bacaterus web banner retina

Inilah 10 Fakta Menarik Hani EXID yang Wajib Kamu Tahu

Ditulis oleh Aditya Putra - Diperbaharui 29 Mei 2020

Idol cantik yang satu ini punya nama lengkap Ahn Hee Yeon. Dia lebih dikenal dengan nama panggungnya, Hani EXID. Hani lahir di Seoul, Korea Selatan, 1 Mei 1992. Hani adalah vokalis utama EXID, dia salah satu anggota yang sudah ada sejak EXID dibentuk. Hani sudah bersama EXID sejak mereka debut pada 2012 silam.

Kalau kamu baru mengenal Hani, artikel ini akan memberikan fakta-fakta menarik tentang Hani EXID. Rasanya penting untuk kita mengenal idol bukan cuma ketika mereka tampil di panggung, tetapi juga di belakang panggung. Mereka pasti punya kisah-kisah yang menarik. Jadi, inilah 10 fakta Hani EXID paling menarik.

1. Trainee JYP Entertainment

Trainee JYP Entertainment (Copy)

Para idol yang sekarang bersinar, bisa dipastikan menyimpan perjuangan yang hebat sebelum akhirnya bisa tampil begitu memukau hari ini. Termasuk Hani, EXID bukan percobaan pertamanya. Sebelum itu, Hani pernah melewati masa sulit ketika merintis karir. Apa yang diperjuangkan Hani di masa lalu adalah alasan dia ada di posisinya hari ini.

Waktu masih duduk di bangku sekolah menengah atas, Hani pernah jadi trainee di JYP entertainment selama 1 tahun. Bisa dibayangkan bagaimana Hani EXID membagi waktu antara dua dunia yang berbeda itu. Dia sebagai murid di sekolah dan dia sebagai trainee di JYP Entertainment.

2. Sub-unit EXID

Sub-unit EXID (Copy)

Pembentukan sub-unit dalam sebuah grup vokal memang sudah menjadi sesuatu yang umum di industri hiburan Korea Selatan. Sub-unit ini dibentuk, mengingat kegiatan para personil yang seringkali terlibat proyek di luar grupnya. Seperti berakting dalam drama, berkolaborasi dengan musisi lain, dan sebagainya.

Ketika sebuah grup nggak bisa tampil dengan formasi utuh, ada sub-unit yang bisa ditampilkan. Sehingga meskipun grup utama lagi nggak ada proyek apapun, para fans tetap dapat menikmati karya mereka. Hani tergabung dalam sub-unit EXID yang lahir tahun 2013 bernama Dasoni. Selain Hani, Solji juga terlibat di sub-unit ini. Mereka debut bulan Februari dengan lagu Goodbye.

3. Anggota Tetap Crime Scene 2 dan A Style for You

Anggota Tetap Crime Scene 2 dan A Style for You (Copy)

Seperti kita tahu, seringkali para personil girlband terlibat proyek lain secara individu. Bisa itu bermain drama, bintang tamu acara televisi, bahkan sampai pengisi tetap acara televisi. Tergantung keterampilan personil itu sendiri. Hani yang pandai berbicara cukup sering terlibat di acara televisi.

Selain menjadi bintang tamu di beberapa acara televisi, Hani pernah terlibat di 2 acara televisi yakni Crime Scene musim kedua dan A Style for You. Crime Scene adalah sebuah acara televisi yang terdiri dari 10 episode di musim pertama. Hani masuk di musim kedua, episodenya bertambah menjadi 13 episode.

4. Model Video Klip

Model Video Klip (Copy)

Selain acara televisi, Hani juga pernah terlibat dalam proyek pembuatan video klip. Dalam proyek itu, Hani berkolaborasi bersama musisi lain. Dia adalah seorang rapper dengan nama panggung Mad Clown. Untuk yang mengikuti musik rap Korea, nama ini pasti nggak asing. Dia salah satu rapper yang menonjol.

Hani menjadi bintang video klip untuk lagi yang berjudul Fire. Kalau kamu mau lihat sisi lain dari seorang Hani, coba lihat aksi Hani yang jadi model video klip di lagu ini. Dia tampil beda, karena perannya di proyek ini juga berbeda dari biasanya. Namun, Hani tetaplah Hani, dia tampil maksimal dalam apapun yang dikerjakannya.

5. Fancam yang Jadi Viral

Fancam yang Jadi Viral (Copy)

EXID merilis lagu Up & Down pada tanggal 27 Agustus 2014, dua tahun setelah hiatus. Pada awal perlisannya, lagu ini sempat meredup dan gagal merajai tangga lagu. Namun, sesuatu yang nggak terduga terjadi. Semuanya gara-gara fancam Hani yang meledak dan jadi viral di media sosial.

Oktober 2014, beredar video fancam yang terfokus ke Hani ketika EXID sedang membawakan lagu Up & Down. Video itu meledak dan menyebar bagai virus. Lagu ini kembali merangkak menuju jajaran atas tangga lagu sampai akhirnya merajai di beberapa program musik.

6. IQ 145

IQ 145 (Copy)

Kita cenderung jarang memperhatikan sisi akademis seorang idol karena memang bukan bidangnya. Namun, siapa sangka kalau Hani EXID punya catatan gemilang untuk sisi akademisnya. Dia memiliki IQ yang tinggi, 145! Orang-orang yang punya IQ setinggi ini bisa dikategorikan sebagai orang-orang yang sangat cerdas.

Sekadar informasi, IQ adalah kecerdasan intelektual. Istilah umum yang dipakai untuk menjelaskan sifat pikiran yang meliputi sejumlah kemampuan. Kalau ada yang bilang idol Kpop cuma modal tampang, Hani EXID bisa membantah opini itu tanpa harus bersusah payah beradu argumen.

7. Fasih Berbahasa Inggris dan China

Fasih Berbahasa Inggris dan China (Copy)

Setelah kecewa karena langkahnya terhenti di JYP Entertainment, Hani memutuskan untuk pergi ke China dan sekolah di sana. Ini yang kemudian dia lancar berbicara berbahasa Inggris dan China.

Bukan hal yang mengejutkan kalau sudah tahu dia punya IQ 145. Dia punya kemampuan intelektual dan ketekunan yang cukup untuk bisa menguasai lebih dari satu bahasa asing. Belajar bahasa asing bukan hal yang mudah, apalagi kalau lebih dari satu. Kita patut kagum untuk fakta Hani EXID yang satu ini.

8. Pernah Ikut Triathlon

Pernah Ikut Triathlon (Copy)

Triathlon adalah perlombaan olahraga yang menggabungkan 3 cabang olahraga sekaligus; berenang, lari sprint, dan bersepeda. Hani EXID pernah mengikuti perlombaan ini sewaktu dia duduk di sekolah menengah. Bisa dibayangkan kekuatan fisiknya sekuat apa?

Hani mengikuti perlombaan ini karena menurut ibunya, ini akan membuat Hani jadi lebih taat. Mungkin benar, karena triathlon bukan untuk semua orang. Cuma orang-orang yang disiplin yang bisa mengikuti perlombaan seperti ini. Hani EXID adalah salah satu di antaranya.

9. Julukan Untuk Hani

Julukan Untuk Hani (Copy)

 Seperti yang kita-kita yang bergaul, Hani EXID juga diberi julukan oleh teman-temannya. Dia dijuluki 'Ah Burp', terdengar unik dan agak konyol. Alasannya pun agak konyol, agak konyol Hani diberi julukan itu karena sering bersendawa di meja makan.

Mungkin 'Burp' yang diberikan teman-temannya, mewakili bunyi sendawanya. Kebayang kalau mereka lagi santai terus menggoda Hani, memanggil dia dengan julukan ini seperti yang sering kita lakukan ditongkrongan. Hani marah nggak ya? Atau cuma pasang wajah sebal-sebal-lucu? Nggak mungkin marah sih, julukan ini tanda keakraban mereka.

10. Punya Perjanjian Sama Ibunya

Punya Perjanjian Sama Ibunya (Copy)

Hani membuat perjanjian bersama Ibunya. Di dalam perjanjian itu dikatakan kalau dalam 3 tahun EXID gagal, Hani akan berhenti dari dunia hiburan dan akan dikirim ke sekolah untuk belajar. Hani berhasil menepati janjinya karena pada tahun 2014 lagu debut EXID berhasil memuncaki tangga lagu di beberapa program musik.

Faktor pendorong meledaknya lagu Up & Down pun gara-gara meledaknya video fancam yang menyorot Hani ketika EXID membawakan lagu Up & Down. Hani bisa merasa aman karena telah membuktikan keberhasilannya.

Demikian fakta-fakta paling menarik dari Hani EXID. Tentu nggak mungkin menuliskan semua fakta Hani EXID ke dalam satu artikel. Jadi, kalau ada fakta Hani EXID yang paling kamu sukai dan belum tertulis, kamu berkesempatan untuk menambahkan di kolom komentar. Jangan sungkan-sungkan ya, teman-teman!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram