Bacaterus / Gugudan / 10 Fakta Keren Gugudan, Grup yang Berbakat di Segala Bidang

10 Fakta Keren Gugudan, Grup yang Berbakat di Segala Bidang

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Gugudan bukanlah nama asing di dunia musik Korea Selatan. Walau baru beberapa tahun berkarier, grup yang dibentuk oleh agensi Jellyfish Entertainment ini cukup populer dan memiliki banyak penggemar.

Seperti grup K-Pop lainnya, Gugudan memiliki banyak sekali kelebihan yang membuat orang-orang langsung menyukai mereka. Namun perjalanan karier Gugudan bukan tanpa hambatan, bahkan grup ini harus kehilangan salah satu membernya. Buat kalian yang baru mengenal Gugudan, simak 10 fakta menarik mereka di bawah ini.

1. Jebolan Produce 101

Jebolan Produce 101

* sumber: produce-101.fandom.com

Sebelum debut bersama Gugudan, beberapa membernya ternyata pernah mengikuti ajang survival Produce 101 di tahun 2016. Member-member tersebut adalah Sejeong, Nayoung, dan Mina. Perjalanan ketiganya terbilang sangat baik di kompetisi tersebut, tapi sayangnya hanya Sejeong dan Mina yang lolos di babak final, sedangkan Nayoung harus puas di ranking ke-14.

Bersama dengan 9 idol lainnya, Sejeong dan Mina debut dengan grup I.O.I pada bulan Mei 2016. Grup I.O.I sendiri melakukan promosi hingga tahun 2017, namun Sejeong dan Mina tetap diizinkan untuk beraktivitas di luar kegiatan I.O.I. Karena itulah ketika I.O.I sibuk mempromosikan sub-unitnya, Sejeong dan Mina yang tak masuk sub-unit bisa leluasa debut dengan grup barunya, Gugudan.

2. Debut Gugudan, 28 Juni 2016

Debut Gugudan, 28 Juni 2016

* sumber: dbkpop.com

Kabar kepastian tentang debutnya grup baru dari Jellyfish Entertainment mulai tersiar pada bulan Juni 2016. Pihak agensi juga mengumumkan bahwa grup ini akan diberi nama Gugudan dan memiliki 9 orang member, yaitu Sejeong, Mina, Nayoung, Sally, Hyeyeon, Soyee, Haebin, Hana, dan Mimi.

Gugudan akhirnya resmi debut pada tanggal 28 Juni 2016. Grup ini meluncurkan mini album pertama berjudul  “Act. 1 The Little Mermaid” dengan “Wonderland” sebagai lagu andalan mereka. Setelah itu Gugudan terus aktif melakukan promosi, termasuk mengikuti proyek tahuan agensi, yaitu merilis album “Jelly Christmas 2016” bersama dengan rekan-rekan seagensi mereka.

3. Arti Nama Gugudan

Arti Nama Gugudan

* sumber: dbkpop.com

Saat agensi Jellyfish Entertainment mengumumkan nama Gugudan, tak sedikit netizen yang bertanya-tanya tentang artinya. Secara harfiah, Gugudan diartikan sebagai tabel perkalian dan itu sama sekali tidak berhubungan dengan musik. Akan tetapi, pihak agensi rupanya punya pendapat lain mengenai arti nama tersebut.

Menurut agensi, Gugudan bermakna 9 member dengan 9 pesona yang berbeda, mereka akan tampil bernyanyi dengan lagu-lagu yang berisikan harapan dan impian. Agensi juga menegaskan bahwa nama Gugudan bisa cepat akrab di telinga, nama itu juga berarti bahwa kesembilan member akan menunjukkan keunikan mereka masing-masing agar lebih dekat dengan publik/fans.

4. Memiliki Personel Multitalenta

Memiliki Personel Multitalenta

* sumber: www.soompi.com

Bukan rahasia lagi bila hampir semua grup K-Pop memiliki member yang multitalenta, tak terkecuali dengan Gugudan. Kemampuan 9 member Gugudan dalam hal bermusik tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Mereka telah menjalani masa pelatihan yang cukup lama, ada yang memang belajar di sekolah seni dan ada pula yang mengikuti kompetisi-kompetisi musik sebelum debut.

Tak hanya mahir dalam hal bernyanyi atau menari, beberapa member Gugudan juga punya bakat di bidang seni peran. Sejeong dan Mina sudah dikenal luas sebagai aktris yang cukup sukses. Member lainnya seperti Hana, Mimi, dan Nayoung juga sempat muncul sebagai cameo di beberapa judul drama.

5. Dear Friend, Nama Penggemar Gugudan

Dear Friend, Nama Penggemar Gugudan

* sumber: www.wikiwand.com

Nama fans termasuk hal yang sangat penting dalam dunia K-Pop karena itu bisa jadi identitas bagi si penggemar itu sendiri. Gugudan dan pihak agensi pun sadar akan hal tersebut, karena itu mereka langsung mengumumkan nama penggemar tak lama setelah Gugudan resmi debut.

Pada bulan Desember 2016, Jellyfish Entertainment mengumumkan bahwa penggemar Gugudan akan disebut sebagai Dan-jjak atau dear friend bila diartikan dalam bahasa Inggris. Maknanya, Gugudan dan para penggemar akan selamanya menjadi sahabat baik.

Baca juga: Yuk, Simak 10 Fakta Menarik dari Si Cantik Soyee Gugudan

6. Kehilangan 1 Member

Kehilangan 1 Member

* sumber: www.soompi.com

Pada bulan Mei 2018, Hyeyeon memilih untuk hiatus dari semua aktivitas Gugudan karena masalah kesehatan. Pihak agensi menjelaskan bahwa mereka memprioritaskan kesehatan artis-artisnya dan berharap agar Hyeyeon bisa segera pulih. Di waktu yang sama, agensi juga langsung membatalkan seluruh jadwal Hyeyeon yang berkaitan dengan dunia hiburan.

Akan tetapi, beberapa bulan kemudian datang kabar mengejutkan dari Hyeyeon. Jellyfish Entertainment mengumumkan pada Oktober 2018 bahwa Hyeyeon telah resmi keluar dari Gugudan. Pihak agensi mengungkapkan bahwa mereka dan Hyeyeon sudah mendiskusikan masalah ini, tapi Hyeyeon tetap memutuskan untuk meninggalkan dunia hiburan.

7. Sudah Merilis Banyak Album dan Lagu

Sudah Merilis Banyak Album dan Lagu

* sumber: koreanindo.net

Sepanjang perjalanan kariernya, Gugudan sudah meluncurkan setidaknya 6 album yang ikut mewarnai industri hiburan Korea. Ini dia album-album Gugudan serta tanggal perilisannya:

  • Act. 1 The Little Mermaid (28 Juni 2016)
  • Act. 2 Narcissus (27 Februari 2017)
  • Act. 3 Chococo Factory (8 November 2017)
  • Act. 4 Cait Sith (1 Februari 2018)
  • Stand By (19 September 2018)
  • Act. 5 New Action (6 November 2018)

Tak hanya album, Gugudan juga cukup aktif meluncurkan single bahkan terlibat dalam pembuatan soundtrack dan kolaborasi dengan musisi lain. Misalnya lagu “Believe in This Moment” untuk soundtrack “School 2017”, drama yang juga dibintangi oleh Sejeong Gugudan.

8. Memiliki 2 Sub Unit

Memiliki 2 Sub Unit

* sumber: dbkpop.com

Seperti kebanyakan grup K-Pop, Gugudan juga memiliki sub-unit dengan beberapa member. Sub-unit pertama adalah Gugudan 5959 yang beranggotakan Nayoung dan Hyeyeon yang dibentuk pada Juli 2017. Sub-unit ini sempat meluncurkan single bertajuk “Ice Chu” pada tanggal 10 Agustus 2017. Namun setelah Hyeyeon keluar dari Gugudan, sub-unit ini otomatis tidak aktif lagi.

Sub-unit kedua adalah Gugudan SeMiNa yang dibentuk pada Juni 2018. Anggotanya adalah tiga member yang pernah ikut Produce 101, yaitu Sejeong, Mina, dan juga Nayoung. Pada bulan Juli di tahun yang sama, sub-unit ini sempat merilis album “SeMiNa”.

9. Debut di Jepang

Debut di Jepang

* sumber: id.wikipedia.org

Debut di Jepang bukanlah hal asing bagi grup-grup K-Pop, malah sudah seperti sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Gugudan pun ikut melebarkan sayap kariernya ke negeri sakura tersebut. Tepatnya tanggal 19 September 2018, grup ini resmi merilis album Jepang berjudul “Stand By”.

Gugudan sempat menggelar beberapa event di Jepang, salah satunya adalah showcase dan fanmeeting bertajuk “Dear Friend” yang diadakan di Tokyo Akasaka Blitz. Tak hanya itu, Gugudan juga menggelar tur Jepang, tepatnya di Tokyo dan Osaka, yang dimulai sejak tanggal 7 Desember 2018.

10. Banyak Prestasi

Banyak Prestasi

* sumber: www.trendsmap.com

Gugudan tidak melakukan comeback di sepanjang tahun 2019, sedangkan para membernya sibuk dengan aktivitas solonya masing-masing, baik itu di bidang musik, akting, dan yang lain. Hal ini membuat nama Gugudan seolah tenggelam dari dunia K-Pop. Padahal, grup ini sebenarnya memiliki cukup banyak prestasi saat benar-benar aktif di dunia musik di tahun-tahun sebelumnya.

Saat masih berstatus rookie, Gugudan sering sekali masuk nominasi ajang penghargaan bergengsi. Beberapa penghargaan yang dimenangkan misalnya piala Rising Star di Asia Artist Awards. Setahun kemudian, mereka kembali menyabet penghargaan New Wave Award di ajang yang sama. Di tahun 2018, Gugudan berhasil memenangkan Performance Award di acara Soribada Best K-Music Awards.

Itu dia sejumlah fakta menarik tentang Gugudan. Tak bisa dipungkiri bahwa persaingan di dunia K-Pop sangatlah ketat, tapi Gugudan tetap bisa menunjukkan eksistensi mereka di tengah kemunculan grup-grup baru yang tak kalah berbakat. Nah, buat kalian yang sudah lama mengenal Gugudan dan punya info menarik lainnya seputar mereka, share saja di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *