Bacaterus / Entertainment / 10 Fakta Heechul yang Wajib Diketahui Para E.L.F dan Petals

10 Fakta Heechul yang Wajib Diketahui Para E.L.F dan Petals

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Agustus 2018

Nama Heechul sudah tak asing lagi di dunia K-Pop. Pasalnya, cowok kelahiran 10 Juli 1983 ini memang sering banget nongol di televisi. Kim Hee-chul (Hangul: 김희철, Hanja: 金希澈) adalah member dari boy band besutan SM Entertainment, yaitu Super Junior. Posisi Heechul di Super Junior adalah sebagai sub-leaderrapper, dan sub-vocal.

Tapi, selain aktif sebagai idol, Heechul juga merupakan seorang MC, aktor, dan model. Makannya, Heechul suka dipanggil Heenim (희) dimana -nim adalah gelar kehormatan yang biasanya melekat pada profesi dan posisi yang dihormati.

Heechul mendapatkan panggilan tersebut karena pekerjaannya yang sangat luas di showbiz. Nampaknya Heechul sangat menyukai nama panggilan itu sampai-sampai ID Instagram-nya saja dibuat jadi @kimheenim.

Kalau kamu seorang E.L.F (fans Super Junior) apalagi seorang Petals/Undeads (Heechul stan), maka kamu waijb tahu sepuluh fakta Heechul yang telah Bacaterus rangkum berikut ini.

10 Fakta Unik Heechul Super Junior

1. Hampir Debut dengan Member TVXQ

Hampir Debut dengan Member TVXQ

Nama Heechul dikenal publik setelah dia debut bersama Super Junior. Tapi, tahukah kamu kalau Heechul hampir debut dengan grup lain? Fakta Heechul yang pertama adalah, dia di-training bersama member TVXQ dan akan debut bersama mereka. Akan tetapi, dulu nama grup tersebut bukanlah TVXQ.

Heechul ditempatkan dalam project group SM Entertainment yang bernama “Four Seasons”. Seperti namanya, anggota grup proyek ini ada empat orang yang terdiri Jaejoong, Yunho, and Kangin.

Tapi, grup ini tidak pernah didebutkan, justru yang debut dari grup itu hanya dua orang saja yaitu Jaejoong dan Yunho dengan nama TVXQ. Sedangkan Kangin dan Heechul harus training lagi selama dua tahun sebelum debut bersama Super Junior 05.

2. Pendidikan Tetap Nomor Satu

Pendidikan Tetap Nomor Satu

Salut banget sama Heenim. Walaupun sangat sibuk, Heechul tetap mengedepankan pendidikan. Memang, sejak dulu Heechul sudah sangat pintar. Bahkan dia selalu mendapatkan peringkat teratas saat bersekolah. Waktu SMA, Heechul bergabung dengan Math Club alias klub matematika.

Setelah lulus dari SMA Won Joo Go Up, Heechul melanjutkan kuliah di Sangji University. Heechul mengambil jurusan Analisis Data Komputer Ion dan lulus pada tahun 2008 dengan gelar Master. Keren banget, ya?

3. Sempat Tak Akur dengan Super Junior

Sempat Tak Akur dengan Super Junior

Kalau kamu melihat Super Junior sekarang, kamu pasti tidak akan menyangka kalau dulu sempat ada konflik internal di antara member-nya. Salah satunya adalah Heechul dan Leeteuk. Di televisi, Heechul memang selalu memperlihatkan sisi cheerful, ramah, dan kocak. Akan tetapi, beberapa tahun silam, Heechul pernah ada masalah dengan member Super Junior yang bernama Leeteuk.

Permasalahannya terletak dari perbedaan kepribadian Heechul dan Leeteuk. Tak hanya adu mulut, dua member tertua Super Junior ini bahkan sempat adu jotos!

Pada acara “Incheon Korean Music Wave 2010”, Heechul dan Leeteuk berkelahi hebat sampai merobek pakaian masing-masing sebelum tampil di atas panggung dalam waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 30 menit. Setelahnya, Heechul dan Leeteuk tidak saling bicara selama tiga bulan.

Akan tetapi, Mereka berdua berbaikan setelah Leeteuk mengajak minum bersama ketika Super Junior terbang ke Amerika. Sekarang setelah berbaikan, Heechul dan Leeteuk bahkan menamai perkelahian mereka sebagai Pertempuran Incheon. Anehnya, justru Heechul dan Leeteuk menjadi sangat dekat dan tidak bisa dipisahkan sekarang. Dasar, pertengkaran anak muda.

Bukan hanya dengan Leeteuk, pasalnya Heechul juga sempat tak akur dengan Eunhyuk. Jika kamu menonton variety show lawas berjudul “Intimate Note”, di sini kamu akan melihat bagaimana caranya member SuJu lainnya harus membuat Heechul dan Eunhyuk berbaikan. Masalah mereka sangat sepele, hanya karena kaos Eunhyuk yang tidak pernah dikembalikan oleh Heechul.

Hal itulah yang membuat Eunhyuk dan Heechul bertengkar. Bukan itu saja, pasalnya Heechul memang dikenal sebagai member SuJu yang paling nyentrik dalam urusan fashion. Nah, Eunhyuk merasa tidak suka dengan hal itu, akhirnya mereka bertengkar lagi, haha dasar ya, ada-ada saja.

4. Suka Dance Girl Group

Heechul dikenal sebagai pelopor idol cowok yang bisa menarikan tarian girl group. Kalau sekarang sudah tidak aneh jika boy group bisa menarikan gerakan koreografi grup cewek, karena rasanya sudah wajib saja di kalangan idol untuk bisa tarian lawan jenis supaya jadi lebih menarik dan menonjol.

Akan tetapi, pada saat zamannya Super Junior, hal seperti ini masih dianggap aneh dan unik. Bisa dibilang kalau Heechul-lah yang memulai semua ini. Heechul sangat percaya diri ketika disuruh menarikan tarian girl group. Kata Heechul, tidak malu untuk menarikan tarian girl group, karena dulu masih jarang ada girl group di industri K-Pop.

Tapi, sepertinya Heechul memang suka saja menarikan tarian grup cewek. Soalnya, setelah sekarang banyak girl group pun, Heechul masih suka menarikan tarian grup cewek, baik yang baru seperti TWICE dan Girl Friend maupun yang sudah lama seperti SNSD dan Wonder Girls.

5. Bisa Main Alat Musik

 Bisa Main Alat Musik

Fakta Heechul yang selanjutnya adalah, selain dapat menari dengan baik, Heechul juga jago main musik, loh! Instrumen yang dimainkan Heechul antara lain piano, biola, dan drum. Katanya, Heechul ingin meng-upgrade kemampuan bermusiknya dengan bisa memainkan gitar serta geomungo (alat musik tradisional Korea yang dimainkan dengan cara dipetik).

Tambahan fakta lainnya, Heechul ini juga masuk ke dalam salah satu band bentukan SMent bersama Jungmo. Dalam grup band-nya, kamu akan melihat kemampuan Heechul dalam menabuh drum! Multi-talenta sekali, ya.

6. Suka Log In sebagai Fans

fakta HeechulSuka Log In sebagai Fans

Heechul tuh memang iseng, banget, deh. Jadi, Heechul sering banget log in ke website fansite-nya. Fansite adalah situs atau blog yang dibuat fans untuk idolanya, isinya terdiri dari foto, video, dan fakta tentang idola tersebut.

Jika biasanya tak ada interaksi yang diketahui publik antara idol dan master-nim (panggilan untuk yang membuat fansite), justru Heechul sengaja meninggalkan jejak kalau dia pernah membuka website tersebut.

Jadi, Heechul membuka fansite khusus yang berisi tentang dirinya, meninggalkan pesan, lalu mencuri foto-foto hasil jepretan master-nim dan menggunakannya untuk jadi wallpaper ponsel atau di-upload ke akun Twitter miliknya di @HeeZZinPang. Ada-ada saja, ya?

7. Suka Kartun Frozen

fakta Heechul Suka Kartun Frozen

Heechul terkenal sangat otaku. Heechul hobi main game, mengoleksi action figure, dan menonton kartun. Salah satu kartun yang Heechul suka banget adalah Disney Frozen. Saking sukanya, Heechul mengoleksi banyak pernak-pernik Frozen dan pernah cross dressing jadi Queen Elsa (tokoh dalam film Frozen).

Nah, kalau kamu perhatikan Heechul di bandara atau kemana pun ia pergi, pasti membawa salah satu koleksi Frozen-nya. Misalnya saja saat Super Junior ada konser ke Jepang, Heechul pernah mengenakan tas Frozen. Duh, totalitas banget, ya?

8. Banyak Teman Wanita

Banyak Teman Wanita

Fakta Heechul yang selanjutnya, dia terkenal sangat dekat dengan wanita. Tapi, bukan pacar, ya, melainkan teman saja. Heechul pasti kenal dekat setidaknya dengan satu atau dua orang dari setiap girl group.

Heechul pun tak merasa takut untuk menunjukkan kedekatannya dengan para wanita cantik tersebut, di mana biasanya idol cowok maupun cewek selalu menjaga jarak dan tak mau ketahuan kalau memang dekat oleh publik.

Pertama, Heechul tidak takut meng-upload foto maupun bertingkah akrab di depan kamera dengan para girl group karena para penonton tahu Heechul tidak serius (tidak mendekati karena genit). Kedua, tersebar rumor kalau Heechul itu gay, makanya fans grup cewek tersebut tidak ada yang takut idola mereka diambil Heechul, padahal rumor tersebut tidak benar.

Di acara “Knowing Brothers”, member SNSD pernah membeberkan kalau rumor tentang gay itu justru sengaja disebarkan oleh Heechul supaya dia bisa dekat-dekat cewek tanpa membuat para cewek tersebut risih. Alasan ketiga, mungkin karena sejak kecil Heechul sudah terbiasa bermain dengan perempuan, makanya dia bisa akrab dengan banyak girl group.

Waktu SD dulu, sekolah Heechul ada di puncak gunung. Dia suka bermain kerikil dengan cewek-cewek di sekolahnya. Akan tetapi, walaupun Heechul terkesan cabe karena dekat dengan banyak perempuan, Heechul sangat menghormati mereka dan tidak pernah menyentuh mereka tanpa izin. Respect!

9. Tapi, Heechul Punya Genk Cowok Juga, Loh!

Tapi, Heechul Punya Genk Cowok Juga

Tak hanya dekat dengan cewek saja, Heechul juga punya banyak teman pria. Heechul dikenal dekat dengan member GOT7 terutama Jackson serta BTS terutama Suga dan V. Heechul juga punya geng yang diberi nama Chocoball. Isi geng tersebut memiliki golongan darah yang sama, yaitu AB.

Member Chocoball adalah Lee Hongki “FT Island”, Choi Jonghun “FT Island”, Simon D “Supreme Team“, Jungmo “TRAX”, Jang Geun Seuk (aktor dan penyanyi), Mithra Jin “Epik High”, Sangchu “Mighty Mouth”, Jo Sungmo (penyanyi solo), Junhyung “BEAST”, dan Yesung “Super Junior”. Pernah, Heechul merayakan ulang tahunnya dengan minum bersama geng Chocoball ini.

10. Kisah Cinta Heechul

Pacar-pacar Heechul

Masih pada acara “Knowing Brothers”, SNSD membeberkan rahasia Heechul lainnya. Isu penyuka sesama jenis yang identik dengan Heechul dimanfaatkan oleh Heechul sendiri untuk menutupi kisah cintanya.

Pasalnya, menurut member SNSD, Heechul punya banyak mantan sesama artis dan banyaknya itu dari girl group. Selain itu, ternyata Heechul punya cara supaya tidak ketahuan paparazzi, yaitu dengan berdandan seperti wanita saat berkencan.

Bahkan para member SNSD pernah membeberkan rahasia terdalam Heechul yang menyatakan bahwa sebenarnya Heechul ini seorang PlayBoy. Terungkap bahwa Heechul pernah berpacaran dengan dua cewek sekaligus di dalam grup yang sama. Kedua cewe itu mendatangi Heechul di waktu yang bersamaan. Heechul yang mendengar itupun langsung tidak berkutik dan diam seribu bahasa, hahaha.

Heechul juga bercerita kalau ciuman pertamanya terjadi ketika dia dan pacarnya sedang berkencan di rumah. Pada saat itu, mereka berdua menonton film Disney Lion King. Heechul memang sangat suka kartun, makanya dia berkonsentrasi penuh menonton film tersebut. Akan tetapi, pacarnya itu nyosor dan mencium Heechul begitu saja. Akan tetapi, Heechul hanya melanjutkan menonton film kartun tersebut.

Akhirnya, setelah itu Heechul dan pacarnya putus, padahal mereka baru dua minggu jadian. Lalu, pernah ketika Heechul akan debut, dia dikhianati oleh pacarnya yang dia sayang banget. Ternyata, ceweknya itu sudah punya pacar sebelum jadian dengan Heechul.

Mungkin karena dibutakan oleh cinta, Heechul mengatakan pada gadis tersebut bahwa dia akan selalu ada untuk gadis tersebut kalau sedang terkena masalah. Akan tetapi, pada akhirnya, cewek itu tidak melanjutkan hubungan baik dengan pacarnya yang sejak awal maupun dengan Heechul. Ternyata Heechul juga pernah merasakan pedihnya cinta, ya?

Fakta Lainnya Tentang Heechul

Selain kesepuluh fakta di atas, Kami masih memiliki beberapa fakta unik yang berhubungan dengan Heechul. Penasaran dengan fakta-fakta lainnya tentang Heechul? Langsung baca terus ulasannya berikut ini, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment