10 Fakta Tentang Gong Yoo, Sang Goblin yang Kesepian

Ditulis oleh Siti Hasanah

Gong Yoo adalah salah satu aktor Korea terkenal yang tak memiliki akun media sosial. Dalam sebuah interview, Gong Yoo mengatakan bahwa sosial media membuatnya takut karena dia berpikir sosial media adalah alat yang membuat orang menjadi kesepian. Di tahun 2018, Gong Yoo menempati peringkat pertama sebagai model iklan pria.

Masih banyak fakta menarik tentang Gong Yoo, aktor yang sukses memerankan tokoh Goblin yang kesepian. Berikut Bacaterus telah mengumpulkan 10 fakta menarik tentang sang goblin.

Biodata

  • Nama Lengkap: Gong Ji Chul (공지철)
  • Nama Panggung: Gong Yoo (공유)
  • Tempat/Tanggal Lahir: Busan, South Korea – 10 Juli 1979
  • Zodiak: Cancer
  • Tinggi: 185 cm (6’0″)
  • Golongan Darah: A

1. Memulai Karir Sebagai Model

Memulai Karir Sebagai Model

Pria yang bernama asli Gong Ji Chul ini memulai debutnya sebagai model bukan aktor. Sebelum memulai debutnya di dunia hiburan sebagai seorang VJ Mnet, Gong Yoo merupakan seorang model yang terkenal karena memiliki tubuh yang indah dan dengan penampilannya tersebut dia sukses mencapai status idola.

Gong Yoo yang berasal dari keluarga kelas atas dari Busan dan mengaku sebagai keturunan filsuf Tiongkok Konfusius menjadi model untuk Andre Kim Fashion Show Fantasia pada tahun 2000 dan 2003.

2. Penyuka Buku dan Musik

Penyuka Buku dan Musik

* sumber: www.scmp.com

Untuk mendapatkan penghasilan, semasa kuliah Gong Yoo pernah bekerja sebagai VJ. Dia mengikuti audisi menjadi VJ di Mnet dan berhasil. Ketika mengikuti wajib militer, Gongyoo menjadi seorang DJ radio di Korean Forces Network FM Departemen Pertahanan. Penggemar Gong Yoo senang menghadiahinya  CD dan buku. Koleksi khususnya tersebut dia simpan di dinding di rumahnya.

Selain penggemar berat musik K-Indie, Gong Yoo juga penggemar berat buku. Dalam sebuah wawancara di acara talk show ‘People Inside’ yang disiarkan TVN, Gong Yoo mengatakan bahwa mimpinya adalah menjadi seorang pemilik kafe buku. Di tempat tersebut, dia berharap bisa berkumpul dengan para penggemarnya dan berbicara mengenai kecintaan mereka pada musik dan buku.

Dia juga berkeinginan untuk membuat penampilan kecil berupa permainan gitar untuk penggemarnya di kafe tersebut.

3. Kebangkitan Karier Lewat ‘The 1st Shop of Coffee Prince’

Kebangkitan Karier Lewat ‘The 1st Shop of Coffee Prince’

* sumber: www.fanpop.com

Kebangkitan nama Gong Yoo di dunia akting dimulai ketika dia berperan sebagai Choi Han Gyul dalam drama ‘The 1st Shop of Coffee Prince’. Sejak itu, Gong Yoo menjadi salah satu aktor yang paling terkenal tak hanya di Korea tetapi juga di mancanegara. Dia pun menjadi bintang Hallyu utama dan meraih MBC Drama Award for Excellence (aktor) untuk perannya dalam drama tersebut di tahun 2007.

Coffee Prince sangat dicintai para penonton bukan hanya karena chemistry antara Gong Yoo dan Yoon Eun Hye yang begitu apik tapi karena drama tersebut juga mengangkat isu  homofobia di negara di mana hubungan sesama jenis masih dianggap tabu. Gong Yoo menerima banyak pujian karena perannya sebagai playboy kaya Choi Han Gyul, yang mengira Go Eun Chan, pegawainya adalah seorang pria.

4. Tidak Pernah Berpikir untuk Jadi Aktor

Tidak Pernah Berpikir untuk Jadi Aktor

* sumber: www.habkorea.net

Dalam beberapa wawancara, Gong Yoo mengatakan bahwa dia tidak berencana menjadi aktor sama sekali. Di salah satu wawancara, dia menjelaskan bahwa niatnya mengambil jurusan teater bukan untuk menjadi aktor. Namun, ketika dia melanjutkan studi di Kyung Hee, dia bertemu beberapa teman yang membuatnya sadar bahwa dia bisa menerima tantangan untuk menghidupkan sebuah karakter.

5. Mengangkat Isu Sosial Melalui Film

Mengangkat Isu Sosial Melalui Film

* sumber: iamlejen.com

Saat Gong Yoo sedang menjalani wajib militer, dia  membaca novel berjudul “The Crucible” atau “Dogani” karya Gong Ji-young. Novel tersebut menceritakan kisah nyata para siswa di Sekolah Inhwa Gwangju untuk siswa tunarungu. Dia merasa tergerak setelah membaca kisah nyata tersebut dan mengusulkan tim produksi untuk membawanya ke layar lebar menjadi sebuah film berjudul ‘Silenced’.

Gong Yoo memerankan tokoh guru bernama In Ho yang terkejut mengetahui bahwa para siswa di sekolah ini mengalami pelecehan fisik dan seksual oleh staf sekolah. Demi menyelamatkan para siswanya dari kejahatan tersebut, In Ho mengambil tindakan dengan mengungkap kejahatan yang terjadi di sekolah.

Setelah diliris pada tahun 2011, film ini menduduki peringkat pertama  selama tiga minggu berturut-turut. Film ini menyulut kemarahan publik di seluruh Korea dan meminta kasus ini untuk dibuka kembali. Selain sukses menghasilkan tuntutan dibukanya kembali kasus yang sudah terlupakan tersebut, film ini juga sukses memenangkan Audience Award di Festival Film Timur  Jauh Udine 2012.

6. Menolak Peran Yoo Si Jin dalam Descendants of the Sun

Menolak Peran Yoo Si Jin dalam Descendants of the Sun

Sebelum terpilihnya Song Joong Ki untuk memerankan tokoh Yoo Si Jin, ada beberapa aktor kenamaan Korea yang ditawari peran tersebut. Salah satunya yaitu Gong Yoo. Aktor lainnya yang menerima tawaran adalah Jo In Sung, Won Bin, Hyun Bin, dan Kim Woo Bin. Dia menolak halus drama yang ditulis oleh penulis naskah kenamaan, Kim Eun Sook.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram