bacaterus web banner retina

11 Fakta Heath Ledger, Pemeran Joker yang Tewas Secara Tragis

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 19 Juni 2021

Joker barangkali merupakan satu-satunya villain yang paling banyak diperankan. Tercatat, sudah ada enam aktor yang telah memerankan musuh dari Batman tersebut.

Satu di antaranya yang paling fenomenal adalah Heath Ledger. Aktor kelahiran Australia itu berhasil memerankan Joker dengan sangat apik. Banyak orang yang kagum dan mengapresiasi performanya sebagai si badut jahat itu.

Heath Ledger sendiri merupakan salah satu aktor berbakat yang memiliki sejumlah fakta menarik. Sejumlah fakta menarik itu bisa kamu simak sebagai berikut!

1. Memiliki Darah Tiga Negara Berbeda

Memiliki Darah Tiga Negara Berbeda

* sumber: www.mtv.com

Ledger merupakan aktor kelahiran Perth, Australia Barat. Walau lahir di Australia, Ledger justru memiliki garis keturunan dari tiga negara, yaitu Inggris, Skotlandia, dan Irlandia.

Ayah Ledger adalah seorang pebalap mobil dan pendiri Ledger Engineering Foundry. Sedangkan ibunya adalah seorang guru bahasa Prancis. Selain Ledger, kakak perempuannya, Kate Ledger, juga berkecimpung di dunia akting.

2. Jago Main Catur dan Juga Motret

Jago Main Catur dan Juga Motret

* sumber: www.latimes.com

Selain aktor, Ledger juga merupakan seorang pemain catur yang andal. Dia rajin sekali mengikuti turnamen catur saat usianya masih remaja. Menjelang dewasa, Ledger pernah bermain catur di Washington Square Park.

Selain pemain catur andal, Ledger juga merupakan seorang fotografer yang andal. Kendatipun dia bukanlah seorang fotografer profesional. Selain jago soal catur dan fotografi, Ledger juga punya minat di sepakbola, serta merupakan penggemar salah satu klub sepakbola di Australia.

3. Sempat Ditawari Peran Menjadi Batman

Sempat Ditawari Peran Menjadi Batman

* sumber: www.beepdo.com

Di antara semua film yang dia bintangi, boleh dibilang kalau The Dark Night (2008) adalah film yang paling melekat dengan dirinya. Di film garapan Christopher Nolan itu, Ledger berperan sebagai Joker.

Sebelum menjadi Joker, Ledger sebetulnya sudah ditawari Nolan untuk menjadi Batman. Sayangnya, Ledger menolak lantaran merasa dia lebih cocok memerankan Joker. Batman sendiri akhirnya diperankan oleh Christian Bale.

4. Mengurung Diri Selama Berbulan-Bulan Demi Memerankan Joker

Mengurung Diri Selama Berbulan-Bulan Demi Memerankan Joker

* sumber: screencrush.com

Demi memerankan Joker secara paripurna, Ledger rela melakukan beragam cara ekstrem. Salah satunya adalah dengan mengurung diri selama berbulan-bulan di sebuah kamar hotel di London.

Selama mengurung diri, Ledger rajin mengisi buku catatannya dengan sejumlah hal. Mulai dari membuat tulisan-tulisan bernada muram, membuat corat-coret tidak jelas, hingga memasang foto Alex DeLarge.

Alex DeLarge sendiri merupakan tokoh fiktif yang dijadikan salah satu referensi oleh Ledger. Tokoh tersebut merupakan tokoh antagonis di film A Clockwork Orange (1971) garapan Stanley Kubrick.

5. Membuat Riasan Wajah Joker-nya Sendiri

Membuat Riasan Wajah Joker-nya Sendiri

Mungkin boleh dikata kalau Ledger adalah satu-satunya aktor pemeran Joker yang menciptakan sendiri riasan wajahnya. Riasan wajah Joker versi Ledger sendiri dibuat dari kosmetik murahan yang dibeli Ledger di supermarket.

Beruntung, Christopher Nolan selaku sutradara menyukai riasan wajah tersebut. Malahan, sang sutradara meminta tim penata rias untuk menyempurnakan riasan tersebut, agar terlihat lebih menyeramkan.

Baca juga: Inilah Asal-Usul Sosok Joker, Dalang Kejahatan di Gotham City

6. Bikin Michael Caine dan Christian Bale Gugup Selama Syuting

Bikin Michael Caine dan Christian Bale Gugup Selama Syuting

* sumber: www.cultjer.com

Totalitas Ledger sebagai Joker begitu total. Saking totalnya, aktor-aktor lain yang akting bareng dengannya sampai tergugup-gugup. Michael Caine dan Christian Bale adalah dua di antaranya.

Michael Caine yang memerankan tokoh Alfred berkali-kali lupa dialog lantaran gugup beradu akting dengan Ledger. Padahal, Caine sendiri lebih senior ketimbang Heath Ledger. Hal serupa juga dialami Bale yang memerankan Batman. Di mata Bale, Ledger begitu total memerankan Joker, sehingga dia jadi gelagapan

7. Meninggal Enam Bulan Sebelum The Dark Night Rilis

Meninggal Enam Bulan Sebelum The Dark Night Rilis

* sumber: ew.com

Enam bulan sebelum The Dark Night rilis, Ledger dinyatakan meninggal secara tragis. Ini membuat sejumlah pihak sedih dan kecewa. Mulai dari pegiat film hingga penggemar komik DC.

Ledger sendiri dinyatakan tewas setelah ditemukan tak sadarkan diri akibat overdosis. Banyak rumor yang muncul terkait kematiannya. Satu di antaranya adalah karena Ledger terlalu mendalami karakter Joker. Namun, rumor tersebut dibantah oleh pihak keluarga Heath Ledger.

8. Aktor Kedua yang Menerima Oscar Secara Anumerta

Aktor Kedua yang Menerima Oscar Secara Anumerta

Bisa dibilang kalau Ledger adalah aktor kedua di dunia yang menerima Piala Oscar secara anumerta. Adapun aktor pertama yang berhasil mendapatkan Oscar secara anumerta adalah Peter Finch pada 1976 silam.

Dia menerima penghargaan itu pada 2009, lewat perannya sebagai Joker di The Dark Night. Saat penerimaan penghargaan itu, Ledger yang sudah meninggal diwakilkan oleh keluarga terdekatnya.

9. Memiliki Bakat di Bidang Penyutradaraan

Memiliki Bakat di Bidang Penyutradaraan

* sumber: voi.id

Selain sebagai aktor, Ledger juga punya bakat di bidang penyutradaraan. Selama hidupnya, Ledger telah membuat sejumlah video musik di bawah rumah produksinya, The Masses.

Adapun video musik pertama yang dibuatnya adalah “Seduction is Evil (She’s Hot)” karya artis hip-hop Australia, N’fa Cause An Effect. Pembuatan video musik perdananya itu juga menjadi momen dirilisnya rumah produksi bikinan Ledger, The Masses.

Selain menyutradarai video musik, Ledger juga pernah menjadi sutradara untuk film dokumenter berjudul “Black Eyed Dog”. Sebuah film yang mendokumentasikan sosok Nick Drake. Seorang penyanyi dan penulis lagu asal Inggris yang mati muda.

Sebagian besar karya penyutradaraan Ledger memanglah video musik.  Adapun video musik terakhir yang dia buat adalah “Quicksand”. Lagu karya David Bowie yang dinyanyikan ulang oleh Grace Woodroofe. Ledger juga sempat menggarap video musik berformat animasi berjudul “King Rat”.

10. Kisah Hidupnya Dijadikan Film Dokumenter

Kisah Hidupnya Dijadikan Film Dokumenter

Untuk mengenang sosok Heath Ledger, sejumlah sineas telah membuat film dokumenter sosok aktor berbakat itu. Sudah ada dua film dokumenter yang mengisahkan tentang sosok Heath Ledger.

Too Young To Die (2012) dan I Am Heath Ledger (2017) adalah kedua film itu. Keduanya sama-sama membahas sosok Heath di mata orang-orang terdekat. Mulai dari keluarga hingga para sahabat. Khusus untuk film dokumenter pertama, kamu bisa melihat buku catatan yang dipakai Heath Ledger untuk mendalami karakter Joker.

11. Menjadi Inspirasi Bon Iver


Kematian Ledger juga menjadi inspirator dari salah satu grup musik folk Amerika, Bon Iver. Mereka membuat lagu berjudul “Perth” yang diilhami dari kematian sang aktor asal Australia itu.

Perth sendiri sudah ditulis oleh Justin Vernon (vokalis Bon Iver) sejak 2008 silam. Tepat saat Heath dinyatakan meninggal. Saat itu, dia sudah menciptakan riff dan melodi dasar lagunya, namun belum tahu bagaimana menyempurnakan lagu tersebut. Tiga tahun setelahnya, lagu tersebut dimasukkan ke album kedua Bon Iver, Bon Iver, Bon Iver.

Joker barangkali merupakan satu-satunya villain yang paling banyak diperankan. Tercatat, sudah ada enam aktor yang telah memerankan musuh dari Batman tersebut.

Satu di antaranya yang paling fenomenal adalah Heath Ledger. Aktor kelahiran Australia itu berhasil memerankan Joker dengan sangat apik. Banyak orang yang kagum dan mengapreasi performanya sebagai si badut jahat itu.

Heath Ledger sendiri merupakan salah satu aktor berbakat yang memiliki sejumlah fakta menarik. Sebelas di antaranya sudah disampaikan di atas. Semoga bisa bikin kamu kenal dengan aktor berbakat yang sayangnya sudah tiada itu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram