Don’t” di bulan September 2007. Dia memainkan bagian lagu dengan biola. Henry pun masuk ke dalam sub-unit Super Junior-M yang sebagian anggotanya ada yang dari China, termasuk Henry. Namun sebelumnya Henry sempat diisukan akan menjadi anggota Super Junior yang ke empat belas.

Hal terebut sontak saja menyebabkan keriuhan di kalangan fans Super Junior. Berita tersebut berasal dari SM sehingga fans akhirnya membuat kampanye agar Super Junior tetap beranggotakan 13 orang yang sudah ada. Rumor itu mereda ketika 2007 akhirnya SM menyatakan Henry menjadi anggota dari Super Junior-M.

Dikarenakan masih banyaknya reaksi atas terpilihnya Henry sebagai anggota Super Junior, dia akhirnya memutuskan untuk berhenti sesaat dan meneruskan sekolah musik di Berklee College of Music di kota Boston di Amerika Serikat. Di sana Henry belajar produksi musik.

5. Tidak Suka Makanan Pedas

Tidak Suka Makanan Pedas

Henry ternyata tidak begitu suka makanan yang pedas makanya dia tidak begitu menggilai makanan Korea. Saat pertama kali pindah ke Korea, Henry hanya makan sup ayam. Selama hampir setahun dia makan sup ayam karena dia kesulitan menemukan makanan yang dia sukai. Kesukaan Henry adalah makanan manis. Makanya dia senang sekali makan kue, permen dan terutama sekali cokelat.

Selain itu, Henry juga suka makan buah leci terutama yang berasal dari Thailand, karenanya dia sering kedapatan mencuri leci dari anggota lain. Henry rajin minum teh tiap pagi sesuai dengan perintah dari ibunya.

6. Kaget dengan Skinship

Kaget dengan Skinship

Ketika tiba di Korea, Henry sempat kaget melihat kedekatan antara pria di Korea. Melihat bagaimana anggota lain saling memukul bokong, Henry sempat berpikir mereka adalah gay. Menurut Henry yang orang asing menyapa dengan cara memukul bokong adalah cara menyapa yang sangat gay. Anggota Super Junior yang paling banyak memukul bokong Henry menurut pengakuannya adalah Leeteuk.

Melihat Heechul yang berambut panjang, Henry sempat berpikir bahwa Heechul adalah seorang transgender karena Heechul terlihat cantik seperti perempuan.

7. Pernah Ikut dalam Reality Show We Got Married

Pernah Ikut dalam We Got Married

Reality show “We Got Married” merupakan acara pernikahan bohong-bohongan. Para artis juga idol dipasangkan dengan artis atau idol lainnya dan menjalani hidup sebagai pasangan suami istri. Henry pun pernah berpartisipasi dalam acara tersebut. Dia dipasangkan dengan Kim Ye Won anggota dari girl band Jewelry pada bulan Maret 2015, musim keempat.

Henry ternyata menyukai perempuan yang seperti ibunya. Ibunya adalah tipe wanita ideal karena bisa memasak. Tapi kemudian tipenya berubah menjadi wanita dengan rambut panjang, suka musik dan matanya berukuran kecil.

8. Jago Akting

Jago Akting

Henry rupanya tak hanya “exist” di dunia seni vokal, dia pun merambah seni peran. Henry berakting empat judul drama. Dua drama merupakan drama Korea yang berjudul “Oh My Venus”, Henry beradu akting dengan aktor kawakan Korea So Ji Sub, dan “Perseverance, Goo Hae Ra”. Dua drama Cina yang dia bintangi berjudul “My Sweet City” dan “Stage of Youth”.

Dia juga membintangi dua film yang berjudul “Final Recipe” dan “Attack on the Pin-Up Boys”. Dalam “Final Recipe”, Henry mendapatkan porsi sebagai bintang utama memerankan tokoh Yihan/Dimitri.

9. Merilis Solo Album

Merilis Solo Album

Di tahun 2013, Henry akhirnya memulai debut solonya dengan merilis mini album yang berjudul “Trap”. Album ini juga dirilis dalam versi Cina. “Trap” sukses berada di no. 2 pada tangga album Gaon Weekly. Pada Gaon Monthly, album ini menduduki peringkat kelima. Sementara di tangga Billboard Amerika, album ini berada di posisi ketiga. Lalu pada 2014, Henry merilis EP ke dua berjudul “Fantastic”.

10. Keluar dari SM

Keluar dari SM (

Bersamaan dengan berakhirnya kontrak Henry dengan SM Entertainment, pada bulan April 2018, dia meninggalkan SM. Dia pun resmi meninggalkan Super Junio-M. Di Bulan Juli 2018, Henry mendirikan studio sendiri yang bernama Henry Workshop. Dia juga menandatangani kontrak dengan label baru bernama Korea AXIS dan Monster Entertainment.

Mantan anggota Super Junior-M ini memang multitalenta, ya. Dia tak hanya muncul di dunia seni tarik suara tapi juga di dunia akting. Apakah kamu suka pria seperti Henry yang jago bermain musik?

Oh iya, kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar Super Junior, kamu bisa baca artikel 10 Fakta Super Junior sang KPOP King ini!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar